Ingin Beli Rumah? 7 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangankan Sebelum Memilih Rumah Idaman

By Farhati Mardhiyah - 6:51 AM

Baca Juga

Cari rumah yang sesuai dengan keinginan dan impian? Sama halnya dengan menikah, beli rumah adalah keputusan yang sangat besar. Tidak bisa terburu-buru, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

rumah bandung murah,  jual rumah di bandung barat, jual rumah di bandung kulon,rumah dijual di bandung dibawah 1 milyar,   rumah murah di pusat kota bandung,   jual cepat rumah murah di bandung, jual rumah murah di kota bandung,
7 Hal penting yang wajib diketahui sebelum beli rumah

Pernah mendengar kalimat ini? “Aku ingin kamu menjadi rumahku”. Seperti memilih pasangan hidup, rumah sudah seharusnya  menjadi tempat kamu pulang, melakukan banyak hal dengan keluarga kecil, dan tempat yang paling nyaman.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah impian. Baca sampai habis 7 poin berikut ini, agar kamu tidak menyesal!

7 Hal Penting Wajib dipertimbangkan Saat Beli Rumah

Rumah yang nyaman bukan hanya dinilai dari interior yang bagus, kasur yang empuk, atau hawa yang sejuk. Percuma memiliki kasur empuk di rumah, tapi lokasi rumah jauh dari kantor atau sekolah.

Percuma juga memiliki rumah di perumahan, cluster, atau townhouse tapi setiap musim hujan selalu banjir. Bukannya nyaman, bisa jadi merasa menyesal karena tinggal di tempat yang salah.

Untuk itu, pertimbagkan terleih dulu 8 hal berikut ini sebelum membeli rumah.

Developer Rumah Terpercaya

Saat beli rumah perhatikan terlebih dahulu developer yang kamu pilih. Jangan hanya janji tidak ada bunga saat menawarkan KPR Rumah.

Perhatikan rekam jejak dari developer rumah tersebut, apakah memiliki rekam jejak buruk dengan konsumen? Lebih aman memilih developer yang telah terdaftar di perusahaan terbuka atau Tbk.

Legalitas Rumah

Selain developer, pastikan juga rumah yang hendak kamu beli punya legalitas resmi. Pastikan rumah tersebut berada di area tanah yang sudah memiliki sertifikat induknya.

Jika kamu memilih beli rumah di Cluster atau townhouse, pastikan juga sudah memiliki legalitas dengan melihat langsung lampiran induk sertifikatnya.

Pastikan juga saat beli rumah kamu mendapatkan PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli. Di dalamnya sudah tertera spesifikasi rumah, harga, serah terima rumah, cara pembayaran, pemeliharaan rumah, sampai hak dan kewajiban serta sanksi-sanksi pelanggaran.

Kualitas Bangunan

Memiliki rumah bukan digunakan dalam waktu jangka pendek dua atau lima tahun saja. Untuk itu, lebih teliti lagi melihat kualitas bangunan dari rumah yang ingin kamu beli.

Periksa lebih teliti material bangunan apa yang digunakan, dari pondasi, rangka atap, penutup atap, dinding, kusen, sampai lantai. Material bangunan yang berkualitas akan memperpanjang usia bangunan rumah tersebut.

Akses Tol dan Transportasi

Pertimbangan lain yang penting adalah akses keluar masuk tol dan transportasi. Kenyamanan hunian juga akan dirasakan ketika lokasi rumah lebih mudah mengakses jalan tol dan memiliki akses transportasi publik yang lengkap.

Bebas Banjir

Sebelum beli rumah, sebaiknya pastikan survei terlebih dahulu lokasi rumah bebas banjir atau tidak. Mungkin saja lokasi rumah impian kamu bebas banjir, tapi titik terdekat dari rumah ternyata kerap mengalami banjir.

Harga Terjangkau

Beberapa agen properti rumah akan menawarkan harga bervariasi, tergantung dari lokasi, akses, fasilitas, kualitas bangunan dan lain-lain.Pertimbangkan juga, apakah rumah yang dibeli perlu renovasi.

Tujuannya agar beli rumah tidak over budgeting, dan mendapatkan rumah dengan harga terjangkau sesuai budget di awal.

Pilih Konsep Rumah

rumah bandung murah,   rumah dijual di bandung dibawah 1 milyar,   rumah murah di pusat kota bandung,   jual cepat rumah murah di bandung, jual rumah murah di kota bandung,
Rekomendasi rumah di Bandung Harga dibawah 1 milyar

Setiap orang punya selera dan keinginan masing-masing, mungkin saja keinginan rumah impian kamu dan pasangan berbeda. Untuk itu, lebih baik diskusikan terlebih dahulu konsep rumah yang diinginkan.

Salah satu konsep rumah yang bisa kamu pilih, seperti rumah cluster. Konsep rumah ini menawarkan kenyamanan dan keamanan lebih. 

Rumah cluster memiliki satu akses masuk keluar, menawarkan keamanan, serta fasilitas yang lengkap seperti tersedianya ruang terbuka hijau dan area bermain.

Cocok sekali kalau kamu sedang cari rumah dijual di Bandung Kulon, ada rumah cluster Eco-Friendly dekat Stasiun Cimindi.

Hanya tersedia 10 unit exclusive, Kenari KebonKopi Alamasri menyediakan hunian nuansa hijau dan asri. Perumahan Cijerah ini memiliki bangunan dengan desain minimalis, dilengkapi area belajar dan bekerja dari rumah, jaringan fiber optik, keamanan one gate system dan 24 jam security, cctv dan akses sistem kartu.

Fasilitas perumahan ini juga dilengkapi  dengan area taman bermain anak, jogging track, dan taman hijau di lingkungan perumahan. Untuk fasilitas sekitar perumahan akan mendapatkan kemudahan akses tol, transportasi publik, perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, dan tempat wisata.

Kalau kamu berminat, Kenari KebonKopi Alamasri ini memiliki harga yang terjangkau mulai dari 820jutaan saja. Harga rumah murah di Bandung Kulon bisa mendapatkan 1 unit rumah tingkat 2 dengan material bangunan berkualitas dan garansi 3 bulan.

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)