Perpanjang STNK? Lebih Mudah dan Cepat di SAMSAT Kecamatan Pasar Minggu

4:24 AM

Baca Juga


Perpanjang STNK biasanya menghabiskan banyak waktu, karena pelayanan perpanjang STNK seperti di Mobil SIM Keliling yang kadang posisinya jauh dari rumah dan antrian yang panjang dari pagi. Nah karena dulu malas mengantri, saya selalu mengandalkan jasa calo untuk perpanjang STNK, maklum di keluarga saya yang ada di rumah perempuan semua dan sibuk aktifitas setiap harinya.

Sekitar dua tahun lalu saya mendapatkan informasi dari supir pribadi almarhum bapak kalau perpanjang STNK lebih mudah dan cepat di Pelayanan Samsat Kecamatan Pasar Minggu. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba melakukan sendiri bayar pajak STNK atau perpanjang STNK.

Benar saja, melakukan perpanjang STNK di Kecamatan Pasar Minggu memang lebih singkat dan mudah. Kenapa bisa lebih singkat?

Gerai Samsat di Kantor Kecamatan Pasar Minggu ini merupakan pelayanan terpadu, artinya dapat melayani seluruh wajib pajak, ditambah lagi sudah terintegrasi dengan Samsat Online DKI. So, buat kalian warga Jadetabek yang sudah terintegrasi Online Samsatnya bisa melakukan perpanjang STNK di Kecamatan Pasar Minggu.

Perlu di Catat, di Samsat Kecamatan Pasar Minggu hanya bisa melakukan perpanjangan STNK (pertahunnya) mobil dan motor, tidak bisa melakukan perpanjang STNK 5 tahunan dan STNK yang lewat tanggal jatuh temponya (batasnya hanya 11 bulan). Jadi, untuk perpanjang STNK yang sudah lewat 12 bulan (1 tahun) dan untuk STNK 5 tahunan dilakukan di samsat induk (POLDA).

LOKASI SAMSAT KECAMATAN PASAR MINGGU

Alamat Kantor Kecamatan Pasar Minggu, JL. Raya Ragunan Nomor 16, Pasar Minggu Jakarta Selatan
Petugas pelayanan SAMSAT terdiri dari kepolisian dan petugas kecamatan Pasar Minggu, penyerahan berkas terlebih dahulu ke petugas kepolisian (sebelah kanan di foto)
Lokasinya sangat mudah dijangkau, tidak jauh dari Stasiun Pasar Minggu atau Pasar Tradisional Pasar Minggu. Kalian bisa langsung search di Maps “Kecamatan Pasar Minggu

CARA PERPANJANG STNK di SAMSAT KECAMATAN PASAR MINGGU

Sebelum kalian sampai di Kecamatan Pasar Minggu, terlebih dahulu siapkan berkas fotocopy syarat-syarat perpanjangan STNK, apa saja berkasnya?
Berkas fotocopy syarat perpanjangan STNK :
1. Fotocopy STNK dan KTP dijadikan satu lembar
2. Fotocopy BPKP
3. Lembar STNK asli yang sudah dilepas dari kemasan plastiknya
4. KTP asli

Kalau saya biasanya selalu fotocopy di tempat fotocopy-an sebelah Kelurahan Jati Padang. Kebetulan abang-abang yang bekerja sudah paham bagaimana menempatkan fotocopy-nya sesuai ketentuan dari SAMSAT. Kalau kalian bingung, kalian bisa fotocopy berkas persyaratan di sebelah Kelurahan Jati Padang yang letaknya bersebelahan dengan Kecamatan Pasar Minggu.

Berkas persyaratan sudah lengkap selanjutnya mintalah formulir pendaftaran, jangan lupa bawa pulpen sendiri karena di SAMSAT Kecamatan Pasar Minggu tidak menyediakan pulpen.

Mengisi formulir dan mempersiapkan berkas persyaratan
Lembar formulir dan berkas persayaratan dijadikan satu lalu serahkan ke petugas SAMSAT di sebelah kanan yang memakai baju seragam Polisi. Nah berkas yang kalian serahkan terlebih dahulu dilakukan verifikasi oleh petugas kepolisian yang bertugas, tidak butuh waktu lama kalau tidak banyak yang sedang melakukan perpanjangan kalian bisa langsung dipanggil untuk melakukan pembayaran.

Menunggu dipanggil oleh petugas untuk pembayaran pajak STNK
Jangan lupa yang telat bayar pajak perpanjang STNK bawa uang lebih, karena kadang perhitungan denda yang kita lakukan sendiri akan berbeda dengan tagihan yang sebenarnya. Tipsnya jangan sampai telat bayar pajak sampai 12 bulan (1 tahun), karena kalau perpanjang di SAMSAT Induk biasanya lebih ribet urusannya.

JAM OPERASIONAL SAMSAT KECAMATAN PASAR MINGGU

Operasional SAMSAT Kecamatan Pasar Minggu
Senin – Jumat, 08.00 – 14.00 ( Jam istirahat 12.00 – 13.00 )
Sabtu, 08.00 – 12.00

Tips agar tidak antri panjang dan menunggu terlalu lama :
1. Hindari melakukan perpanjangan STNK di tanggal muda
2. Hindari datang diatas jam 11.00
3. Hindari datang ketika istirahat, karena kalian bisa dioper untuk balik lagi keesokan harinya jam 08.00

Ada ketentuan baru dari SAMSAT Kecamatan Pasar Minggu dan perlu dicatat baik-baik buat kalian
Perpanjang STNK tidak dapat diwakilkan kecuali wakil masih terdaftar dalam satu KK (Kartu Keluarga), Surat Kuasa tidak berlaku

Kalau kalian sibuk dan sama sekali tidak sempat untuk ke SAMSAT, boleh minta bantuan anak, adik atau kakak asalkan masih terdaftar di satu Kartu Keluarga. Surat Kuasa saat ini tidak berlaku, mungkin untuk menghindari jasa calo ya.

Gimana? Gampang kan? Semoga informasi ini sangat bermanfaat untuk kalian dan tidak malas lagi untuk melakukan wajib pajak. Ingat! Daerah kalian bisa maju salah satunya karena warganya taat bayar pajak.


Salam,

You Might Also Like

2 comment

  1. belum pernah perpanjang STNK, baru kemarin tuh yg aku jajal, bayar pajak kendaraan. nyari info sana sini, ada g yang mudah, yang g perlu antri lama di samsat, kan g enak juga kudu ninggalin kerjaan kantor. akhirnya dikasih tau kalau mau yang g ngantri lama, datang aja ke kantor samsat habis magrib, nanti ada layanan mobil keliling. dan alhamdulillah g pake antri dan ganggu waktu kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. pajak kendaraan sama perpanjang stnk itu beda ya? wah baru tau ada pelayanan samsat keliling setelah maghrib, ini memudahkan banget buat karyawan kerja kantoran

      Delete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar dibawah ini ya

Friends

Google+ Followers