Kenapa Praktisi Bisnis Online Perlu Menggunakan Chatbot

By Farhati Mardhiyah - 6:10 AM

Baca Juga

Jika Anda pernah menghubungi administrator toko online, Anda akan menerima respon yang cepat dan otomatis. Bisa berupa ucapan selamat datang maupun perkenalan diri dari tim helpdesk toko online. Nah, yang menjawab pesan kita secara otomatis yang dikenal dengan Chatbot.

Chatbot adalah sebuah aplikasi untuk berkomunikasi yang di bangun berbasis AI (Artificial Intelligence), alias robot virtual, yang dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia dengan media suara atau teks.

Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten digital yang berfungsi untuk membantu customer, menjawab pertanyaan customer dengan cepat, dan dapat menirukan percakapan manusia dalam bentuk teks atau suara.

Chatbot bisa di integrasikan di website maupun social media seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, dan lainnya.

Chatbot memungkinkan untuk memulai percakapan dan mengelola keluhan pelanggan dengan mudah. Selain itu, Chatbot dapat membantu dengan dukungan pelanggan dan menjawab pertanyaan dari pelanggan lebih cepat dari manusia.

source : blog.botika.online

 Manfaat Menggunakan Chatbot untuk Praktisi Bisnis Online?

1. Menghemat Waktu

Manfaat terpenting menggunakan chatbot adalah kemampuannya untuk menghemat waktu bagi pengguna yang ingin mendapatkan informasi dengan cepat. Chatbot dapat memberikan informasi yang relevan sebagai respon atas pertanyaan pelanggan.

Alhasil, konsumen tidak perlu menunggu lama untuk menerima respon dari pihak pebisnis. Suatu bisnis akan lebih produktif saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan cepat dari customer.

 2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Manfaat kedua adalah ; chatbot selalu tersedia selama 24 jam non stop sehingga bisa menjawab pertanyaan pelanggan kapan pun. Jadi jam berapapun pelanggan memiliki pertanyaan akan selalu terjawab.

Lambatnya menjawab pertanyaan customer adalah keluhan yang umum di setiap niche bisnis, jika Anda menggunakan chatbot, anda dapat mencegah terjadinya hal tersebut.

 3. Menghemat Biaya Pelayanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Chatbot sangat efektif untuk bisnis yang ingin menghemat biaya.

Anda tidak perlu mempekerjakan pegawai untuk memberikan layanan kepada pelanggan. Chatbot dapat mengurangi biaya customer service hingga 30% untuk bisnis yang menggunakannya.

 4. Jumlah Penjualan Akan Meroket

Selain meningkatkan layanan bisnis, Chatbot merupakan kecerdasan buatan yang memiliki prestice tersendiri hal ini akan meningkatkan reputasi bisnis yang anda miliki.

Dengan adanya reputasi bisnis yang baik, kesempatan Anda pun lebih besar untuk menambah jumlah penjualan.

Menurut riset Forrester Consulting, selain mampu menekan biaya customer service, layanan bot berpotensi memberikan pengembalian investasi sebesar 305 persen.

 5. Mendukung Lead Generation

Anda dapat memperoleh konversi dari setiap pengunjung website Anda. Bot dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi pribadi dari pengunjung website seperti alamat email, nomor telepon,  produk yang telah dicari, produk yang disukai, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan itu untuk merancang strategi pemasaran lainnya.

Mengenal ChatBotika

source : blog.botika.online

Botika adalah perusahaan pengembangan chatbot yang memiiki produk cukup beragam, berdiri sejak 2016. Chatbot Botika membantu pemilik bisnis online dalam percakapan melalui chat, untuk melayani pelanggan mulai dari awal hingga berlangsungnya transaksi.

Salah satu produk botika adalah Chatbot for Commerce, chatbot ini adalah aplikasi yang membantu admin untuk mengelola penjualan online, mengintegrasikan chat messenger, dan menjawab chat pelanggan secara otomatis dengan teknologi chatbot. Tidak hanya dalam bahasa inggris tetapi botika juga sudah mengembangkan Chatbot Indonesia.

Apa yang Membuat ChatBotika Commerce Berbeda?

1. Gretting Hari Special

Personalisasikan greeting atau sapaan di chatbot sesuai hari special, seperti hari raya keagamaan, hari kemerdekaan dan lain sebagainya.

2. Fleksibel

Satu dashboard untuk admin, fleksibel dapat tersambung ke media sosial seperti facebook, linkedin, twitter, Instagram, Whats App dan line.

3. Segmentasi Audiens Berdasarkan Media Sosial

Chatbot bisa dipasang di media sosial yang telah memiliki segmentasi tersendiri, jika anda sudah memiliki audience base sendiri maka chatbot akan semakin memperingan tugas anda.

4.Bekerja dengan sistem NLP (Genuine Language Processing)

Dengan teknolgi ini membuat bot dapat berkomunikasi secara alami seperti manusia, ingin lebih mengenal botika, anda bis mengunjungi blog mereka di alamat ini ; https://blog.botika.online/

Penutup

Dalam bisnis online, respon cepat kepada pelanggan adalah prioritas utama. Chatbot sendiri adalah layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan percakapan manusia melalui suara, teks, atau keduanya.

Chatbot memiliki peran untuk membantu para pengembang bisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Oleh karena itu, Chatbotika menjadi solusi yang tepat bagi Anda jika Anda adalah pemilik bisnis online yang mengutamakan layanan pelanggan.

Anda bisa menjawab chat pelanggan secara otomatis dari berbagai obrolan seperti Line, WhatsApp, Facebook, dan Telegram dengan aplikasi Chatbotika yang tersedia di smartphone.

Selain itu, Chatbotika juga dapat menangani semua transaksi dengan mudah. Hal ini akan memudahkan bisnis online yang anda tangani untuk terus memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan, sebanyak apapun pelanggan yang anda miliki.

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)