Kamu Blogger? Gunakan Google Question Hub, Yuk!

By Farhati Mardhiyah - 11:42 AM

Baca Juga

Sebagai Blogger dalam sebulan mampu menulis artikel berapa banyak sih kalian?, atau cuma menulis terkait pekerjaan kerjasama dengan suatu brand?. Rasanya sayang sekali kalau menulis hanya seputar informasi pengetahuan manfaat suatu produk. Lalu, seberapa banyak kosa kata Bahasa Indonesia baku yang digunakan? atau campur menggunakan istilah dalam Bahasa Inggris?


Minggu lalu, aku berkesempatan main ke Kantor Google Indonesia di Pacific Place, Sudirman. Iya, aku ke kantor Google, yang kalau kita tidak mendapatkan undangan resmi dari Google Indonesia tidak akan pernah bisa menginjakkan kantornya yang super keren, kreatif, bikin pikiran fresh kalau berada di kantor.

Tidak cuma main, berkunjung melihat fasilitas yang ada di Kantor Google, aku dan 4 teman blogger senior lainnya berkesempatan meeting dan ngobrol bareng Community Manager Question Hub Indonesia, Kak Fiana Dwiyanti. Keren loh, Kak Fiana ini sebenarnya cuma numpang kantor google di Indonesia, aslinya dia merupakan karyawan google di Singapore.

Berkunjung ke kantor Google Indonesia bersama blogger
Foto dari kanan : Amallia Sarah, Tuty Queen, Mas Ono, dan Mba Tere Negeri Kita Sendiri

Sebelumnya, aku sempat menerima email dari Google mengenai informasi untuk bergabung di Question Hub. Berhubung aku belum paham mengenai manfaat dan pentingnya Question Hub, saat itu aku tidak menyimak betul emailnya. Barulah ketika meeting bersama Kak Fiana, tercerahkan infromasi detailnya, kali ini aku mau berbagi dengan kalian, khususnya sih teman se-profesi Blogger.

questionhub.google.com


Apa itu Question Hub?


Question Hub merupakan produk beta terbaru dari Google, tugasnya untuk mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tidak terjawab oleh Google. Seperti kita tahu, Google itu search engine yang menampilkan hasil pencarian berdasarkan relevansi kata kunci saja. Kalau pertanyaannya ternyata tidak relevan dengan kata kunci, mungkin saja audiens tidak dapat menemukan jawabannya di Google padahal udah pakai beberapa kosa kata, atau bisa saja tidak puas dengan satu artikel karena tidak menemukan jawaban yang sesuai.



Nah, satu kata kunci saja bisa banyak pertanyaan yang akan muncul. Contohnya seperti artikel mengenai Gunung Semeru yang ada di Blog pribadi aku ini, pertanyaan yang akan muncul akan banyak sekali, seperti harga tiket simaksi gunung semeru, bagaimana cara ke basecamp Rani Pani Gunung Semeru, bahkan sampai pertanyaan menyangkut ilmu sains seperti flora fauna endemik di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 

Bisa saja pertanyaan flora fauna endemik tidak terjawab secara spesifik, hanya bisa menjawab secara umum. Melalui Question Hub membantu audiens kembali menemukan jawaban dari pertanyaan yang sama, setelah blogger menanam link berupa tulisan yang terkait dengan pertanyaan tersebut.

Sampai sini sudah paham belum?

Kenapa Question Hub Memilih Indonesia?


FYI, Question Hub hanya tersedia di 3 Negara yaitu India, Nigeria dan Indonesia. Mengapa harus hadir di Indonesia?. Pengguna Internet di Indonesia cukup tinggi, namun inventaris kosa kata dalam Bahasa Indonesia masih sangat rendah, artinya banyak sekali user google mencari pertanyaan di Google yang tidak menemukan jawaban spesifik dan detail. Dibandingkan bahasa lain seperti Inggris sudah sangat lengkap.

Dimana sih tempat mencari pertanyaan kalau bukan Google? walaupun dunia digital saat ini sudah banyak menggunakan platform lain seperti twitter misalnya yang kerap menyebarkan informasi melalui utas atau thread, namun tidak dapat bertahan dan perlahan akan menghilang dari rekam jejak google, sayang sekali kalau informasi itu bermanfaat. Ini lah mengapa Google mengajak para Blogger dan publisher lain untuk mulai menggunakan Question Hub.

Keuntungan Question Hub Untuk Blogger


Dunia ini penuh dengan cuan dan simbiosis mutualisme, tapi tidak semua bisa dinilai dengan cuan, Awkarin aja masih mau exposure Olshop, Blogger mau mutualisme apa? ya, bisa dengan menaikkan pengunjung organik dari artikelnya. 

Nah, Question Hub ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung organik dari tulisan Blogger. Sebelum Google Plus ditutup, biasanya blogger memanfaatkan laman G+ untuk menanam link, Question menggantikan posisi G+. Blogger tugasnya hanya menjawab pertanyaan yang ada di Question Hub dengan memberikan link artikelnya.

Selain itu, berbagai pertanyaan dapat digunakan Blogger sebagai konten tulisan. Kadang bingung kan selain menulis berbayar harus membuat konten apalagi? atau bingung konten apa yang sedang naik? blogger bisa menggunakan Question Hub sebagai sumber ide membuat konten. Gak ada alasan lagi malas nulis selain konten berbayar ya.

Cara Menggunakan Question Hub


Terlebih dahulu kalian harus memastikan sudah pasang Search Console yang suda terverifikasi,  email yang digunakan juga terdaftar digunakan pada blog kalian. Question Hub dapat digunakan baik untuk pengguna blogspot ataupun wordpress, asalkan sudah terpasang Search Console dapat memanfaaatkan aplikasi ini.

Setelah terdaftar, kalian bisa langsung mencoba mencari pertanyaan tidak terjawab melalui pilihan yang tertera, dapat disesuaikan niche blog apa yang kerap ditulis misalnya kalau kamu travel blogger dapat memilih perjalanan lalu bisa disesuaikan pilihan kata kunci pertanyaan dengan konten yang telah kamu publish. 

Kalau sudah familiar dengan Question Hub, dijamin ketika berniat ingin menulis artikel blog akan selalu membuka Question Hub terlebih dahulu untuk mencari ide. FYI, untuk artikel spam tidak akan lolos di Question Hub, setelah menanam link pada pertanyaan yang tersedia, Question Hub akan menilai apakah relevan tulisan kamu dengan pertanyaannya.

Pengalaman Menggunakan Question Hub


Aku sudah mencoba menggunakan Question Hub untuk menanam link artikel yang sudah aku tulis mengenai skincare untuk jerawat, karena relevan dengan salah satu pertanyaan yang tidak terjawab pada kata kunci Obat Jerawat. Setelah menanam link, aku bisa melihat performa berapa audiens yang telah mengunjungi artikelku berdasarkan pertanyaan yang aku jawab. 

Nah, inilah mengapa harus menggunakan Search Console untuk melakukan verifikasi melihat grafik tulisan kamu di Question Hub. Kalau audiens kembali mengetik pertanyaan terkait di search google maka akan muncul artikelku, dari situlah pengunjung organiknya akan meningkat, cuan gak? ya cuan dong, bukan berupa uang tapi kebermanfaatan tulisanku dan kualitas sebagai blogger dapat dipertanggung jawabkan, hahaha.

Contoh Menjawab Salah Satu Pertanyaan dari Question Hub

Performa feedback dari link yang telah ditanam di Question Hub

Yuk, sobat bloggerku mulai menggunakan Question Hub ini sebagai alat yang membantu kita menayangkan tulisan yang menarik, bermanfaat, beragam, tentunya berkontribusi meningkatkan inventaris kosa kata Bahasa Indonesia.

Terima kasih Google Indonesia


Salam,

  • Share:

You Might Also Like

20 comment

  1. Waaah, saya baru tahu tentang ini kak. Sebelumnya saya pengguna G+ sejati hehe, selalu update kesana kalau sudah publikasi tulisan. Semenjak ga ada, bingung mau gimana lagi.

    Hmmm ternyata digantikan oleh Google Question ini. Baguslah, jadi lebih terarah lagi.

    Saya sudah coba, dan masih berusaha mengulik lebih dalam hehe.

    ReplyDelete
  2. Google question hub ini memang benar bisa menaikan PV blog ya mba. Baru aja selesai baca aku langsung coba dan ternyata mudah menggunakannya. Aku lebih bisa masukin link artikel ke bagian health.

    ReplyDelete
  3. Kebayang deh main-main ke kantor google sambil menyerap ilmu tentang Question hub, abis baca ini pengen langsung aku praktekin

    ReplyDelete
  4. Mba, aku baru tahu nih ada google hub pengen ulik-ulik dan setuju utamanya kebermanfaatan tulisan ya mba syukur-syukur bisa nambah PV hahaha tetep ye larinya ke PV

    Bagus ya cuman ada di 3 negara aja, aku bersyukur ada di Indonesia nih Google HUb cus ah cobain

    ReplyDelete
  5. Kosakata kita semoga bisa meningkat lagi ya apalagi dengan banyak nya pengguna internet di sini, biar makin lengkap sambil mudah berbahasa Indonesia

    ReplyDelete
  6. Google question hub ini membantu blogger banget sebenernya ya mbak. Aku nanti mau nyoba juga ah siapa tau PV ku naik hihihiii

    ReplyDelete
  7. Wah baru dengar sial Question Hub ini kak, will be so useful sih menurutku. Apalagi utk nyari ide tulisan, hehe.

    ReplyDelete
  8. Wah sgt membantu buat blogger ya

    Mau melajari lbh dalam ah

    Makasih ya mbak

    ReplyDelete
  9. seru ya bisa main ke kantor Google sekaligus diperkenalkan dengan Question Hub

    ReplyDelete
  10. wah baru tahu ini kalau ada question hub di google, mau cobah akh ...

    ReplyDelete
  11. saya baru tahu ini tentang Google Quetion, wah bisa meningkatkan pengunjung organik untuk blog juga ya wajib dicoba nih

    ReplyDelete
  12. Asik banget main ke kantor Google, btw aku jadi penasaran pengen nyobain si Question Hub ini deh. Ku tandai dulu deh artikelmu mbak.

    ReplyDelete
  13. Aku senang banget mbak ada Question Hub ini soalnya beberapa kali cari kata di google dan mengarahnya ke yang lain. Mungkin memang jenis kata tersebut tidak sering di google. Btw kantor google mantap juga ya mbak.

    ReplyDelete
  14. Aku harus baca pelan-pslan lagi agar memahaminya. Makasih sharing ilmunya ya mb. Btw spot fotonya di google kece banget

    ReplyDelete
  15. Nice info kak, kebetulan saya ga tau tentang Google hub, eh baca ini jadi tau dan walaupun belum paham banget seh, thanks for Sheringan nya ..

    ReplyDelete
  16. Waa menarique nih. Bener banget, untuk hasil pencarian dalam bahasa Indonesia memang selalu lebih sedikit daripada dengan bahasa Inggris. Jadi hal ini ya yg melatarbelakangi adanya Google Question Hub di Indonesia. Wah mau coba ah, siapa tau pv ku naik hihi

    ReplyDelete
  17. Fokus banget aku bolak balik baca point ini "inventaris kosa kata dalam Bahasa Indonesia masih sangat rendah"
    Sedih tapi entah kenapa pingin ketawa yang miris gitu. Hahhaha.

    Btw, kalau ngga baca artikel ini, aku ngga akan tau ada Google Question Hub. Aseli!

    ReplyDelete
  18. Cakep yaa..
    Bisa bantu dan bermanfaat bagi yang mencari informasi yang dibutuhkan.
    Kalau seputaran film dan Drama Korea, bisa kali yaa..

    ReplyDelete
  19. Kalau saya masih kadang2 nulisnya jadi seminggu paling 1-2 tulisan aja kl lagi mood, kl lagi gak mood bisa tiga mingguan gak nulis2

    ReplyDelete
  20. Useful banget ini mah. It means, itung-itung bisa bantu eike buat nyambi bikin kerangka tulisan. Mesti cobain langsung nih yaa.

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar