Kenapa Menulis Blog? Karena dengan menulis, aku berproses dan terus belajar

2:36 AM

Baca Juga

Source : pinterest.com
Blog ini dibangun dari tahun 2009, sebelumnya saya sebenarnya sudah mulai menulis blog dari tahun 2007, yah sekitar kelas 1 SMA.


Tapi, isinya curhatan yang cukup alay mengenai pacar yang kerjaannya selingkuh, dan akhirnya akun blog pertama kali itu saya hapus, karena ya menjijikkan gitu loh sahabat.

Sekitar awal 2008 gitu saya pindah ke Solo, dan mondok sahabat, otomatis aktivitas di online terbatasi, hanya bisa main ke warnet di hari Jumat. 

Lagi-lagi saya buat akun blog baru tujuannya ya untuk curhat sahabat, waktu itu saya belum move on, pokoknya menjijikkan lah, tak perlu dicontoh yang seperti itu sahabat. 

Yah, tapi aku jadi berproses. Awalnya cuma menumpahkan segala rasa sesak di dada (ciyah), tentang percintaan, sekolah, kuliah, balik lagi percintaan yang tak kunjung usai. Sedih Sabahat, gak perlu ditiru ya, kalian langsung nikah aja.

Kalau ditanya kenapa menulis blog? Alasannya ya karena mau nulis, dan mau nge-blog. Banyak orang yang pengen nulis tapi bukan mau, Ndak ada niat gitu loh sahabat.

Saya itu punya niat dan mau beda kalau pengen doang. Yah, kaya kalian pengen nikah tapi gak ada niat mau nikah, yah Ndak terlaksana gitu loh sahabat.

Semakin dewasa hati dan pikiran ini, akhirnya saya memutuskan untuk serius mengelola blog ini, jadi tidak cuma berbagi keluh kesah karena sakit hati ulah pasangan, uuh Ndak lagi sudah cukup sahabat, perih (loh ini masih curhat), ampun sahabat.

Blog ini berproses, dari sekedar curhat lalu berbagi tentang traveling, berproses lagi lalu jadi review skincare dan kuliner, berproses lagi jadi ladang pundi-pundi dolar (ini jangan jadi niat awal loh ya), itu proses saya. Proses kalian apa?-

Lalu, selain berproses, blog ini juga jadi tempat belajar. Karena ada aktivitas blogwalking, saya jadi sering mampir ke blog tetangga lalu banyak belajar.

"ih, blog mbake baguse pol yaa, kepriwee Ben kaya kuweek"

Semakin banyak blogwalking, semakin banyak belajar jadi tau sedikit-sedikit edit html di blog, kalau ada yang gak sinkron saya cari sendiri secara otodidak sampe seharian mules matanya.

Semakin banyak belajar, semakin cepat berproses. Nah baru deh merasakan manfaat dari menulis blog, apa aja tuh sahabat? Coba cermati, mungkin kalian merasakan juga!

Semakin Luas Pengetahuan

Tentunya, kalau mau nulis gak bisa asal ceplos dong, harus cari informasi yang betul dulu. Contohnya gitu kali mau review skincare, nah kalian harus tau dong yaa bahan-bahan dan manfaat yang ada di produk apa aja, tentu kalian harus search google, akhirnya kalian tau misalnya manfaat dari kandungan niacinamide itu untuk jerawat, bener gak ini sih? Ngasal aja, jangan ditiru sahabat

Semakin Rapih Tulisan

Karena rutinitas kita sering nulis, jadi otomatis akan menjadi kebiasaan. Gak lagi tuh bingung harus mulai dari mana, walaupun blogger juga sering kebingungan sih kalau harus nulis event report yang gak sesuai bidangnya.

Tapi, perhatikan deh kalian itu blogger-blogger pasti berproses. Tadinya tulisannya semrawut gak jelas strukturnya, alurnya ngalir ngidul, mungkin perlahan akan terlihat tulisan jadi rapih dan runtun. Eh, apa daya aja yang rasain? Maklum dulu alay aku tuh sahabat.

Dapet duit dari Blog

Ini nih yang paling diincar, dapat duit dari blog. Gimana sih caranya dapat duit dari blog?. Bisa dari google adsense, content placement, endorsment atau event review sahabat. Waah keren kan dengan nulis di blog bisa dapet duit.

Sekarang blogger itu bisa menjadi influencer atau buzzer. Gimana? Mau dapat duit tambahan dari ngeblog? Kumpulin niat dulu baru manfaat hadir beriringan sahabat.

Sebagai Amal Jariyah

Apapun yang kalian kerjakan memang bisa menjadi amal jariyah. Tapi, menurutku sih menulis itu sama seperti guru kita yang memberikan ilmunya kepada murid. Nah, kalau kita menulis hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain dan dibaca banyak orang, sungguh kata perkata menjadi amal jariyah buat kita.

Maka dari itu, adanya event review misalnya, tugas blogger membuat tulisan untuk memberikan informasi ke masyarakat luas, insya Allah akan sangat bermanfaat.

Jangan lagi ya, remehkan pekerjaan blogger yang kadang harus online update instastory, Twitter atau feed Instagram. Yah, semua itu tujuannya agar informasi tersebar luas ke kalian. Gitu loh Sahabat.

Networking semakin luas, bergabung komunitas

Semenjak pulang dari merantau, akhirnya saya memutuskan untuk bergabung di berbagai komunitas. Contohnya blogger perempuan, blogger Jakarta, blogger crony, komunitas Indonesia Social Bloggerpreneur, dan banyak lagi.

Bergabung dengan komunitas blogger banyak banget serunya. Tambah ilmu lagi teknik menulis di blog standar SEO, dan banyak lagi.

Serunya gabung komunitas itu, kita ketemu orang-orang baru yang sesuai dengan passion yaitu ngeblog, dengan berbagai karakteristik ada yang jagonya SEO, beauty blogger, food blogger, dan banyak lagi. Ketemu orang baru akan banyak sharing , lalu dapet cerita baru dan networking baru.

Panjang sekali ini tulisan, semoga kalian baca sampai bawah ya, minimal 5 menit lah bertahan baca artikel ini.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat ya sahabat. 

Salam,



You Might Also Like

0 comment

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar dibawah ini ya

Friends

Google+ Followers