Awas, Ini Bahaya Menggunakan Variasi Aksesoris Motor Yang Berlebihan

By Farhati Mardhiyah - 10:16 PM

Baca Juga

Kegiatan modifikasi sepeda motor memang tidak akan pernah ada habisnya, namun hal tersebut hanya berlaku untuk para pecinta dunia otomotif.

Selain akan merogoh kocek yang cukup dalam, modifikasi sepeda motor juga harus menyita waktu yang cukup lama. Hal ini untuk mengubah atau memodifikasi tampilan dari sepeda motor yang dibutuhkan.

Biasanya dalam urusan modifikasi sepeda motor Suzuki, yang dirombak bukan hanya tampilan saja namun di bagian dapur pacu juga ikut diganti.

Namun apakah anda sadar? bahwa tidak selalu modifikasi yang kita lakukan ini berdampak positif.

Justru, ada juga beberapa modifikasi yang dilakukan bisa berbahaya untuk aktivitas kita sehari-hari, sehingga hal ini sangat tidak disarankan.



Untuk itu, anda harus membaca postingan ini sampai selesai agar tahu apa saja modifikasi sepeda motor yang berdampak bahaya terhadap kondisi sepeda motor saat digunakan di jalan raya.

Karena memang ada beberapa pecinta otomotif yang memodifikasi sepeda motor dengan asal-asalan, dan tanpa pertimbangan.

Menggunakan Variasi Aksesoris Motor Berlebihan, Apakah Bahaya?

Tentu saja tujuan dari kita melakukan modifikasi sepeda motor adalah untuk bisa merubah tampilan dari sepeda motor yang kita miliki agar bisa tampil maksimal, keren dan juga unik.

Bahkan terkadang modifikasi yang dilakukan tidak hanya sebatas pada tampilan saja, namun juga pada sektor dapur pacu.

Padahal tidak selamanya modifikasi yang kita lakukan tersebut bisa berdampak positif terhadap sepeda motor yang kita gunakan di jalan raya.

Terkadang modifikasi yang kita lakukan justru berdampak bahaya dan negatif terhadap kondisi sepeda motor yang kita lakukan tersebut.

Untuk itu, agar bisa membantu anda terhindar dari kecelakaan dan bahaya di jalan raya, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi lengkapnya mengenai bahaya menggunakan variasi aksesoris motor yang berlebihan.

Motor Ceper

Pertama, bahaya modifikasi motor yang harus anda hindari adalah memodifikasi motor menjadi ceper.

Dimana membuat dan juga memodifikasi motor menjadi ceper seringkali dilakukan oleh para pecinta otomotif di Indonesia.

Padahal motor yang sudah dibuat dan juga dimodifikasi menjadi ceper, sangat tidak dianjurkan apalagi jika sering digunakan untuk berpergian jauh.

Hal ini karena memang kondisi dari shockbreaker yang dibuat pendek bisa berpengaruh terhadap kenyamanan saat berkendara, dan membuat pengendara menjadi lebih cepat lelah.

Untuk itu, pastikan agar anda tidak membuat dan memodifikasi sepeda motor menjadi ceper agar terhindar dari bahaya berkendara di jalan raya.

Mengubah Filter Udara Menjadi Kecil

Berikutnya, modifikasi motor yang tidak dianjurkan adalah dengan membuat atau mengubah filter udara menjadi lebih kecil.

Hal ini tentu saja tidak dianjurkan, karena memang bentuknya yang dibuat lebih kecil bisa menjadikan kemampuan dalam menyaring kotoran yang masuk menjadi jauh lebih buruk.

Hasilnya maka bisa berpengaruh terhadap debu dan juga air yang dapat mudah masuk ke dalam karburator dan juga ruang bakar.

Debu dan kotoran yang masuk tersebut dampaknya dapat menggores ruang silinder, bahkan air juga dapat masuk dan membuat mesin menjadi langsung mati.

Menggunakan Ban Cacing

Selain itu, modifikasi sepeda motor yang tidak dianjurkan adalah menggunakan ban cacing. Dimana ban sepeda motor sendiri adalah salah satu komponen paling vital yang harus anda perhatikan.

Jadi penggunaan ban cacing atau ban yang tidak sesuai dengan standar tentu saja sangat tidak dianjurkan apalagi untuk anda yang sering berkendara menempuh perjalanan jauh.

Hal ini karena memang ban yang tidak sesuai dapat membuat performa dari motor menjadi menurun.

Ban juga dapat pecah karena kinerja yang begitu berat ketika menempuh jarak perjalanan jauh. Paling tidak anda harus menggunakan ban sesuai dengan ukuran velg yang anda miliki.

Menggunakan Lampu Yang Tidak Sesuai Dengan Standar

Terakhir, dimodifikasi yang tidak dianjurkan adalah menggunakan lampu yang tidak sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Hal ini karena memang tidak semua warna lampu boleh digunakan untuk diletakan di dalam motor.

Untuk itu, anda harus bisa menghindari penggunaan lampu yang dapat mengganggu penglihatan orang lain, misalnya menggunakan lampu berwarna biru dan juga putih.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai bahaya menggunakan variasi aksesoris motor yang berlebihan. 

Untuk anda yang ingin melakukan perawatan motor Suzuki secara berkala bisa langsung mengunjungi bengkel cabang resmi Suzuki terdekat dibawah ini.

Suzuki EPM Sumbar : https://suzukiepmsumbar.co.id/,

Suzuki Jambi : https://suzukijambi.co.id/,

Suzuki Bengkulu : https://suzukibengkulu.co.id/           

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)