Trekking Semeru untuk Pemula

1:12 AM

Baca Juga

Dua Tahun berlalu tulisan ini baru muncul lagi, sebelumnya saya sudah menulis perjalanan ke Semeru yang bersambung, berhubung kesibukan akhirnya ga diterusin. Nah untuk mengobati kerinduan naik gunung, saya akan coba mengobatinya dengan menulis kenangan trekking pertama saya ke Semeru.

Kali ini saya akan memberikan tips ala saya yang memang saya kerjakan sendiri sebelum trekking semeru. Anyway kalian Semeru adalah puncak tertinggi di pulau jawa dan belakangan tahun ini naik pamor setelah ada film 5cm dan juga menjadi ramai mendadak seperti pasar jalur trek menuju puncaknya kalau longweekend.

Okay ini tips ala saya untuk prepare maupun pas trekking di Semeru, semoga bermanfaat!


1. Pastikan bersama siapa kalian akan berangkat
Menurut saya ini penting banget. Berhubung Semeru adalah gunung yang tinggi dengan trek panjang dan trek puncak yang curam, kalian sebelumnya harus wajib memastikan dengan siapa kalian berangkat. 

Contohnya kalian diajak temen yang baru 2/3 kali naik gunung atau pengalaman naik gunungnya belum meyakinkan, nah kalian harus pertimbangkan lagi. Karena trek ini panjang kalau kalian yakin dengan orang didekat kalian bersama kalian pasti dalam perjalanan kalian akan merasa aman dan nyaman dan tidak takut. trust me ini pertama kali yang harus kalian pertimbangkan.

2. Pastikan jadwal keberangkatan dan kepulangan
Sebelum pesan tiket kereta api Pulang-Pergi kalian harus mempertimbangkan fisik dan kemampuan kalian dalam trekking. ini penting sekali, karena masing-masing punya kemampuan yang berbeda misal A bisa tektok puncak semeru dalam dua hari, nah kamu harus menempuh 4 hari itu dijeda sama istirahat 3 kali seperti saya. Hal ini juga harus didiskusikann dengan kelompok kalian dan harus jujur sama kemampuan kamu, jangan karena malu jadi ikut yang lain nah akhirnya nanti rugi sendiri dan merugikan oranglain.

3. Jogging Secara Teratur
Menurut saya merencanakan untuk naik ke Semeru harus jauh-jauh hari, ga bisa sebulan sebelumnya. Karena kalian harus mengatur ritme pernafasan kalian agar terbiasa dengan ritme yang tinggi dan juga membiasakan kaki kalian melangkah lebih banyak dan berat. 

Jogging secara teratur. contohnya dijadwalkan 3 hari sekali. Prepare saya waktu itu adalah jogging tiap 3 hari sekali dengan bertahap sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jogging ini juga bermanfaat sekali menurunkan berat badan kalian.

4. Jaga kesehatan
Nah ini juga yang paling penting. Jaga kesehaatan dengan menjaga pola makan sehat terutama jangan sering minum es dulu dan banyak istirahat di rumah maksudnya jangan beraktivitas terlalu tinggi dulu contohnya jangan kebanyakan ngemall sampe malem atau melek sampe malem main gaple. Dengan mengatur pola makan dan istirahat kita tubuh kita akan lebih Fit dan terjaga dari serangan virus.

5. Persiapkan kebutuhan trekking
Yang wajib kalian punya untuk trekking semeru sama seperti trekking gunung lain, bedanya kalian wajib punya sepatu untuk dibawa ke semeru. Ditambahkan persiapan sepatu gunung atau sejenisnya, selain persiapan jaket gunung tebal, headlamp, sarung tangan, kupluk/topi, sleeping bag, matras. Nah sleeping bag dan matras ini wajib ya bawa per orang, kalau di gunung lain mungkin bisa toleran tapi kalau di semeru jangan yaa, kalian wajib bawa sendiri.

Untuk trekking pole bisa jadi tambahan, kalau ini tergantung kebutuhan dan kenyamanan. Kalau saya sih enakan di gandeng soalnya ada yang ngangkat badan kalau ga kuat hahaha.

6. Persiapkan menu makan ketika trekking
Berhubung trekking semeru bukan hanya semalam yang cukup dengan makan mie rebus. Trekking ini butuh tenaga yang cukup dan badan yang fit. Oleh karena itu kalian harus makan yang bergizi juga dan ga cukup makan mie rebus terus.

Kalian bisa membuat menu sayur berkuah atau ongseng seperti sayur sop, ongseng kangkung. Untuk lauknya kalian bisa membuat menu tempe/tahu goreng yang gampang, atau bawa bakso sosis dan kawannya yang sudah digoreng terlebih dahulu di rumah jadi diatas tinggal diangetin.

jangan lupa bawa minuman yang manis, susu kental manis contohnya untuk menambah energi kalian yang akan dibakar lebih banyak ketika trekking. 

7. Pilihlah waktu trekking malam hari
Entah kenapa saya lebih nyaman trekking malam hari karena selain lebih adem dan tidak terik, kalian jugatidak akan melihat jalur yang panjang dan terus naik yang akan membuat mundur untuk melangkah.

Untuk start awal bisa dimulai menjelang maghrib karena kalian akan sampai di ranukumbolo sekitar jam 11-12 malam, nah begitu mendirikan tenda kalian bisa isirahat untuk melanjutkan perjalanan yang akan lebih panjang dari ranukumbolo ke kalimati.

8. Atur langkah dan pernafasan ketika sedang berjalan
Jangan terlalu banyak duduk untuk istirahat. Cukup mengatur langkah dan posisi kalian ketika mengambil nafas tetap tegak. hitunglah langkah 35 baru kemudian istirahat mengatur nafas.

9. Ukur kemampuan diri sendiri
Kalian harus mempertimbangkan kemampuan diri sendiri, misalnya untuk membawa tas kalian cuma kuat bawa tas yang 35L dengan kapasitas cuma muat sleeping bag dan matras dikaitkan di tas nah jangan sesekali memaksa bawa yang lebih berat karena akan menguras tenaga kalian.
Kalian bisa minta tolong dengan teman cowok untuk membawakan perbekalan minuman dan makanan. Biasanya cowok akan membawa beberapa drigen untuk tempat minum, berhubung di semeru hanya menemukan sumber air di ranukumbolo dan di kalimati, perbekalan minum bisa ditugaskan dibawa oleh laki-laki dan dibagi di bagian leader, tengah, dan swipper.

Jangan terlalu memaksakan kehendak untuk sampai puncak sebelum matahari terbit. Biasanya pendaki akan mengejar sunrise di puncak untuk melihat keindahan sunrise. Nah kalau kalian ritmenya tidak sama dengan teman kalian yang bisa lari ke puncak, jangan memaksakan kehendak ya. Kalian harus membawa diri senyaman dan seyakin mungkin. yakin aja bisa sampai puncak dan tenang.

trekking ke puncak start jam 01.00

10. Save your self
Berdo'a adalah hal yang paling utama, dan juga minta doa dari kedua orangtua. Bagaimanapun kalian akan melakukan perjalanan jauh dan resiko tinggi. Maka dari itu jangan lupa mengikutsertakan kedua orangtua dalam langkah kalian, trust me itu akan membantu kalian dan mempermudah kalian.

Jangan lupa juga sholat 5 waktu. Biasanya saya sering menemukan pendaki yang lupa sholat, karena males dan keburu capek pengennya sampe camp dirikan tenda abis itu rebahan, atau lupa karena pengen keburu sampe camp atau puncak jadi males beranjak sebentar untuk sholat. Sholat 5 waktu ini penting banget karena bisa menjaga kalian dari hal yang tidak diinginkan, menjaga langkah kalian, karena kalian inget Allah, Allah bakal inget kita. Saya tiap trip kemanapun tidak pernah lupa mengingatkan teman traveling saya untuk sholat.

Jaga sikap dan tutur kata. Di gunung adalah bukan rumah kalian dan disana banyak penghuni yang tidak bisa kita liat dengan kasat mata. Maka jaga diri dari sikap dan tutur kata. Tips saya setiap kalian mau mendirikan tenda ucapkan Ta'awudz dan basmallah lalu izin dengan cara ngomong aja "maaf yaa izin numpang sebentar", jangan lupa pas buang hajat juga selalu izin ya. 


Sekian tips dari saya, semoga bisa membantu kalian para newbie yang langsung mencoba naik gunung Semeru. Semoga bermanfaat.







jalur puncak Semeru pagi hari


You Might Also Like

0 comment

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar dibawah ini ya

Friends

Google+ Followers