Minum Uricran, Cara Menyembuhkan Anyang-Anyangan Tanpa Ribet

By Farhati Mardhiyah - 9:32 AM

Baca Juga

Anyang-anyangan adalah penyakit yang sering aku rasakan ketika  naik gunung dan traveling dengan jarak yang begitu jauh, begitu juga dengan ketersediaan toilet yang jarang ditemukan, membuatku sering menahan Buang Air Kecil (BAK). Apalagi aku ini tipe orang yang susah untuk BAK atau BAB kalau melihat toilet kotor, bahkan kalau airnya kotorpun kadang aku enggan.


Terutama ketika naik gunung, kalau BAK harus menunggu gelap dan mencari tempat yang jauh dari jangkauan pendaki lain. Keadaan gelap gulita, dengan alat kebersihan dan keterbatasan air juga sering membuatku lebih memilih menahan BAK sampai besoknya turun ke basecamp dan benar-benar menemukan sebuah toilet.



Begitu juga ketika berada di tempat umum, seperti ketika di perjalanan jauh dan berhenti di rest area pasti selalu menemukan toilet yang kotor, atau ketika main di mall juga seperti itu. Toilet kotor ini jadi musuh besar buat aku, rela banget nahan BAK berjam-jam asal aku bisa nyaman ketika BAK.

Nahan BAK semalaman atau cuma 2-3 jam, tapi akhirnya buat saluran kemih-ku bermasalah seperti ingin buang air kecil terus menerus, buang air kecil terasa nyeri dan buang air kecil tidak lancar, ternyata itu semua merupakan ciri-ciri terkena anyang-anyangan.

Biasanya yang aku lakukan sih mengikat jempol dengan karet, konon katanya bisa menghilangkan anyang-anyangan dengan cepat, eh ternyata itu cuma mitos malah bisa bahaya loh kalau aliran darah tersumbat. Beruntungnya aku sempat hadir dalam acara Prive Uricran Women's Community 2019 di Grand Kemang, Jakarta Selatan. Acara tersebut memberikan edukasi baru untukku mengenai penyakit Infeksi Saluran Kemih yang gejalanya berawal dari anyang-anyangan.


Anyang-anyangan bisa jadi Penyakit Infeksi Saluran Kemih?


Menahan buang air kecil terlalu lama mendorong bakteri untuk berkembang biak di saluran kemih, salah satu penyebab ISK 80% terjadi karena adanya bakteri E.Coli yang menempel di dinding saluran kemih. Bakteri ini berasal dari feses yang dikeluarkan oleh anus atau tidak sengaja masuk ke saluran kemih ketika sedang membilas atau ketika buang air kecil karena dudukan toilet yang kotor.

Penyebab terbesarnya karena bakteri E.Coli, dr. Cepi Teguh menjelaskan secara detail kenapa wanita lebih rentan terkena anyang-anyangan
  • Secara anatomi, saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus dibandingkan dengan pria
  • Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah buang air kecil, air bisa menjadi tempat bakteri
  • Lebih sering menahan Buang Air Kecil, karena wanita perlu pergi ke toilet untuk BAK
  • Resiko terekspos bakteri lebih tinggi melalui dudukan toilet, toilet kotor, dan lain-lain
Menurut penelitian, ternyata 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih, bahkan 2 diantaranya mengalami ISK secara berulang. Penting banget lebih menjaga kebersihan diri sendiri, kalau aku sih pasti membersihkan dudukan toilet duduk dengan tissu terlebih dahulu, syukur kalau tersedia alkohol untuk mensterilkan, sayangnya jarang banget disediakan, malah kadang tidak ada tissu. 

Lalu, kebersihan di daerah kewanitaan juga penting banget dirawat. Jangan pernah lupa untuk mengganti pakaian dalam dan gunakan dengan bahan yang dapat menyerap keringat. Penting loh ini, karena Bakteri E,Coli mudah sekali berkembang biak. 

Nah, apalagi kata dr. Cepi banyak sekali yang salah dalam membersihkan daerah kewanitaan, yang seharusnya dari atas ke bawah tapi justru kebalikannya, karena anus terlalu dekat jaraknya, kalau dari bawah ke atas justru mengakibatkan Bakteri E.Coli masuk ke saluran kemih, ini bahaya bisa menyebabkan ISK.


Sudah Banyak Minum, Anyang-anyangan Tak Kunjung Sembuh


Aku ini tipe manusia galon, yang minumnya cukup banyak, BAK juga selalu banyak dan lancar kalau gak pakai ditahan. Masalahnya, kalau sudah terlanjur kena anyang-anyangan, banyak yang bilang makannya minum air putih yang banyak biar lancar, ternyata salah loh.

Kalau kata dr. Cepi Teguh, anyang-anyangan itu memang bisa disebabkan oleh kurangnya minum, tapi dengan banyak minumpun tidak bisa jadi solusi, karena volume kantung kemih orang dewasa umumnya hanya sekitar 300 - 400 mL. Semakin banyak minum, maka kantung kemih akan semakin cepat penuh, nah kalau ditahan ketika reflek ingin BAK, akan mendorong si bakteri betah bertahan akhirnya nempel di dinding saluran kemih.

Aku sendiri sering banget mengalami anyang-anyangan ketika naik gunung, rasanya gak nyaman banget, apalagi aktivitas gerak tubuh ketika di gunung terasa menyiksa kalau ditambah nyeri bagian perut bawah. Lalu, mencari solusi menangani anyang-anyangan paling dengan obat, tapi sering kali menemukan obatnya itu antibiotik, karena kan memang disebabkan bakteri yang bisa disembuhkan dengan antibiotik. 

Cara kerja antibiotik juga tidak bisa dikonsumsi setiap hari, dan membunuh semua jenis bakteri termasuk bakteri probiotik yang justru dibutuhkan tubuh kita. Selain itu, antibiotik juga tidak aman untuk ibu hamil, anak-anak dan yang memiliki alergi. Nah, rasanya kurang pas kalau untuk menyembuhkan anyang-anyangan, apalagi kalau terjadi berulang. 

Untungnya aku sudah kenal dengan Prive Uricran, akupun merasakan langsung khasiat dari ekstrak Cranberry setelah minum setiap hari secara rutin. Kebetulan ketika menghadiri acara uricran, aku sedang anyang-anyangan akibat dari menahan BAK karena merasa tanggung menyelesaikan pekerjaan. Untungnya ketika acara, Uricran menyediakan tester yang bisa dicoba sepuasnya, setelah itu aku minum setiap hari deh.


Ekstrak Cranberry Uricran Aman dikonsumsi Setiap Hari


Cranberry sudah lama telah diteliti dan digunakan di dunia terbukti efektif mencegah infeksi saluran kemih karena memiliki kandungan Proantocyandin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-Coli pada dinding saluran kemih.

Berdasarkan hasil penelitian juga, Cranberry merupakan alternatif non antibiotik profilaksis yang dapat mengurangi angka kejadian 36% infeksi E.Coli pada saluran kemih serta 58% angka kejadian infeksi saluran kemih berulang. 



Sayangnya di Indonesia, Cranberry tidak mudah ditemukan bahkan tidak umum dijual di pasar maupun supermarket. Rasanya yang asam dan harus diolah menjadi jus terlebih dahulu sepertinya tidak praktif kalau harus dikonsumsi tiap hari. Combhipar mempersembahkan Ekstrak Cranberry dalam bentuk kemasan praktis berupa serbuk dan tablet pada Prive Uricran yang dapat dikonsumsi minum 1-2 kapsul atau sachet setiap harinya.



Uricran terdapat dua jenis sediaan, berbentuk kapsul dan serbuk.  Untuk sediaan kapsul memiliki kandungan 250 mg Ekstrak Cranberry, dosis per-harinya 1-2 kapsul, isinya 30 kapsul/box.





Uricran serbuk memiliki komposisi 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vitamin C dan 0,1 mg Lactobacillus Achidopillus dan 0,1 mg Bifidobacterium bifidum. Dosisnya per-hari 1-2 sachet dan per-box terdapat 15 sachet.







Uricran aman dikonsumsi setiap hari, karena bukan merupakan obat antibiotik namun suplemen, dimana selain ekstrak cranberry, terdapat kandungan probiotik yang sangat baik untuk tubuh terutama untuk pencernaan, selain itu juga terdapat vitamin C. 
    
Pertama kali mencoba testernya, aku mengira rasanya akan seperti jamu dan tidak enak. Ternyata, rasa cranberry dalam Uricran sangat enak, asam menyegarkan, apalagi diseduh dengan air dingin, dijamin ketagihan.

Jangan khawatir, Prive Uricran mudah ditemukan di Indonesia, baik secara online maupun offline seperti Watson, Guardian, Century, Apotek k-24, Viva Health, Kimia Farma, Rumah Sakit, Apotek terdekat dan Lazada. Nah, saatnya selalu siap sedia di rumah ya, supaya terhindar dari anyang-anyangan.

Setelah mengenal dan merasakan langsung khasiat ekstrak cranberry dari Prive Uricran, sekarang aku gak perlu khawatir lagi ketika traveling, naik gunung, atau tiba-tiba kena anyang-anyangan di rumah, karena kemasan Uricran yang sangat travel friendly mempermudah membawanya kemanapun, cara konsumsinya juga gampang banget, tinggal pilih mau seduh atau minum yang tablet.

Nah, untuk kamu yang mau tau lebih lanjut tentang Infeksi Saluran Kemih dan manfaat Uricran untuk tubuh, langsung aja cari tahu di website Uricran ya, www.uricran.co.id

Sampai lupa, aku mau kasih tau juga jangan sampai ketinggalan juga untuk ikutan kuis berhadiah tiket ke acara puncak UriCrevent, caranya gampang banget kok, cek aja di akun instagram @uricran.id , hadiahnya ada 5 tiket untuk 5 orang yang beruntung hadir ke aacara final UriCrevent di Jakarta.


Jangan lupa ikutan ya! Caranya simple banget, cukup cek kuisnya di Instagram @uricran.id dan jawab pertanyaannya di kolom komentar. Jangan lupa pakai #uricrandan #uricreventya! Sampai ketemu di eventnya!  

  #uricran 

#uricranwomenscommunity 

#combiphar 

#Jakarta2  

Salam,

  • Share:

You Might Also Like

74 comment

  1. Saya mah usahakan rutin untuk BAB dan sesering mungkin untuk BAK. Dan mungkin karena cowok, he..he... gak pernah masalah dengan kondisi toilet yang kotor (sampai batas tertentu) ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iya bedanya cewek harus lebih hati2 toiletnya kotor kan kita mah duduk BAK nya

      Delete
  2. Sepakat. Aku pernah ragu mau nyobain Uricrane ini, kirain bakal bau kamu atau bakal pait gitu, ya ampun begitu nyoba pake air dingin eh enak dan asem manis gitu malah demen. Minumnya sampe glegekk glegekk mirip orang minum air putih. Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun awalnya juga kira pait kaya jamu, ternyata seger rasanya, ini mah doyan diminum tiap hari

      Delete
    2. Hahaha aku juga ngira awalnya gtu, ternyata pas dicobain kyk minum sirup aja. Pernah minum uricran pas dulu punya kebiasaan buruk nahan pipis, ternyata alhamdulillah diatasi pakai uricran bisa sembuh

      Delete
    3. iya mba april aku juga baru banget tau uricran pas event woment community itu ngepasin pas lagi anyang-anyangan lagi, alhamdulillah nih bisa mencegah anyang-anyangan dari awal sebelum bablas jadi ISK

      Delete
  3. Besok kami mau mendaki Gunung Kerinci. Tidak lupa saya juga membawa uricran sebagai antisipasi anyang-anyangan. Mohon doanya perjalanan lancar sehat dan selamat yaaa...

    Kapan-kapan yuk naik Semeru bareng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak okti ke kerinci ikut gak anaknya? Aah mau ikutan, hati2 kena anyang2an ya mbak :)

      Ayuk kaak aku ikutan ngintiil

      Delete
  4. Aku pernah mba kena anyang2an waktu nahan pipis PP Bogor-Jakarta tersiksa bngt 2 Hari itu.. skrang sdh uricran jd bisa cpt pnyembuhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku jg pernah mba uti pas pulang dr solo males pipis di kereta akhirnya anyang2an berhari2 di rumah hiks, dulu belum kenal uricran jadi dibiarin aja deh

      Delete
  5. Benar sekali, Mbak. Saya itu dalam situasi tertentu haru menahan BAB. Nah, pas sudah di kamar mandi, malah lama tidak mau keluar. Dan akhirnya.. itu perut sakit. Antara mules, tapi pas ke belakang algi, tidak keluar.

    Dan saya pribadi, kalau dalam keadaan harus ke toilet umum, lebih memilih kloset duduk, soalnya menurut saya lebih aman dari segi higenisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya lebih aman jongkok mas karena kontaminasinya sama bakteri lebih kecil sih, uricran ada probiotiknya juga bisa lancarin pencernaan

      Delete
  6. duluuu kalau anyang2an aku minum air putih biasa, sekarang minum uricran plus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, dulu gak tau kalo kita punya batas maksimal volume air ditampung saluran kemih jadi main minum2 aja pas anyang2an, pantesan ga sembuh2 yaaa, untung ada uricran

      Delete
  7. Aku sering anyang-anyangan ni..
    Biasanya dibanyakin minum air. Tapi klo tahu info ini, berarti harus minum uricran ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups bisa diringankan pakai uricran kak diaan, silahkan mencoba :)

      Delete
  8. Iyaloh kaum wanita nih, sering nahan nahan BAK termasuk Aku. Sudah pernah kena Anyang Anyang sangat Tidak nyaman. Untung sekarang Ada uricran ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perempuan kayaknya bakal ngerasain kena Anyang2an yah kak, iyaps siap sedia di rumah

      Delete
  9. Aku pernah anyang-anyangan pas masih kerja. Rasanya gak nyaman dan bikin bolak balik kamar mandi. Pas resign Alhamdulillah gak lagi. Btw thanks info obat anyang-anyangan nya lhooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pas kerja gitu suka bunda yah kak buat pipis padahal gak baik ituuh

      Delete
  10. Emamg deh klo udh anyang anyngan itu ga nyaman banget. Aku pernh ngerasain dan kapok hahah. Untung skrg ada solusi nya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak enakin banget, kaya ganjel di bawah perut pas pipis pun kadang sakit, iya untungnya ada Uri-cran solusi ga ribeet buat sehari-hari

      Delete
  11. males banget kan ya kalau bepergian jauh dan kena anyang anyangan. dengan bekal uricran sepertinya bisa lebih aman nih. apalagi rasanya menarik banget nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeet mas, dikit2 ke kamar mandi kalau di tempat umum ngantri atau kotor ribet deeh

      Delete
  12. Aku juga lagi anyang anyangan nih.
    Ganggu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba minum uricran deh kaak insya Allah sembuh

      Delete
  13. Ternyata cukup efektif juga ya buah cranberry itu, sayangnya ga ada di Indonesia, karna itu lebih simpel ada Uricran ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heem kak Selvi untungnya uricran punya ekstraknya yg dikemas dalam kapsul atau serbuk

      Delete
  14. Paling nggak enak kalau nahan pipis deh. Kalau di gunung gitu, aku biarin deh pipis di semak-semak, tapi kiat-kiat situasi sekitar dulu, daripada Kenan anyang-anyangan kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga tapi paling cuma sekali kak pas malem kalo siang gitu masih parnoan diintip orang wkwkw

      Delete
  15. bagus ya ada vitamin untuk mencegah anyang-anyangan. tapi kalo udah sampe infeksi jangan lupa ke dokter ya kak hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada kakak dokter, iya dong pastinya kalau ada gejala yang dirasa ane

      Delete
  16. Jadi ingat dulu kena anyang2an sampe harus ke dokter. Skrg sudah ada uricran ya 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sempet ke dokter ya kak, iya skrg bisa dicegah di awal doong

      Delete
  17. Kebetulan tante sudah berumur dan sering susah BAB cuma kalau BAK gampang. Kayaknya bakala aku rekomendasiin buat tanteku makasih reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus ini kak rekomendasi buat tantenya biar lancar BAK nya.

      Delete
  18. Saya juga dulu pernah anyang-anyangan karena sering nahan pipis karena males ke toilet umum. Tapi lihat bahayanya sekarang mau ga mau harus ke toilet umum untuk pipis. Dan benar banget uricran ini membantu banget, pipis jd lancar dan bebas anyang2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku juga gitu kalo udah duduk depan laptop lagi ngerjain deadline suka males ke kamar mandi, eh akibatnya jadi anyang2an, naah bener kan uricran satu-satunya solusi jitu nih

      Delete
  19. Pernah cobain prive uricran juga dan memang cukup ampuh dan seger diminumnya, rasa anyang-anyangan memang gak enak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger banget asem manis gitu rasanya, bebas anyang-anyangan kan kaak, cegah ISK sedini mungkin :)

      Delete
  20. Wahh, aku udah cobain dan rasanya emang segar banget, asam manis gitu ya hihii. Harganya pun juga cukup terjangkau, worth it lah dengan manfaat yang didapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaps dari pada terlanjur kena ISK, mendingan dicegah dengan rutin minum uricran prive ya kaak :)

      Delete
  21. ini emang enak dong. gak seperti suplemen tubuh lainnya. gak berasa minum suplemen dibuatnya. hehehe. tapi agak susah dapetinnya secara bebas. harus dari online atau dari suplier resminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya distribusinya belum luas, semoga kedepannya gampang dibeli ya kak minimal alfamart yaak hihi

      Delete
  22. Uricran ya Mbak Farha. Noted. Gak nyaman emang kl anyang²an. Teringat budeku pernah ngalamin, wuih kasian liatnya bolak-balik terus ke kamar mandi. Tfs yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak nyaman banget kak, udah bolak balik pas pipispun sakit, jadi males minum juga :(

      Delete
  23. Pernah nih rasain anyang anyangan, terus diberi obat berupa jamu, pahit banget dan jadi terpaksa. Sejak ada uricran langsung beralih deh, lebih enak dan seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaah, uricran kan bukan jamu, ini ekstrak buah cranberry yang uenaaak rasanya :)

      Delete
  24. Wah, infonya bermanfaat banget. Kalau anyang anyangan emang buat enggak nyaman, soalnya beberapa bulan silam aku mengalaminya dan enggak nyaman banget. Semoga kita senantiasa sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena anyang-anyangan penyakit yang sering kita rasain yaa mas, amiiin jangan lupa rutin minum uricran buat mencegah anyang-anyangan dan ISK

      Delete
  25. Sekarang sudah tidak perlu risau lagi soal anyang-anyangan karena sudah ada uricran ya..

    ReplyDelete
  26. Saya baru tahu nama penyakit itu anyang-anyang. Kirain selama ini kalau BAK itu tersedat2 itu hal biasa. Rupanya itu krn ada sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gejala ISK mas, kalau berkelanjutan terus anyang-anyangannya bisa kena ISK, makannya harus dicegah dengan minum uricran membunuh bakteri yang ada di dinding saluran kemih

      Delete
  27. Aku babanget nih. Seringkali menahan pipis karena males bolak-balik apalagi lagi Hamil gini. Ups. Padahal gak boleh yaaa. Jadi, uricran ini aman buat bumil juga lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayabjuga suka nahan pipis, tapi karena males ke toilet umum. Duh, ternyata itu bahaya yaa... Harus segera diubah ini kebiasaan buruk...

      Delete
    2. Nah kakakku juga gitu gara-gara males bolak balik akhirnya nahan pipis eh pernah kena gejala ISK terus ke dokter disuruh gak boleh nahan pipis lagi. InsyaAllah aman sih mbaa

      Delete
  28. Keren banget hobinya naik gunung :D
    Iya ya kalau di alam gtu emang agak susah buat cewek utk BAK BAB jd kadang suka nahan2 dan akhirnya muncul anyang2an. Untungnya bisa sembuh lbh awal krn minum uricran ya mbak, tapi emang sebaiknya jgn ditahan2 lagi sih kalau mau pipis hhehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba april, aku paling mager kalo di gunung disuruh keluar pipis tuh, duh kalo BAB aku mending minum diabet biar mampet, gimana coba yah pup di hutan hahaa
      naah, gak boleh lagi nahan pipis segera dicegah dengan minum uricran

      Delete
  29. Aku selalu stok ini kak dirumah dan aku minum seminggu ada 4 kali. Gak rutin sih setiao hari tapi setidaknya ada. Rasanya enaaaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sekarang aku juga selalu stok di rumah :)

      Delete
  30. Aku jg minum uricran nih, maklum wanita harus pintar menjaga kesehatan diri ya, walaupun sudah ibu2 musti tetap wajib dong yaa

    ReplyDelete
  31. Suka rasa cranberry nya, bikin seger dan kalau bepergian biar gak Anyang-anyangan lagi stok uricran nih biar tenang

    ReplyDelete
  32. Ya ampun ngeri ya kak anyang2an bisa sampai ke penyakit seserius ISK. Memang better mencegah daripada mengobati. Aku sebisa mungkin ga nahan BAK, walau ada suatu kondisi YG mengharuskan

    ReplyDelete
  33. Sama kita mba.
    Aku juga gak ridho ngebuang isi peritku yg sudah gak terpakai lagi ini ke toilet yg kotor...

    ReplyDelete
  34. Sering saya menahan pipis terutama kalo lagi di jalan. Akibatnya saya mengalami anyang-anyang. Dengan unican anyang-anyang saya teratasi. Thank for sharing.

    ReplyDelete
  35. Kalo kebelet jangan ditahan atuh. Sedia sarung sama tisu sendiri kalo ndaki atau di tempat yang kemungkinan susah toilet. Biar kaga ditahan2. Hehe.

    ReplyDelete
  36. Kupilih juga Uricaran saat anyang-anyangan. Pasalnya Uricran aman dikonsumsi setiap hari, karena bukan merupakan obat antibiotik namun suplemen.

    ReplyDelete
  37. Aku juga suka minum uri-cran kalau lagi bermasalah dengan anyang-anyangan mba. Emang rada sakit ya kalau anyang-anyangan. ISK memang gak boleh dibiarkan begitu saja ya Mba.

    ReplyDelete
  38. Bener banget, Prive Uricran ini andalan buat anyang-anyangan. Dulu aku kalo kena cukup didiemin aja sampai sembuh sendiri. Lama. Dan begitu tahu, jadi tenang. Cuma minum 1-2 kali aja, bisa langsung sembuh.

    ReplyDelete
  39. Urican emang andalan banget deh buat mengatasi anyang-anyangan. Tapi satu sisi kita juga harus menjaga kebersihan ya mba

    ReplyDelete
  40. Aku kalo anyang2an pas keluar negeri yg udara nya dingin dan AC yang dingin banget.

    ReplyDelete
  41. huhu aku pernah anyang2 an pas travelling pula, sedih dan gaenak banget lhoo

    ReplyDelete
  42. Cocok neh direkomendasikan buat orang anyang-anyang deh.
    Paling penting tuh jangan menahan pipis yee kan biar ga anyang-anyangan.

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar