Manfaat Minyak Telon Bayi dari Air Mancur Untuk Ciptakan Bonding dengan Anak

By Farhati Mardhiyah - 12:06 PM

Baca Juga

Kedekatan anak secara emosional dengan kedua orangtuanya sangat berpengaruh dengan karakternya, dan juga berpengaruh pada masa depannya. Memiliki ikatan yang kuat atau lebih dekat dengan kedua orangtua, akan membuka peluang keterbukaan anak.



Itu sih yang aku rasakan, karena secara emosional, aku sangat dekat dengan kedua orang tua. Kami saling bertukar keluh kesah, bahkan sampai aku sebesar ini masih sering memeluk ibu ketika tidur, dan sampai kuliah masih sering mencium kedua orang tuaku di tempat umum, temanku sampai heran kok masih sedekat itu dengan orang tua?.

Kesibukan kedua orang tua dalam mencari nafkah yang sebenarnya untuk kebaikan anak, tapi sering kali menyebabkan anak terbengkalai karena kurangnya perhatian, akhirnya tidak ada ikatan secara emosional antara anak dan orang tua.

Bahkan, saat ini Indonesia terkena fatherless akibat kurangnya bonding time bersama anaknya. Apalagi hidup di kota besar seperi Jakarta dengan waktu yang sangat sempit, pergi pagi pulang malam, belum lagi lembur di kantor di weekend mengakibatkan waktunya bersama keluarga tergerus bahkan sampai tidak ada.

Akhirnya muncul masa dimana anak merasa kesepian karena ketidak hadiran ibu maupun ayahnya. Kesepiannya itu bisa dilampiaskan, iya kalau itu positif, bagaimana kalau terjerumus ke hal negatif sementara orang tuanya terlanjur jauh secara emosional dengan anak.

Walaupun belum menikah, tapi aku sudah concern dengan hal-hal krusial seperti dalam mendidik anak. Bonding time bagiku sangat penting, bahkan sejak dalam kandungan. Aku mau anakku menjadi sahabat baikku, dia akan terbuka dalam hal apapun, menciptakan mimpi bersama, tentunya suamiku kelak harus turut kerja sama. 

Ciptakan Bonding Time Sejak Dalam Kandungan


Pernah mengalami atau melihat ibu hamil sedang berbicara pada perutnya?, percaya gak bayi dalam kandungan itu sebenarnya mendengar bahkan bisa merespon dengan tendangan atau gerakan kecil pada perut sang ibu, karena ada rangsangan berupa pendekatan kecil dari sang ibu mengajak ngobrol.

Bahkan, sekarang sudah banyak tuh ibu hamil mulai berkompromi dengan anaknya sejak hamil, berhasil?. Temanku berhasil loh, karena kesibukannya sebagai pegawai BUMN yang harus naik transportasi umum, sebelum berangkat sudah diskusi dengan anaknya dalam kandungan untuk tetap kuat menghadapi kemacetan Jakarta, lucu ya?.



Inilah yang disampaikan oleh dr. Diana Chandra sewaktu Talkshow Manfaat dan Tips Ciptakan Bonding Time pada Event Indonesia Maternity, Baby and Kids Expo atau IMBEX 2019, Sabtu 30 November 2019 lalu. Disampaikan juga, ketika anak lahir di dunia, bonding time juga lebih diperlukan karena anak akan merasa bahagia di tengah-tengah keluarganya. Nah, berikut ini 3 tips cara ciptakan bonding time yang bisa dilakukan dengan mudah.

Quality Time Bersama Anak


Bonding time bisa tercipta dari sentuhan kulit, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memandikan anak, gak cuma ibu tapi ayahnya juga bisa kan?. Selain itu, biasakan makan bersama sebagai quality time bersama keluarga.

Keluargaku terbiasa untuk makan bersama kalau semuanya sedang ada di rumah, lebih menyenangkan karena duduk bersama keluarga akan menciptakan suasana saling berbagi, disitulah ikatan chemistry akan terhubung.

Share Activities dan Mendongeng


Mendongeng saat ini sudah menjadi kegiatan langka. Padahal mendongeng merupakan kegiatan dan aktivitas yang paling dinantikan anak. Menurut beberapa penelitian, dengan mendongeng akan melatih kemampuan berbahasa dan literasi pada anak semakin meningkat. 

Selain itu, bisa juga melakukan share activities dengan cara mengobrol, tidak saling sibuk dengan gadget masing-masing ketika sedang bersama. Tujuannya ya biar satu keluarga saling mengetahui kegiatan masing-masing, rasa empati dan kasih sayang akan semakin tercipta, bonding semakin kuat kan?.

Pijat dengan Sentuhan Kasih Sayang


Bonding time dipastikan bakal tercipta dengan mudah kalau ada sentuhan, contohnya memeluk anak dengan penuh kasih sayang dan memijat anak agar lebih rileks. Pijatan kasih sayang dari ibu dengan penuh kelembutan menyentuh kulit sang anak akan menciptakan ikatan yang kuat secara emosianal.

Pijat ini bisa dilakukan sejak anak usia Bayi loh, biasanya pijat itu kan membutuhkan minyak supaya memudahkan gerakan tangan memijat tubuh. Memilih produk untuk bayi gak boleh sembarangan, apalagi berkaitan dengan kulit bayi yang sangat sensitif.

Perlu diketahui, kulit bayi new born jauh lebih sensitif dan rentan bayi berumur di atas 6 bulan. Karena itulah , harus bijak dalam memilih produk aman dan alami untuk si buah hati. Faktanya kulit bayi newborn memiliki :
  • Ukuran sel lebih kecil
  • Lapisan kulit edermis dan dermis lebih tipis
  • Kadar lipid dan faktor pelembab alamiah kulit lebih sedikit
  • Melanin lebih sedikit
Minyak telon bayi yang wanginya awet, tidak licin dan baunya bayi banget, aku rekomendasikan Milon Air Mancur yang terbuat dari bahan alami. Minyak telon Air Mancur ini sudah jadi andalan keluargaku, karena wanginya rempah banget bikin betah nyium bayi.


Minyak Telon Air Mancur dari Bahan Alami


Kulit bayi apalagi yang baru lahir atau newborn punya kulit yang sensitif, jadi wajib banget buat kalian yang sudah punya anak pilih produk bayi, terutama minyak telon yang terbuat dari bahan alami. Dari ibu Astrid Maria selaku Brand Manager Air Mancur menjelaskan, produk Milon Air Mancur ini memang berbeda dari minyak telon bayi lainnya, kenapa?.

  • Minyak telon Air Mancur memiliki kandungan 100% bahan alami yaitu,
  • Minyak kelapa, membuat teksturnya lebih lembut, licin dan tidak bikin iristasi
  • Minyak Eucalyptus, untuk menghangkatkan tubuh bayi lebih pas hangatnya
  • Minyak Adas,  memberikan kesan minyak telon khas wangi bayi 



Minyak Telon Air Mancur memiliki formula yang bebas bahan kimia, aman untuk newborn, serta sudah sertifikasi Halal oleh MUI.  Terdiri dari 2 varian, natural (Minyak Telon khas bayi) dan lavender (Minyak Telon anti nyamuk) dengan multifungsi seperti mengurangi kembung, menghangatkan, digunakan untuk pijat pada bayi, serta khusus pada lavender dengan kandungan essential oil dapat meredam stress, dan mencegah gigitan serangga.

Kelebihan menggunakan Minyak Telon Air Mancur untuk anak ataupun ponakan, dan menjadi alasan kenapa andalan keluargaku banget, ini dia
  •        Hangatnya pas – aman digunakan untuk newborn sekalipun 
  •        Aroma lembut dari essensial oil, tidak menggunakan parfum
  •        Licin & lembab – cocok untuk digunakan untuk pijat  tidak lengket & tidak menyebabkan kulit kering



Cara Pijat Bayi yang Benar


Setelah memastikan produk Minyak Telon yang aman untuk bayi, memijat bayi juga tidak boleh sembarangan. Beruntungnya saat talkshow kemarin diberikan langkah-langkah pijat bayi yang benar oleh Bidan, catat ya memijat bayi langkah yang diberikan ini pengulangan 5x disetiap titik pemijatan.

Bagian wajah

Mulai pijatan dari atas alis (dahi), Arah pipi, Bagian atas bibir , Dagu dengan mengarah ke pipi luar membentuk senyuman

Bagian punggung

Membentuk sandi:  I L U
I: bagian pinggir dari ketiak ke bawah membentuk huruf I 
L: pada bagian perut membentuk L 
U: pada bagian perut membentuk huruf U 

Lalu pada bagian lengan, pijat kaki perlahan. Nah, praktik pijat bayi ini juga diperlihatkan langsung di booth Air Mancur kemarin, rileks banget rasanya. Selain memberikan efek rileks, pijatan pada bayi dengan aroma wangi khas bayi dari Minyak Telon Air Mancur memberikan efek rileks sekaligus menenangkan si kecil.



Bonding yang kuat pada ibu dan anak memiliki manfaat jangka panjang, yaitu menciptakan hubungan yang sehat di masa depan, mampu melahirkan perasaan aman dan membentuk kepercayaan diri bagi si kecil, bahkan beberapa riset menunjukkan bonding  sangat mempengaruhi  perkembangan kognitif dan sosial pada anak. Buat para mommy, ayah ataupun calon ibu dan ayah di masa depan, catat yah bonding itu penting, pilih produk yang aman berbahan alami juga penting!.

  • Share:

You Might Also Like

1 comment

  1. Minyak telon emg sangat berkhasiat ut baby. Baik dioles setelah mandi maupun ut pijat baby.

    Bahkan skrg ada yg dilengkapi dgn wangi lavender agar baby tidak digigit nyamuk

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar