Rekomendasi 3 Serum Untuk Jerawat dan Bekasnya

By Farhati Mardhiyah - 9:56 AM

Baca Juga

Kali ini mau bahas 3 serum untuk jerawat dan bekasnya yang berhasil membuat kulit wajahku makin mulus dan jerawat tidak muncul lagi. Ketiga serum ini bahkan masih repurchase terus sampai sekarang.

Jerawat membandel memang susah dihilangkan, kamu bisa baca my acne journey yang terus muncul lalu hilang. Syukurlah, selama hamil dan sampai melahirkan saat ini jerawat sudah tidak muncul lagi.


Setelah baca banyak artikel dan info dari beauty dan skincare enthusiast, ternyata kunci dari kulit wajah yang sehat adalah skin barrier yang terawat.

Skin barrier adalah lapisan terluar dari kulit yang memiliki fungsi untuk melindungi dan menampung kelembapan. Ketika skin barrier rusak, kulit wajah menjadi semakin mudah iritasi dan berjerawat. Lalu, bagaimana cara merawat skin barrier?

Cara merawat skin barrier diawali dengan memperbaiki basic skincare, hayo sudah benar belum rangkaian skincare kamu? Kalau belum tau, akan percuma aja pakai berbagai serum atau essence mahal untuk mengatasi jerawat.

Tahapan Basic Skincare Ini Wajib Dilakukan Setiap Hari

 
Sebelum menggunakan tambahan produk skincare seperti serum agar jerawat dan bekasnya hilang, sebaiknya lengkapi dulu produk basic skincare yang kamu gunakan setiap harinya.

Kenapa basic skincare itu penting? 


Berdasarkan dari tahapan basic skincare yang terdiri dari CTMP yaitu Cleansing - Toning - Moisturising - Protecting, tentunya tahapan ini merupakan kebutuhan paling penting untuk kesehatan kulit wajah.

1. Cleansing


Tahapan ini paling dasar ya, meskipun saat PPKM ini cuma di rumah aja, kamu tetap wajib membersihkan kulit wajah. 

Perhatikan juga apakah kamu menggunakan sunscreen atau produk makeup? Soalnya untuk membersihkan produk makeup tidak cukup hanya dibersihkan dengan sabun cuci wajah, kamu harus lakukan double cleansing.

Nah, kalau saya selalu memperhatikan kandungan produk cleansing yang digunakan. Seperti sabun muka untuk jerawat, saya selalu menghindari kandungan SLS dan turunannya. Kamu bisa mulai menganalisa juga ya, kandungan apa saja yang kira-kira punya reaksi negatif di kulit wajah kamu.

Salah satu sabun cuci muka andalan saya untuk tahapan second cleansing adalah Cetaphil, kamu bisa baca reviewnya di artikel Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

2. Toning


Tahapan ini lebih bertujuan untuk menghidrasi kulit wajah, jadi pada rangkaian basic skincare gunakan hydrating toner ya! Saat ini ada banyak produk hydrating toner lokal yang bagus kok, sayangnya aku belum pernah review disini.

Jenis kulit wajah apapun, kebutuhan kulit terhidrasi dengan baik itu wajib! Soalnya nih, kulit yang sehat itu ditandai dengan kelembapan dan kada air di wajah yang terjaga.

3. Moisturising


Hmm, siapa bilang kulit berjerawat yang biasanya berminyak tidak butuh pelembab? Kan, sudah dibilang kulit sehat itu ditandai dengan kelembapan yang terjaga.

Lagi-lagi saya ulangi, hidrasi kulit wajah itu wajib! Maka itu, tahapan skincare yang harus ada adalah pelembap atau moisturizer.

Karena kulit saya berminyak, saya menggunakan pelembap dengan tekstur ringan yang mudah meresap di kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket. Nah, untuk kulit kering bisa menggunakan pelembap dengan tekstur lebih creamy ya!

4. Protecting


Tahapan akhir ini lebih penting lagi, tapi sering terlewat dan disepelekan, hayo jujur?

Meskipun sudah pakai foundation, cushion, BB cream, CC cream dan teman-temannya yang sudah memiliki SPF tinggi, menurutku sih harus wajib tetap pakai sunscreen. 

Bahkan saat PPKM gini, kalau saya mau keluar berjemur cuma 5 langkah dari dalam rumah harus pakai sunscreen dulu. Ya, bayangin aja ya sinar matahari itu punya UVA/UVB yang bisa menyebabkan penuaan dini seperti kulit kusam, flek, dan kerutan di wajah.

Nah, kalau kamu punya bekas jerawat akan susah menghilang kalau tidak rajin pakai sunscreen. Yang ada nih, bekas jerawatnya makin menjadi-jadi karena terus terpapar sinar matahari.

Kalau sudah menerapkan tahapan CTMP basic skincare ini dengan disiplin, baru deh kamu bisa upgrade rangkaian skincare lainnya seperti serum.

Berdasarkan dari pengalamanku, jerawat di wajahku benar-benar menghilang dan jarang muncul setelah menerapkan basic skincare. Jadi, jangan menyalahkan produk serum tidak cocok di kulit wajah kamu ya kalau ternyata masih malas cuci muka atau pakai sunscreen!

3 Serum Untuk Atasi Jerawat dan Bekasnya

rekomendasi serum untuk jerawat dan bekasnya
Setelah memperbaiki basic skincare dan menggunakan serum


Produk serum apa saja sih yang sudah saya pakai dan terbukti bisa atasi jerawat dan bekasnya? Ini dia 3 Serum untuk jerawat dan bekasnya yang sudah terbukti ampuh di kulit wajah saya.

1. Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

rekomendasi serum untuk jerawat dan bekasnya
Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum


Gak tau lagi deh, serum somethinc untuk jerawat ini sudah saya pakai 2 tahun belakangan. Mulai dari versi lama sampai versi barunya saat ini Somethinc Niacinamide Barrier Serum.

Awalnya serum ini saya gunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat di area dagu yang sulit hilang. Memang sih, untuk hasilnya tidak instan karena sekitar awal tahun 2021 baru mulai memudar bekasnya.

Nah, karena kandungan utamanya Niacinamide yang memang sudah bersahabat dengan kulit wajah saya, manfaat dari serum ini juga membantu mencegah timbulnya jerawat dan mencerahkan kulit wajah.

Soalnya nih, pada series Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum yang rutin saya gunakan terdapat kandungan Allantoin dan Niacinamide. Keduanya ini bisa menghidrasi kulit dengan baik bahkan bisa memberikan efek oil-control. Nah, inilah yang membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah.


2. Avoskin Miraculous Refining Serum

review avoskin miraculous refining serum
Avoskin Miraculous Refining Serum


Produk serum exfoliating ini sudah saya gunakan sejak tahun 2019 sampai saat ini. Kenapa terus pakai produk ini? Jawabannya, kulit wajah kita tuh wajib rutin di-exfoliate!

Series serum ini punya kandungan exfoliator yang ramah untuk jenis kulit wajah acne prone dan oily skin seperti yang saya miliki.
 
Ada kandungan 10% AHA dalam bentuk Glycolic Acid dan 3% BHA dalam bentuk Salicylic Acid yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit baru.

Serum ini membantu banget sih, ketika kulit wajah saya muncul gejala jerawat seperti benjolan kecil meradang. Setelah diaplikasikan serum ini, biasanya benjolan tersebut jadi lebih calming, dan keesokan harinya mulai mengecil.

Nah, kalau ada bekas jerawat seperti luka hitam kering gitu akan terbantu banget lebih mudah mengelupas dengan sendirinya setelah pakai serum ini. Tentunya hasil pemakaian akan berbeda-beda ya!

3. ElsheSkin Radiant Skin Serum

Review Elsheskin radiant skin serum
Elsheskin Radiant Skin Serum

Jangan ditanya ya, seberapa bucin aku dengan Radiant Skin Serum dari ElsheSkin ini. Soalnya progres mencerahkan noda bekas jerawatnya paling baik dibandingkan serum lokal dari Somethinc, Avoskin dan Airnderm yang sudah aku pakai.

Sebelum serum Niacinamide booming, radiant skin serum dari beberapa produk lokal sebenarnya sudah muncul. Nah, radiant skin serum ini nih biasanya sudah dilengkapi dengan kandungan Niacinamide. 

Eh, ternyata aku bucinnya sama Niacinamide ya! Kandungan skincare ini emang akan bersahabat banget dengan kulit berminyak dan berjerawat, patut kamu coba ya!

Tidak hanya memudarkan bekas jerawat, elsheskin radiant skin serum untuk jerawat ini aku review juga gimana sih hasilnya buat atasi kulit kusam? 

Ternyata sesuai ya dengan klaimnya, serum ini bisa mengatasi permasalahan kulit wajah kusam, dark spot dan bekas jerawat kemerahan (PIH).

Dari ketiga serum ini masih saya pakai bergantian, sesuai kebutuhan kulit wajah. Tapi, terkadang saya layering juga dengan serum dari brand yang berbeda. Nah, gimana kalau kamu penasaran dengan serum produk lokal apa? Mungkin aja bisa jadi referensi saya untuk review produk skincare selanjutnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)