Pulau Dewata, Bali

By Farhati Mardhiyah - 8:50 AM

Baca Juga

Kali ini saya nge-backpacker mewah ke Bali. awalnya awal sekali saya bersama travelmate saya Nina berniat beneran nge-backpacker ke Bali, tapi berhubung saya dan Nina numpang sama teman pria saya yang agak agak mewah kalo jalan-jalan mau ga mau kita berdua mengikut jejak langkah mereka karena kita berdua perempuan, agak ngeri dan mainstream kalo pulang berduaan aja dari Bali.

backpacker ke Bali ini start point dari Malang, karena berlanjut abis selesai KKL kita (saya, Nina, dan 4 laki-laki teman saya) langsung kabur ke Bali. Kita naik travel seharga 180.000 (insyaallah kl inget ya segitu) jam 5 sore.

oh iya awalnya saya dan nina sudah booking tiket pulang ke jakarta naik kereta matarmaja. Nah saya merencanakan dengan nina berangkat dan pulang ke jakarta naik kereta, dan berangkat-pulang ke bali by travel, ini memperikarakan biaya yang lebih berhemat. tapiiiiiiiiiiih semua runyam ketika tiba-tiba 4 laki-laki itu memutuskan untung menginap di Bali cuma satu malam, padahal awalnya 2 malam. kamar hotel di Bali sudah di booking 2 kamar, hemmhhh jadilah saya dan nina ketar ketir. sayapun memikirkan kalo saya pulang naik travel dari bali tanpa ada anak laki-laki sejauh itu beda pulau, hahahaha *ngeri*.

nah pas kita nunggu travel sambil ngopi-ngopi di depan stasiun, akhirnya memutuskan naik pesawat. yapps setelah melihat di tiket.com ada tiket lion air murah yang cuma 500an kalo ga salah waktu itu, sayapun dengan mengucap bismillah mengeluarkan duit seharga segitu naik pesawat pffffttttt banget. langsung jual tiket kereta, dan hemmh semoga menjadi perjalanan menyenangkan yah *dalem ati*.

selfie by tongsis

dikiranya naik travel ke Bali itu deket, tapi ternyata sampe banyuwangi itu aja jam 1 malem, oh subhanallah pantat saya panaaas, beruntung sekali saya sedang lelah teramat dalam jadi selama perjalanan cuma tidur kerjaannya.

jam tengah malam tepar di kapal

sampai pagi terangpun ketika sudah sampai Bali, tapi belum sampai Kuta itu perjalanannya masih panjang. akhirnya kita sampai di Hotel Bakung Sunset jam 7 pagi. btw hotel bakung sunset ini terletak di jalan merdeka, informasi lebih lanjut klik pegipegi.com

Hotel Bakung Sunset ini alhamdulillah banget deket masjid, dan depannya warung jawa jadi kita semua ga perlu khawatir nyari makan lagi, walaupun jauh dari pantai kuta, oh iya untuk tarif kamarnya ini per kamar 120.000 jadi perorang cuma 60.000, murah kan? dan fasilitasnya enak kok buat tidur dan bersih-bersih, hotelnyapun nyaman banget.

untuk keliling bali kita nyewa motor 3 dengan harga 50.000/motor dan perhari, karena kita di bali 2 hari satu malem jadi bayarnya 100.000 tentunya perorang jadi 50.000, murah banget ini 50.000 udah bisa keliling sendiri, tinggal GPS aja mau kemana semua udah ada di GPS all about Bali.

sampai hotel belum bisa check-in kamar, jadi kita cuma sikat gigi dan cuci muka, langsung pergi keliling Bali. dan saya lupa nama pantai yang saya kunjungin mana aja, maklum kalo pantai itu semua sama jadi bingung mau nyocokin nama ini buat pantai mana, itu buat pantai mana pffttt

pantai Pandawa

Pantai Padang Padang

Pantai Dreamland

Nakula di Pantai Pandawa

karna panasnya cukup terik dan menguras tenaga, setelah dreamland kita semua memutuskan untuk pulang ke hotel dan istirahat, karna kita belum istirahat dari tadi nyampe.

sorenya tadinya mau liat sunset di kuta, tapi karna mampir ke toko joger dan pada belanja lama sekali, liat sunset di kuta pun tidak terlaksan. dan sayapun sediih tidak melihat sunset. di joger ini saya cuma beli tas buat adek, dan pensil orang-orangan buat murid saya, ga yang lain! karna ga punya duit lagi gara-gara beli pesawat hikss, dan saya emang dasarnya ga suka blanja blinji haha

malam di bali jam 7 itu masih sore, jalanan di kuta balik ke hotel macet banget, dan di depan kuta udah rame bule-bule pada nongkrong. saya memilih untuk pulang ke hotel dan bobo cantik, karna malem di bali itu sangat liar sekali, kebukti dua teman cowok saya yang kluyupan keluar malem-malem ya begitu lah bisa terbayang sendiri isinya apa di bali khususnya kuta.

day 2-

esok harinya, saya dan nina memutuskan untuk sarapan di luar, kulineran. yang kita tuju adalah nasi jinggo. hasil searching di google katanya banyak yang dijual di pinggir kuta. kitapun langsung menuju kuta, dan ini pertama kalinya liat pantai di deretan kuta.

saya dan nina dapetin nasi jinggo di ujung kuta yaitu pantai legian. nah ternyata nasi jinggo ini bener kaya nasi kucing, bedanya nasi jinggo ini nasi kuning terus ada potongan telor baladonya dan mie goreng . murah cuma 3000, dan tambah gorengan plus kerupuk 5000 udah kenyang. kalo mau murah ke bali sii makannya nasi jinggo aja terus. hahaaha

Penjual Nasi Jinggo

Nasi Jinggo harga 3reboo

Gerbang Pura Pantai Legian

perjalanan berlanjut ke tanah lot, nah tanah lot ini lumayan jauh dari daerah denpasar atau kuta. perjalanan sampai di tanah lot itu sejam, lewat persawahan dulu. dan masuk ke tanah lot ini bayar, dan saya lupa bayarnya berapa.

karena air sedang pasang, jadi kita ga bisa turun ke pura. kita cuma bisa liat dari atas aja, dan foto-foto. rasanya kalo ke bali ke tanah lot itu ga afdhol.

siangnya pulang dari tanah lot kita balik ke hotel untuk siap-siap pulang ke jakarta malamnya. saya dan Nina istirahat sebentar kemudian berlanjut kulineran nasi ayam betutu.

muter-muter daerah kuta, akhirnya dapet di rumah makan ayam betutu pak Man. saya dan Nina membeli paket lengkap yang harganya 30.000, isinya ada nasi- ayam betutu- urap kacang- lawar bali- sate lilit. untuk minumnya kita membeli air mineral 1,5 L di alfamart hahaha irit meen

perjalanan berlanjut menuju pusat oleh oleh khrisna. disini kita belanja oleh-oleh bali, lengkap dari baju, makanan, gantu kunci, kain, semua ada. sayangnya harganya menurut saya masih mahal, kayaknya mending beli di depan joger gitu soalnya harganya lebih miring lagi dibanding khrisna.

sorenya saya dan nina menyempatkan meilhat sunset di kuta, nah pas perjalanan ke kuta melewati kedai-kedai makanan, dan saya yang dari kemarin melihat ice cream yang harganya 15.000/cup jadi ngiler. jadilah setelah parkir motor di pantai saya dan nina berlarian ke kedai ice cream, kemudian berlarian lagi ke pantai foto sunrise sebentar, terus pulang. karna dikejar waktu, jadi harap maklum yang penting foto hahaha

pesan untuk yang mau backpacker ke bali : lebih baik menenukan mau kemana aja selama di Bali, diliat dulu karna semua isinya pantai diliat pantai yang paling menarik. dan kalau bisa lebih dari 2 hari karna waktunya lebih panjang, jarak antar pantai satu ke yang lain lumayan jauh. bagi yang muslim hotel yang saya singgahi mungkin bisa jadi recommend karena disitu lingkungannya muslim, warung juga banyak yang muslim. kalo ke bali mungkin jangan ke pantainya aja, coba ke ubud.

perjalanan ke bali ini tanpa tour travel, dan ke tempat wisata yang mau dikunjungin kita cari jalannya make GPS. tapi sayang yang kita kunjungin kurang begitu menarik buat saya, karna semuanya pantai dan ga ada yang beda kecuali tanah lot -.-

insyaallah mudah-mudahan saya bisa kembali lagi ke bali, dengan daerah tujuan yang berbeda. amiiin.