Bayar Zakat Online di Sinergi Foundation Lebih Mudah, Lebih luas dan Lebih Untung!

By Farhati Mardhiyah - 9:01 AM

Baca Juga



Gajian sudah, THR juga sudah, belanja kebutuhan sandang pangan juga sudah, eh plot investasi sahamnya juga sudah, tapi zakatnya kok belakangan? Alasannya ribet dan nunggu di akhir Ramadan aja? Padahal saat ini bisa bayar zakat lebih mudah secara online melalui Sinergi Foundation.

Sudah dua kali Ramadan ini kita beribadah dalam kondisi pandemi, hampir sepanjang dua tahun ini juga banyak sekali perubahan di sekitar kita. Ada yang kehilangan pekerjaan, ada yang masih berjuang mencari pekerjaan, bahkan ada yang mengalami musibah bencana alam.

Konon pada zaman Rasulullah SAW berdakwah di Mekkah, zakat menjadi salah satu pilar Islam untuk mendukung misi dakwah Beliau, salah satunya mendanai kegiatan pembangunan Islam, menyelamatkan umat Islam dari kemiskinan, hingga membantu proses hijrah nabi serta pengembangan dakwah Islam.

Artinya, dana zakat jika dikelola dengan baik akan memberikan manfaat yang lebih luas. Terlebih lagi, pengelolaan zakat yang tepat secara profesional seperti di masa Umar Bin Abdul Aziz terbukti menjadi solusi pemberantasan kemiskinan dalam waktu 2 tahun 6 bulan.

Sebaliknya, jika dana zakat dikelola secara tidak profesional, tidak amanah, hanya akan menjadi penggugur kewajiban saja dan manfaatnya menjadi lebih sempit. Padahal potensi zakat di Indonesia bisa dimaksimalkan agar lebih bermanfaat lebih luas dalam jangka waktu lebih panjang juga.


Dikutip dari laman Finansial Bisnis, potensi zakat Indonesia berdasarkan data outlook zakat Indonesia 2021 mencapai Rp327,6 triliun yang terdiri dari zakat perusahaan Rp144,5 triliun, zakat penghasilan dan jasa Rp139,07 triliun, zakat uang Rp 58,76 triliun, zakat pertanian Rp19,79 triliun dan zakat peternakan Rp 9,52 triliun.

Namun, riset dari Baznas menunjukkan realisasi zakat yang terkumpul baru mencapai Rp71,4 triliun, 85 persen dana tersebut terkumpul melalui Organisasi Pengelola Zakat tidak resmi. Sebab itulah, dibutuhkan inovasi dan digitalisasi zakat untuk mempermudah Muzakki atau pemberi zakat dalam menunaikan bayar zakat.

Salah satu upaya digitalisasi yang saat ini dilakukan adalah kemudahan bayar zakat online seperti program yang ditawarkan oleh salah satu Lembaga Amil Zakat yaitu Sinergi Foundation.

Bukan hanya ajang mencari donasi sebanyak-banyaknya dan hanya bisa dirasakan sehari saja. Sudah seharusnya pengelolaan zakat saat ini harus lebih produktif, mengatasi permasalahan kemiskinan, dan mensejahterakan masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

Itulah mengapa, sejak memiliki pekerjaan tetap dan wajib mengeluarkan zakat, saya lebih memilih menyalurkan zakat melalui 2 tempat yaitu masjid terdekat di rumah agar manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh saudara terdekat yang membutuhkan dan Lembaga Amil Zakat terpercaya agar manfaatnya lebih luas.

Mau Bayar Zakat Lewat Lembaga Terpercaya? Sinergi Foundation Solusinya!


Salah satu Lembaga Amil Zakat yang terpercaya, profesional untuk menerima, mengelola dan menyalurkan zakat di Indonesia adalah Sinergi Foundation.

Tidak hanya zakat saja, Sinergi Foundation yang merupakan lembaga independen milik publik memiliki program yang concern dan berkomitmen untuk mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial- Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah).

Mengawali program pemberdayaan sejak tahun 2002 sebagai Yayasan Semai Sinergi Umat, kemudian pada tahun 2011 mendapatkan legalitas resmi dari Akta Pendirian Notaris sebagai Sinergi Foundation yang disahkan oleh keputusan Menteri Hukum dan HAM. 

Tidak hanya itu saja, Sinergi Foundation juga memiliki legalitas sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Provinsi secara resmi dan Nazhir Wakaf dari Badan Wakaf Indonesia.

Nah, kalau sudah punya legalitas tersebut sudah tidak bisa diragukan lagi kan? Sebab dipastikan memiliki pengawasan ketat, dan memiliki transparansi laporan untuk akuntabilitas publik. Zakat yang sudah dikeluarkan dipastikan tersalurkan lebih tepat sasaran dan manfaat yang lebih besar.

Bukan hanya lebih amanah dan profesional, menunaikan zakat melalui Lembaga Amil Zakat seperti Sinergi Foundation juga memiliki keuntungan untuk pemberi zakat, yaitu.

1. Mengikuti Sunnah Rasulullah

 
Sesuai yang dicontohkan Rasulullah SAW, pada zaman pemerintahan Beliau, zakat dikelola oleh Baitul Maal. Tidak sembarangan dalam mengelola zakat, Baitul Maal ini langsung diawasi dan dikelola oleh Rasulullah SAW bersama sahabat. Tujuannya agar digunakan tepat sasaran dan amanah sesuai fungsinya.

2. Memiliki Manfaat Lebih Luas, Tepat Sasaran dan Produktif


Sinergi Foundation tidak hanya mengelola dana zakat fitrah saja, tapi melalui program pemberdayaan Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah), dana zakat yang terkumpul juga lebih terintegrasi dengan berbagai program produktif lainnya. 

Tentunya program tersebut sudah melalui analisa golongan penerima manfaat atau mustahik yang berhak, sehingga lebih tepat sasaran.

3. Mengurangi Pajak Tahunan


Keuntungan lainnya, bayar zakat melalui Sinergi Foundation bisa mengurangi Pajak Tahunan (SPT). Sesuai dalam Undang-Undang No. 23 tahun 2011, tentang pengelolaan zakat. Zakat yang dibayarkan melalui Baznas atau LAZ dikurangi dari penghasilan kena pajak.

4. Lebih Mudah dan Praktis


Kini bayar zakat bisa dimanapun dan kapanpun, hanya dengan mengunjungi laman website Sinergi Foundation  atau bit.ly/sinergizakat. Metode pembayaran yang ditawarkan juga memudahkan pemberi zakat, bisa melalui transfer rekening Bank, dan scan QRIS untuk pembayaran e-wallet.


Bayar Zakat Lebih Mudah Melalui Sinergi Foundation


Sudah tahu kan, zakat merupakan salah satu ibadah wajib dan masuk dalam urutan rukun Islam yang ke empat? Hukumnya fardhu dilaksanakan. 

Tentunya kewajiban untuk berzakat ini bukan tanpa alasan, sebagaimana yang diperintahka Allah dalam Surat At-Taubah Ayat 71:

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Dalam kutipan surat tersebut, Allah memerintahkan umat muslim untuk saling menolong, tidak melakukan kejahatan, mendirikan shalat, menunaikan zakat.

Dari pendekatan bahasa, zakat memiliki arti bersih, suci, subur, berkembang. Artinya jika kita mengeluarkan zakat bukan berarti harta kita akan merugi melainkan bisa membuat harta berkembang. 

Nah, dalam menunaikan zakat ini sebenarnya merupakan salah satu cara bagaimana Allah menguji rasa kemanusiaan kita untuk berbuat kebaikan kepada sesama. Boleh jadi dalam proses mendapatkan rezeki ada sebagian harta yang kita hasilkan untuk orang lain. 


Lalu, ada dua jenis zakat yang wajib dikeluarkan bagi tiap muslim yaitu Zakat Fitrah dan Zakat Maal. Tenang saja, kedua jenis zakat ini bisa kamu bayarkan dengan mudah melalui online Sinergi Foundation.

Cara Bayar Zakat Melalui Sinergi Foundation (edit canva)

  1. Kunjungi website resmi www.sinergifoundation.org atau bit.ly/sinergizakat
  2. Pilih jenis zakat yang hendak dibayarkan
  3. Masukkan Nominal zakat
  4. Pilih Metode Pembayaran yang dikehendaki
  5. Lakukan konfirmasi pembayaran
  6. Tunggu konfirmasi melalui email atau WA dari Sinergi Foundation



Bagaimana kalau ingin bayar Zakat Maal tapi belum mengetahui secara pasti nominal yang harus dikeluarkan? 

Tidak hanya mudah, Sinergi Foundation juga memiliki layanan konsultasi dan kalkulator zakat. Kamu bisa pilih di menu tab pada website Sinergi Foundation, lalu pilih menu layanan. Nah, jadi lebih pasti dan tidak ragu untuk bayar zakat di Sinergi. 

Mungkin ada yang bertanya-tanya “Apakah menunaikan zakat online ini hukumnya sah?” Banyak masyarakat yang beranggapan akad zakat dinyatakan sah jika dilakukan dengan berjabat tangan. 

Nah, sebenarnya syarat sah utama zakat adalah niat dari Muzakki yang bisa diucapkan dalam hati. Menurut Yusuf Al Qaradhawi dalam Fiqh al-Zakat menyampaikan bahwa memberikan zakat tidak harus menyatakan secara terbuka pada mustahiq. 

BerSinergi Memanfaatkan Dana Zakat Lebih Luas


Setelah bayar zakat melalui Sinergi Foundation, kemanakah dana zakat kita disalurkan?

Tenang saja, Sinergi Foundation memiliki pengalaman lebih dari 19 tahun dalam mengelola dana wakaf dan ZIS. Setidaknya hingga Desember 2020 sudah menerima 37.659 donatur, 13.074 Mitra dan 770.752 Penerima.

Seluruh dana yang terkumpul di Sinergi Foundation disalurkan tepat sasaran kepada penerima manfaat. Dengan berzakat kita bisa menghasilkan begitu banyak kebaikan, misalnya untuk dana zakat yang terkumpul bisa dirasakan manfaatnya oleh para nelayan dan petani di Lumbung Desa, membantu proses kelahiran secara gratis untuk ibu kaum dhuafa, hingga harapan mengejar cita-cita anak yatim dan kaum dhuafa.

Sinergi Foundation juga memiliki program wakaf produktif, kemanusiaan. pengadaan fasilitas operasional untuk kaum dhuafa, dan pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS lainnya. Bahkan tidak hanya mencakup wilayah Jawa Barat saja, manfaat pengelolaan dana wakaf dan ZIS juga disalurkan hingga pelosok Indonesia dan warga Gaza.



Dari ulasan yang sudah saya berikan, sudah dapat disimpulkan ya bayar zakat online melalui Sinergi Foundation akan lebih untung! 

Mumpung Ramadan belum berakhir, lebih baik tunaikan zakat lebih awal karena manfaatnya akan lebih cepat sampai dirasakan oleh penerima zakat. Yuk, lebih mudah bayar zakat dengan #BerbagiBersinergi melalui Sinergi Foundation. 

Mudik boleh ditunda, tunaikan zakat jangan ditunda ya!

Simak juga cara Bayar Zakat melalui ZakatApp Sinergi Foundation dalam video berikut ini

Informasi lengkap mengenai Sinergi Foundation bisa kamu dapatkan disini :

Media Sosial 

Instagram : @sinergiid

Alamat Kantor


Gedung Wakaf 99
Jl. Sidomukti No.99 H Bandung 40123
Telp: (022) 251 3991
Fax: (022) 2511 865

Kantor SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)
No. 143 Bandung 40173
Telp: (022) 6120 218
Fax: (022) 6120 130



sumber :

  • sinergifoundation.org
  • https://finansial.bisnis.com/read/20210405/231/1376737/potensinya-rp300-triliun-wapres-soroti-minimnya-realisasi-zakat
  • https://baznas.go.id/artikel/baca/4_Alasan_Berzakat_Melalui_Lembaga/3
  • https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/ybDRPyqK-bayar-zakat-di-tempat-tempat-ini-bisa-mengurangi-pajak 
  • http://dompetdhuafa.org/id/berita/detail/manfaat-bayar-zakat-di-lembaga 

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)