5 Hal yang Terlupakan Jika liburan ke Bali

12:49 AM

Siapa yang pernah snorkling di Bali Barat? itu Pulau Menjangan jauh dari pusat kota di Bali. Kalau kalian pernah snorkling di Pulau Menjangan pasti kalian nagih dan pengen balik lagi, saya berani jamin.

Atau siapa yang pernah muter-muter bali naik motor mencari destinasi wisata melewati jalannya yang berliuk ke Nusa Dua atau Nusa Penida Bali? sambil liat orang bali asli yang khas memakai pakaian adatnya sedang berjalan kaki dan melewati rumah-rumah khas bali dengan aksen khasnya? eksotis banget, dan kalau kalian meresapi pasti bikin terngiang-ngiang dan pengen balik lagi.

Itulah Bali, bikin nagih dan pengen balik lagi! dan jangan lupa bikin terngiang-ngiang terus.

Backpacker ke Bali 2013 kemarin merasa kurang puas karena yang dikunjungi spot-spot yang udah terkenal dan terkesan biasa aja. Padahal rasanya hati ini ingin menelusuri semua yang ada di Bali. Tapi gimana cara balik lagi ke Bali tanpa pusing mikir transport, makan, dan sebagainya? jadi tinggal membuat list hal apa aja yang akan dilakukan di Bali dan tinggal berangkat duduk manis. 

Beruntungnya mba Pungky mau ngajak 4 blogger untuk liburan ke Bali ditraktr Bali Funky. Jadi aku segera membuat list apa yang ingin dikunjungi dan dilakukan di Bali kalau berhasil diajak mba Pungky dan ditraktir Bali Funky. Kira-kira spot di Bali mana yang jarang dikunjungi oleh kebanyakan wisatawan kalau di Bali? dan spot di Bali mana saja yang akan bikin memorable banget dan bisa seru kalau liburan sama mba Pungky?. 

Daaaan, ini dia list yang aku buat, mungkin juga ini banyak terlupakan dari para wisatawan yang berliburan ke Bali dimana cuma menikmati spot pantai di kawasan Kuta, yuk coba kalian baca dan yang pasti bikin mupeeng :

1. Trekking melihat Sunrise di Gunung Batur, Kintamani

Ketika buka web Bali Fungky dan melihat Sunrise Batur Trekking dalam hati langsung menjerit "gue mau kesini". Karena seperti kebanyakan orang tau kalau ke Bali pas ditanya kemana aja pasti jawabnya ke pantai, liat sunset di Pantai Sanur, lalu menikmati kasur di hotel.



Credit Photo : balifunky.com

Gunung Batur dengan ketinggian 1717 Mdpl, dan memiliki kaldera yang luas, cukup akan memberikan pemandangan sunrise yang indah, ditambah lagi ada view Gunung Agung dan Rinjani dari puncaknya. Siapa yang gak pengen trekking di batur liat sunrise dengan view ciamik gunung Agung dan Rinjani? Karena sunrise di pantai sudah biasa, dan mari lupakan pantai di bali karena masih ada spot sunrise keindahan lainnya di Bali. Oke mba Pungky cuss kita trekking Batur!

2. Rafting di Bali

Ketika terakhir ke Bali, supir yang mengantar ke bandara bilang "kakak lain kali kalau ke Bali lagi coba ke atas, banyak yang lebih indah bisa rafting juga loh mba". Dari situ dalem hati langsung berdo'a semoga bisa balik lagi dan menikmati rafting di Bali yang katanya air sungainya jernih.


Credit Photo : https://www.instagram.com/balifunky

Bali White Water Rafting  seperti yang ditawarkan Bali Funky merupakan spot rafting favorit di Bali. Rafting sepanjang 14 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 jam rasanya akan menjadikan pengalaman yang akan terkenang terus karena sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan sawah, beberapa air terjun, dan akan menjumpai bajing atau kera yang sedang nangkring di pohon, terakhir perjalanan kalian akan terjun setinggi 3,5 meter. Gimana bikin gak pengen buru-buru ke Bali buat coba raftingnya?

3. Explore Nusa Penida Bareng Mba Pungky

Setelah Nusa Lembongan terkenal di kalangan traveler, Nusa Penida ternyata gak kalah indahnya dari Lembongan, dan di Penida bisa menikmati paket liburan yang lengkap. Nusa Penida menawarkan keindahan pantainya yang penuh tantangan, isi lautnya dengan cara snorkling, bukit teletubbies dengan trekking kecilnya.

Untuk menikmati Pantai di kawasan Nusa Penida tidak semudah seperti menikmati pantai di kawasan Kuta. Kenapa? Pantai Atuh dan Pantai Sawehan yang ada di Nusa Penida harus ditempuh dengan trek menurun, kalau di Pantai Atuh ada tangga namun curam, tapi kalau di Pantai Sawehan harus dilalui dengan menyusuri tebing. Asli pengalaman ini akan terbayar dengan birunya pantai dan halusnya pasir pantai di Pantai Atuh dan Sawehan.


Credit Photo : balifunky.com

Yang ga kalah terkenal di Nusa Penida adalah spot Angel Billabong dan Broken Beach. Disana pasti akan lupa kalau sedang berlibur di Bali, karena karang-karang tinggi yang indah diselimuti warna hijau dipadukan dengan birunya laut akan membuat mata seger dan terekam sepanjang masa atas keindahan Laut Indonesia yang diberikan Tuhan.


Credit Photo : https://www.instagram.com/balifunky

Selain itu, di Nusa Penida juga bisa snorkling!. Pertama kali coba snorkling di Bali Barat yaitu di Menjangan dan itu bagus bangun warna-warna di dalam lautan yang bikin nagih pengen snorkling lagi. Kalau ada kesempatan beneran ke Nusa Penida sama mba Pungky tentunya gak akan melewatkan snorkling di Crystal Bay Penida. aaak mbaaa Pungky ajak aku please!


Credit Photo : balifunky.com

4. Cycling di Bali Menikmati Ijo Royo

Di Bali bisa nyepeda? yap bisa sama Bali Fungky bersepeda menikmati keindahan Bali dari sisi berbeda yaitu hijau dari sawah-sawah, melewati Desa dan bertemu masyarakat lokal sambil berinteraksi langsung, selain itu juga bisa melihat aktivitas masyarakat lokal bertani, bercocok tanam, maupun kegiatan hasil panen. Seru ga sih? seru banget pasti dan pengalamannya akan membekas sampai anak cucu


Credit Photo : https://www.instagram.com/balifunky

5. Menikmati Indahnya Air Terjun Bali

Selain pantai di Bali yang eksotis, yang terlupakan di Bali adalah spot air terjunnya. Bali juga punya air terjun yang tersembunyi seperti air terjun Banyumala yang punya dua air terjung berdampingan dikelilingi pepohonan hijau, atau air peguyangan yang airnya mengalir langsung ke laut dan bisa menikmati SPA alami disini. Bawaannya pengen buru-burulah ke Bali.


Credit Photo : https://www.instagram.com/balifunky

Seru ga sih kalau sampe keturutan ke-5 list yang udah diceritain tadi? Bali itu bukan hanya dinikmatin dengan foto-foto di pantai yang instagramable kaya anak kids jaman now, tapi Bali juga bisa dinikmatin dengan traveling bareng penuh tantangan mengunjungi 5 list yang aku ceritain tadi. Kalau traveling bareng yang nyantai tapi ada tantangan yang bikin greget otomatis akan menumbuhkan kedekatan dengan partner traveling, udah gitu akan banyak sharing cerita masing-masing jadi traveling bukan hanya sekedar foto-foto lalu pulang membawa foto yang akan di share di social media.

Ditambah lagi 5 list tadi akan ada kesempatan berinteraksi dengan masyarakat lokal. Kalian tentu yang udah pernah ngerasain traveling dan ketemu masyarakat lokal punya kenangan tersendiri, karena kalian membaur dan merasa menyatu dengan liburan kalian menjadi lebih bermakna (gimana cara deskripsinya ya). 

Rasanya udah ga sabar menanti saatnya tiba traveling bareng mba Pungky ke Bali sambil ketawa-ketawi, dengerin pengalaman mba Pungky sebagai blogger yang sering jalan-jalan gratis, dan menerima tantangan bareng liburan bareng ke Bali di traktir Bali Funky. Sampai ketemu di Bali mba Pungky!.



Wish me Luck,
Farha



You Might Also Like

3 comment

  1. Gunung Batur sama Kintamani ini favoritku banget kalo ke Bali. Sama satu lagi, Ubud. Suka banget ama suasananya.. Bali emang selalu ngangenin ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah sama sekali ni ke Ubud kayaknya suasanya selain sejuk samaa beda ya mba dian karena kearifan lokal masyarakat disana, iya mbaa dan aku pengen ke Bali ke tempat yang berbeda dari biasanya :)

      Delete
  2. wahh pemandangannya benar-benar keren, apalagi melihat curug dan bukit yang serasa ada di dunia atas awan.. daebakkk

    www.daherbal.net

    ReplyDelete

Terimakasih sudah bersedia membaca, untuk memperluas amal baik silaturahmi dan memperluas koneksi, silahkan isi komentar dan tinggalkan URL blog kalian

Friends

Google+ Followers