surganya dunia di gunung kidul yogyakarta

by - 11:51 AM

setelah lebaran nanti kalian masih libur kan? masih bingung mau kemana?

Yogyakarta adalah salah satu tujuan kota untuk jadi tempat liburan. kenapa? coba tanya sama orang-orang yang udah pernah ke Jogja baik yang backpacker-an tidur di stasiun sampe traveler kalangan atas tidur di hotel berbintang, pasti deh mereka punya kenangan yang ga bakal bisa di lupain di Jogja.

nah buat yang suka sama keindahan alam, yuk cus lah ke Jogja karenaaa..........

di Jogja itu ada tempat Surganya dunia, yaps Gunung kidul. disana bukan cuma ada pantai dengan pasir lembut putihnya, tapi ada juga Gunung api purba yang sering dipanjatin ama climber climber sejati, ada juga Goa-Goa yang punya pemandangan dan pantai-pantainya yang indahnya jangan ditanya. nah bosen kan kalian kalo ke Jogja cuma belanja di malioboro? sewa mobil aja dan langsung menyusuri Gunung kidul, dijamin ga nyesel!

sebelum kalian menuju Yogyakarta, saya saranin nih harus mesen hotel jauh-jauh hari apalagi kalo mau ke Jogja pas musim liburan karena biasanya hotelnya penuh semua kalo bookingnya hari H dan jangan harap dapet hotel bagus yaa kalo kalian booking hari H.

Bagaimana solusinya? via Telpon ribet kan nyari nomer telponnya dulu di google, eh malah nyari nama-nama hotel dulu. Ga praktis banget, belum lagi kalo pas udah telpon eh kalian di PHP-in yang ternyata jawabannya "maaf full semua untuk seminggu kedepan". nyesssss deh bikin puyeng mana tiket Pulang Pergi udah kebeli, kalo ga jadi? hancurlah sudah liburanmuuuu.

yaaaps, ini dia saya kasih solusi yang sangat amat praktis. apa tuh?

silahkan klik http://www.voucherhotel.com/indonesia/yogyakarta/ di save ya linknya jangan sampe ilang. atau silahkan follow twitternya @VoucherHotelCom

voucher hotel ini memudahkan kalian untuk booking hotel, selain di Yogyakarta voucher hotel ini juga punya list hotel yang bisa kalian booking di Surbaya, Bogor, Bandung, Purwokerto, dan banyak lagi silahkan dicek deh websitenya :)

nah untuk booking hotel gampang banget broo, ada 2 cara bisa melalui kartu kredit dan tanpa kartu kredit atau transfer melalui rekening bank langsung.

udah coba klik website yang tadi saya kasih? itu udah langsung masuk ke daftar-daftar hotel di Yogyakarta, dari yang bintang 2-5 tarif termurah itu masih ada yang 261ribu, masih bisa terjangkau kan?

untuk cara bookingnya silahkan liat disini http://www.voucherhotel.com/nocard/ untuk yang tanpa kartu kredit. dan yang make kartu kredit silahkan klik http://www.voucherhotel.com/howtobook/

gampang kan? setelah payment pembayaran kalian akan dikirimin sebuah voucher lewat email. nah voucher ini nanti kalian tunjukin di hotel, udah deh langsung masuk kamar. liburan jadi nyaman dan tenang.

pesen kamar hotel udah, selanjutnya yang harus wajib kalian lakuin sebelum sampai jogja yaitu cari informasi tempat-tempat wisata di Jogja biar kalian ga nyesel udah dateng kesana eh ujung-ujungnya cuma ke malioboro. wajib banget nih kalian nyimak info dari saya 5 tempat surganya dunia di GUNUNG KIDUL.

1. Gunung Api Purba

ini salah satu tempat yang pengen banget saya kunjungi, sayangnya belum kesampean juga. Gunung Api Purba ini atau Gunung Nglanggeran ini merupakan gunung tua yang pernah aktif pulihan juta tahun lalu makannya namanya purba udah puluhan juta tahun lalu si. gunung ini punya dua puncak yaitu puncak barat dan timur, gunung ini berupa deretan gunung batu raksasa.

nah namanya gunungnya batu otomatis kalo kalian climbing manjat gunung ini pasti akan nemu tebing-tebing curam, dan mengerikan. tapi karena puncaknya ada dua makannya jalur sampai puncak juga ada dua kalo puncak timur masih bisa dilewatin ama sepeda dan motor, kalo yang barat kalian harus tracking.

nah kalo yang di puncak barat kalian akan tracking gunung gede. selama perjalanan kalian akan menemukan jalan setapak dimana kalian akan disuguhkan bukit batu di sisi kanan dan kiri jalan, semakin dekat dengan puncak jalannya akan semakin curam dan terjal, makannya beberapa track dikasih tali untuk climber supaya lebih gampang gak terperosok. nanti kalian juga akan nemuin lorong sempit dan curam dimana kalian harus menyebranginya. sesampainya di puncak gunung gede pasti kalian akan menghela nafas karena berhasil melewati segala rintangan menghadang.

nah kalo yang di puncak timur, terkenal dengan sunrisenya yang gak terkalahkan. dan di puncak nanti kalian akan demuin desa 7 kepala keluarga, dimana disana cuma ada 7 kepala keluarga aja yang tinggal. kalo semisal kurang atau berlebih katanya sih bakal ada hal yang buruk kebukti dari ada beberapa makam disana hiii, nah makannya kalo ada yang punya anak disuruh pergi dari situ. di puncak timur ini biasanya digunakan buat camping juga, indahnya juga ga terkalahkan kalian akan menikmati pemandangan kota jogja dari atas yang terlihat kaya cahaya kunang-kunang. sampai di puncak timur ini cuma bentar kok katanya 1-1,5 jam.

selain manjat gunung, di gunung api purba atau tepatnya di ekowisatanya ada juga wisata yang lainnya loh kaya ada flying fox, eduwisata, belajar batik, menyusuri Goa. wisata gunung api purba ini seluruhnya dikelola sama karang taruna desa nglanggeran.

jadi penasaran kan? saya aja ngebet udah lama mau kesana. untuk info menuju gunung Api Purba kalian bisa nyewa mobil dari kota Jogja. murah kok nyewa mobil disana.


pemandangan dari puncak timur

2. Goa Jomblang dan Goa Grubug

mungkin yang terkenal goa di gunung kidul adalah goa pindul, cave tubing goa pindul sudah sangat terkenal sekali. cuma modal ban, pelampung, headlamp kalian akan menyusuri goa pindul dengan saling berpegangan tangan satu sama lain yang dipandu oleh seorang pemandu.

tapiii, rasakan sensasi yang berbeda cave tubing goa Jomblang. Goa Jomblang terkenal dengan cahaya ilahi nya yang masuk melalui lubang pintu masuk goa. Untuk masuk goa jomblang yang punya kedalaman 80 meter ini kalian harus turun dengan katrol yang dipasang dari atas. nah ini dia sensasinya kalian turun pake katrol sampe masuk ke goa.

nah untuk dapet spot foto cahaya illahi nya kalian harus menuju Goa grubuk dengan turun sedikit lagi dari Goa Jomblang terus jalan sekitar 300 meter, jangan takut ya karena menuju Goa Grubuk akan semakin gelap gulita. Di dalam sana cuma ada batu-batu stalagmit stalagtit yang dulu kala pernah diceritakan oleh dosen saya yang bikin saya sangat penasaran. nah jangan heran nih kalian akan denger suara aliran air yang deres banget soalnya didalem ada sungai.

penasaran kan? sebelum ke Goa Jomblang mungkin lebih baik kalian latihat nanjak nanjak dikit biar kuat tangannya. 

pesen saya, ada spot utama para pengunjung yaitu batu besar yang akan ditemukan di goa grubug. nah batu besar ini biasanya dinaikin sama pengunjung buat foto-foto yang sebenarnya mereka ngerusak pertumbuhan batu besar itu atau batu stalagmit yang terbentuk dari hasil tetesan air dari atas. kalo kalian kesana jangan diinjek yaa teman-teman biarkan mereka tumbuh ;)


jangan ditiru-
batu besar di Goa Grubug

ini dia cahaya illahi nya

3. Goa Gebyok

Goa Gebyok ini lebih mencengkamkan dari Goa Jomblang. Goa ini sama kaya Goa Jomblang harus masuk kedalem, tapi bedanya pintu masuk Goa ini amat sangat kecil selebar 60-70cm yaak yang badannya lebar jangan harap bisa keluar apalagi masuk.

Goa ini punya 3 tebing yang harus kita lewatin. dan jalurnya sendiri itu ada semivertical, horizontal, berenang, berlumpur, dan merangkak. bisa ngebayangin gak? gak ngerti sebenernya semuvertical dan horizontal sendiri bedanya gimana yak. pokoknya dalam bayangan saya ini super duper harus punya kekuatan keberanian.

semua penderitaan akan terbayar sesampainya kalian di Goa Gebyok, karena didalamnya kalian akan liat ornamen dari mutiara, bacon, clomun, stalaktit, stalakmit dan banyak banget saya gak ngerti pokoknya batu-batu gitu tapi cantik cantik. kemudian kalian juga akan liat beberapa air terjun disana, kebayang gak kalian basah-basahan kena air terjun dalan goa? dan kalian akan nemu beberapa hewan.

menurut saya di dalam Goa Gebyok ini paling cantik diantara goa-goa lainnya di Gunung Kidul. subhanallah Allah menciptakan surga dunia di dalam perut bumi yang begitu cantiknya.

permulaan

view di dalam Goa

4. Pantai Jogan

banyak banget pantai yang ada di Gunung Kidul, dan semuanya menurut saya cantik banget. suatu saat saya mau menyusuri sepanjang pantai yang ada di selatan ini.

Pantai Jogan ini pantai yang berbeda dari pantai-pantai gunung kidul yang lain. Pantai ini gak punya garis pesisir yang membedakan mana laut mana daratan atau disebut garis pantai gitu, karena pantai ini langsung berbatasan sama tebing dimana tebing itu mengalirkan air tawar dari sungai dan langsung jatuh ke laut dibawahnya. huaaaaaaaaaaaaaaa bawa aku kesana bawa aku kesana.

biasanya di Pantai Jogan ini banyak yang melakukan canyoning atau turun dengan menggunakan tali kebawah sambil kena cipratan air hujan. huaaaaaaaaaaaaa mau mau mau (maaf saking pengennya).

penasaran kan? yuk lah cus ke Pantai Jogan, masih bersih dan sunyi senyap disana.

ini yang dimaksud canyoning-

penampakan pantai Jogan

5. Pantai Wediombo

kalo boleh dimirip-mirip-in pantai Wediombo ini pantainya belitung tempat syuting laskar pelangi tapi yaa jauh si miripnya tapi ya hampir mirip. soalnya di pantai ini banyak batu-batunya tapi ga gede sih kecil, yaah mirip lah ya.

pantai ini lebih mirip teluk sebenernya karena pantainya diapit sama dua tebing jadi keliatannya cuma lebar gitu aja ga hamparan. tapi karena itu jadi keliatan indah banget. saya udah pernah kesini mungkin pantai ini pantai yang paling indah yang pernah saya samperin.

pantai ini harus ditempuh dengan jalan kaki yang lumayan jauh dari tempat parkir kendaraan, harus turun dulu lewat tangga permanent, terus jalan kaki yang lumayan, yang akhirnya nanti ketemua sebuah pantai kecil. pantainya masih sepi banget jarang dijamah orang, jadi masih enak buat nikmatin keindahannya. 

yang bikin pantai ini jadi dibilang surga dunia buat saya adalah keindahan ombaknya yang terhempas sama batu karangnya, kelembutan pasirnya yang masih murni belum banyak serabut serabut sampah, dan anginnya yang berhembus masih merasakan kesejukannya walaupun cahaya matahari lagi menyengat panasnya.

pantai ini juga cocok buat kalian main-main air karena pantainya melebar gitu dan ombaknya gak terlalu besar.

penampakan dari samping
mirip belitung dikit kan?


udah gampang cari hotel lewat VOUCHER HOTEL, udah punya informasi tempat yang unik sensasional lain dari yang lain di Yogyakarta, nah sekarang nyiapin duit aja buat bekel disana dan beli oleh-oleh. selamat berliburaan, jangan lupa jangan buang sampah sembarangan!

tulisan ini saya persembahkan untuk kalian para traveler dan kontes blog dari VOUCHER HOTEL (di klik dulu broo)

terimakasih,
salam Indonesia
farha

You May Also Like

9 comment

  1. thanks banget nih buat postinganny :) lumayan buat liburan.. sadapppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoook kita ke jogja lagiiiii :D

      Delete
  2. jiaahhh.. gue yg org gunung kidul aja gak tau temapt beginian par. hahahaha..

    kontes blog yaa??
    semoga menanggg.. trus traktir gueee.. haha ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyuuuuwwwwwwh dasaaar lu mah ke gunung kidul maennya ke sawah doang yaak :P

      iya nanti gue kasih permen yak hasil belanja di kerpur

      Delete
  3. Replies
    1. jadii kapan kita ke jogja?

      nin nama lo kok aneh sii "Nina Mu'minah" itu pasti gara-gara ga bisa make tanda petik atas deh

      Delete
  4. kontes blog tp kog plagiat ya,semoga jurinya tobat

    ReplyDelete
  5. baiknya jika ambil gambar dr blog tetangga di sertain linknya mba,. repot klo orang g punya gambar g terima hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini

INSTAGRAM