Rekomendasi Tempat Wisata Di Jakarta, Staycation Serasa Di Bali

By Farhati Mardhiyah - 11:59 AM

Baca Juga

Liburan gak harus keluar kota, apalagi keluar negeri. Padatnya jadwal kerja membuatku sulit sekali meluangkan waktu untuk sekedar liburan sebentar, hanya wacana saja ujungnya. Apalagi aku lebih suka menikmati liburan dengan tetap beraktivitas, tapi keinginan santai di kasur dengan nuansa tenang dan damai juga butuh banget. Pilihan staycation di Jakarta tapi cari nuansa pantai seperti Bali memang pas banget, sesuai dengan kebutuhan.

Akhirnya, setelah searching tempat wisata di Jakarta, muncul-lah Putri Duyung Resort, satu-satunya penginapan di pinggir pantai yang berada di Jakarta. Jujur sih, aku belum pernah sama sekali cobain staycation di resort pinggir pantai, terakhir kali di tahun 2014 menginap di rumah penjaga Baluran di Pantai Bama, sensasinya pasti beda kalau bermalam di resort.


Penasaran gak ngapain aja selama staycation di Putri Duyung Resort 2 Hari 1 Malam?, gak cuma tiduran aja loh di dalam resort, tapi super padat kegiatannya. Ternyata kalau menginap di Putri Duyung Resort, pengunjung akan mendapatkan pilihan tiket gratis Atlantis Water Adventures dan Ocean Dream Samudera,  Dufan, atau Samudera Ancol.

Selain itu, Putri Duyung Resort juga menawarkan paket wisata Pulau Bidadari round trip maupun staycation, kebetulan karena aku belum pernah sama sekali kesana, jadi diputuskan menambah kegiatan liburan dengan berkunjung seharian ke Pulau Bidadar, so excited!.

Untuk kalian yang mau staycation di Putri Duyung Resort, supaya gak bingung mau ngapain aja selain diam aja di kamar, ini aku kasih itinerary liburan seru di Ancol selama 2 hari 1 malam

Hari Pertama


  • Berangkat menuju Pulau Bidadari dari Dermaga Duyung Lagoon Ancol, sekaligus titip tas di Putri Duyung Resort
  • Explore Pulau Bidadari
  • Explore Pasar Seni
  • Sunset di Infinity Pool Putri Duyung Resort

Hari Kedua


  • Sunrise hunting sambil olahraga pagi pakai sepeda
  • Main ke Atlantis Water Adventures

Paket Wisata Pulau Bidadari


Cara ke Pulau Bidadari paling gampang adalah dengan mengambil paket wisata yang disediakan oleh Ancol karena lebih praktis. Dengan luas pulau 6 hektar, dijamin gak bakal puas explore, apalagi banyak spot foto instagramable di dalam Pulau ini. Selain itu, fisilitas lain yang dapat dinikmati lebih seru lagi bareng teman, ada billiard, karaoke, snorkeling, water sport, wisata edukasi benteng martello dan makan di restaurant menghadap infinity pool yang langsung.








Pulau Bidadari ini paling dekat terjangkau dari Jakarta hanya berjarak 16 km, dengan waktu tempuh dari Dermaga Duyung Lagoon 45 menit sampai 1 jam. Selain Dermana Dayung, menyebarang ke Pulau Bidadari lebih dekat dari Dermaga Marina, hanya 15- 20 menit saja. 

Karena kemarin aku sudah ambil penginapan di Putri Duyung Resort, kali ini ambil paket wisata pulau bidadari untuk roundtrip atau pulang pergi. Untuk pilihan paket wisata Pulau Bidadari tanpa menginap,tersedia 3 paket sebagai berikut.

  • One day tour, IDR 350.000 sudah termasuk speedboat PP dan asuransi, welcome drink dan 1x lunch
  • Island Hopping, IDR 400.000 sudah termasuk paket standar one day tour ditambah kunjungan ke Pulau Onrust, Kelor dan Kahyangan
  • Island Hopping and Snorkeling, IDR 600.000 ditambah snorkeling di Pulau Rambut





Pulau Bidadari ini sangat rindang, penuh dengan pepohonan tinggi jadi tidak begitu terasa panas. Kalau mau family gathering atau sekedar gateaway vacation bareng teman, pilih saja paket staycation Pulau Bidadari dengan beragam pilihan 43 cottage mengusung tema gateway to batavia, jangan heran nama-nama cottage disini kental dengan nuansa Batavia, begitu juga dengan desain cottage yang instagramable. Seluruh fasilitas cottage Pulau Bidadari sudah memiliki wiFi, AC, water heater, shower, dan di dalam Pulau ini terdapat Musholla, jangan khawatir laki-laki tetap bisa sholat jumat.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Contact Person Pulau Bidadari  (021) 64710048

Ikuti Kegiatan Edukasi Seni di Pasar Seni Ancol


Setelah puas foto-foto dan explore Pulau Bidadari, sekitar jam 2 sore, aku balik lagi menuju Ancol. Tips yang ingin pulang-pergi ke Pulau Bidadari, jangan pulang terlalu sore karena ombak semakin besar. Kemarin saja, jam 2 siang ombaknya sudah tinggi sekali, berasa naik kora-kora di Dufan.

Walaupun lelah, sayang banget rasanya kalau masih terang tapi udah diem aja di kamar. Akhirnya, setelah memindahkan tas ke dalam kamar, memanfaatkan kendaraan resort, aku dan teman-temanku main ke pasar seni. Awalnya sih cuma ingin foto-foto aja di depan studio seni milik seniman dari berbagai daerah, ternyata Pasar Seni saat ini sudah lebih maju.






Sejak tahun 2019, Pasar Seni mengembangkan program terbarunya, bukan hanya pameran seni melalui pajangan di setiap sudut studio, Pasar Seni menawarkan tempat pendidikan kreatif bagi anak-anak dan keluarga melalui progam kelas seni dan kerajinan sambil piknik, biayanya hanya Rp 50.000-,/program kelas seni, program ini hanya diselenggarakan tiap hari Sabtu jam 09.00 - 12.00.

Beruntungnya, hari itu Pasar Seni sedang memperkenalkan program Kelas Seni kepada masyarakat umum, jadi sambil menunggu sunset, aku menghabiskan waktu mengikuti kelas seni membuat tembikar dan melukis ranting pohon. Nah, hasil melukis ranting pohon ini dijadikan pajangan dekoratif di pasar seni, pernah liat art museum kan? kurang lebihnya seperti itulah pajangannya.



Bermalam di Putri Duyung Resort


Kalau staycation yang ada di Mindset pasti keinginannya bermalas-malas ria, tapi staycation di Putri Duyung Resort gak bakal betah diam doang di kamar. Meskipun sudah berdiri sejak tahun 1973, Putri Duyung tetap menjadi satu-satunya resort di pinggir pantai di Jakarta.

Salah satu gebrakan terbaru dari resort ini, infinity pool yang menghadap laut ala-ala beach club di Bali. Serius deh ketika kalian masuk ke daerah resort ini, serasa tidak lagi di Jakarta. Karena nuansa rindang, sejuk, desiran ombak yang menanangkan, lalu masuk ke infinity pool yang hype dan chill sambil nunggu sunset, itu beneran ada di Jakarta?.

Beneran guys!, staycation di Jakarta serasa di Bali cuma di Putri Duyung Resort ini. Selain infinity pool, ada juga pirates ship kiddy pool yang kece abis. Nah, resort ini juga menyediakan penyewaan sepeda untuk berkeliling resort selama menginap, pengambilan sepeda di Pulau Bidadari di resepsionis. Resort ini juga punya fasilitas kids playground, basket ball court, dan bar games park, dijamin gak bakal bosen deh.







Putri Duyung Resort punya 131 cottage dengan berbagai macam tipe kamar. Harga tipe kamar paling rendah yaitu Deluxe Suite senilai IDR 999.000 (weekdays) dan paling tinggi yaitu senilai IDR 4.599.000. Harga menginap semalam di Resort ini sudah termasuk Dinner dan Breakfast yang telah disediakan, dan free satu tiket salah satu atraksi, kalau aku waktu itu pilih Atlantis, karena jujur aku belum pernah sama sekali ke Atlantis.

Kebetulan kemarin aku ambil kamar dengan view langsung menhadap ke laut dan dekat dengan infinity pool maupun restorannya. Tips nih, kamu bisa pilih tipe Kerang di Putri Duyung Resort, karena aksesnya mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari pintu masuk utama resort ini.



Fasilitas kamar Putri Duyung Resort super lengkap, satu kamar terdapat kulkas, dispenser, TV, kasur yang empuk, balkon yang menghadap ke laut langsung (ini untuk yang tipe Kerang ya), sanitari yang lengkap, kamar mandi bersih, super duper suka!.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Contact Person Putri Duyung Resort (021) 2601680


Wahana Baru Atlantis Yang Bikin Nagih


Memanfaatkan fasilitas free tiket dari Putri Duyung Resort, aku memilih main sepuasnya di Atlantis Adventures. Tenyata Bulan Juni lalu, atlantis baru saja punya wahana terbaru yang seru banget, apalagi posisi wahananya paling depan dengan warna-warni mencolok. Yups, Asthatirta yang memiliki makna Astha '8' dan tirta 'air, wahana ini punya 8 slide dengan ketinggian yang paling tinggi 9 meter, waw!.

Aku sih hanya melihat dengan ngilu dan gigit jari, ketika teman yang lain bolak-balik rela antri cobain wahana Asthatirta. Selain itu ada wahana lain yang gak kalah seru, btw Atlantis ini luasnya 7 hektar, coba deh main sampai ke belakang, bakal nemu warung makan nasi yang murah (salah fokus).

Wahana lain yang gak kalah menegangkan dan seru dan harus kalian cobain nih, Apollo Pool, Elephant Pool (favoritnya anak-anak), Dragon Slide, Antile River, Crazy 'The Highest Longest Slide' (paling ngilu karena tinggi banget), Dragon Race, Skybox (serasa dilempar badannya), dan Poseidon Wave (ombak air ini loh, mainnya sejam sekali).







Ini nih, dicatat ya! Kalau kalian mau main yang slide alias prosotan gitu di Atlantis wajib pakai baju renang, kalau lupa bawa atau gak sengaja bawa gak perlu khawatir, ada penyewaan baju renang, Go-Pro, dan case waterproof buat handphone kalian, tetap bikin konten foto dan video nomer satu yah!.

Untuk informasi harga tiket atlantis harganya Rp 94.000/weekdays dan Rp 140.000/weekend. Biar lebih murah, ajak teman dan pilih paket berempat Atlantis harganya Rp 200.000/Weekdays dan Rp 260.000/weekend. 

Informasi lebih lanjut, hubungi contact person Atlantis Water Adventures (021) 29222222

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar