Kuliner murah makanan Korea di Kimchi Korean Restaurant Solo

10:44 AM

Resto makanan ala Korea belakangan ini kian menjamur di berbagai kota, mungkin dampak dari drama korea yang berlanjut pada review makanan korea ala mukbang di channel youtube. Kalau yang sering menonton drama korea dan mukbang makanan korea pasti hafal istilah-istilah makanan khas korea kaya kimbab, tteokbokki (nyari di google dulu takut salah), rabokki, rameyon, dan lain-lain. Untuk mencari makanan khas ala korea yang murah tidak sulit ditemukan di Solo, apalagi Solo merupakan kota yang sangat murah dan beragam kulinernya.


Kimchi Korean Restaurant memiliki beragam jenis makanan yang bisa dinikmati personal maupun untuk rame-rame, harganya tergolong cukup murah untuk level makanan korea, rasanyapun masih bisa ditolerir oleh lidah khas Indonesia yang sulit menerima rasa yang berbeda dan aneh seperti saya. 

Beberapa hari yang lalu saya sempat mampir untuk mencoba makanan ala korea di Kimchi, nah dari berbagai menu saya memesan untuk porsi sendiri dan untuk yang rame-rame. Untuk memudahkan kalian memesan menu makanan di Kimchi Resto, berikut saya berikan review sedikit dan rekomendasi makanan yang wajib dipesan karena rasanya super enak, aman rasanya untuk lidah Indonesia dan ramah dikantong sekaligus bikin kenyang.

1. Dolsot Saewoo Bap

Dolsot Saewoo Bap
Rate 8.5/10
Price 35.000
Menurutku ini makanan dari Kimchi Korean Resto yang paling ramah di lidah Indonesia, dan paling enak. Dolsot Saewoo Bap ini merupakan nasi bimbimbap bakar yang dibakar diatas mangkuk batu, selain nasi isinya ada udang, daging sapi giling, shitake dan telur. 

Bimbimbap istilah Korea artinya nasi campur, yah kalau di Indonesia Nasi pecel lah. Khas dari korea adalah memakai gochujang. Sebenarnya di Kimchi resto ada dua jenis bimbimbap, mungkin bedanya kalau Dolsot Saewoo Bap tidak pakai gochujang, jadi rasanya jauh berbeda dengan versi Dolsot Bimbimbap.

Dolsot Bimbimbap kurang lebih rasanya seperti makan urap, dan rasa gochujang itu super aneh di lidah, menurutku kalau kaliah baru pertama kali merasakan pasti menilai gak enak beda dengan yang udah tergila dengan drakor sampai rasa makanannya pun dibilang enak-enak aja. 

Photo by : Instagram @kimchiresto
Dolsot Bimbimbap
Rate 4/10
Price 30.000
2.  Korean Fried Chicken

Korean Fried Chicken
Rate 7/10
Price 28.000
Korean fried chicken ini bukan wings tapi karage yaitu ayam tanpa tulang yang digoreng dengan balutan tepung melalui proses sekali menggoreng, lalu dibaluti lagi dengan sauce pedas yang kental dan pedas khas korea, dipercantik dengan taburan wijen diatasnya. Untuk pedasnya memang nampol banget, kalau kalian terbiasa dengan makanan khas korea tidak akan kaget rasa pedasnya yang menusuk di bibir.

Dengan harga 28.000 kalian sudah mendapatkan beberapa potongan ayam karage dan nasi, murah dan aman di lidah. Makanan ini juga jadi favorite di Kimchi Resto Solo loh, kalian wajib mencobanya. Nah korean fried chicken ini ada versi porsi rame-rame yang ditambahkan dengan balutan keju mozarella meleleh.

Photo by Instagram @kimchiresto
Korean Chicken Roll
Rate 8.5/10
Price 105.000 for 2-4 person

3. Budae Jeongol

Photo by Instagram @kimchiresto
Budae Jeon Geol
Rate 7/10
Price 105.000 for 3 - 6 person
Budae Jeon Geol ini Sup bisa disantap 1-6 orang kalau per-orangnya sudah memesan makanan lain sendiri, kalau mau hemat bisa pesan ini aja untuk 1-4 orang dan udah super kenyang menurutku, karena isinya super banyak. 

Budae Jeon Geol merupakan sup dengan bumbu khas Korea dilengkapi dengan isi tteokbokki, Sosis,  daging sapi, kornet, jamur shittake,  tofuseafood, ramyeon. Untuk rasanya ada asam dan kecut karena disitu kaya ada kimchi yang dimasukkan ke sup, asin, cukup pedas tapi gak begitu terasa. Menurutku bumbu Indomie paling juara. 

Budae Jeon Geol disajikan dengan panci besar dilengkapi dengan kompor portable. Cara menikmatinya kita harus merebus supnya sendiri, jadi apinya jangan terlalu besar supaya mie dan seisinya tidak terlalu lembek dan air tidak banyak berkurang. 

4. Korean BBQ Rice

Korean BBQ Rice
Rate 7.5/10
Price 30.000
Untuk menu ini sebenarnya biasa aja, isinya cuma potongan daging sapi dan nasi dilengkapi dengan butiran jagung dan sauce manis disajikan di hot plate. Untuk rasanya manis dan asin, cocok sih buat bikin kenyang perut dengan harga murah hanya 30.000. Dan lagi-lagi rasanya aman untuk lidah Indonesia karena tidak mengandung bumbu khas korea.


5. Mojito Yoghurt

Mojito Yoghurt
Rate 7.5/10
Price 18.000
Mojito Yoghurt cukup menyegarkan dahaga, karena rasa asam menyegarkan dari buah strawbery dan yoghurt mengurangi rasa manis dari sirup dan susu yang ada di minuman ini. Minuman ini sengaja saya pesan selain ice tea karena ingin membuktikan dengan harga 18.000 sesuai dengan kualitas rasanya atau tidak, ternyata tidak mengecewakan. Selain minuman ala yoghurt ada juga milkshake, coffee atau squash.

Selagi menunggu pesanan, Kimchi Korea Restaurant Solo menyajikan beberapa piring kecil atau banchan, Katanya sih banchan ini dimakan sebagai pelengkap ketika menu utama datang nanti, tapi malah banchan sudah habis terlebih dahulu.

Banchan di Kimchi Resto ada kimchi, mayonnaise macaroni, dan oseng tahu. Kalau kalian belum tau, kimchi itu adalah kubis busuk sebenarnya atau bisa dibilang asinan karena kubisnya dilakukan fermentasi terlebih dahulu dengan ditambahkan bumbu pedas jadi rasanya ya akan asing di lidah Indonesia karena kecut, asam, pedas.

Banchan
Rate 7/10
Price - Free -
Gimana? kalian mau coba makanan ala korea di Kimchi Korean Restaurant Solo?. Untuk makan rame-rame dengan memesan porsi personal atau ramean, kira-kira akan habis 40.000 - 60.000 itu udah kenyang banget loh, atau bisa juga habis 30.000 dengan memesan hanya Budae Jaengol, itu udah kenyang juga kok. Silahkan ajak sahabat kalian, keluarga dan pacar sekalian mantan supaya bisa makan rame-rame dan hemat.

Food Place Review

Kimchi Korean Restaurant
Claim Halal 100% No Pork No Beer
Rate           : 8.5/10
Alamat       : Jl. Veteran No 190 Surakarta
Open          : 11am – 11pm
Fasilitas     : Free Wifi
Instagram  : @kimchiresto


Salam,

You Might Also Like

4 comment

  1. Bentuknya sih kayanya menggoda ya,, tapi beberapa rasa makanan korea emang aneh di lidah org Indo hihi.. Penasaran sama menu pertama euy..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuul, apalagi kimchi dan bumbu gochujang bener-bener aneh di aneh, enakan rendang nasi padang kemana-mana lah :D

      Delete
  2. Duh, belum sarapan pula, lapaar lihatnya, Mba..enaak semua, tapi nggak tahu bakalan pas di lidah saya apa nggak, ya :D

    ReplyDelete
  3. haha nah itu di lidah belum tentu cocok :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah bersedia membaca, untuk memperluas amal baik silaturahmi dan memperluas koneksi, silahkan isi komentar dan tinggalkan URL blog kalian

Friends

Google+ Followers