bye semester 5 fyuuh!

by - 2:46 AM

Assalamualaikum-


finally holidaaaaaaaaaaaaaaaaaay *ayeyeye*


akhirnya semester 5 diakhiri dengan Ujian Praktikum Biokimia di hari senin tanggal 14 januari 2013 disaat kelas sebelah atau kampus tetangga udah pada menikmati kebebasan!. yaaah begitulah kenyataannya, dan tak disangka ujian praktikum biokimia adalah jebakan batman!

kenapa jebakan batman?

soalnya ujian praktikumnya dasar banget, daaaan hampir semua anak kelas ga ada yang bener 100%. padahal praktikumnya gampang banget cuma ngencerin dan nimbang. tapi ternyata ga semudah itu, gue sebagai calon kimiawan yang nantinya kerja di industri merasa gagal!. 

pertama adalah pengenceran HCL 0,2 M jadi 0,1 M. di laboratorium udah disediain berbagai alat. naaah semua anak kelas ngelakuin pengenceran seperti biasanya, kaya sehari-harinya kita praktikum. alatnya rata-rata make 1. gelas ukur 5ml 2. gelas kimia 3.batang pengaduk 4. pipet tetes. tapiii ternyataa pengenceran HCL ga boleh dilakukan seperti itu, ternyata harus pake pipet gondok atau pipet volumetri dan pake labu ukur! yaak simpel sekaliih, dasarnya kita ga tau dan gue rasa dari awal gue praktikum kalo pengenceran yaa pake alat biasa aja soalnya yang disediain dari laboran cuma itu-itu aja. dan karena kebodohan dan kesok-tahuan kita dari 10 point kita cuma bener 1 point! astagaaaaaaaaa *nangis di goa*

kedua adalah nimbang NaOH, tau NaOH ga? itu looh natrium hidroksida cari di google yaah (males jelasin). nimbang itu gampang cuma nyalain tombol on di timbangan terus nunggu 0,0 stabil abis itu nimbang alatnya dulu biasanya disebut berat kosong abis itu tuang NaOH sebanyak keperluan kamu. tapi ternyata salaaaah!! jeng-jeng!!!

yang bener adalah pake alat hemm apa ya namanya bentuknya toples gitu (tuh kan bego banget ga tau namanya), pokoknya kaya toples dari kaca ada tutupnya, nah biasanya make gelas kimia atau kaca arloji buat nimbang tapi karen NaOH bersifat higroskopis jadi ga boleh pake alat tersebut nanti kontaminan sama udara. yaah udah salah total lah gara-gara make alat yang salah! hiksss

itu cerita hari ini yang begitu sangat amat speechless. karena pulang cepet dan ada prinsip dalam diri ini "pantang pulang sebelum dhuhur" akhirnya memutuskan makan es krim di McD Arion (Mallnya anak UNJ).

sekilas mengingat semester ini. 24sks kerja rodi, masuk pagi pulang sore, praktikum 4kali, tugas berjibun tiada henti, tiduur larut malam bangun pagi, otak terkuras buat dipaksa bekerja menyerap ilmu. 

24 sks itu terdiri dari 3 sks kimia Organik, 3 sks Kimia Anorganik, 3 sks Kimia Fisik, 2 sks Mikrobiologi, 1 sks praktikim Mikrobiologi, 2 sks biokimia 1, 1 sks praktikum kimia Anorganik 2, 1 sks praktikum biokimia, 2 sks praktikum kimia Organik 2, 3 sks Kepustakaan kimia, 3 sks statistika.

beraaat rasanya sebelum dijalaninnya tapi ternyata pas dijalaninnya lama kelamaan enteng ngikutin aluur walaupun kayaknya ada beberapa mata kuliah yaang amat sangat tidak jelas (sebenernya sih banyak). yang paling menguras otak adalah Kimia Anorganik, biokimia, dan statistika.

selain kuliah semester ini, gue juga udah aktif privatin 3 anak. ya Allaaah itu bener-bener belajar jadi ibu yang baik, sabar, telaten, tegas. tapi dari 3 anak itu gue belajar banyak hal, tentang keikhlasan mengajarkan mereka tanpa menilai materi dari segi kelelahan ataupun waktu. nyaman ngajarin mereka soalnya gampang-gampang susah. capek rasanya pulang kuliah harus ngajar ke tempat 3 anak itu yang jauhnya ditempuh 30 menit dari rumah, pulang kerumah sering sampe jam 9 malem dan gue langsung tidur kalo ada tugas ya bangun jam 3 pagi. yaaah itulah hidup, 3 anak itu mewarnai kehidupan gue. reysa, nadzif, dan nabil (emmmwh peluk satu-satu)

semester 5 ini ujiannya menumpuk, berturut-turut tanpa celah dan bernafas. belajar juga akhirnya jadi sistem SKS, tapi walaupun gitu banyak terbantu sama soal tahun lalu karena banyak yang sama. dari beberapa mata kuliah, ujian yang bener-bener gue kuasain dan lumayan sangat puas adalah kimia anorganik, mikrobiologi, biokimia, praktikum anorganik, praktikum organik, dan statistika. 

lucunya adalah pas ujian kimia fisik. gara-gara pas ujian statistik open book dan source, pas ujian kimia fisik kita semua anak sekelas dengan gaya tenangnya udah buka netbook plus wifi yang udah nyala dan setumpuk catatan padahal belum ada instruksi dari pak ridwan (dosen kece terhebat se UNJ, beliau dosen kimia fisik plus statistik gue), akhirnya pak ridwan pasrah "ya udah deh udah terlanjur open book, padahal saya belum bilang" bayangin coba kalo ga open book atau source mau jawab begimanaaaaaaaah?

soalnya si yang nomer 1 gampang, jelaskan ikatan polar, ikatan anti molekular,............................ (beruntut ceritanya) tapii mati laah karena kita itu apalan jadi ya gitu ga tau semuanya akhirnya jawabannya dari mbah google. dan karena open source jadilah kita online di fb dan diskusi di chat fb -___- (ini ujian terkeceeh)

karena kesibukan semester 5 yang sungguh menguras tenaga dan pikiran gue mauuuuu membayarnya dengan sebuah liburan! haruuus!!!. tapi galaaau, gue dan nina (sobat tergalau gue) pertamanya berencana berlibur ke bromo, kemudian galau karena cuaca disana lagi ga bagus akhrinya memutuskan ke sawarna, kemudian galau karena aca dan dea ga jadi ikut akhirnya memutuskan ke dieng, kemudiaaaaan (kalii ini mudah-mudahan harus jadi). gue bingung kenapa milih ke dieng, mungkin karena disana banyak kebudayaan yang interesting jadi gue berani mengambil keputusan ke dieng (dulu) catet ya dulu!!

mudah-mudah liburan panjang semester depan kesampean ke bromo dan sempuuuuu! aaaaa I cant waiiiiit!! yang udah pernah ke bromo sempuu bisa komeen berbagi pengalaman :)

ditambah akhir semester ini gue galau karena beb kelvin (putih abu-abu atau eza nama aslinya) terjongkok eh tersandung musibah, gue galau ga mungkin beb kelvin sekasar itu, gue galau kasian sama beb kelvin kalo dia dipenjara dia bakal ga maen lagi di putih abu-abu, kemudian gue galau nyanyi lagunya BLINK -___- *ngacoooo*

akhir kata gue berdoa semoga semester 5 ini ilmu gue bermanfaat, berkah, dan nilai IP gue nantinya gak jeblooos gpp turun asalkan jangan jeblooos mbbbbbbbbbbblosoook amiin- doakan ya teman-teman!

yang mau ikut ke dieng silahkan hubungin gue yaa PIN 27EFF0F8, cuma 450ribu rupiah udah tiket PP bis jakarta-wonosobo, penginapan dan makan 3kali, selanjutnya silahkan tanya gue, oh iya gue join sama KOMWA atau Komunitas Khatulistiwa dari anak Arkeologi UI, silahkan searching google. ayoook ikutan biar rame :)

sejauh apapun melangkah mencapai titik impianmu, langkahmu adalah terus mendaki, ada batu-batuan kadang tersandung kemudian terperosok tapi bangkitlah! dan ketika kamu mencapai impianmu di puncak atas sana bukan impianmu yg harus kamu temukan tapi bagaimana langkah-langkahmu yang membawamu sampai titik impianmu, dan kamu harus tetap berjalan layaknya kereta api satu persatu stasiun berhenti tapi selalu terus berjalan begitulah kamu mencapai impianmu satu persatu!! gunung dan kereta api-


salam-
happy holidaysss-

You May Also Like

2 comment

  1. HOLIDAYYYYYYYYYY...
    eh.. mba..mba... salahhhh.. yg bener 23 sks.
    statistik 2 sks doang mba.. -__-

    ReplyDelete
  2. ooh iya yaa kita 23 sks lupaa, anggep aja statistik 4sks hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini

INSTAGRAM