Review Serum Bakuchiol Indoganic Untuk Atasi Kulit Kering dan Jerawat

By Farhati Mardhiyah - 9:25 AM

Baca Juga

review serum bakuchiol, review serum bakuchiol indoganic, hasil pemakaian serum indoganic, serum bakuchiol untuk jerawat, serum bakuchiol untuk noda bekas jerawat, serum bakuchiol untuk kulit sensitif, serum bakuchiol
Review Serum Bakuchiol Indoganic

Gak sabar banget mau kasih review Indoganic Bakuchiol Intensive Face Oil. Setelah sibuk ngurusin newborn akhirnya serum Bakuchiol yang udah dibeli dari bulan Mei 2021 baru sempet dipakai bulan Agustus kemarin.

Tahun 2021 itu tahunnya Bakuchiol banget, bener gak sih? Ramai banget banyak local brand yang akhirnya mengeluarkan serum Bakuchiol. Iya ini jadi pilihan sih kalau lagi hamil atau menyusui gak bisa pakai serum retinol, Bakuchiol bisa jadi pilihan.

Jujur aja, pertama kali tau ada skincare dengan kandungan aktif Bakuchiol terus dikemas dalam bentuk face oil, aku sempat ragu-ragu. Maklum, jenis kulit wajahku berminyak kombinasi dan acne prone takut gak cocok dengan face oil. 

Serum Indoganic Bakuchiol ini jadi face oil pertama yang aku cobain dan yeay udah jadi night skincare routine. Cinta banget sama face oil Indoganic ini, teksturnya super mild dan cepet meresap di kulit, udah gitu wanginya lemon bikin seger. Aaah, dari pada ngalor-ngidul, yuk simak review Indoganic Bakuchiol Intensive Face Oil sampai tuntas ya!

Apa itu Bakuchiol?


Masih ada yang asing dengan Bakuchiol? Kalau sebelumnya sudah pernah pakai serum Retinol, pastinya Bakuchiol ini udah gak asing. Manfaat Bakuchiol hampir mirip dengan Retinol, yaitu bisa menyamarkan noda, garis halus, mengatasi jerawat, dan membantu produksi kolagen di kulit wajah.

Kok bisa menggantikan Retinol? Yups, Bakuchiol berasal dari tanaman Babchi (Psoralea Corylifolia) dari India. Sifat dari Bakuchiol ini sebagai antioksidan, anti inflamasi, dan anti-aging. Nah, karena 100% vegan jadi minim reaksi alergi dan iritasi, serta aman digunakan ibu hamil dan menyusui.

Kemarin aku pernah sekilas lihat Instagram Story dari Tasya Farasnya, Bakuchiol ini oke banget kalu dipakai barengan sama exfoliating AHA-BHA. Dan banyak yang bilang juga sebenarnya bukan pengganti Retinol tapi lebih bagus digunakan berdampingan, gitu? 

Sejauh ini sih, aku baru mencoba Bakuchiol Face Oil Indoganic dipakai paling akhir dan waaw banget hasilnya dipakai barengan dengan Avoskin Miraculous Refining Serum.

Review Indoganic Bakuchiol Intensive Face Oil

review serum bakuchiol, review serum bakuchiol indoganic, hasil pemakaian serum indoganic, serum bakuchiol untuk jerawat, serum bakuchiol untuk noda bekas jerawat, serum bakuchiol untuk kulit sensitif, serum bakuchiol
Serum Bakuchiol Indoganic aman untuk kulit sensitif

Selain pertama kalinya pakai face oil, ini juga pertama kalinya pakai skincare dari local brand Indoganic. Excited banget, apalagi pas tau kalau produk Indoganic itu punya kualitas clean ingredients, vegan, no tested animal / animal friendly, no added synthetic fragrance, keren banget gak si?

Kalau sudah ada keterangan tersebut, untuk kulit sensitif sepertinya aman deh pakai produk Indoganic. Setelah tau informasi ini, akhirnya-pun aku juga semakin yakin dan penasaran untuk coba produk Indoganic.

Indoganic Bakuchiol Ingredients

review serum bakuchiol, review serum bakuchiol indoganic, hasil pemakaian serum indoganic, serum bakuchiol untuk jerawat, serum bakuchiol untuk noda bekas jerawat, serum bakuchiol untuk kulit sensitif, serum bakuchiol
Klaim serum Indoganic Bakuchiol

Dari keterangan Ingredients yang tercantum di kemasan kardus produk ini, keliatan sih lebih banyak kandungan oil. Untuk bahan aktif dari serum ini tentunya Bakuchiol dengan kadar 4%, cukup tinggi loh ini!

Dicaprylyl Carbonate, Squalane, Caprylic/Capric Triglyceride, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Bakuchiol, Tocopherol, Cedrus Atlantica Bark Oil, Citrus Sinensis (Grapefruit) Peel Oil, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Oil, Boswellia Carterii Oil, Rosa Damascena Flower Oil

Selain Bakuchiol, ada kandungan skincare yang bikin menarik perhatianku yaitu Squalane. Pertama kali mengenal Squalane pas dulu masih kerja dan nulis artikel tentang makeup. Nah, salah satu compact powder dari brand lokal juga itu punya kandungan skincare Squalane.

Apa sih manfaat Squalane? Kandungan skincare ini memilki manfaat melembabkan kulit tapi tidak membuat kulit wajah makin berminyak. Karena punya titik jenuh yang tinggi, Squalane oil ini bisa menjaga produksi minyak. Jadi, bisa dibilang bahan skincare Squalane ini lebih ringan dan cocok digunakan semua jenis kulit.

Antioksidan serum ini dari mana? Kalau dari keterangan ingredients serum ini dominasinya dari oil-oil, biasanya oil ini punya sifat antioksidan. Yang paling terlihat sih dari Tocopherol yang memang punya sifat antioksidan

Nah, dari Ingredients serum ini juga gak terlihat kandungan parfum sintetis dan alkohol. Terus bau harum lemon serum ini dari mana?

Terlihat si, harum lemon serum ini ternyata dari essential oil Grapefruit, Orange, dan bunga mawar. Pantesan wanginya tuh nyegrak tapi gak bikin iritasi di kulit wajahku yang sensitif dan intoleran dengan wangi-wangian.

Tapi, ternyata ada juga loh yang sensitif dengan essential oil. Kalau kamu punya kulit sensitif baiknya sih dicoba dulu ya!

Packaging Bakuchiol Intensive Face Oil

Packaging serum Bakuchiol ini dikemas dalam botol kaca dengan aplikator droplet. Kemasan kaca ini menurut saya lebih aman menjaga kualitas bahan aktif skincare di dalamnya. Warna kacanya bening, lebih baik lagi sih kalau gelap soalnya kalau liat dari ingredients banyak kandungan Oil dan ada kadar vitamin C di dalamnya.

Kalau pengalaman dari praktikum kimia, vitamin C akan lebih baik disimpan dalam botol gelap dan hindari dari terik sinar matahari soalnya bisa teroksidasi gitu ceunah.

Nah, selain mengusun bahan vegan 100%, dari packaging serum ini juga ramah lingkungan. Pada kemasan botol kacanya gak ditempelin lagi tuh informasi tambahan dengan sticker kertas. Cocok nih, kalau mau reuse botol kaca atau kirim ke pengelola sampah seperti bank sampah.

Untuk aplikatornya, pipetnya gampang digunakan, tinggal pencet terus langsung keambil oil di dalamnya. Karena terlalu mudah, jadi sering kelebihan juga ambilnya.

Aroma dan Tekstur Bakuchiol Intensive Face Oil

review serum bakuchiol, review serum bakuchiol indoganic, hasil pemakaian serum indoganic, serum bakuchiol untuk jerawat, serum bakuchiol untuk noda bekas jerawat, serum bakuchiol untuk kulit sensitif, serum bakuchiol
Tekstur serum Bakuchiol Indoganic


Tadi udah disinggung ya, Bakuchiol serum Indoganic punya aroma bau lemon yang nyegrak menyegarkan. Meskipun nyegrak tapi gak mengganggu kok, malah bikin rileks!

Untuk tekstur bakuchiol serum Indoganic ya oil, tapi agak watery. Ketika diaplikasikan, oil-nya itu cair jadi lebih mudah meresap di kulit wajah tapi gak bikin kering. Efek oil yang melembabkan, terasa lebih ringan dan meninggalkan efek lembut di kulit wajah.

Warna kuning dari oil ini gak mengganggu, setelah diaplikasikan membaur begitu aja di kulit wajah. Nah, karena tekstur oil serum ini super lembut jadi aman deh digunakan kulit berminyak. Apalagi kalau kalian tidur di bawah AC, wajib pakai serum ini karena efek melembabkannya terasa sampai pagi.

Cara Pakai Bakuchiol Intensive Face Oil

Dari keterangan yang tertera di kardus kemasan serum ini, untuk cara pakainya cukup teteskan 2-3 ke tangan lalu oleskan dengan cara memijat lembut wajah. Untuk aku pribadi lebih suka diteteskan langsung ke wajah, terus langsung dipijat lembut.

Nah, kalau kulit wajah lagi kering banget biasanya setelah dioleskan serum Bakuchiol ini terasa ada kulit kering yang terkelupas. Besok paginya, kulit wajah terasa lebih lembut dan kenyal meskipun semalaman dibawah AC.

Serum Bakuchiol bisa digunakan untuk skincare routine malam dan pagi hari, biasanya aku gunakan di step terakhir skincare sebelum pakai moisturizer atau sunscreen.

Selain itu, serum ini bisa juga dicampurkan dengan foundation untuk mendapatkan hasil complexion lebih dewy dan terlihat sehat gitu.

Hasil Pemakaian Bakuchiol Intensive Face Oil

Sebenarnya sebelum hamil, aku sudah rutin pakai retinol dari Somethinc. Sayangnya,  baru 3 kali pemakaian tiba-tiba ada kabar baik bahwa aku positif hamil. Jadi, untuk efek retinol belum sempat merasakan sesuai dengan klaim atau tidak.

Bakuchiol vs Retinol, Hasilnya sama kah?


Tapi, memakai retinol pertama kali memang ada rasa tingly dan agak kemerahan, maklum kulit wajahku agak sensitif dan harus adaptasi dulu dengan produk-produk dengan high ingredients seperti retinol.

Nah, berbeda dengan pertama kali pakai serum Bakuchiol karena lebih mild dan kandungannya hanya dari oil-oil saja jadi rasa tingly dan iritasi gak sama sekali muncul.

Awalnya aku kira tekstur oil dari serum ini akan lama menyerapnya, dan kalau keringetan akan muncul rasa kulit wajah lebih berminyak.  

Ternyata tekstur oil watery dari serum ini membantu lebih mudah meresap di kulit wajah. Pas keringetan juga gak ada rasa licin, jadi ya kaya serum lainnya yang udah menyerap sempurna.

Klaim yang didapatkan dari Indoganic Bakuchiol Intentive Face Oil

Untuk klaim menyamarkan noda, efeknya agak lebih lama dirasakan Beberapa minggu aku sempat mengalami jerawat di dagu dan meninggalkan bekas. Pakai serum Bakuchiol Indoganic ini membantu jerawat lebih kering dan luka akibat jerawatnya juga cepat mengelupas.

Selain itu kalau ada jerawat meradang, serum Bakuchiol ini membantu meredakan kemerahan pada jerawat tapi untuk nyeri belum bisa klaim ya. 

Lalu, untuk klaim menyamarkan garis halus juga belum bisa klaim karena di wajahku belum nampak ada garis halus (efek rajin pakai skincare kali ya!). Nah, sepertinya nih serum ini bisa membantu mencerahkan kulit wajah, soalnya setelah beberapa hari notice kok kulit wajah makin cerah.

Nah, klaim retinol yang bisa mengecilkan pori-pori gak bisa nih disamakan dengan serum Bakuchiol ini. Mungkin karena sifatnya face oil ya gimana caranya oil bisa bikin pori-pori mengecil?

Untuk mendapatkan hasil klaim dari manfaat Bakuchiol sebagai anti-acne, sepertinya harus didampingi dengan rangkaian serum lain yang punya kandungan seperti niacinamide. 

Klaim anti-aging dari serum ini juga belum aku dapatkan, tapi hasil yang bikin kulit wajah makin lembab, kenyal dan terlihat sehat aku kasih nilai 10 deh!

review serum bakuchiol, review serum bakuchiol indoganic, hasil pemakaian serum indoganic, serum bakuchiol untuk jerawat, serum bakuchiol untuk noda bekas jerawat, serum bakuchiol untuk kulit sensitif, serum bakuchiol
Hasil pemakaian serum Indoganic Bakuchiol

Repurchase?

Overall, karena serum ini membantu kulit wajahku yang super kering tapi berminyak ini makin lembab dan sehat, pastinya akan repurchase.

Harga serum Indoganic Bakuchiol Intentive Face Oil ini hanya Rp 129.000/15 mL, worth it to buy kan?
Untuk kulit sensitif dan alergi dengan bahan skincare Retinol mungkin bisa coba dulu pakai Bakuchiol ini, ya meskipun beberapa manfaat dari Retinol gak bisa didapatkan dari Bakuchiol.

Semoga bermanfaat ya review ini, see you on next review!

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)