Cara Mengetahui Darah Haid dengan Mudah

By Farhati Mardhiyah - 8:22 AM

Baca Juga

Banyak sekali dari teman-teman saya yang bertanya, "Kemarin itu Mens cuma keluar dikit 3 hari kaya nge-flek terus udah berhenti, cepet banget Mens-nya". Sayapun sering kali bertanya balik setidaknya yang paling pertama adalah "emang kapan terakhir kali Mens?". Dari pertanyaan teman-teman saya yang umumnya sama, saya bisa simpulkan banyak sekali yang belum mengetahui bagaimana ciri-ciri darah haid itu?.



Bismillahirrahmanirrahim, saya mencoba tuliskan kembali apa yang pernah saya dapat ketika nyantri beberapa tahun lalu. Apa yang saya tuliskan setidaknya diperoleh dari ngaji Kitab Safinatun Najah dan Fathul Qarib.

Kenapa perempuan wajib tau cara mengetahui darah haid?. Jawabannya karena ini menyangkut kewajiban kamu untuk sholat 5 waktu, pasti gak mau kan rugi karena keteledoran kamu yang kurang bahkan gak tau ciri-ciri darah haid seperti apa?.

Untuk tau darah atau flek yang keluar dari farji (Vagina) kamu adalah darah haid atau bukan, setidaknya kamu harus memahami 5 aturan wajib atau rumus yang dijelaskan dalam kitab Safinatun Najah.

5 Rumus Mengenali Darah Haid

Umur Gadis Tidak Kurang dari 9 Tahun

Dalam kitab Safinatun Najah, dijelaskan kalau perempuan baligh ketika sudah mengalami Haid dan minimal  mulai haid di Umur 9 Tahun. Kalau ada perempuan yang sudah mengalami keluarnya darah dari Farji (Vagina) di umur kurang dari 9 tahun bisa dipastikan itu bukan darah haid, melainkan darah fasad (penyakit), kamu bisa bantu adik atau anak kamu untuk cek ke dokter.

Darah yang Keluar Tidak Kurang dari 24 Jam 

Setiap perempuan punya kebiasaan Haid yang berbeda, biasanya masing-masing sudah bisa mengenalinya. Contohnya ketika akan haid akan muncul flek kecoklatan yang terputus, ketika mandi tiba-tiba kalian tau kalau ada bercak flek, dhuhurnya masih keluar flek tapi ketika ashar tidak keluar. 

Yang perlu digaris bawahi, ketika muncul flek yang di duga bisa jadi itu adalah darah haid adalah keluarnya tidak kurang dari 24 jam dalam kurun waktu 15 hari. Munculnya flek lalu bercak darah yang tidak terus-terusan tapi terputus, jika dihitung dalam kurun waktu 15 hari sudah dalam waktu 24 jam berarti itu adalah darah haid.

Berbeda kasusnya, kalau darah haid terputus yang keluar hanya dalam kurun 1 jam sehari dan berhenti di hari ketiga, dalam hitungan berarti hanya 3 jam keluar darah tersebut. Darah ini bukan darah haid, bisa jadi ini darah fasad (penyakit) atau istihadhoh dengan catatan perhatikan kurun waktu 15 hari suci dan haid-nya. 

Penjelasan tentang kurun waktu 15 hari dilanjutkan list dibawah.

Darah yang Keluar Tidak Boleh Lebih dari 15 Hari

Dalam Kitab Safinatun Najah juga dijelaskan perempuan mengalami haid minimal satu hari (24 jam), umumnya 6-7 hari, dan tidak lebih dari 15 hari. Nah, dari sinilah dianjurkan banget buat kamu mencatat betul-betul waktu keluarnya darah.

Biasanya sih saya akan mencatat di Kalender Handphone, catatnya sekalian waktu keluarnya ya, kan pasti kamu akan merasakan sendiri kalau ada sesuatu yang keluar. Pentingnya mencatat waktu ini tujuannya juga untuk mengenali darah haid atau bukan, karena tanda darah haid itu keluar lebih dari 24 jam.

Kalau keluar lebih dari 15 hari bagaimana? Ketika selesai di hari ke 15 ternyata hari ke-16 masih keluar darah haid, berarti darah ini sudah bercampur dengan darah istihadhoh. Untuk mengetahui secara pasti adalah dari waktu mulai haid kamu dan waktu suci kamu.

Contohnya, kamu mulai haid tanggal 15 sampai tanggal 30 ternyata darah kamu masih keluar, sebelum mengetahui ini darah haid atau istihadhoh kamu wajib cek terakhir kamu berhenti haid (suci) sebelum masa haid kamu sekarang. Kalau ternyata kamu baru suci tanggal 3 berarti pada tanggal 15, 16, 17 bukan merupakan darah haid tapi darah istihadhoh.

Darah yang Keluar Harus didahului Suci Minimal 15 Hari

Sama seperti penjelasan sebelumnya, bisa dikatakan darah haid kalau sudah melewati waktu suci minimal 15 hari. Poin pentingnya kalau dalam waktu suci 15 hari kamu sudah keluar bercak darah, flek, atau darah segar seperti haid, kamu bisa memastikan kalau darah tersebut bukan darah haid melainkan darah istihadhoh

Darah istihadhoh berarti kamu suci dan tetap laksanakan sholat dalam catatan menjaga kesuciannya, ketika sholat sebisa mungkin menjaga agar darah tidak keluar, pembalut juga dibersihkan terlebih dahulu.

Darah Tidak Boleh Didahului Oleh Kelahiran

Kalau ini sudah jelas ya, darah yang keluar setelah melahirkan berarti darah tersebut adalah nifas bukan haid. 

Kelima rumus itu wajib kamu pahami betul, karena menyangkut waktu suci kamu dan kewajiban sholat lima waktu, puasa, thawaf ketika menunaikan ibadah haji.

"Begitulah peliknya menentukan darah haid, disarankan banget kalian harus selalu mencatat tanggal dan waktu ketika mulainya dan berhentinya darah haid"


Salam,

  • Share:

You Might Also Like

23 comment

  1. Punya anak gadis harus mencermati soal ini nih. Anak jaman sekarang harus disertai trik kalau diberi informasi. Kurang tepat si anak malah gak percaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya disuruh ikut ngaji lagi buuu hihi, iyaps kalau salah nanti malah kita nanggung dosanya yaa buu :(

      Delete
  2. Suka lupa tandai kalender kalo sedang haid ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal itu penting banget buuk, biar tau kita perlu qodho' apa gak

      Delete
  3. Wah lengkap ulasannya.. kadang sayah masih suka bingung jelasin ke anak soal ini ... jadi punya bahan buat ngejelasin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bisa kasih tau anaknya, biar anaknya paham waktu suci dan haidnya

      Delete
  4. Kadang suka ada temen yang terkejut, dikau kalau haid berapa lama fen? 10 hari.

    Padahal kan masih termasuk darah haid, haddeh, sepertinya dia harus baca artikel nya Farha nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak yang terkejut kalau mensnya lama, kadang 7 hari aja orang udah terkejut. sebenarnya normal kalau masih dalam 15 hari

      Delete
  5. Share ah ke FB karena bagus banget nih untuk pengetahuan para mommies yang memiliki anak perempuan beranjak dewasa. Ulasannya lengkap dan bisa untuk si anak pahami juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak chi, info kaya gini jarang banget padahal krusial banget buat perempuan kan

      Delete
  6. Sebagai perempuan ini informasi yg bermanfaat bgt. Soalnya pernah ada tmn yg klo haid sampe hampir 2 minggu awalnya dianggap biasa setelah di saran utk cek ternyata harus ada pengobatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih 15 hari sih normal bu, tapi kalau dalam 15 hari darahnya selalu banyak yang keluar mungkin itu darah penyakit, dan bisa jadi istihadhoh tapi teman ibu gak catat waktu suci dan haidnya

      Delete
  7. Kalau lagi KB suntik nih sering dibikin bingung. Karena mempengaruhi hormon, kadang saya haid bisa lebih dari 15 hari. Makanya waktu itu cari-cari info dan kurang lebih mirip dengan yang dijelaskan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau KB efeknya ke siklus haid berubah, banyak keluar flek makanny harus dicatet bu takutnya itu bukan haid tapi jadi istihadhoh dan wajib solat

      Delete
  8. Mbak Farha thanks sudah mengingatkan tentang ini ya..kusukaaa
    Sering bingung soalnya, secara aku pakai alat kontrasepsi IUD jadi sering keluar flek di luar masa haid. Maka mesti inget nyatet ya siklusnya.Noted!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba dian, kakaku juga pake kontasepsi dan seringnya haid keluar flek lama banget gak bersih-bersih, makanya perlu ditandai di kalender

      Delete
  9. kalo punya anak remaja sebagai ibu, kayaknya harus bisa ngesih edukasi seperti ini ya ... kalo saya dulu, info seputar gini nyari sendiri, hehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaps ini penting banget buu, hehe bersyukur bu masih mau cari sendiri kadang kan anak ABG suka males nyari hal beginian

      Delete
  10. terima kasih mbak informasinya bermanfaat sekali, aku pernah bingung kok mens bisa sampai 10 hari, meski keluarnya sedikit tapi kan lama yah... langsung cek ke dokter dan bersyukur ternyata normal, sejak saat itu siklus dan waktu mens jd selalu saya catat.

    ReplyDelete
  11. nah memang ribet ya perempuan hehe banyak jenis darah hehe, alhamdulillah jadi makin mudeng dengan tulisan ini

    ReplyDelete
  12. I see kak. Baru tahu penting utk mengenali darah haid sendiri yah

    ReplyDelete
  13. Dulu saat pertama-pertama haid suka masih agak bingung buat hitung2an tanggal haid, eh sampai skrg juga kadang masih bingung,, hhee
    Nah akuu baru tahu yang harus diawali suci 15 hari.
    thanks infonya

    ReplyDelete
  14. Tulisan ini merefresh bab haid yang pernah saya pelajari semasa rajin ikut liqa' waktu kuliah dulu. Terima kasih sudah berbagi,Mbak ;)

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar