Tips Membuat Disinfektan Untuk Membersihkan Rumah dari Virus Corona

By Farhati Mardhiyah - 11:21 AM

Baca Juga

Setelah Pemerintah mengumumkan wajib menerapkan Social Distancing, terutama untuk kota-kota yang mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) COVID-19, apa sih yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh diri kita sendiri?. Proteksi diri dan keluarga yang paling utama, mencegah virus corona menginfeksi kita dengan cara menjaga kebersihan.

Cairan Bayclin untuk disinfektan, bayclin, disinfektan untuk virus corona, cara membuat disinfektan dengan mudah, cara membuat disinfektan, manfaat disinfekatan, kegunaan disinfektan, disinfektan untuk virus
Source : Kementerian Luar Negeri Doc.

Pusing rasanya banyak informasi masuk mengenai Virus Corona ini, kalau kita gak pintar mengatasinya bisa jadi stres lalu panik. Kalau sudah panik, rasa khawatir akan terasa berlebihan dan menyebabkan imun tubuh kita turun, nah akhirnya kita bisa mengalami yang namanya psikoneuroimonologi.


Psikoneuroimonologi ini memiliki hubungan erat antara kondisi psikologi dengan sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh, jadi kalau kamu stres akan lebih mudah sakit. Maka itu, penting rasanya tetap positive thinking, dan lakukan apa yang mesti kita lakukan!. 

Pertama nih, perlu banget ketahui apa sih COVID-19 ini?. Kenapa bisa cepat sekali menyebar, dimulai dari kota Wuhan, China yang menelan banyak korban terjangkit virus Corona, tapi akhirnya bangkit dan angka kematiannya cukup rendah loh!.

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Virus Corona


Aku gak akan memberikan penjelasan secara ilmiah, karena blog ini bukan jurnal ilmiah. Untuk lebih mempermudah kalian paham, jadi aku jelaskan dengan cara yang mudah ya.

Beberapa waktu lalu aku sempat mendengarkan penjelasan Dokter mengenai Virus Influenza, seperti yang kamu tau virus Influenza ini menyerang sistem pernapasan, makanya gak heran untuk yang terinfeksi virus corona bisa mengalami gejala seperti demam dan flu.

Tapi, virus keduanya ini punya karakteristik dan berasal dari golongan virus yang berbeda. Kalau influenza dari Rhinovirus, dan Corona berasal dari Coronavirus yang masih satu keluarga dengan MERs dan SARs.

corona virus, virus corona, gambar virus corona, penularan virus corona, penyebaran virus corona, covid-19, asal virus corona, cara mencegah virus corona
Gambar Virus Corona dari beberapa Peneliti, Source : bbc.com
Nah, karena menyerang sistem pernapasan, penularan Virus Corona ini dapat menyebar melalui droplet atau cairan yang berasal dari batuk ataupun bersin yang sudah terinfeksi. Droplet itu bisa menular melalui kontak langsung yang bisa terhirup oleh kita, ataupun yang menempel pada suatu benda lalu kontak tidak langsung melalui mata, hidung maupun mulut.

Gak heran kan, kenapa kita dianjurkan selalu untuk cuci tangan, cuci tangan, cuci tangan, karena satu kali bersin itu bisa menghasilkan 3000 droplet, dan mungkin saja tertinggal dan menempel pada permukaan benda di sekeliling kita tanpa kita sadari.

Ukuran virus yang tidak terlihat oleh mata telanjang karena berukuran nanometer, membuat kita tidak bisa melihatnya. Maka itu,sebagai upaya pencegahan dianjurkan untuk rajin membersihkan benda yang sering kontak atau dipegang dan juga cuci tangan.

Cara Membersihan Benda dengan Cairan Disinfektan


Solusi agar Virus Corona tidak terbawa sampai lingkungan rumah, kita memang harus lakukan sterilisasi atau membersihkan benda-benda yang ada di rumah, selain mengepel lantai, benda seperti gagang pintu, kursi, remote tv juga wajib dibersihkan loh!.

Dari informasi yang aku dapatkan, Virus Corona ini diselimuti oleh lapisan lemak dengan mahkota protein yang siap mengikat sel inangnya. Untuk mencegah virus ini menempel pada reseptor sel-selnya yang masuk melalui menempel pada membran mukosa lalu bergerak cepat, sebagai upayanya menghancurkan terlebih dahulu struktur dari si-virus ini (belibet ya?).

Intinya dih Disinfektan ini bisa merusak dinding sel, merusak molekul protein, penghambat kerja enzim dan pembentukan asam nukleat dan protein (CMIIW kalau aku salah). Simpelnya, Disinfektan ini memang banyak digunakan untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme, termasuk virus selain bakteri dan jamur.

Terus, bisa gak sih membuat cairan Disinfektan sendiri di rumah?. Dilansir dari Instagram @Narasi.tvdr.Nahla Shihab memberikan tips membuat Disinfektan dari Bayclin. Iya, ibu-ibu Bayclin yang suka dipakai untuk memutihkan seragam putih sekolah anak kalian.

Cairan Bayclin untuk disinfektan, bayclin, disinfektan untuk virus corona, cara membuat disinfektan dengan mudah, cara membuat disinfektan, manfaat disinfekatan, kegunaan disinfektan, disinfektan untuk virus, dr. nahla shihab, tips membuat disinfektan dari adik Najwa Shihab
source : Instagram @narasi.tv


Tips Membuat Disinfektan dengan Mudah


Salah satu golongan Disinfektan yang dapat digunakan dalam konsentrasi rendah untuk membunuh bakteri, spora, fungi dan virus, adalah Unsur Klor. Nah, Bayclin mengandung bahan kimia Natrium Hiploklorit dimana bahan ini dapat melepaskan Klor.

Dikutip dari dr. Nahla Shihab, berikut ini bisa kita terapkan membuat cairan Disinfektan sederhana :
Campurkan 95 mL Bayclin dengan 905 mL air

Tapi, berdasarkan WHO dianjurkan membuat Disinfektan dengan perbandingan 1:100 dengan konsentrasi Klor 0.5%. Perbandingan ini digunakan untuk disinfektan permukaan benda, alat kesehatan, baju pelindung yang digunakan kembali, sepatu boots pelindung.

source : Instagram @dokterkulitkucom

sedangkan kalau komposisi 95 : 905 perbandingannya adalah 1:10, cairan bleach dengan perbandingan tersebut bersifat kaustik, bisa merusak perabotan rumah tangga, bikin karatan, merusak kulit, klor yang dilepaskan juga mnegeluarkan uap klorin yang bersifat racun.

Jadi, disarankan gunakan perbandingan 1:99, lebih aman karena tidak terlalu pekat.

Lalu, sebaiknya ketika mencampurkan cairan Bayclin dengan air lakukan dengan tepat, :
  • Lakukan di tempat dengan ventilasi yang baik
  • Pakai sarung tangan dan masker
  • Campur dengan air dingin saja tanpa tambahan apapun
  • Campurkan di dalam wadah plastik, karena klor bisa menghancurkan besi
  • Campurkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari atau panas karena bisa merusak dan cepat menguap
  • Simpan dan gunakan dalam jangka waktu 1 hari saja

Ini aku kutip dari WHO dan akun Instagram @dokterkulitkucom, sebenarnya cairan disinfektan juga sudah ada dijual di minimarket, cuma saat ini banyak yang kosong ternyata. Nah, semoga tips membuat disinfektan ini bisa bermanfaat ya.



Kenapa tidak semprot dengan Alkohol saja 70%?, alkohol memiliki sifat mudah terbakar, jadi risiko bahayanya lebih besar. Dan, aku mau mengingatkan ketika sedang membersihkan benda-benda di rumah dengan disinfektan, lebih baik kosongkan terlebih dahulu dan buka semua ventilasi, tunggu sampai kering, lalu boleh deh masuk rumah ;)

Semoga bermanfaat ya, stay safe semua!

Tabik,
Farhati

Disclaimer : Kalau ada yang salah mohon dikoreksi di kolom komentar, atau ada yang perlu ditambahkan. Terima kasih!

  • Share:

You Might Also Like

1 comment

  1. Bermanfaat nih, Teh tipsnya. Semoga yang baca bisa manfaat juga..
    Semoga segera hilang covid 19 ini ya, Teh. aamiin.

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar