Rute Termudah untuk Menikmati Selimut Kabut Gunung Merapi di Bukit Klangon

11:17 AM


 


Jogja memang menjadi kota yang paling banyak diserbu wisatawan lokal hobby selfie. Terbukti banyaknya destinasi wisata yang kreatif menciptakan spot-spot selfie di kawasan wisata Jogja. Bukan hanya spot selfie biasa, tapi spot tersebut dilengkapi dengan pemandangan alam yang menyejukkan dan indah, apalagi kalau mengejar sunrise di beberapa tempat ketinggian kawasan Jogja, kalau cuaca cerah maka akan bertemu dengan selimut kabut menggumpal seperti kapas.

Bukit Klangon ini salah satu tempat destinasi spot selfie terbaru di Kawasan Jogja, dilengkapi dengan gardu pandang Gunung Merapi yang gagah. Lokasi Bukit Klangon tepat di Desa Glagaharjo, Cangkringan. Rutenya tidak sesulit digapai seperti Kali Adem, bermodal mengikuti rute di Maps dengan kendaraan bermotorpun bisa sampai tempat tanpa medan yang sulit dan jalanpun hanya lurus saja, ditambah lagi sepanjang perjalanan kanan-kiri sawah yang hijau, hawa yang sejuk dan dingin menyelimuti.

Rute Menuju Bukit Klangon Menggunakan Motor

Lokasi Bukit klangon ini terletak di Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Lokasinya berdekatan dengan The Lost World Castle dan Musim Ullen Sentalu. Untuk merencanakan trip bisa membuat itinerary menikmati sunrise di Bukit Klangon, lanjut The Lost World Castle, Musim Ullen Sentalu, Candi Ratu Boko, Tebing Breksi, diakhiri melihat Sunset dari Candi Sambi Sari.


Bukit Klangon ini memang paling mudah rutenya dengan menggunakan motor dibanding Kali Adem yang memang lebih terkenal untuk spot terbaik melihat Gunung Merapi. Cukup search di Maps Bukit Klangon dan ikuti arahan Maps. Perjalanan yang ditempuh menurut Maps membutuhkan waktu 30-40 menit posisi dari pusat kota Yogyakarta. Medannya pun tidak sulit juga, kalau dari arah UGM ambil lurus terus kemudian belok ke arah Cangkringan dan lurus terus, tinggal ikutin Maps aja dan jangan khawatir kalau kalian mau mengejar sunset dengan motoran berdua teman karena memang rutenya gampang dibanding Kali Adem.




Perjalanan memasuki kawasan Bukit Klangon akan disuguhkan pemandangan pohon-pohon tinggi yang syahdu dan tentunya instagramable banget buat difoto apalagi kalau nuansanya lagi mendung dan berkabut.


Spot Terbaik Melihat Gunung Merapi Lebih Dekat

Tepat dibawah kaki Gunung Merapi, Bukit Klangon ini sudah memberikan udara sejuk untuk sekedar bersantai dan menikmati udara segar tanpa polusi. Bukit Klangon ini sebenarnya memang dijadikan wisata alam, selain terdapat gardu pandang yang memiliki ketinggian 5 meter dan cukup kuat untuk melihat Gunung Merapi, ternyata terdapat wisata downhill yang wajid dicoba juga.

Lokasi Bukit Klangon juga memiliki lahan yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Udara yang sejuk dengan view Gunung Merapi akan memberikan suasana camping serasa di Gunung, ngecamp di Gunung tanpa bersusah payah nanjak.



Waktu berkunjung terbaik memang di musim kemarau karena akan nampak jelas gagah dan megahnya Gunung Merapi. Namun di musim penghujan seperti saat ini tidak kalah indah melihat Gunung Merapi di selimuti kabut sepanjang hari. 

Kalau berkunjung di Musim Kemarau untuk berkunjung memang disarankan dibawah jam 2, karena Gunung Merapi seringkali diselimuti kabut dari siang sampai menjelang sore. Berbeda jika d Musim Penghujan dapat view Gunung Merapi saja sudah beruntung, apalagi ditambah selimut kabut memberikan nuansa yang berbeda.


Untuk tiket masuk saya tidak tahu berapa harga tiketnya, karena pada saat berkunjung kebetulan masih pagi dini hari dan sepi sekali. Pos penjaga tiket saat itu tidak ada, dan sampai di tempat ternyata sepi sekali bahkan kantinpun belum buka karena ternyata malamnya ada acara Panggung Budaya di Bukit Klangon. Jadilah saat itu saya berdua teman saya menikmati dan puas berfoto di Bukit Klangon dengan background selimut kabut menyelimuti Gunung Merapi yang gagah, sesekali berharap cahaya matahari akan menerangi.

Saya tidak bisa berlama-lama untuk menunggu cahaya matahari keluar, karena perut sudah lapar dan kebetulan tidak ada warung yang buka, akhirnya memutuskan untuk segera turun dan melanjutkan perjalanan ke Tebing Breksi.



Bukit Klangon ini jadi tempat wisata rekomendasi kalian yang ingin melihat Gunung Merapi lebih dekat tanpa menyusuri medan yang sulit, cukup dengan bersepeda motor dan mengikuti Maps aja. Walaupun sebenarnya lebih bagus melihat Gunung Merapi dari Kali Adem, tapi dengan mempertimbangkan perjalanan termudah digapai dan partner traveling perempuan juga, Bukit Klangon ini jadi rekomendasi yang pas.


You Might Also Like

40 comment

  1. Itu foto yang terakhir terlihat dramatis gan :D Hehehe..
    Kalau pas cerah kayaknya lebih juosss banget ya viewnya,,
    Salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo make kamera canggih lebih dramatis gan, ini modal kamera hp 😁 lebih jos lagi kalo cerah kelihatan guratan merapinya

      Delete
    2. Dulu pernah ada planning kesini, cuma belum kesampaian sampe sekarang. Hehehe.
      .
      Ehh, btw jenengan domisili Jogja gan??

      Delete
    3. Cuuus gaaan kesana, pengennya ke Kaliadem kayaknya lebih bagus view Merapinya cuma harus sama yg udah ngerti Medan kayaknya.

      Asli Jakarta gan lagi mencari pusaka di solo

      Delete
    4. iyah aku juga ngerasa gitu yah
      kabutnya keren

      Delete
  2. Keren juga nih ke Bukit Klangon. Tapi saya kok nggak berani naik ke sekitaran Merapi di musim hujan ya. Jalannya naik turun dan takut licin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa emang keren menatap Merapi lebih dekat, jalanannya ga naik turun dan sudah aspalan Alus semua sepanjang jalan, naik turun tajamnya cuma memasuki kawasan Klangon itupun dikit doang

      Delete
  3. Semua gardu pandang fotogenik buat selfie kayanya berawal dari kreativitas org2 Jogja ya? Sekarang makin banyak aja spot selfie yg kece2 di Jogja,, gunung merapinya cantik.. :)

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dan rasanya kalo ke Jogja itu skg ngebosenin ntah kenapa, karena isinya orang selfie semua

      Delete
  4. 2x pernah melihat merapi dari arah Jogja di thn 2004 tp dgn lugunya hanya duduk hingga tiba di tujuan, jd saya enggak ngeh jalur yg mana. Hehehe. Tp gimamapun itu pengalaman yg menakjubkan. Kabutnya breathtaking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cita-citaku pengen punya rumah yg menghadap Merapi setiap hari ada kabutnya yg bersihin paru2, hehe

      Delete
  5. Yaampun, ini masuk wishlist liburan besok ah.. Makasih reviewnya yak mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus banget ini ke gardu pandang iconnya Jogja gagahnya Merapi, tips sama2 mbaa

      Delete
  6. Kalau pas cerah kayaknya bakal bagus banget nih.
    Pingin sekali-kali menjelajah sleman, kayaknya bisa dijadikan salah satu destinasi nih kalau ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kalo cerah belahan Merapinya keliatan jelas apalagi kamera mendukung, nyusurin Sleman yang ga ada spot selfie lebih seru 😂

      Delete
  7. Pemandangannya bagus banget ijo royo-royo dan kabut. Tapi kayaknya dingin banget ya. S[ot selfie di Jogja banyak bener, di Bantul aja gak abis-abis, ini baru lagi aku baru tau dari postingan Mbaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kalo cerah tambah bagus lagi mbaa, bukan dingin lagi subuh2 naik keatas daerah Kaliurang motoran jadi tantangan berat lawan dingin. Betul di Bantul banyak banget dan karakter gitu bukannya bagus malah kataku jadi alay 😂

      Delete
  8. wow saya salut sama mba, bisa menjadi wanita yang berpetualang dan mengabadikannya di dalam tulisan ini. semoga tetap menginspirasi yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mah petualang ala2 mas, yuk mas piknik bareng :D

      Delete
  9. Makasih sharingnya, mba. Rencananya liburan nanti pengen main-main ke Yogya. Masih pilih2 destinasi wisata. Beruntung mampir disini. Lengkap deh dibahas. Secara aku suka mampir ke wisata alam gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tips liburan ke jogja selain di tanggal merah mba kalau pas momen liburan macet ga ketulungan dan rame ga ketulungan. Jogja banyak kok wisata alamnya

      Delete
  10. Smoga dilain waktu saya bisa berkunjung. terimakasih atas info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin silahkan berkunjung Jogja ramah ramah wargnya

      Delete
  11. Gunung Merapi memang gagah mbak. Kalau sudah marah mengerikan. Erupsi terakhir saya ngungsi ke rumah Ortu di Brebes walau rumah saya diposisi aman 20 Km dari Merapi....Tfs mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul saya aja pas di jalan sepanjang jalan itu ngebayangin ya ngeri mas kebetulan jalan yg dilewatin itu jalur evakuasi, terimakasih kunjungannya mas

      Delete
  12. Saya ngeliat pucuk merapi dari mana, udah bikin kagum. Apalagi kalau dari tempat strategis deh
    Eh, itu di peta sekitaran merapi, kayak urat2 melebar dari sekitar merapi. Kelihatanna waw gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari jalan kaliurang aja udah gagah mba apalagi lebih deket. iyaa memang tepat di kaki merapinya, sekitar rumah mbah maridjan atau kali adem mba

      Delete
  13. Wah sayang bgtt yh, kk farhati disambut mendung. Kira" waktu yg ideal untuk menikmati bukit klangon di km brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lagi musim hujan, waktu yg ideal itu pagi sampai dhuhur karena setelah dhuhur bisa ketutup kabut lagi

      Delete
  14. Jogja selalu istimewa, selalu ingin kembali kesana. Aku iri dengan warga yg tinggal djogja bisa menikmati keindahan alam yg menakjubkan. Suka baca cerita jalan2nya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun iri mba rasanya pengen tinggal di Jogja tapi sekarang Jogja hanya bisa dinikmati di pinggiran, kalau kota benar2 sudah full

      Delete
  15. Njirrrrrr. Keren nih , Skrang kalau mau foto view gunung Merapi enggak usah capek" mendaki gunung Merbabu via Selo, cukup ke bukit Klangon Sleman jhe. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren kan apalagi 2 hari yg lalu Jogja lagi cerah2nyaa brooh, yoih capek2 pengen liat Merapi harus daki Merbabu dulu Hayati lelah

      Delete
  16. Dulu sempet mau ke sini tapi malah nyasar.. hoho
    Musti ke sini lagi mbak pas cerah..

    Salam kenal..
    Menggapai Angkasa dot com

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal rutenya paling gampang ke klangon loh mas tinggal luru aja :D
      yaps kemaren udah balik lagi tapi ke kali adem dan beruntung dapet cerah

      salam kenal juga, terima kasih susah mampir

      Delete
    2. G tau kenapa dulu itu musti nyebrangin kali gede yg dipake buat nambang pasir.. haha
      Kayaknya emang dari awalnya salah dulu jalurnya...

      Delete
    3. Itu berarti lewat pintu masuk Kaliurang ya mas? Kalo dari sana berarti salah jalur itu malah lebih Deket ke Kaliadem :-D

      Delete
    4. Iya, soalnya niat pertama emang ke Kaliadem.. Trs lihat papan kayu ke Klangon, eh malah musti nglewatin kali gede tsb.. haha

      Besok deh ke sini kalau udah masuk kemarau..

      Delete
    5. Pantesan harus nyebrang kali gede, kayaknya itu rute Jeep ya mas?

      Nah cocok baliknya pas udah kemarau

      Delete
    6. Sepertinya begitu. Kalau enggak ya jalan tembus yg g biasa buat motor trail.. hehe

      Delete

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini

Friends

Google+ Followers

PART OF

Blogger Perempuan