Belajar SEO untuk Pemula di Skill Academy Membawa Karir Baru Menjadi Content Writer

By Farhati Mardhiyah - 9:05 AM

Baca Juga


Adanya pandemi yang terjadi tahun lalu ternyata membawa perubahan besar dalam hidupku. Tidak hanya status yang akhirnya resmi menikah di tengah COVID-19, perjalanan karirku juga berubah total, bisa dibilang beralih profesi.

Basic pendidikanku memang tidak nyambung dengan profesi yang sedang aku jalani saat ini. Perubahaan ini akibat pandemi yang membawa dunia digital semakin booming dan profesi seperti Social Media Specialist, Digital Marketer dan Content Writer sangat dibutuhkan.

Sejujurnya, profesiku saat ini sebagai Social Media Specialist dan Content Writer berawal dari sebuah hobi saja. Namun karena sudah memiliki komitmen diri sendiri kalau nanti setelah menikah ikut suami ke Jogja, aku harus tetap mandiri dan aktif.

Inilah yang mengawali karirku di dunia digital, 2 hari setelah menikah langsung tanda tangan kontrak bekerja sebagai Social Media Specialist sebuah brand di Yogyakarta. Lalu dua bulan berikutnya, ternyata ditawarkan juga menjadi freelance Copy and Content Writer sebuah brand lain di Yogyakarta.

Kok bisa sih langsung diterima kerja tanpa ada basic pengalaman kerja yang sama? 

Ternyata Portofolio Kerja yang Membuat HRD Terkesan



Pekerjaanku sebelumnya sebagai tenaga ahli konsultan lingkungan, tapi karena pekerjaannya berdasarkan project yang berjalan, saat itu aku juga aktif sebagai freelance blogger dan social media specialist sebuah komunitas di Jakarta.

Pengalamanku sebagai freelance blogger dan Social Media Specialist tentunya dicantumkan dalam portofolio kerja saat melamar pekerjaan baru. Nah, tidak hanya pengalaman freelance saja, ternyata pelatihan yang pernah aku ikuti juga membuat HRD terkesan.

Syukurlah waktu awal pandemi di bulan Maret 2020 aku sempat mengikuti kelas online dari Skill Academy. Kala itu, aku memilih kelas yang berhubungan dengan skill content writer yaitu basic SEO. Harapannya sih, dengan kelas online ini bisa meningkatkan kemampuan menulis artikel SEO lebih baik lagi. 

Ternyata keputusanku saat itu tepat sekali, sebelum kelas online booming saat masa pandemi ini, skill academy terlebih dahulu sudah mengawalinya dengan memberikan kelas gratis saat itu. Pilihan kelasnya-pun ternyata juga sangat dibutuhkan pada dunia usaha digital di masa pandemi ini. 

Seperti kelas online SEO 101, Google Ads, Digital Marketing, Copywriting dan berbagai pilihan kelas lainnya yang sangat lengkap.

Beruntungnya saat itu aku memilih kelas online SEO 101, sertifikat dari skill academy menjadi tambahan poin yang membuat HRD lebih tertarik menggaetku sebagai copy and content writer. 

Pengalaman Mengikuti Kelas Online Skill Academy



Manfaat Skill Academy begitu terasa saat pertama kalinya aku mencoba pengalaman baru sebagai copy dan content writer sebuah brand kecantikan. Salah satu KPI pada jobdesk pekerjaanku adalah harus memproduksi artikel yang bisa meningkatkan traffic view, posisi di halaman google dan mendukung jalannya campaign yang sedang berjalan untuk mendukung sales atau penjualan. 

Artinya artikel yang dibuat harus menggunakan strategi optimasi SEO, bersyukur sekali karena sudah belajar basic SEO dari skill academy bisa mempermudah pekerjaanku. 

Tidak seperti mengikuti kursus pada umumnya, Skill Academy menawarkan kemudahan akses kursus atau kelas online yang lebih fleksibel dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi ataupun situs online-nya.

Ada berbagai pilihan kelas online yang tersedia baik untuk meningkatkan soft skill atau hard skill dengan instruktur profesional dibidangnya. Seperti kursus online favorit yang aku ikuti, instrukturnya merupakan praktisi SEO sekaligus Product Manager Traveloka.

Terus, apa saja sih yang membuatku puas mengikuti kelas online dari skill academy?

1. Materi Bisa Diakses Selamanya

Seluruh materi yang diberikan instruktur berupa video yang diberikan sangat detail, mulai dari pengenalan sampai beberapa teknik dasar yang harus dikuasai. Selain itu, materi yang diberikan bukan hanya penjelasan saja, tapi lebih banyak berupa analogi yang lebih mudah dipahami.

Nah, kalau lupa dengan penjelasannya bisa diputar ulang loh! Kalau sudah memiliki akun skill academy dan kamu sudah menyelesaikan seluruh materi dan tes-nya, kamu bisa mengakses ulang materi video kapanpun.

2. Lebih Fleksibel

Tidak perlu mengikuti kelas pada jam tertentu yang bisa saja mengganggu pekerjaan utama. Skill Academy bisa diakses lebih fleksibel sesuai waktu yang kamu inginkan. Lebih nyaman lagi, tidak perlu menuntaskan seluruh materi beserta test pada waktu yang sama, bisa kok dicicil dan diikuti perlahan sampai kamu paham dengan materinya. 

Lalu, karena bisa diakses melalui aplikasi jadi lebih mudah diakses hanya menggunakan smartphone saja. 

3. Durasi yang Singkat Tapi Detail

Sering gak sih kamu merasa bosan mendengarkan guru sedang menjelaskan materi di depan kelas? Nah, biasanya kalau sudah bosan akan sulit memahami materi yang diberikan. 

Berbeda dengan Skill Academy, tiap materinya diberikan dengan waktu yang singkat, tidak terlalu cepat namun sangat detail dan lengkap. 

4. Ada Ringkasan Materi

Kamu juga tidak perlu mencatat materi yang diberikan, karena diakhir kelas online akan diberikan ringkasan materi dalam bentuk PDF yang bisa di-print dan dipahami kembali. Ini juga memudahkan loh, saat aku praktek langsung membuat artikel SEO di website klien.

5. Sesi Tes Kemampuan

Nah, gak cuma mendapatkan materi ciamik dari instruktur profesional aja. Tapi, setelah mengikuti beberapa sesi materi akan ada tes kemampuan untuk mengukur seberapa jauh kamu memahami materi yang sudah diberikan.

Kalau pengalamanku sih, sebelum mendapatkan nilai sempurna (betul semua di semua pertanyaan) aku harus mengulangi materi itu. Kan, sayang yaa dapat ilmu daging tapi gak digunakan dengan baik.

Ilmu dari Skill Academy Ternyata Bermanfaat Banget



Jujur aja, di awal mengerjakan job desk copy and content writer dari perusahaan tempatku bekerja sebenarnya gak percaya diri. Sempat tersirat dipikiran "bisa gak ya mencapai KPI bisa tampil di halaman pertama google?"

Soalnya aku gak ada pengalaman handle langsung, biasanya ya cuma order review product dari beberapa brand tanpa ada KPI apalagi harus optimasi SEO. 

Akhirnya aku sempat buka lagi akun Skill Academy untuk memutar ulang video materi kelas online SEO 101. Lalu langsung saja mempraktekkan materi yang diberikan, dan ternyata hasilnya benar-benar memuaskan. 

Setiap akhir bulan pasti diberikan laporan analytic dari team mengenai progress artikel yang sudah tayang baik di website brand maupun situs lain. Beberapa artikel sudah ada di halaman awal google, dan campaign digital yang dilakukan di seluruh channel berhasil. 

Sebenarnya ini diluar ekspektasi, dari kelas online inilah Manfaat Skill Academy sangat membantu pekerjaanku mencapai target KPI dari brand dan membantu perjalanan awal karirku sebagai copy dan content writer. 

Nah, setelah sukses satu project ini akhirnya aku kepikiran untuk mengambil kelas online lagi dari Skill Academy. Dengan instruktur atau pengajar yang profesional, harga kelas online di Skill Academy terbilang cukup murah, ditambah lagi ada flash sale.

Fitur di skill academy juga memudahkan user memilih kelas online, ada filter harga di kotak pencarian website maupun aplikasi, lalu ada juga rating tiap instruktur beserta review singkat yang bisa digunakan sebagai pertimbangan kamu memilih kelas.

Gak heran yah, rating aplikasi Skill Academy 4,9 bintang dari 375 ribu ulasan. Apalagi Skill Academy saat ini mendukung program pemerintah untuk memberikan kelas PraKerja, kamu yang dapat kuota kartu PraKerja sudah memanfaatkannya belum?

Nah, dari pengalamanku mengikuti kelas online dari Skill Academy pasti juga membuat kamu tertarik juga kan? Siapa sangka dari ilmu yang didapatkan bisa menjadi modal kamu mencari pekerjaan sesuai hobi dan mengawali karir baru. 

Yuk, sekarang giliran kamu buat meningkatkan skill! Langsug aja download aplikasi atau kunjungi website Skill Academy untuk menemukan kelas online yang cocok sesuai kebutuhan kamu

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)