7 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya

By Farhati Mardhiyah - 10:44 AM

Baca Juga

Punya flek hitam di wajah dan menyebabkan kamu tampil tidak percaya diri? Sebelum menemukan cream penghilang flek hitam yang ampuh, ketahui dulu penyebab utamanya. 

Coba perhatikan dengan teliti kulit wajah kamu, terlihat mulus tanpa noda hitam? Kalau ternyata ada meskipun hanya setitik, bisa jadi itu adalah flek hitam.

Flek hitam ini memang tidak bahaya, namun kalau tidak segera diatasi bisa saja melebar dan bisa menyebabkan makin tidak percaya diri. Lalu, apa sih penyebab flek hitam di wajah? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

cream penghilang flek hitam
Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah



7 Penyebab Flek Hitam di Wajah


Flek hitam adalah noda kehitaman yang disebabkan oleh pigmentasi kulit wajah secara berlebihan. Meskipun wajar bisa terjadi, flek hitam di wajah sebenarnya bisa dicegah dan segera diatasi.

Sebelum mengetahui cara mengatasi flek hitam di wajah, ketahui terlebih dahulu munculnya flek hitam bisa terjadi karea faktor genetik hingga perubahan hormonal.

Nah, beberapa faktor penyebab flek hitam bisa dicegah dan diatasi dengan mudah! Simak dulu yuk, penjelasan di bawah ini ya!

1. Faktor Genetik


Faktor utama timbulnya flek hitam di wajah salah satunya adalah genetik. Berdasarkan penelitian sekitar 20-70% faktor genetik berperan menyebabkan munculnya noda hitam di wajah.

Nah, kalau flek hitam di wajah kamu sudah muncul dari kecil ada kemungkinan disebabkan oleh faktor genetik. Coba saja cek orang tua, kakek atau nenek kamu pasti memiliki noda hitam juga.

2. Perubahan Hormonal


Mungkin yang pernah hamil dan sudah melahirkan pernah mengalami flek hitam di beberapa area tubuh. Bahkan ada yang mengalami kulit wajah terlihat kusam dan terlihat banyak bintik hitam.

Salah satu penyebab muncul bintik hitam ini karena adanya perubahan hormon estrogen saat menstruasi atau hamil. Perubahan hormon ini mempengaruhi produksi melanin pada kulit sehingga flek hitam bisa saja muncul.

3. Paparan Sinar UV


Ada yang sering lupa pakai sunscreen? Lebih baik jangan pernah skip menggunakan sunscreen pada tahapan skincare. Seperti yang kamu ketahui, sinar matahari memiliki radiasi sinar UVA dan UVB yang bisa menyebabkan dampak buruk pada kulit.

Radiasi kedua sinar ini bisa merangsang produk melanin, sehingga kulit wajah bisa mengalami hiperpigmentasi dan menyebabkan kulit wajah menjadi lebih gelap dan muncul bintik hitam.

4. Faktor Usia


Semakin bertambah usia kulit akan kehilangan elastisitas yang mengakibatkan berkurangnya kolagen. Selain menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kendur, kulit wajah akan lebih rentan juga timbul flek hitam

5. Penggunaan Kosmetik atau Efek Samping Obat


Ternyata bisa juga flek hitam muncul setelah pakai cream dari kosmetik tertentu atau karena mengonsumsi obat seperti pil KB

Pil KB menyebabkan adanya perubahan hormon estrogen pada tubuh, sehingga bisa saja memicu flek hitam muncul di wajah. Begitu juga denga penggunaan kosmetik, bahan tertentu didalamnya bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

6.  Jerawat dan Luka


Penyebab flek hitam satu ini tidak asing lagi, sebab kulit wajah yang pernah mengalami jerawat yang terluka bisa meninggalkan noda bekas hitam.

Saat proses penyembuhan, kulit wajah memproduksi melanin secara alami sehingga bisa menimbulkan flek hitam.

7. Penyakit Tertentu


Selain hormonal, penyakit tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya flek hitam, seperti penyakit addison, tumor hipofisis, diabetes dan lainnya. 

Cara Atasi dan Cegah Flek Hitam

Rekomendasi Cream Penghilang Flek Hitam

Tidak perlu khawatir, flek hitam bisa segera diatasi dan dicegah. Meskipun hasilnya tidak membuat kulit wajah bebas dari flek hitam, ketiga cara ini setidaknya bisa mencegah bintik hitam di wajah lebih banyak.

Rutin Gunakan Sunscreen


Fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit wajah dari radiasi sinar UV setiap hari. Gunakan secara rutin setiap hari dan aplikasikan minimal setiap 2 sekali ya!

Gunakan Skincare Cream Penghilang Flek Hitam


Selain melindungi kulit wajah, kamu juga bisa menggunakan skincare yang memiliki fungsi mencerahkan kulit wajah. Kebetulan ceklist.id punya rekomendasi krim penghilang flek hitam untuk kamu, coba cek aja klik websitenya.

Jangan lupa gunakan tahapan basic skincare, agar setiap produk skincare bisa maksimal bekerja di kulit wajah kamu!

Nah, sebenarnya sederhana kan cara untuk mencegah dan mengatasi flek hita pada wajah? Kunci utamanya adalah melindungi kulit wajah dengan sunscreen. Jika sudah terlanjur memiliki flek hitam bisa diatasi dengan gunakan rangkaian produk skincare.

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)