Pendakian Gunung Cikuray, Trek Dengkul Ketemu Dagu

By Farhati Mardhiyah - 9:01 AM

Baca Juga




Lihat-lihat album foto di Drive Google tiba-tiba flashback pendakian terakhir di tahun 2016. Yups, saya terakhir mendaki di Tahun 2016, dan itu Gunung Cikuray yang terbilang rendah ketinggiannya tapi jalurnya bikin nangis, trek Gunung Cikuray dengkul ketemu dada, men!.


Sedih sih, mulai tahun 2013 sebenarnya saya sering sekali traveling tapi malesnya minta ampun buat ditulis di blog, terbukti tulisan Pendakian Gunung Semeru  terhenti di Part 1 aja, jangan ditiru karena nulis blog dari kamu pergi jauh itu sebuah investasi kenangan, percaya deh!.

Oke, saya akan mencoba mengingat banyak tentang perjalanan pendakian Gunung Cikuray 3 tahun lalu. Pendakian Gunung Cikuray ini yang saya ingat adalah treknya yang kejam, apesnya kena hujan badai, dan pengalaman mistis yang merinding. Simak pendakian saya yuk, kali aja kamu mau nanjak Gunung Cikuray dalam waktu dekat ini.

Cara Menuju Pos Pemancar Gunung Cikuray Dari Jakarta


Dari Jakarta, saya dan ke-empat rekan jalan pendakian saya menggunakan Bus Jakarta-Garut dengan biaya 50.000 (ini tahun 2016 ya guys, sekarang mungkin sudah naik). Berangkat dari Ciputat jam 23.00 malam, sampai di terminal Guntur jam 05.00 subuh.

Sesampainya di Terminal tentunya kami sebagai anak sholeh sholehah,  apalagi jalannya dengan saya bakal tidak lupa untuk tetap menegakkan sholat, tanya deh sama rekan jalan saya haha. Kemudian kami membeli keperluan mendaki seperti makanan dan minuman, seluruh minuman masuk dalam tas 2 cowok, Fyi, kita bawa minuman 20 botol 1,5L karena di Gunung Cikuray musim kering tidak ada sumber air.

Menuju pos pemancar dari Terminal Guntur kami menyewa angkot dengan biaya 50.000/orang. Karena cuma berlima, kami gabung sewa angkot dengan pendaki lain yang juga punya tujuan sama ke pos pemancar.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray 3D, Dengkul Ketemu Dada Ketemu Dagu


Awalnya saya kira jalur pendakian Gunung Cikuray hanya sekejam Gunung Gede via Putri, dengan ketinggian Gunung Cikuray yang hanya 2.818 mdpl, saya percaya diri saja bisa melaluinya sampai puncak karena saya sudah menaklukan Mahameru, duh sombong.

Ternyata saya salah besar, terlalu percaya diri guys!.

Dari pos pemancar, trek pertama yang dilalui adalah perkebunan teh yang cukup jauh ya dan sedikit menanjak, dan lelah sekali karena treknya itu berundak-undak gitu loh bikin kaki pegel, pendaki pasti tau rasanya kalau udah dikasih trek awal begini sudah mutung (ngambek).

Jalur pendakian gunung cikuray, pos pemancar gunung cikuray, trek gunung cikuray, cara menuju gunung cikuray, terminal guntur menuju pos pemancar, pos pemancar cikuray, pos 1 cikuray, pos 2 cikuray, pos 3 cikuray, pos 4 cikuray, pos 5 cikuray, puncak cikuray, trek awal kebun teh, trek awal cikuray, gunung cikuray mistis, gunung cikuray horor, pengalaman mistis di gunung, pendakian, pendaki indonesia, Gunung di Indonesia, gunung di jawa barat, gunung cikuray, gunung cikuray 2818, ketinggian gunung cikuray,
Trek awal, kebun teh
source : mrs-dinastian.com

Setelah melewati perkebunan teh, singgah sebentar untuk melakukan registrasi. Lupa sih kena biaya berapa, setelah saya cek di blog Tia ternyata 10.000/orang, mungkin sekarang sudah naik juga ya.

Setelah pos registrasi, perjalanan dilanjutkan dengan rute tanjakan cihuy sampai pos 1. Trek yang dilalui lumayan cukup berat, tapi ternyata ada yang lebih berat yaitu trek pos 1 menuju pos 2 dan menuju pos 3, tanjakan curam yang tajam dengan 3D (Dengkul ketemu Dada ketemu Dagu) sangat menyeramkan men, gila bikin mau nangis treknya.

Jalur pendakian gunung cikuray, pos pemancar gunung cikuray, trek gunung cikuray, cara menuju gunung cikuray, terminal guntur menuju pos pemancar, pos pemancar cikuray, pos 1 cikuray, pos 2 cikuray, pos 3 cikuray, pos 4 cikuray, pos 5 cikuray, puncak cikuray, trek awal kebun teh, trek awal cikuray, gunung cikuray mistis, gunung cikuray horor, pengalaman mistis di gunung, pendakian, pendaki indonesia, Gunung di Indonesia, gunung di jawa barat, gunung cikuray, gunung cikuray 2818, ketinggian gunung cikuray,
Menuju pos 2, tanjakan cihuy
Source : mrs-dinastian.com

Jalur pendakian gunung cikuray, pos pemancar gunung cikuray, trek gunung cikuray, cara menuju gunung cikuray, terminal guntur menuju pos pemancar, pos pemancar cikuray, pos 1 cikuray, pos 2 cikuray, pos 3 cikuray, pos 4 cikuray, pos 5 cikuray, puncak cikuray, trek awal kebun teh, trek awal cikuray, gunung cikuray mistis, gunung cikuray horor, pengalaman mistis di gunung, pendakian, pendaki indonesia, Gunung di Indonesia, gunung di jawa barat, gunung cikuray, gunung cikuray 2818, ketinggian gunung cikuray,
Pasangan yang selalu bikin mupeng pada masanya
Source : mrs-dinastian.com

Jalur pendakian gunung cikuray, pos pemancar gunung cikuray, trek gunung cikuray, cara menuju gunung cikuray, terminal guntur menuju pos pemancar, pos pemancar cikuray, pos 1 cikuray, pos 2 cikuray, pos 3 cikuray, pos 4 cikuray, pos 5 cikuray, puncak cikuray, trek awal kebun teh, trek awal cikuray, gunung cikuray mistis, gunung cikuray horor, pengalaman mistis di gunung, pendakian, pendaki indonesia, Gunung di Indonesia, gunung di jawa barat, gunung cikuray, gunung cikuray 2818, ketinggian gunung cikuray,
Mulai tidak berdaya setelah melalui trek pos 2
Source : mrs-dinastian.com
Mending disuruh nanjak mahameru , eh sombong lagi. Tapi, serius kita berlima kepayahan, apalagi yang cowok bawa air masing-masing 5L di drijen, 3 orang cewek cuma bawa 1,5 botol masing-masing. Selama perjalanan ada kali 10 langkah jalan, istirahatnya lebih dari se-menit, saking jahatnya trek itu bikin kita berlima melemah dan menciut nyalinya.

Sudah berakhir penyiksaannya? 

Belum, men!

Menuju pos 3, tanjakannya lebih tinggi. Bayangin aja bawa keril yang lumayan berat disuruh angkat badan yang juga berat. Setiap angkat kaki dengkul selalu bertemu dengan dagu, tau kan gimana rasanya angkat badan dengan tanjakan dagu ketemu dengkul?, sakit men!. Tenaga kami berlima sudah semakin melemah, ditambah penderitaannya hujan datang dan semakin gelap.

Jalur pendakian gunung cikuray, pos pemancar gunung cikuray, trek gunung cikuray, cara menuju gunung cikuray, terminal guntur menuju pos pemancar, pos pemancar cikuray, pos 1 cikuray, pos 2 cikuray, pos 3 cikuray, pos 4 cikuray, pos 5 cikuray, puncak cikuray, trek awal kebun teh, trek awal cikuray, gunung cikuray mistis, gunung cikuray horor, pengalaman mistis di gunung, pendakian, pendaki indonesia, Gunung di Indonesia, gunung di jawa barat, gunung cikuray, gunung cikuray 2818, ketinggian gunung cikuray,
Ada yang lebih sadis dari ini, trek menuju pos 3
source : mrs-dinastian.com
Sesampainya di pos 3 sudah ramai pendaki lain yang sudah masang tenda, kebetulan kita telat masang tenda, harusnya sih ada yang duluan untuk cari tempat. Pos 3 ini lumayan sempit lahannya untuk masang tenda, jadilah dengan sedikit maksa karena tiba-tiba hujan makin deras kaya angin badai gitu, kita berlima bangun tenda secara gotong royong di lahan miring. 

Terlalu memaksa bangun tenda di lahan miring, ditambah hujan air pasti lewatin tempat tenda kita, jadi lumayan agak drama yaa karena tenda udah tegak tiba-tiba loyo. Penderitaan belum berakhir sampai situ, tenda yang kita sewa ternyata 1 tendanya tidak ada frame, jadilah kita berlima harus rela desak-desakan dalam satu tenda yang seharusnya untuk berdua jadi untuk berlima, cakep ya?.

Tenda berhasil terpasang selama 1 jam, kami-pun kedinginan. Seinget saya sih waktu itu gak bisa nyalain kompor, terus kita minta apa gitu sama tenda tetangga. Hari semakin gelap, kami berlima saling menghangatkan di dalam tenda.

Jalur pendakian gunung cikuray, pos pemancar gunung cikuray, trek gunung cikuray, cara menuju gunung cikuray, terminal guntur menuju pos pemancar, pos pemancar cikuray, pos 1 cikuray, pos 2 cikuray, pos 3 cikuray, pos 4 cikuray, pos 5 cikuray, puncak cikuray, trek awal kebun teh, trek awal cikuray, gunung cikuray mistis, gunung cikuray horor, pengalaman mistis di gunung, pendakian, pendaki indonesia, Gunung di Indonesia, gunung di jawa barat, gunung cikuray, gunung cikuray 2818, ketinggian gunung cikuray,
Bentukan tenda, terjal shay
source : mrs-dinastian.com

Pengalaman Mistis dan Horor di Pos 3 Gunung Cikuray


Karena hujan deras dari sore hari dan kita berlima cuma bisa berdiam diri dalam tenda, akhirnya kita tidak bisa menikmati Gunung Cikuray pada malam hari. Badan tidak bisa diluruskan karena desak-desakan, tidurpun tidak nyenyak karena posisi tenda di tanah sedikit miring menurun.

Ternyata, teman saya Tia diganggu sama penunggu Gunung Cikuray. Katanya sih ada bayangan atau seperti ada yang menepuk atas tenda kita, kalau saya? gak ngerasain apa-apa selain tertidur pulas sedikit menahan buang air kecil karena emang takut keluar tengah malam. Ternyata bukan cuma Tia yang merasakan, Nina juga. 

Keesokan harinya kita memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan sampai ke puncak, mempertimbangkan kondisi fisik kita yang sudah lemah dan bekal air menipis, trek juga licin karena hujan semalam, kita tidak mau ambil resiko. Setelah menikmati masakan 3 cewek di pagi hari, kita berkemas dan memutuskan untuk turun. 

Jalur pendakian gunung cikuray, pos pemancar gunung cikuray, trek gunung cikuray, cara menuju gunung cikuray, terminal guntur menuju pos pemancar, pos pemancar cikuray, pos 1 cikuray, pos 2 cikuray, pos 3 cikuray, pos 4 cikuray, pos 5 cikuray, puncak cikuray, trek awal kebun teh, trek awal cikuray, gunung cikuray mistis, gunung cikuray horor, pengalaman mistis di gunung, pendakian, pendaki indonesia, Gunung di Indonesia, gunung di jawa barat, gunung cikuray, gunung cikuray 2818, ketinggian gunung cikuray,
Sisa 1 yang single, mau kenalan? Tebak yang mana hayo-

Jalur pendakian gunung cikuray, pos pemancar gunung cikuray, trek gunung cikuray, cara menuju gunung cikuray, terminal guntur menuju pos pemancar, pos pemancar cikuray, pos 1 cikuray, pos 2 cikuray, pos 3 cikuray, pos 4 cikuray, pos 5 cikuray, puncak cikuray, trek awal kebun teh, trek awal cikuray, gunung cikuray mistis, gunung cikuray horor, pengalaman mistis di gunung, pendakian, pendaki indonesia, Gunung di Indonesia, gunung di jawa barat, gunung cikuray, gunung cikuray 2818, ketinggian gunung cikuray,
Full team, kalian kangen aku gak?
Pendaki sejati tidak egois, padahal mah ciut nyalinya, haha
Cek video pendeknya perjalanan pendakian Gunung Cikuray ini guys, seadanya tapi bikin senyum geli sih nontonnya.


Pendakian Gunung Cikuray ini merupakan pendakian terakhir kali saya lakukan, 2 bulan setelahnya Bapak saya meninggal dan sudah sulit mendapatkan izin dari Ibu kalau mau mendaki lagi, lalu saya meneruskan kuliah lagi di Solo dan fokusnya sudah mengutamakan kuliah sih jadi gak mikir mau mendaki. 

Eh, sekarang kangen pengen mendaki lagi tapi udah pada nikah, dari berlima Tia nikah sama Neo (iya mereka pasangan yang selalu prewedding di Gunung), Aang yang selalu back-up di Gunung sudah menikah, Nina rekan jalan saya sudah menikah, tinggal saya.

Sekarang mau jalan bingung, sama siapa ya? apa saya nikah saja? tapi tidak semudah itu ferguso,

Ada yang mau ajak saya mendaki, atau jadi rekan jalan saya? Sharing sekalian isi komentar di bawah yaa!

Salam,



  • Share:

You Might Also Like

11 comment

  1. Mbaa.. sekarang cikuray udah ada sumber air diatas. inget gak waktu turun ada bapak2 naik bawa pipa? nah ternyata itu buat sumber air para pendaki. cikuray udah gak sejahat dulu kayaknya. haha

    Apa mau ke cikuray lagi ni? kapok gak? hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gue baca2 yang lain katanya ada sumber air sih, gak mau ah kapook naik tanjakan segede2 gitu sekarang badan gue lebih berat jugaaa hahahaha

      Delete
  2. Seru banget ceritanya.. Jadi ikut kebawa cerita nih.. Haha..
    BTW, aku belum pernah nanjak lho.. Wkwkwk..
    Maunya nanti aja sama suamik.. Hoho..
    Tapi ga tau kapan dah nikahnya.. *tjurhad*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih nanti pas udah nikah semoga bisa nanjak bareng suami yaaa kembaran

      Delete
  3. Nanjak bareng mamase dong ach
    Akuh sih sekarang jalan2nya ke tempat hits alay
    Karena doi benci yang namanya naek2 ke puncuk gunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo udah nikah dong, iih keberatan badan suaminya yaaa wkwkwkw

      Delete
  4. Hmm.. Embuh ngapa yen denger kata Cikuray rasanya males buat ke sono..
    Denger namane udah g enak.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Update btw di Cikuray sekarang udah dan WC di atas, dan kemarin jalanpendaki si Aceng itu tektok 5 jam, hahahaa kebayang gak tuh kakinya sekuat apa 😂

      Delete
  5. Keren... pengalaman yang seru, bermain di alam, yang mengajarkan kita tentang banyak hal

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar