Air Terjun Jumog Karanganyar, Rute dari Solo, Harga Tiket dan Fasilitas

By Farhati Mardhiyah - 4:23 AM

Baca Juga

Tidak jauh dari Solo, daerah Karanganyar tepatnya dibawah kaki Gunung Lawu memang memberikan pemandangan hijau nan indah, udara segar dan menarik untuk dikunjungi.

Air terjun Jumog merupakan salah satu tempat wisata di Karanganyar yang letaknya belum begitu jauh dari Kota Solo atau bisa dibilang letaknya masih dibawah jadi tidak perlu jauh-jauh nanjak ke atas untuk menikmati pemandangan air terjun yang indah.

Sebelumnya letak pintu masuk Air Terjun Jumog Karanganyar memang berada di atas sedikit mendekati Candi Sukuh, sehingga untuk memasuki wilayah Air Terjun harus menuruni beberapa anak tangga. Saat ini pintu masuk Air Terjun Jumog posisinya berada dibawah, jadi tidak perlu repot naik turun tangga sudah bisa menikmati air terjun lebih dekat.


Air terjun Jumog, air terjun Jumog Karanganyar, wisata Karanganyar, wisata Tawangmangu, wisata solo, explore karanganyar, explore solo, rute menuju Jumog, rute menuju air terjun Jumog, harga tiket air terjun jumog, tiket masuk air terjun Jumog, cara menuju air terjun Jumog, kawasan air terjun Jumog, parkir air terjun jumog
Air Terjun Jumog Karanganyar

Air Terjun Jumog memang lebih rendah dari Grojogan Sewu, namun tempatnya tidak sepadat dan seramai Grojogan Sewu. Begitu juga harga tiket masuk Air Terjun Jumog lebih murah dibandingkan tiket masuk Grojoga Sewu. Selain itu, Air Terjun Jumog memang tidak pernah kering atau bukan musiman karena Gunung Lawu memiliki kekayaan air yang luar biasa, letak geografisnya juga dibawah Gunung Lawu berupa cekungan sehingga air akan selalu mengalir ke bawah.

Peta dan Lokasi Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793 https://maps.app.goo.gl/Qvn8R

Rute Perjalanan dari Solo 

Rute menuju lokasi pintu masuk kawasan Air Terjun Jumog ada 2 yaitu dari atas dan bawah. Kalau kalian menyukai hal berbau petualangan dan hiking bisa masuk melalui pintu masuk atas kawasan Air Terjun Jumog, sedangkan untuk kalian yang tidak ingin lelah dan membawa anak maupun lansia bisa masuk melalui pintu bawah, kalian bisa ikuti rute ini.

Dari arah kota Solo menuju ke arah Kabupaten Karanganyar, dari lampu merah Karanganyar ambil arah Karangpandan (ikuti petunjuk jalan). Sampai Karangpandan ikuti petunjuk jalan arah Ngargoyoso. Ikuti petunjuk wisata Air Terjun Jumog, patokannya Balai Desa ambil kanan nanti akan ada petunjuk pintu masuk parkir Kawasan Air Terjun Jumog. Pintu masuk ini tidak perlu naik dan turun tangga untuk sampai di Air Terjun Jumog.

Harga Tiket Parkir dan Tiket Masuk Kawasan Air Terjun Jumog

Sebelum memasuki wilayah parkir kawasan Air Terjun Jumog kalian akan diminta Rp. 2000 rupiah untuk motor, selanjutnya untuk uang parkir Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Harga tiket masuk Air Terjun Jumog 2019 cukup Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 15.000 untuk wisatawan asing.

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Jumog

Untuk fasilitas di kawasan air terjun Jumog sangat lengkap meskipun berada di tengah tebing yang tidak begitu luas. Selain bisa menikmati air terjun dan main air di bawah air terjun dan sepanjang sungai kecil, untuk anak-anak bisa menikmati kolam renang gratis di Kawasan Air terjun Jumog.

Fasilitas Kolam Renang di Kawasan Air Terjun Jumog
Source by visitjawatengah.jatengprov.go.id
Tidak perlu khawatir jika ingin main air basah-basahan, Kawasan air terjun Jumog dilengkapi dengan fasilitas WC yang bersih dan terawat dilengkapi dengan fasilitas air hangat dengan dipatok harga Rp. 5000-, per orang.

Air terjun Jumog, air terjun Jumog Karanganyar, wisata Karanganyar, wisata Tawangmangu, wisata solo, explore karanganyar, explore solo, rute menuju Jumog, rute menuju air terjun Jumog, harga tiket air terjun jumog, tiket masuk air terjun Jumog, cara menuju air terjun Jumog, kawasan air terjun Jumog, parkir air terjun jumo

Untuk yang berniat membawa rombongan dan ingin berkunjung ke Air Terjun Jumog, disediakan fasilitas Gazebo besar untuk rombongan yang harus di Booking jauh hari. Selain itu ada beberapa fasilitas tempat duduk untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dan gemericik air yang mengalir di sepanjang sungai kecil.

Adapula fasilitas Musholla dan kuliner. Kuliner di Kawasan Air Terjun Jumog tidak dipatok dengan harga yang mahal, khas dari kuliner di kawasan air terjun Jumog ini adalah Sate Kelinci dengan harga 12.500-, per porsi. Selain itu dilengkapi dengan kopi panas, teh panas maupin dingin, pop mie, sate ayam, dan lain-lain.

Jam Operasional Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog mulai buka jam 08.00 pagi dan tutup hingga jam 16.30

Tips ke Wisata Air Terjun Jumog

  • Lakukan perjalanan di pagi hari agar menghindari hujan
  • Bawa pakaian ganti
  • Gunakan sandal outdoor atau tidak licin
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah


Jangan lupa jika berkunjung ke tempat Wisata Alam tetap menjaga keindahan, kebersihan, tentunya selalu buang sampah di tempat yang telah disediakan. Keindahan alam nantinya adalah warisan kamu untuk anak cucumu. Selamat bekerja kembali kamu.

Salam,

  • Share:

You Might Also Like

49 comment

  1. Replies
    1. Wingih pas seminggu ke solo, nmbok aku diajak dolan ngunuu biar ada konten tulisan di blog wkwkwk

      Delete
  2. banyak wisata alam yang keren2
    hampir semua kota ada
    pengen juga kesini kapan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok bun main ke Solo lanjut ke karang anyar atasnya solo hihi

      Delete
  3. Wonderful Indonesia, kapan ya aku ke Solo hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah ayuk ke Solo, makanan murah wisatanya asik asik banyak hijaunya

      Delete
  4. Aku sudah ke Grojogan Sewu taoi belum pernah ke Jumog ini.Semoga kapan waktu busa singgah ke situ.
    Dan yang paling kusuka di daerah sini adalah sate kelinci...hmm..yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku mau nyoba sate kelinci, begitu mau pesen tiba-tiba keinget kelinci yang amat lucu menggemaskan jadi gak jadi deh hihi

      Delete
  5. Sudah sering baca tentang air terjun Jumog ini. Kalau sudah terkenal tempat parkir dan tiket tidak begitu mahal ya Mbak. Turis asing saja yang lebih mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena tempatnya murah dan belumm begitu jauh dari Solo jadi banyak yg sudah kesana, heem tapi masih wajar mahalnya cuma 15ribu

      Delete
  6. Duh kasih komentar disini puluhan kali gagal terus. Itu si captcha nya kok gak respon sih? Salah mulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal biasanya yg lain Gampang kok mbaa, maaf ya nanti di atur lagi

      Delete
  7. Wah murah ya akses masuknya, masih asri banget ya semoga yg berkunjung selalu jaga kebersihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heem gak mahal buat cari tempat yg sejuk, betul selalu jaga kebersihan

      Delete
  8. udah lama banget nggak ke jumog. Terakhir waktu kuliah. Paling nggak kuat kalau pas balik. Haduh, capek banget tangganya yang panjang itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang ada pintu masuk yang dibawah mba, posisinya jadi gak turun banyak tangga yg dulu itu haha

      Delete
  9. aku kelewatan ga sempet eksplor tempat wisata seputar solo waktu tinggal di sana. kalo dulu tahu, pasti udah mampir ke air terjun jumog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun baru ke Jumog setelah lulus kuliah, dulu mah gak sempet jalan2 hahaa

      Delete
  10. waaah baru denger nih air terjun jumog
    klo masihs epi malah lebih enak ya menikmati wisata alam bs puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ada di solo, kalau lagi main ke solo silahkan mampir

      Delete
  11. Saya selalu suka melihat air terjun dari dekat. Perasaan langsung segar. Untuk masuk ke Air Terjun Jumog ini murah yaa, bawa sekeluarga juga masih murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah kebangetan, padahal ada fasilitas kolam renang yg gratis juga. Jumog cocok buat tempat liburan keluarga, fasilitasnya lengkap dan gak ribet untuk anak atau orang tua

      Delete
  12. Aku orang Magetan yang udah mepet banget sama Karanganyar, eee malah belum pernah ke Air Terjun Jumog ini. Malahan baru tahu dari postingan, Mbak. Duhh, malunya aku. Kapan-kapan perlu dijadwalin nih, apalagi udah dapat infonya dari postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Magetan lebih Deket ke grojogan Sewu ya mba? Aku malah belum pernah ke grojogan Sewu, llebbih jauh dari solo dan lebih naik lagi hahaa

      Delete
  13. Unik banget ini ada kolam renang dekat air terjun. Apalagi kalau bersih dan terawat begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo jumog ini kebersihannya terjaga, kolam renangnya juga jernih airnya langsung dari atas kayaknya

      Delete
  14. Seru banget yaa ternyata! Aku kalau lagi "naik" Tuh penasaran sama tempatnya ini, karena kan liat plang2nya itu. Tapi suka gak pede krn bawa krucils, takut jalannya susah. Ternyata asik yaa..
    Baru tau kalau ada jalan bawah yang bisa dipakai untuk lansia dan anak2.

    Next harus ke sini deh. Nunggu bayik gedean dulu + biar gak pas musim hujan. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa kalau dulu kan cuma dari atas harus nurunin banyak tangga, pulangnya harus naik banyak tangga uuuwwwh lelah hahaha

      aman nih buat ajak bapak ibu nenek kakek dan anak-anak, liburan murah keluarga senang hahaha

      Delete
  15. Mgebaying khan kalau wisata ke tempat air terjun pasti treknya susah, tapi ini ada jalan bawahnya jadi ngajak anak ke wisata ini aman ya Mba, plus ada kolam renangnya pula.

    Nah, penting niyy fasilitas ada dan terawat supaya pengunjung juga semakin nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa biasanya air terjun gitu yaa selalu dilalui dengan banyak turunan jurang, pulangnya nyusahin hahaa

      ini bener aman dan nyaman banget buat liburan sekeluarga, murah jugaaaa lengkaaap poool :D

      Delete
  16. Wah mantap sekali mbak :D jadi pengen kesini lagi... soalnya foto foto saya ilang gegara keformat :-( udaranya sangat sejuk dan segarr yaa , apalagi kalau datangnya pas pagi hari.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih kalau ke format tandanya harus balik lagi, betuuul udara kabutnya itu looh seger ngangenii

      Delete
  17. Kalau jalannya tidak perlu menanjak, bisa nih loburan ke sini bareng orang tua. Fasilitas kolam Renangnya ok buat anak dan ponakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa jarang-jarang wisata air terjun yg ga perlu nanjak dan turun tangga, apalagi ada kolam renangnya gini

      Delete
  18. Aku paling males kalau ke air terjun suka ada batu berlumut licin gitu. Kalau disana banyak ngga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pasti dong ada lumut disana kan lembab super, hati kamu ga lumutan kan? Huakaka

      Delete
  19. Harga tiket masuknya terjangkau juga ya. PAsti seru nih main ke air terjun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps emang seru bangeet ada fasilitasnya banyak

      Delete
  20. Air terjunnya cantik yaa. Lebih menyenangkan lagi karena ada fasilitas kolam renangnya. Kalau ajak anak-anak, pasti suka.

    Saya udah lama gak jalan-jalan ke air terjun gini. Terutama sejak gempa di Lombok. Banyak jalur yang longsor soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuul, biasanya kan kalau ke curug takut anak-anak kecapean karena trek jalanan menuju air terjun yang sulit

      waaah mba asli lombok yaaa, seruu padahal di lombok banyak destinasi wisata alamnya

      Delete
  21. Bawa baby ke air terjun itu challenging banget ya kak hehe soalnya air terjun letaknya di dalam. Tapi sebanding bgt sama keindahannya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa tapi ini air terjun jumog kayaknya gak nyusahin banget kalau bawa baby, soalnya dari parkiran langsung bisa masuk tanpa harus naik beribu tangga

      Delete
  22. biaya tiketnya terjangkau banget yah, liburan bareng keluarga kesini pasti seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeetss super duper muraaah, yapsss liburan gak pake mahal kaan bareng keluarga

      Delete
  23. Mba akutu ga pernah berani main ke curug alias air terjun, soale curug2 itu terkenal banyak demitnya, banyak kejadian diluar nalar klo orangnya lemah bulu 😒😒😒😒

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha padahal demit itu ada dimana-mana ga cuma di curug, karena curug sepi aja jadi terkesan horor ditambah hawanya yang senduuuu

      Delete
  24. Mba makaish infonya..
    Ahh Ume mau ke sini >,<

    ReplyDelete
  25. Belasan kali main ke Jumog karena t4 nya nyaman bgt. Bagi yg ga mau renang, bisa nyewa tiker pinggir sungai kecil, sambil keceh/main air sungai yg bening dan dingin bc sembari menikmati segelas teh panas dan sate kelinci. Pokoknya recommended bgt

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar