Animasi Karya Anak Bangsa "Nano Millenial Force", Kemnaker Siap Hadapi Tantangan Industri Animasi

1:51 AM

Baca Juga

Menteri Hanif Dhakiri Bersama Tim Binaan Pelatihan BBPLK Bekasi
Source: Tim Indoblognet

animasi karya anak bangsa saat ini memang sedang banyak diminati oleh generasi Millenial. Kalian pasti sudah tau film Si Unyil dan Battle of Surabaya. Selain film animasi karya anak bangsa tersebut, kalian juga sudah tau kan ada beberapa animator Indonesia yang sudah mendunia? Beberapa film yang melibatkan animator Indonesia antara lain ada Transformer, The Adventure of Tintin, bahkan film Avengers juga loh sahabat, hebat ya animator Indonesia?
Adanya ketertarikan anak muda dibidang industri animasi khususnya film animasi atau games saat ini, menggerakkan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan skill dan kemampuan dari animator ataupun calon animator Indonesia supaya dapat dilirik dalam dunia Industri animasi. Apa sih yang dilakukan Pemerintah Indonesia untuk para animator maupun calon animator Indonesia?

Melalui BBPLK (Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja) Bekasi, Kementrian Ketenagaan Kerja Menyediakan Program Pelatihan Movie Animator.

Muhammad Hanif Dhakiri selaku Menteri Ketenagaan Kerja pada hari Jumat, 16 November meresmikan Creative Room di BBPLK Bekasi sekaligus launching film “Nano Millenial Force” animasi karya anak bangsa dari program pelatihan Movie Animator BBPLK Bekasi.


Sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri
Source : Humas Kemnaker RI
Jadi sahabat, Pemerintah Indonesia sangat mendukung sekali kreatifitas dan inovasi dari generasi Millenial. Adanya program pelatihan Movie Animator ini sebagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan skill dan kemampuan dari animator maupun calon animator Indonesia.

BBPLK Bekasi sebagai wadah atau fasilitator menyediakan pelatihan Movie Animator antara lain 3D Modelling, 3D animate, 3D Riging, Editing dan VFX, Storyboarding, Character Design dan Teaching Factory.

Untuk kalian anak-anak muda kreatif dan berbakat ditambah yang memiliki minat bidang animasi tidak perlu khawatir lagi bagaimana dan dimana belajar membuat movie animator, kalian datang saja ke BBPLK Bekasi, seluruh pelatihan tersebut GRATIS alias tidak dipungut biaya apapun. Menarik bukan?.

Tidak perlu khawatir sahabat, program pelatihan ini tidak hanya untuk warga Bekasi saja, seluruh anak muda Indonesia mulai dari tamatan SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi bahkan Pensiunan dapat mengikuti pelatihan Movie Animator di BBPLK Bekasi.

Cara Mengikuti Pelatihan Movie Animator di BBPLK Bekasi

Untuk mendaftar menjadi anak binaan BBPLK Bekasi, kalian cukup mendaftar melalui website BBPLK Bekasi. Jangan lupa follow semua akun media social BBPLK Bekasi mulai dari Facebook, Instagram dan Twitternya supaya kalian selalu update informasi pendaftaran peserta pelatihan ya sahabat.

Website     : blkbekasi.kemnaker.go.id 
Facebook  : BLK Bekasi Kemnaker RI 
Twitter      : @BBPLK Bekasi  
Instagram : Blkbekasi_kemnaker 

Salah satu peserta pelatihan BBPLK Bekasi menunjukkan bagaimana cara membuat film animasi "Nano Milenial Force"
Source : Tim Blogger Indoblognet
Nantinya anak binaan program Pelatihan Movie Animator akan diberikan fasilitas berupa Creative Room yang sangat menyenangkan dan nyaman. Tujuannya apa sih sahabat? Tentunya tujuannya agar para animator dapat menghasilkan produksi film animasi, menuangkan imajinasi kreatif dan inovatif, melaksanakan pelatihan yang nyaman dan lebih menyenangkan, serta mengekspresikan ide-ide membuat karya animasi yang dapat dipublikasi dan bernilai jual. Tertarik? Intip dulu disini! 

Creative Room BBPLK Bekasi, Ruangan Pelatihan Movie Animator yang sangat Nyaman

Ruangan dengan luas 303 meter persegi dilengkapi dengan meja kerja lengkap dengan peripheral yang dibutuhkan akan menjadi tempat seluruh anak binaan BBPLK Bekasi untuk belajar dan berlatih. Creative Room ini terdapat 6 ruangan untuk mendukung kinerja para anak binaan, yaitu.
  • Ruangan teater, untuk menampilkan pertunjukkan film hasil karya peserta pelatihan
  • Ruangan motion capture, untuk merekan digital setiap gerakan tokoh yang sudah diberi sensor pada setiap titik acuan yang diinformasikan ke sebuah system computer khusus menjadi suatu animasi karakter
  • Ruangan Dubbing dan Editing, sebagai tempat pengambilan pengisi suara pada suatu tayangan video dalam sebuah film dengan karakter suara tertentu, ruangan ini juga untuk melakukan proses editing
  •  Ruangan Produksi, untuk membuat produksi film animasi
  • Ruangan Bermain
  • Pantry
Tim BBPLK Bekasi menunjukkan salah satu ruangan dari Creative room
Source : Humas Kemnaker RI


Salah satu peserta pelatihan Movie Animator BBPLK Bekasi memanfaatkan ruangan Creative Room
Source : Humas Kemnaker RI

Film Nano Millenial Force, Animasi Karya Anak Bangsa dari Program Pelatihan BBPLK Bekasi

Selama ini film animasi anak-anak atau kartun di Televisi Nasional masih dikuasai oleh produk luar Indonesia, walaupun secara perlahan produk animasi karya anak bangsa sudah mulai masuk, namun belum banyak digemari oleh anak-anak. Selain itu juga, ciri khas sebagai anak Indonesia yang memiliki ragam budaya dan kekayaan alam Indonesia belum masuk di film animasi Indonesia.

Nonton bareng Animasi Karya Anak Bangsa bersama Menteri Kemnaker RI, film "Nano Millenial Force"
Source : Tim Blogger Indoblognet
Sahabat, film Nano Millenial Force ini sepertinya menjadi jawabannya. Film yang di produksi selama 4 bulan oleh anak binaan BBPLK Bekasi ini menceritakan 3 anak Indonesia yang sedang tersesat ketika berwisata di Kuil Kiyamizu dera, Kyoto.

Dalam ketersesatan 3 anak muda tersebut bertemu dengan Hanida, sosok pengayom yang mengajarkan bersikap profesionalisme, disiplin, tahan uji dan kemandirian. Selipan cerita film animasi Nano Millenial Force tersebut dapat membentuk karakter anak-anak generasi emas, nilai edukasinya sangat bagus sahabat.

Lebih takjub lagi, dalam cerita tersebut ada keahlian jurus keajaiban 3 anak yang mencerminkan anak Indonesia banget, seperti “jurus kuda lumping”. Saya pas lihat kaget dan cukup menghibur, jurus kuda lumping dijadikan sebagai kelebihan manusia super. Penasaran sahabat? Kalian bisa tonton lebih lanjut di tayangan youtube dibawah ini ya, jangan lupa kenalkan ke anak, adik, keponakan, anak tetangga, pokoknya seluruh anak Indonesia harus tau film Nano Millenial Force ini!.



Episode dari Film Nano Millenial Force selanjutnya dapat dinikmati di youtube, informasi dari salah satu anak binaan BBPLK Bekasi kedepannya akan diusahakan untuk dapat tayang di TV Nasional, kita doakan ya sahabat supaya mereka terus berkarya.

Salam,


You Might Also Like

2 comment

  1. Jurus kuda lumping jurus hitz yang patut diketahui. Anak millenial, biar mereka kenal budaya.


    Film nano millenial force wajib di tonton YouTube

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hitz banget, anak Indonesia banget

      Wajib tonton di YouTube kasih ke sodara-sodara dan tetangga

      Delete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar dibawah ini ya

Friends

Google+ Followers