Film Koboy Kampus, Satir Berkelas dari Pidi Baiq dan Kawannya Semasa di ITB

By Farhati Mardhiyah - 9:12 AM

Baca Juga

Rasanya sudah lama tidak review film, khususnya film Indonesia. Kebetulan 18 Juli 2019 lalu aku diundang Gala Premier Film Koboy Kampus. Sudah taukah Koboy Kampus?, kalau aku paham betul karena mengikuti novel sebelumnya yang juga sudah di-filmkan, film apa? Yups, Film Dilan.


Setelah Film Dilan tayang, nama Pidi Baiq atau kerap disapa "Ayah" oleh penggemarnya, menjadi lebih terkenal. Aku sendiri baca novel Dilan itu di tahun 2010, dan yaa langsung jatuh cinta sama karakter Dilan yang begitu melekat dengan Ayah Pidi Baiq, sampai dulu itu cari di google tentang Milea itu siapa sambil menebak-nebak, hahaha karena cerita Dilan itu kuat banget kaya bukan fiksi.

Sukses dengan Novel Dilan, ayah Pidi Baiq melanjutkan keluarkan sebuah karya novel "Koboy Kampus", yang menceritakan perjalanannya semasa kuliah di ITB, serta menceritakan asal muasal terbentuknya The Panas Dalam, yang kini dikenal sebagai sebuah Band namun enggan diakui sebagai Band, nyentrik kan si ayah Pidi?.

Gala Premier Film Koboy Kampus, Epicentrum Walk Kuningan Jakarta Selatan

Ketika mengetahui film ini sedang dalam proses pembuatan, aku langsung penasaran siapa yang berperan sebagai ayah Pidi?. Lalu bagaimana alur cerita yang akan ditampilkan film ini? karena ciri khas alur cerita ayah Pidi itu seperti mozaik, kalau tidak cerdas menyatukan bisa jadi rancu.

Lalu, terkejut ternyata karakter ayah Pidi dalam film Koboy Kampus diperankan oleh Jason Ranti. Siapa yang gak kenal Jason Ranti? Musisi Indie folk yang berhasil mengeluarkan album solo pertamanya di tahun 2017 dan tidak pernah sepi penonton di panggung GIGS.

Penasaran sama hasil akting pertamanya Jason Ranti, dan juga film pertama ayah Pidi sebagai sutradara, aku sangat bersemangat untuk hadir Gala Premier sekaligus pengen banget liat langsung The Panas Dalam tampil.

Satir Berkelas dari Mahasiswa ITB Era Soeharto


Kalau ada yang bilang bercandaan jaman sekarang sama jaman dulu itu beda, ya benar beda banget. Inget deh waktu film Dilan tayang banyak yang tersinggung karena film ini mengangkat Syiah, jaman sekarang gini sensitif banget, beda jaman dulu isu-isu hak asasi, sosial dan ekonomi itu lebih sensitif.

Jangan heran juga, lirik-lirik lagu The Panas Dalam banyak kalimat yang penuh satir menyinggung keadaan resah pada masa era Soeharto berkuasa. Keresahan yang dirasakan Pidi Baiq dituangkan dengan cara berbeda, kalau yang lain turun ke jalan untuk demo lalu DO dari ITB, Pidi dan kawannya menuangkan keresahan dengan cara membuat negara baru.

Negara barunya dinamakan Negara Kesatuan Republik The Panas Dalam, yang ternyata merupakan singkatan penuh arti filosofis yaitu aTHEis PAganisme NASrani BuDHA isLAM. Negara ini dibentuk di ruang studio kampus ITB Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), berjumlahkan 18 penduduk.

Dalam cerita, Pidi Baiq punya peran sebagai Imam Besar di Negara The Panas Dalam yang bisa mengangkat Presiden. Saat itu, presidennya adalah Deni diperankan oleh Ricky Harun. Lucunya, dalam negara tersebut ada orang asing berkebangsaan Inggris maka dibuatlah itu Kedutaan Besar.

Gelak tawa fatwa ayah Pidi yang kerap menyindir kesenjangan sosial pada masa itu juga berhasil diperankan baik Jason Ranti, mimik dan gaya bicara bang Jeje yang khas dari Pidi benar-benar nempel. Gak nyangka, ternyata Jason Ranti yang cuek gayanya bisa bikin penonton tertawa di dalam bioskop, jago juga aktingnya.

Kalu ditanya kenapa bisa Jason Ranti main peran sebagai Pidi, itu langsung ditunjuk dan Jeje gak bisa nolak. Untuk mendalami karakter Pidi dalam cerita, Jeje berbagi cerita kalau dia harus menginap di basecamp The Panas Dalam, di daerah Bandung sana.

Press Conference Film Koboy Kampus bersama Media dan Blogger

Selipan Lagu The Panas Dalam Bikin Penonton Otomatis Nyanyi


Dalam film Koboy Kampus, ada selipan beberapa lagu The Panas Dalam yang memang sudah familiar di panggung GIGS. Seperti lagu Jangan ke Jatinangor, koboy kampus, cita--citaku, lagu nia, dan banyak lagi.

Seluruh lagu yang diselipkan ada sejarah dan ceritanya, yang tentunya diceritakan dalam film Koboy Kampus. Kalau kalian penggemar ayah Pidi, The Panas Dalam wajib banget nonton film ini, kalau di film sih yang gitaran dan nyanyi Jason Ranti, pas banget penggemar bang Jeje juga gak boleh ketinggalan.

Malu-malu Jatuh Cinta, Gaya Anak Muda Tahun 1990an


Film Koboy Kampus juga menyelipkan kisah romantisme mahasiswa di tahun 1990an. Era reformasi yang kental dengan demo mahasiswa bahkan sempat mematahkan hati Nova yang diperankan oleh Danilla Riyadi, karena pacarnya lebih cinta ibu pertiwi.

Lalu ada juga sekilah cerita kisah percintaan yang kaku tapi tetap romantis dari ayah Pidi dengan pacarnya yang saat ini sudah jadi istri yaitu Rossi diperankan oleh Steffi Zamora. Sampai kisah lucu dan polos dari Rianto diperankan oleh Anfa Safitri, saat menyatakan cintanya yang ditolak mentah-mentah oleh Nia diperankan oleh Vienna JKT48. Dari cerita inilah muncul salah satu lagu The Panas Dalam.

Salah satu quotes dari Pidi Baiq

Semakin penasaran dengan film Koboy Kampus? Film ini rasanya lebih hidup karena ayah Pidi langsung mensutradarai, beda dengan film sebelumnya. Karakter Dilan yang kata-katanya selalu bikin senyum-senyum, nyleneh dan santai masih terbawa di film Koboy Kampus, seakan ayah Pidi benar-benar terjun di kedua novelnya.

Kalau yang punya bapak ibu, om tante atau siapapun yang sempat merasakan jadi mahasiswa era 90'an, film ini wajib banget ditonton apalagi kalau kamu mahasiswa ITB dan UNPAD, aah cobalah merasakan Bandung 90'an sama sekarang lewat film ini, beda jauh gak?.

Film Koboy Kampus akan segera tayang pada tanggal 25 Juli 2019 di seluruh bioskop Indonesia, jadi jangan sampai ketinggalan yaah, ini buat menebus rindu kamu pada Dilan, eh jadi ayah Pidi itu Dilan?. Ya tuhan, jawab aja sendiri.


Sebelum nonton simak dulu trailer Film Koboy Kampus di bawah ini, lalu aku pamit yah! Selamat menonton!.



Salam,

  • Share:

You Might Also Like

2 comment

  1. Masih terbawa nih, sama suasana di Film Koboy Kampus.. Hehe..
    Good review kembaran :)

    ReplyDelete
  2. pengen nontonnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar