Bagaimana Warna Urine Kamu Hari Ini? Segera Perbanyak Minum Untuk Menjaga Kesehatan

2:33 AM

Baca Juga

Ketika Buang Air Kecil di salah satu Kantor BUMN, saya melihat stiker kecil yang menunjukkan normal atau tidak normal warna air kencing (Urine). Ternyata dari warna air kencing yang dikeluarkan bisa mengindikasikan tubuh terhidrasi dengan baik atau tidak.


Air kencing (Urine), seperti kalian tau adalah cairan yang dikeluarkan dari saluran uretra sebagai hasil detoksifikasi racun dan kotoran dari ginjal. Warna dan bau dari air kencing sebenarnya dipengaruhi juga oleh makanan maupun minuman yang kalian konsumsi, misalnya setelah minum kopi, warna air kencing yang dikeluarkan akan kekuningan dan baunya menyengat seperti kopi. Namun, berbeda ya kalau setelah minum kopi kalian banyak minum air mineral atau air putih maka warna yang dikeluarkan akan lebih jernih.

Warna air kencing yang keluar juga bisa menunjukkan seberapa banyaknya kalian minum air putih atau air mineral. Nah, semakin pekat warna air kencing bisa menandakan bahwa tubuh tidak terhidrasi dengan baik, bahkan menandakan tubuh kalian tidak sehat atau jangan-jangan kalian ada gangguan kesehatan. 

Yuk, kenali warna air kencing kalian dan mulai biasakan banyak minum air putih, agar tubuh kalian tetap sehat.

Sederhana, Indikasi Warna Air Kencing Ini Bisa Perlihatkan Tingkat Hidrasi Tubuh Kalian

Cukupkah kebutuhan hidrasi tubuh kalian? Coba cek melalui warna air kencing yang kalian keluarkan. Cocokkan diagram warna dibawah ini, setiap warna air kencing yang kalian keluarkan punya arti kadar air di tubuh.

Warna air kencing, Warna urine, kenali warna air kencing, kenali tanda kesehatan tubuh melalui warna urine, cek kesehatan tubuh melalui urine, cek kesehatan tubuh melalui air kencing, tanda tubuh kamu tidak sehat lihat warna kencing, kenali tanda warna air kencing kamu normal, urine, air kencing, pipis, tanda kamu tidak sehat kenali dari warna air pipis kamu

Bening, tidak ada warna atau transparan

Jika terlalu bening tandanya kamu terlalu banyak minum air jadi dikurangi sedikit ya. Kalau bening tapi masih ada sedikit warnanya, itu tandanya tubuh sudah cukup tehidrasi dengan baik. 

Kuning Bening

Sebenarnya warna air kencing kuning bening sudah menandakan bahwa kamu sudah cukup minum dan tubuh terhidrasi dengan baik. 

Kuning Muda

Warna ini menjadi lampu peringatan untuk kamu segera konsumsi minum air putih lebih banyak, segera minum air putih yaa, agar ginjal kamu bekerja dengan baik untuk filtrasi apa yang kamu makan dan minum di hari itu.

Kuning Pekat

Warna air kencing kuning pekat sudah menjadi tanda bahaya tubuh kamu yang sudah mulai kekurangan cairan. Oleh karena itu, segera minum air putih yang banyak. Jangan malas ya minum air putih, walaupun tidak ada rasanya tapi paling sehat. 

Empat warna air kencing diatas menunjukkan tubuh kalian sudah cukup air dan memungkinkan bahwa tubuh kalian tidak ada gangguan kesehatan pada ginjal maupun organ dalam lainnya. Nah, yang perlu diberi tanda bahaya jika warna air kencing kalian tidak termasuk dalam kategori empat warna diatas. Apa saja? Kenali lebih jauh yuk, supaya kamu lebih aware dan berhati-hati.

Warna air kencing, Warna urine, kenali warna air kencing, kenali tanda kesehatan tubuh melalui warna urine, cek kesehatan tubuh melalui urine, cek kesehatan tubuh melalui air kencing, tanda tubuh kamu tidak sehat lihat warna kencing, kenali tanda warna air kencing kamu normal, urine, air kencing, pipis, tanda kamu tidak sehat kenali dari warna air pipis kamu
source : dailymail.co.uk

Kuning Gelap dan Kuning Madu

Warna air kencing ini sebagai indikasi kalian cukup dehidrasi, segera minum air putih agar kebutuhan cairan tubuh kalian segera teratasi

Coklat Kehijauan

Kalau sudah mulai mengeluarkan warna air kencing jauh dari warna kuning, segera berhati-hati. Selain dehidrasi, bisa jadi ada suatu gangguan kesehatan pada tubuh kalian. Segera cek urine kamu ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Pink Kemerahan

Warna air kencing pink kemerahan bisa terjadi secara alami karena kamu telah konsumsi makanan atau minuman berwarna, seperti makan buat bit yang berwarna merah atau buah naga. Namun, jika kalian tidak konsumsi jenis makanan dan minuman berwarna, segera cek ke dokter karena bisa jadi air kencing kalian bercampur dengan darah.

Tercampurnya darah dengan air kencing, bisa mengindikasikan adanya infeksi kandung kemih, ginjal, prostat, oleh karena itu wajib segera cek urine kamu ke dokter jika mengalami hal tersebut.

Orange

Selain dehidrasi, warna air kencing orange bisa menunjukkan adanya gangguan pada empedu ataupun masalah hati.

Selain warna air kencing yang bisa menunjukkan adanya gejala atau gangguan kesehatan, adanya buih pada air kencing bisa menunjukkan terlalu berlebihan konsumsi protein, dan bisa menunjukkan adanya gangguan ginjal.

Coba dipahami dan diingat, supaya terbiasa lebih berhati-hati untuk konsumsi makanan maupun minuman, tentunya berhati-hati menjaga kesehatan tubuh ya.

Share yuk pengalaman kalian sudah cukup paham belum dengan warna air kencing (urine)? Semoga bermanfaat ya.

Salam,


You Might Also Like

8 comment

  1. aku pernah kaget banget pas pipis... lalu inget abis makan banyak buah naga :)

    ReplyDelete
  2. aku awalnya g paham soal urine, pas sadar tentang warna urine tuh waktu tes kesehatan. disitu gampang banget aku ngeluarin urineku dan warnanya selalu bening, tapi ada beberapa temen yang kesulitan disertai warna urine yang kuning.
    ternyata semua itu berpengaruh dari pola konsumsi minum kita ya. sampai akhirnya sekarang di kantor selalu bawa botol minum ukuran 1 liter, biar gampang nakarnya. pokoknya diusahakan jatah minum sehari dapat 2,5-3 liter lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul apa yang masuk ke tubuh kita ngaruh banget sama apa yang kita keluarkan, minum air putih bagus buat membantu filter racun-racun karena memang tubuh gak banyak bekerja mencerna senyawa kompleks dari pewarna makanan dll hihi

      Jangan lupa bawa Tumblr kemanapun

      Delete
  3. aku kuning bening mbaa. kalo minum bergalon2 soale apalagi pas nyusuin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa sama akupun kuning bening terus pipisnya, minumnya gak cukup sebotol Aqua doang 😂

      Delete
  4. Alhamdulillah sejauh ini antara bening dan kuning bening. Trims infonya mba

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar dibawah ini ya

Friends

Google+ Followers