4 Tips Jenius Atur Gaji Bulanan Hanya Dengan Smartphone

By Farhati Mardhiyah - 8:29 AM

Baca Juga

Sampai pada di suatu titik "Gue gak bisa nih ngabisin gaji terus cuma buat hedon", akhirnya memutuskan untuk lebih bijak kelola gaji bulanan. Teknologi semakin canggih, aplikasi Jenius bisa membantu semua kebutuhan atur gaji dengan adanya fitur kemudahan untuk cerdas kelola keuangan hanya dengan satu genggaman tangan.

Cara Jenius mengeola keuangan, Jenius x-card, cara aktifkan akun jenius, jenius m-card, jenius traveling, dream saver jenius, Maxi saver jenius, flexi saver jenius, cara atur gaji 5 jutaan, cara atur gaji freshgraduate

Sebelum sampai pada titik itu, saya sendiri hidup di "aaah bodo amat lah ini kan gaji dari hasil kerja keras selama sebulan, dan apa yang saya mau baru bisa direalisasikan sendiri dari hasil gaji ini". Sepertinya perasaan itu juga akan menghantui ke semua Freshgraduate seperti saya 3 tahun yang lalu.

Hasil gaji sebulan habis begitu saja karena hidup hedon, beli barang berlebihan yang tidak butuh-butuh banget. Hasil tabungan akhirnya sedikit dan akhirnya habis untuk memenuhi kebutuhan pokok, salah satunya bayar kuliah jenjang magister seperti tahun lalu.

Lebih menyeramkan lagi, belum sadar dan enggan belajar investasi. Pokoknya gaji habis untuk hidup di hari itu, kalau gaji untuk sebulan maka sebulan itu benar-benar habis, miris gak sih?. Investasi saya baru sekedar pendidikan, belum berupa nominal uang atau properti, terus gimana masa depan saya?. Saya berasa ditampar ketika merenung, sampai pada titik itu saya mulai membuat "Financial Journal Plan".

Financial Journal Plan ini membantu saya untuk belajar disiplin memilah-milah kepentingan pengeluaran selama sebulan. Istilahnya sih melatih membuat anggaran, yang tadinya gaji saya habiskan tanpa berpikir berapa nominal pengeluaran, dengan membuat Financial Journal Plan di buku Bullet Journal, akhirnya saya belajar dan bijak kelola keuangan.

Poin apa saja sih dalam Financial Journal Plan?. Setidaknya saya membuat 5 point, yaitu.

  • Fixed Income
  • Fixed Expense
  • Manage Expense
  • Wishlist
  • Wishlist Saving
Biasanya saya membuat Financial Journal Plan di awal bulan sekaligus Bullet Journal bulanan. Sudah buat Financial Journal Plan ternyata belum efektif, kenapa?. Jaman serba digital, saya sendiri jarang bawa cash dan lebih sering bayar lewat sistem online yaitu aplikasi di smartphone. Apa yang sudah saya anggarkan di Journal Planning selalu terlewat, sedih kan?.

Nah, untuk itu saya juga membutuhkan suatu aplikasi online yang bisa mengatur keuangan dari gaji saya dengan mudah. Bukan hanya mengatur keuangan, tapi juga suatu aplikasi yang punya fitur seperti perbank-an, bisa transfer ke seluruh Bank, bisa top up segala jenis aplikasi online, bisa bayar tanpa kartu kredit, bisa nabung dan investasi juga. Fitur-fitur seperti perbank-an itu akhirnya saya dapatkan di "Jenius".

Memangnya Jenius bukan Bank?. Jawabannya, Jenius ini ya Bank, hanya saja sistemnya ini menerapkan sistem digital, tidak perlu khawatir dana yang tersimpan di Jenius akan hilang, karena Jenius ini merupakan aplikasi Bank digital yang diluncurkan oleh Bank Tabungan Pensiun Negara, salah satu BUMN kebangaan Indonesia. 

Buka Rekening di Jenius, Tanpa Antri dan Ribet

Untuk anak millenial seperti saya yang serba digital ini pastilah berbahagia dengan adanya aplikasi Jenius di smartphone. Pertama kali daftar di Jenius ternyata langsung bisa buka rekening secara online. Modalnya cukup upload KTP dan foto Selfie, tidak sampai 10 menit akun Jenius kita sudah aktif, dan bisa langsung mencoba fitur-fitur yang ada di Jenius.

Nah, untuk lebih mudah lagi menggunakan semua fitur di Jenius, saya akan berikan 4 Tips Jenius Atur Gaji Bulanan hanya dengan Smartphone. Tips ini bisa juga kamu terapkan, gak mau kan seperti saya yang dulu kerjaannya menghabiskan gaji?. Yuk, simak 4 Tips jitu dari saya.

Siapkan Anggaran

Sebenarnya sama seperti membuat Financial Journal Plan yang tertulis di buku, bedanya anggaran yang telah dibuat bisa langsung saya pisahkan sesuai jenis kebutuhannya di 3 jenis kartu Jenius yang berbeda, entah itu untuk pengeluaran pokok seperti Fixed Expense atau untuk saving money. Nah, simak simulasinya dulu dibawah ini, ya!.

Cara Jenius mengeola keuangan, Jenius x-card, cara aktifkan akun jenius, jenius m-card, jenius traveling, dream saver jenius, Maxi saver jenius, flexi saver jenius, cara atur gaji 5 jutaan, cara atur gaji freshgraduate

Anggaran yang saya buat ada kebutuhan pokok dan sekunder, untuk kebutuhan pokok seperti transportasi, tagihan listrik dan wifi, dan makan saya pisahkan di x-card Jenius. Hebatnya lagi x-card Jenius ini bisa dibuat 3 jenis yang berbeda. 3 jenis X-Card saya yang bisa kamu tiru juga seperti ini.


  • X-Card untuk semua jenis aplikasi online, entah itu transportasi maupun e-commerce (sekaligus untuk bayar tagihan listrik dan wifi)
  • X-Card untuk Ibu saya
  • X-Card untuk Dana Darurat

Sedangkan untuk Jenius e-card ini tidak sering saya gunakan, kebetulan saya tidak berlangganan aplikasi berbayar dengan kartu kredit. Untuk kamu yang ingin berlangganan tapi tidak ingin buka layanan kartu kredit di bank, kamu bisa manfaatkan e-card Jenius.

Nah, untuk jenis m-Card Jenius ini tidak saya gubris sama sekali, kartu ini biasanya saya sebut kartu induk. Dari saldo sisa yang sudah saya pisahkan ke x-Card dan e-Card, saya simpan di m-card, dan sebisa mungkin tidak saya bawa kemanapun. Kartu m-card ini juga bisa saya gunakan ketika traveling keluar negeri, karena untuk tarik tunainya mudah banget.  Jadi, untuk kebutuhan sehari-hari saya hanya mengandalkan x-card. Sebisa mungkin hidup sesuai dana yang telah dianggarkan di awal bulan, kalau bisa sih ada lebihnya.

Lunasi Cicilan atau Tagihan Terlebih Dahulu

Setidaknya di awal bulan saya sesegera mungkin untuk membayar tagihan atau hutang terlebih dahulu, dilengkapi juga mengisi keperluan sehari-hari seperti transportasi online, dan hiburan nonton yang biasanya saya jatah satu bulan sekali.

Cara Jenius mengeola keuangan, Jenius x-card, cara aktifkan akun jenius, jenius m-card, jenius traveling, dream saver jenius, Maxi saver jenius, flexi saver jenius, cara atur gaji 5 jutaan, cara atur gaji freshgraduate


Bayar Tagihan

Adanya Fitur Send It di aplikasi Jenius memudahkan saya untuk membayar tagihan listrik dan internet sesegera mungkin, tanpa mengantri dan ribet. Selain bisa digunakan untuk bayar tagihan listrik, internet, air, asuransi, e-commerce dan kartu kredit, fitur Send It juga bisa digunakan untuk transfer tanpa menyebutkan nomer rekening yang sulit dihafal, cukup dengan $farhatimardiyah saya bisa mengirim atau menerima transfer uang dari sesama jenius. Jangan khawatir, kamu juga tetap bisa mengirim atau menerima transfer dari akun Bank lain.

Tagih hutang

Fitur Pay Me dan Split Bill Jenius juga membantu saya dan teman-teman untuk melunasi hutang dan patungan ketika jalan atau nongkrong bareng di Mall. Fitur Pay Me biasa saya gunakan untuk menagih hutang ke teman melalui smartphone tanpa harus ketemu langsung, caranya cukup mudah hanya kirim nominal hutang dengan $cashtag, nomor handphone maupun alamat email, kemudian saya hanya perlu memantau dari aplikasi Jenius apakah sudah terbayar atau perlu lakukan reminder

Begitu juga dengan Split Bill, saya bisa membagi secara manual patungan makanan maupun patungan kado ke sesama Jenius dengan $Cashtag, atau dengan nomor handphone atau alamat e-mail ke yang belum pakai Jenius.

Adanya fitur Jenius Pay, tidak membuat saya khawatir $Cashtag disalah gunakan, karena Jenius Pay dilengkapi dengan 3 parameter keamanan. Setiap permintaan pembayaran akan dilengkapi dengan timer yang menandakan maksimum periode notifikasi Jenius Pay ditampilkan di dalam aplikasi Jenius, sekaligus sebagai batas waktu pengguna bisa mengkonfirmasi permintaan pembayaran. Saat ini, durasi yang ditentukan adalah 10 menit.


Top-up Saldo
Fasilitas di Aplikasi Jenius memang lengkap, sampai Top-Up saldo untuk berbagai aplikasi online disediakan oleh Jenius. Top up saldo ini biasanya saya memanfaaatkan fitur e-wallet, dimana saya bisa melakukan top up dengan nominal fleksibel mulai dari Rp 10.001 dan menambah atau mengatur hingga 10 e-wallet tanpa pikir panjang. 

Lebih mudah dan cepat dengan Jenius Keyboard

Paling ribet kalau sedang melakukan chatting dengan teman dan meminta informasi nomer rekening saya atau teman lain, ribetnya harus menutup aplikasi dan membuka aplikasi yang lain. Tapi, dengan Jenius Keyboard melakukan transfer uang, menagih hutang teman dan mengirim informasi rekening lain bisa dilakukan tanpa menutup aplikasi.

Jenius keyboard ini hanya tersedia di Android. Fitur ini bermanfaat banget kalau kamu pelaku bisnis online ataupun Bendahara di organisasi maupun komunitas seperti saya ini. 

Pisahkan Uang Pengeluaran dan Tabungan maupun Investasi

Sebelum mengenal Jenius, saya sama seperti yang lain memisahkan uang dengan rekening yang berbeda. Selain ribet, beban administrasi masing-masing bank juga merugikan saya karena uang terus berkurang bukan bertambah. 

Nah, karena saya sudah memisahkan uang di awal bulan pada saat menyiapkan anggaran, dana yang aktif tersimpan di m-card bisa saya tabung sesuai impian yang saya butuhkan, gak perlu lagi saya memisahkan uang tabungan di rekening yang berbeda. 




Tabungan Jangka Panjang dan Pendek

Untuk menabung dalam waktu jangka pendek dan panjang, Jenius memiliki 3 fitur save yaitu Flexi Saver, Dream Saver dan Maxi Saver. Untuk uang tabungan yang bisa saya tarik sewaktu-waktu saya masukkan ke Flexi Saver, tidak seperti bank pada umumnya karena Flexi Saver, Dream Saver ini setara dengan deposito yang memiliki Bunga 5% p.a tanpa saldo minimum, banyak untungnya kan?.

Nah, untuk keinginan jangka panjang dan pendek contohnya seperti traveling, menikah, rumah, bahkan umroh, uang tabungan saya simpan di Dream Saver. Selain bisa menentukan sendiri jumlah yang ingin ditabung, saya juga bisa memilih tanggal impian tercapai dan besar setoran otomatis dan periode penyetorannya. Kalau ada keperluan mendesak dan prioritas lain saya bisa menunda atau berhenti, ketika sudah menunda juga bisa dilanjutkan kembali. 

Tabungan jangka panjang contohnya untuk investasi dalam properti, modal bisnis, atau tabungan pendidikan bisa menggunakan Maxi Saver dengan Bunga yang lebih besar yaitu Bunga 6,5% p.a. Kalau fitur ini saya tawarkan ibu untuk menyimpan dana pendidikan perkuliahan adik saya yang biasanya ditabungkan melalui deposito di bank komersil. Kelebihan dari Maxi Server Jenius, tabungan sejenis deposito ini bisa dibuat sebanyak mungkin, bisa memilih jangka waktu antara 1 s/d 12 bulan dan bebas menentukan periode perpanjangan.

Bandingkan Anggaran dan Kenyataan

Pentingnya membandingkan anggaran dan kenyataan adalah untuk mengetahui kalau ada pengeluaran yang tidak efektif dan kedepannya bisa diperbaiki, untuk mengetahui juga apakah yang dikeluarkan lewat anggaran atau tidak, kalau sudah bisa menganalisa nantinya kita bisa saving uang lebih besar.

Beruntungnya, Jenius memiliki fitur control yang bisa mengatur saldo kartu sesuai kebutuhan. Dengan Jenius, saya dapat mengatur limit belanja dan penarikan harian untuk masing-masing kartu Debit Jenius melalui fitur Center Card, begitu juga kalau ada saldo berlebih uangnya bisa refund dan dikembalikan ke saldo aktif, sebaliknya kalau kurang bisa di top up untuk menambah saldo.

Untuk mengetahui besarnya pengeluaran secara detail saya tidak perlu lagi keluar rumah dan mencari ATM atau mengantri di Bank, cukup memantau history transaksi di aplikasi Jenius dengan fitur In-Out melalui lakukan pencarian berdasarkan besar transaksi, kategori transaksi, rentang waktu transaksi dan tipe transaksi.

Nah, untuk lebih lengkapnya supaya saya bisa membandingkan anggaran dan kenyataan pengeluaran, saya memanfaatkan fitur e-statement Jenius. Seluruh catatan transaksi keuangan yang dilakukan di Apliksi Jenius maupun kartu Debitnya langsung dapat di download dari fitur Statement dalam aplikasi Jenius.

Biasanya harus antri di Bank untuk cetak rekening koran, dengan satu genggaman aplikasi Jenius benar-benar memudahkan saya bukan hanya mengatur keuangan tapi juga menganalisa keuangan saya, tujuannya sih supaya lebih efektif kan jadi tidak seenaknya menggunakan uang diluatrkebutuhan pokok.

Itulah 4 tips Jenius atur gaji Bulanan dari saya, selama 6 bulan ini sudah saya terapkan, hasilnya saya jadi disiplin menggunakan uang gaji dan hanya belanja sesuai kebutuhan dengan dana anggaran yang sudah saya pisahkan di x-card. Hasil yang paling efektif saya rasakan adalah tabungan saya yang disimpan di Flexi dan Dream Saver sama sekali tidak menunjukkan hilangnya biaya karena adanya biaya administrasi.

Dengan Jenius, semua transparan dan tidak ada biaya tersembunyi. Saya hanya perlu membayar untuk apa yang harus bayar, seperti biaya administrasi bulanan, biaya tarik tunai dan cek saldo di ATM BTPN, biaya transfer di 25x transaksi pertama, itu diberikan gratis oleh Jenius. Gimana? Tertarik juga buka rekening online di Jenius?.


salam,

  • Share:

You Might Also Like

48 comment

  1. Ada versi syariahnya gak yah kak

    ReplyDelete
  2. Wah saya sudah punya nih jenius, tapi blm pernah tahu kalau ada fitur baru ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk kak cobain fitur jeniusnya, lumayan buat nabung kan bunganya gede hihi

      Delete
  3. Emang lebih praktis kalau pakai aplikasi. Sampai hari ini saya masih pakai coretan di buku agenda haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha akupun gitu kaak, cuma jadinya banyak yang ke-skip kaan

      Delete
  4. penasaran si sama jenius tapi ttp dari pengalaman aku malah gabisa fokus kalo pake banyak banyak applikasi yang akhirnya malah ga kepake sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener kak arvi, aku sekarang uninstall semua mobile banking dan fokus pake Jenius jadi duit yang keluar dari satu lobang aja cukup ;D

      Delete
  5. wah sangat mantab nih aplikasi dari jenius ya.. nanti dipelajari dech

    ReplyDelete
  6. Sama say aku juga pake jenius buat nabung, kalo ga keran bocor terus wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerannya bocor buat beli make up terus kak huhuw

      Delete
  7. keren kak, bener2 jenius. aku juga mau daftar ah, biar bisa atur gaji, jadi bisa manage keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaps yang ku suka ini semua gajiku terbagi masing-masing pos secara akurat dan aman hihiw

      Delete
  8. Pas banget nih buat aku anak kost yang ngatur duit bulanan biar gak minus akhir bulan

    ReplyDelete
  9. Ini sistem Top Up yah, Wah bermanfaat sekali Sharenya buat mengatur gaju. Jadi bisa foya-foya akhir bulan hhihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. top up sekaligus bisa nabung kak, sistem kerjanya kaya bagi-bagi uang pake amplop sih tiap pos terbagi

      Delete
  10. Jujur nih saya tuh orangnya boros, tapi setelah baca ini jadi lebih sadar, tips ini sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mulai tahan-tahan belanjanya kak, mending buat nabung kan

      Delete
  11. Bener banget jangan sampe penghasilan kita habis semua, thx informasinya beb

    ReplyDelete
  12. Keren juga yaa Jenius ini. Aku udah ada appnya tapi belum memaksimalkan fiturnya nih. Wajib dicoba deh lain kali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah maksimalin kak, banyak banget manfaat dari fitur-fitur jenius

      Delete
  13. Ih keren banget ini. Harus punya ini mah. Tapi sekarang saya udah gak gajian. Udah jadi full mom at home. Tapi masih dapet suit online sih. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. full mom tapi masih dapet duit online bisa dialihkan ke jenius kan kak hahaa

      Delete
  14. Nice artikel. Dan aku baru tahu kalau ada aplikasi buat atur gaji hehe

    ReplyDelete
  15. Sebagai Mahasiswa saya belum punya gaji sih kak😅 tapi tips ini juga ttp bermanfaat buat bntu atur pengeluaran bulanan saya😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kan bisa uang bulanan dari ortu masukin ke Jenius, malah nanti bisa buat nabung traveling loh

      Delete
  16. wah fitur menarik bangt ya ini, saya terkadang sering mengalami kesulitan untuk mengatur gaji say. Memang perlu banget nih aplikasi seperti ini. thank you ya kak uda sharing informasi ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaps kalau ada banyak rekening malah gak ke kontrol jadinya

      Delete
  17. kalo diaku skrg jenius kalo trf udah bayar 3k jadinya sedih huhu tp suka sama fitur fitur nabungnyaa

    ReplyDelete
  18. kalau kita tak bisa mengatur keuangan kita sendiri bisa berabe ya mba, di ujung bulan akan sangat mencekam haha. ini app Jenius bagus ya untuk kita yang memiliki gaji bulanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaah di ujung bulan nanti gigit jari karena di awal gak atur gaji dengan tepat kan

      Delete
  19. Ngebantu banget ini jenis untuk membuat anggaran belanja biar gaji nggak habis" aja tanpa jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaps jadi yang pasti-pasti aja jatah bulanan berapa buat belanja gitu ya

      Delete
  20. aku dah pernah daftar jenius, sayangnya lupa password. Kalau mau daftar lagi mungkin harus ganti no hape ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kok, tinggal lupa password aja atau hubungi Jenius nanti dibantu aktifin lagi kak

      Delete
  21. Emang pake tabungan jenius very2 genius yaa.. aku udh pake ini setahun yg lalu..

    ReplyDelete
  22. Waahh pas banget nih ku harus atur uang bualanan, kalau ada aplikasi di hp sepertinya akan lebih mudah yaa.. thanks infonya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaps karena semua diatur dalam satu genggam, lebih mudah yaah

      Delete
  23. Penasaran nih sama program dari jenius ini seprtinya menarik ya untuk mengelolah income bulanan gitu

    ReplyDelete
  24. Aku sudah punya jenius, tapi baru tahu ada fitur baru, dicoba akh ...

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar