Review Jiwa Jawi Jogja, Hiddem Gem Kuliner Bantul yang Wajib dikunjungi

By Farhati Mardhiyah - 5:12 AM

Baca Juga




Bingung mau antar teman atau saudara kuliner di Jogja dengan suasana unik dan berbeda? Coba aja ajak ke hidden gem kuliner Bantul di resto Jiwa Jawi Jogja.

Beberapa waktu lalu, adikku sengaja datang karena ada keperluan interview kerja di Jogja. Sebagai warga Bantul agak pinggir kota Yogyakarta, sebenarnya bingung sih cari tempat nongkrong rekomended daerah Jogja yang unik gitu.

Setelah searching di Instagram, akhirnya nemu salah satu restoran unik di daerah Bantul dengan suasana hutan. Yah, meskipun lokasi restoran atau cafe ini agak jauh yah dari daerah tengah Jogja. 

Review Jiwa Jawi Jogja, Hiddem Gem Wisata Bantul



Kebetulan adikku request diajak ke tempat makan yang bisa nongkrong lama, tapi selain angkringan. Nah, Jiwa Jawi Jogja ini pas banget deh buat wisata kuliner bareng keluarga dan ramah sama toodler juga.

Lokasi Jiwa Jawi Jogja


Lokasi Jiwa Jawi Jogja agak jauh dari kota Jogja, mudah kok tinggal search di maps aja dan kamu akan langsung diarahkan.

Alamat Jiwa Jawi Jogja
Jl. Tugu Gentong Jl. Fasco Village, Salakan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Kalau dari tengah kota sekiar Malioboro, jarak tempuh ke Jiwa Jawi Jogja pakai mobil pribadi sekitar 45-60 menit. Harga transportasi online seperti Grabcar atau Gocar sekitar 65.000 sampai 80.000, tergandung kondisi ya.

Untuk transportasi umum menuju Jiwa Jawi Jogja, sepertinya aku tidak menemukan bus ya. Maklum, Jogja belum ramah dengan transportasi umum yang terintegrasi dengan kawasan wisata.

Keunikan Jiwa Jawi Jogja



Jiwa Jawi Jogja punya keunikan sendiri, suasana hutan yang sunyi dengan suara-suara alami dari burung dan jangkrik. Kebetulan di resto ini juga banyak tanaman dan pohon besar yang rindang, jadi cocok banget buat wisata healing.

Sampai di lokasi Jiwa Jawi Jogja, akan disambut dengan gerbang yang didominasi warna putih dihiasi gambar tiga lingkaran spiral. Gerbang Jiwa Jawi Jogja ini jadi spot foto yang wajib, ini baru gerbangnya belum di dalam restonya.

Menuju gerbangnya pun ada jembatan kecil, awalnya aneh sih karena sampai disana tidak terlihat ada cafe atau resto seperti pada umumnya. Lebih terlihat seperti rumah joglo biasa sih dari tampak depan.

Selain terdapat spot foto yang instagramable di Jiwa Jawi Jogja, didalamnya juga disediakan beberapa tempat seperti indoor di dalam joglo, atau outdoor dibawah pohon yang bisa lama dinikmati bareng keluarga atau teman.

Pilihan Tempat di Jiwa Jawi Jogja



Resto Jiwa Jawi Jogja ini konon punya seniman Jogja, gak heran sih tempatnya unik dengan seni-seni dari ukiran kayu dan dekorasi khas jawa. Apalagi di rumah kopinya, seperti berkunjung di pameran seni.

Ada beberapa tempat duduk atau tempat makan di Jiwa Jawi Jogja, mungkin awalnya kamu akan bingung spot foto yang viral di Instagram dimana ya?

Nah, dari penulusuran ketika mengunjungi resto ini ada beberapa tempat yang bisa kamu pilih. Area balkon, di dalam joglo, rumah kopi, gazebo, atau lesehan di taman belakang. 

Fasilitas Jiwa Jawi Jogja menyediakan juga musola, dua toilet, area parkir luas dan kursi bayi. Dari rekomendasi aku sih, cobain tempat lesehan di depan rumah kopi. Sebab vibes-nya akan terasa beda deh, sambil menikmati suasana pedesaan asri yang kental dengan jawa gitu.

Rekomendasi Makanan dan Minuman Jiwa Jawi Jogja



Jujurly, aku gak expect dengan rasa makanan dan minuman di resto Jiwa Jawi Jogja akan enak banget. Soalnya kaya banyak gitu tempat makan di Jogja cuma jual suasana aja dan tempat spot foto instagramable doang gitu.

Nah karena gak nyangka rasa makanannya enak, jadi pas pesen makanan cuma pesan gorengan plus satu makanan berat. Dan ternyata, enak banget dong makanannya.

Menu makanan Jiwa Jawi Jogja bisa kamu intip di Instagram @jiwajawijogja, menunya terdiri dari makanan nusantara mulai dari olahan daging ayam, sapi, ikan, jamur, dan vegetarian lainnya. Uniknya, menu signature resto ini diberikan nama khas jawa banget seperti Yudhistira, Shakuntala, Srikandi, dan lainnya.

Untuk menu makanan berat, aku sempat mencoba sate jamur kuah dengan harga 35.000 dapat 5 tusuk sate jamur dengan kuah kacang dan kuah sup kari. Rasanya enak bangeet, gak nyangka harganya semurah itu dengan rasa yang diluar ekspektasi.

Untuk menu makanan ringan, aku nyobain gorengan bakwan jagung dan mendoan. Gorengannya disajikan fresh baru digoreng, jadi lebih nikmat dimakannya. 

Untuk minumannya banyak banget yang patut dicoba, mulai dari minuman traditional, olahan kopi, teh, herbal dan soda. 

Banyak yang memberikan rekomendasi minuman Jiwa Jawi Kawista dan Kelambir Latte. Nah untuk Kawista sendiri bisa kamu temukan di menu Abimanyu. Dan untuk Kelambir Latte, minuman perpaudan espresso, santan kelapa dan gula aren bisa kamu temukan di menu Arjuna dan Ekalaya.

Harga Makanan dan Minuman Jiwa Jawi Jogja


Untuk kelas kafe dengan nuansa unik di Jogja, harga makanan dan minuman resto ini cukup terjangkau. Menu makanannya pun bisa dinikmati di segala usia.

Harga makanan dan minumannya mulai dari 5K hingga 75K,00. Rata-rata harga menu makanan juga sekitar 25K hingga 45K, paling mahal ya itu 75K dan bisa dinikmati sampai 3 orang kok 1 porsinya.

Kalau kamu tertarik berkunjung, Jiwa Jawi Jogja buka mulai pukul 11.00 sampai 18.00 WIB. Rekomendasi aku sih, datang di weekdays di atas jam 3 sore. Sebab lebih sejuk dan pencahayaan foto lebih baik di sore hari. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)