Review Tea Tree Oil Body Shop Untuk Jerawat

By Farhati Mardhiyah - 11:51 AM

Baca Juga

Rasanya sudah lama sekali tidak review skincare, padahal produknya sudah banyak yang difoto tinggal tulisannya aja, sayangnya terlalu banyak menunda. Kali ini aku mau berbagi pengalaman meredakan jerawat bandel menggunakan spot treatment Tea Tree Oil The Body Shop.




Sebenarnya aku sudah cukup lama menggunakan produk ini, sepertinya sih dari 2014 ketika aku lagi breakout karena sering naik gunung dan berpergian jauh. Tea Tree Oil TBS ini selalu jadi skincare wajibku untuk mengobati jerawat bandel yang tiba-tiba muncul.

Jerawat bandel yang aku maksud adalah jerawat matang berwarna merah meradang dan terdapat isinya seperti nanah atau komedo putih. Memiliki jenis kulit berminyak, berpori besar, membuatku sering banget tiba-tiba muncul jerawat kecil sampai merah meradang. 

Sejak 2014 itulah aku mulai cari obat jerawat spot treatment yang ringan dan gak bikin wajahku kering, cukup jerawatnya aja yang kering. Bukan cuma Tea Tree Oil Body Shop spot treatment aja jadi andalan untuk meredakan jerawatku, sebenarnya ada produk lain. Tapi, khusus TBS ini satu-satunya obat jerawat yang ampuh banget meredakan jerawat meradang ada putih-putihnya (aku tunjukkan nanti di foto).

Sebelum review lebih lanjut, mari kita sama-sama mempelajari produk spot treatment Tea Tree Oil TBS ini, menurutku sih penting banget buat kita mempelajari produk skincare sebelum menggunakannya langsung di wajah, salah satunya untuk mengenali satu atau dua bahkan lebih ingredients yang kiranya sudah kita ketahui kalau itu akan menimbulkan dampak buruk di kulit wajah kita.

Ingredients


Pertama kali kalau hendak mencoba produk baru yang selalu aku lihat adalah komposisi dalam produknya. Lalu, aku akan memastikan terlebih dahulu ada atau tidaknya suatu komposisi yang kurang pas di kulitku.

Kandungan dari Tea Tree Oil The Body Shop : Water, Alcohol Denat., PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Polysorbate 20, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Limonene, t-Butyl Alcohol, Calophyllum Inophyllum Seed Oil, Citral, Leptospermum Petersonii (Lemon Tea Tree) Oil, Denatonium Benzoate, Tocopherol.

Nah, bahan kimia yang aku tebalkan itu merupakan turunan alkohol dimana berdasarkan pengalamanku yang punya kulit sensitif akan bereaksi gatal di bagian pelipis dan kalau pemakaiannya rutin bisa menyebabkan kulitku jadi sangat kering.

Produk ini bahan utamanya memang tea tree oil berasal dari Kenya yang perannya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, jadi seperti antibakteri gitu. Kalau dari klaimnya, produk ini terbukti secara klinis dapat membuat kulit lebih bersih dalam satu minggu.

Selain itu, ada kandungan Tocopherol dimana merupakan vitamin E yang bisa membantu memudarkan bekas jerawat walaupun tidak maksimal sih, mungkin vitamin E ini juga membantu agar area jerawat tidak mengelupas, juga area jerawat tidak menghitam setelah kering.



How to Use


Produk spot treatment Tea Tree Oil The Body Shop  dapat digunakan dengan dua cara, menggunakan cotton bud atau jari. Kalau saya lebih memilih menggunakan jari, karena produknya lebih meresap maksimal pada spot jerawat, dengan catatan tangannya harus bersih.

Price and Where to Buy


Harga official dari The Body Shop senilai Rp 119.000 , belinya tentu di store resminya, bisa juga melalui marketplace online

Result 


Setelah menggunakan selama bertahun-tahun, spot treatment TBS ini menjadi skincare wajib yang harus ada karena hasilnya memang membantu jerawat matang membandel cepat kempes tanpa meninggalkan bekas. 

Sayangnya, spot treatment ini tidak bisa membantu jerawat yang tidak matang, atau seperti jerawat batu. Berkali-kali aku ingin membuktikan kalau TBS ini bisa bantu jerawat batu pelan-pelan kempes, tapi nyatanya tidak bisa gaes, niatnya aku ingin hemat biar tidak lagi beli obat jerawat yang fungsinya untuk jerawat batu, yah sekalian niatnya gitu.

Jadi, produk ini sangat bagus dan aku sarankan untuk bantu jerawat yang matang saja, atau jerawat kecil-kecil mengganggu seperti bruntusan itu juga lumayan membantu sih. Kalau aku sangat puas sekali ketika jerawat muncul langsung merah dan matang keluar putih-putih, ini jerawat apa jenisnya ya? next aku buat artikel tentang jerawat ya.

Nah, kalau jerawat yang keluar itu sudah berwarna putih tinggal dipencet juga keluar kotorannya, tapi tentunya tidak ingin ceroboh kalau tidak mau wajahnya banyak bekas jerawatnya. Dengan menggunakan spot treatment ini membantu banget bikin jerawat matang itu mengering, kalau sudah terkena air berkali-kali bisa melunak lalu mengelupas sendiri, tidak meninggalkan bekas.

Berapa lama sampai jerawatnya benar-benar hilang tanpa bekas tergantung dari ukuran, kerajinan kita memberikan tea tree oil, hormon dan pola makan juga ngaruh. Kalau aku biasanya dengan jerawat kecil semalaman bisa langsung sembuh jerawatnya, ketika tanda-tanda jerawat muncul seperti bentolan merah dan gatal, aku langsing kasih spot treatment ini sampai jerawatnya kering. 



Terus, kalau jerawatnya itu besar dan keras, gak keluar putih-putihnya juga tapi kalau dipegang sakit gimana? Aku juga sering mengalami itu di seputar kening, alis, dagu, juga hidung, rasanya gemes mau dipencet biar kempes, jangan ya karena bisa bikin infeksi dan berbekas.

Pengalaman menuntaskan jerawat batu itu pernah aku ulas di tulisan My Acne Story, selain itu aku juga pernah dibantukan dengan menggunakan serum dan toner exfoliator dari Avoskin (baca reviewnya juga disini). 

Rate

8 / 10

Repurchase

Yes

Pros

Membantu mengeringkan jerawat matang tanpa meninggalkan bekas

Cons

Tidak bisa membantu meredakan jerawat batu

Salam,


  • Share:

You Might Also Like

1 comment

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar