Review Teratu Beauty Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Dalam 2 Minggu Pemakaian

By Farhati Mardhiyah - 2:44 AM

Baca Juga

Sudah familiar dengan Teratu Beauty? Kalau kalian punya pengalaman dengan permasalahan kulit berjerawat, pasti pernah mampir di review beauty content creator ternama asal Bandung, Alifah Ratu.


Yups, aku sendiri sudah kenal dengan Teratu Beauty sejak 2 tahun lalu. Nah karena punya permasalahan kulit yang hampir sama dengan Alifah Ratu, gak pernah tuh aku skip update postingan dari dia. 


FYI, Alifah Ratu ini owner dari Teratu Beauty. Kalau aku simak melalui Instagram dia, rangkaian produk skincare dibuat sesuai dengan permasalahan kulit yang dialaminya. Dan sebelum diluncurkan, pasti dia coba dulu sampai menemukan formula yang pas.


Gak heran, akhirnya aku pun teracuni untuk mencoba produk Teratu Beauty. Sesuai dengan permasalahan kulit yang aku alami 2 bulan terakhir ini, jerawat hormonal dan bekas jerawat yang bandel, aku pun memilih Teratu Beauty Phyto Cell Skin Treatment Essence dan Brightening and Dark Spot Treatment Serum.



Disclaimer, untuk melanjutkan treatment perawatan kulit berjerawat, sebaiknya perbaiki dulu basic skincare kamu. Lalu, kalau ingin treatment menghilangkan bekas jerawat pastikan juga sudah tidak mengalami breakout atau jerawat aktifnya sudah mereda.


Sekarang simak yuk review lengkap pemakaian Teratu Beauty  Phytocell Skin Treatment Essence dan Brightening and Dark Spot Treatment Serum dalam 2 minggu, lihat hasil pemakaian dalam 2 minggu ya seberapa ampuhnya 2 produk ini menghilangkan bekas jerawat.


Teratu Beauty Phyto Cell Skin Treatment Essence 



Essence Teratu Beauty ini helpful banget ketika kulit wajah lagi ada luka jerawat PIE (bekas jerawat merah). Essence ini punya perpaduan bahan aktif melebihi produk essence mahal, harga yang lebih affordable tapi manfaat untuk perawatan kulit wajah lebih banyak didapatkan.

Packaging


Essence Teratu Beauty hadir dengan kemasan botol kaca berwarna bening dengan aplikator pump. Bagian kemasan luar terdapat gambar wayang yang unik, dilengkapi dengan informasi produk mulai dari ingredients hingga cara penggunaan produk.


Meskipun packaging agak bulky, tapi aku pribadi lebih suka produk skincare yang dikemas dengan botol kaca. Selain menjaga komposisi kandungan skincare lebih aman, terlihat lebih mewah aja gak kalah dengan produk luar yang mahal.


Tekstur, Warna dan Aroma



Tekstur Essence Teratu Beauty ini lebih kental dari toner, tapi lebih cair dari serum. Mirip-mirip sama tekstur serum hydration yang ringan dan mudah menyerap di kulit wajah.  Warna essence ini bening, dan aromanya tidak menyengat.


Kandungan Produk


Essence Teratu Beauty punya 5 bahan aktif untuk merawat kulit wajah. Biasanya essence tertentu kan fokus untuk hidrasi kulit wajah yang nantinya membantu penyerapan produk skincare selanjutnya. Istilah yang biasa dikenal sebagai pre-serum atau serum booster.


Jadi, kalau kalian mau pemakaian serum lebih maksimal, cobain deh pakai Essence terlebih dahulu. Produk Teratu Beauty ini layak dicoba, karena 5 bahan aktifnya sebenarnya sudah mendekati serum.





Key ingredients


  • Apple Stem Cell Extract, fungsinya untuk menjaga dan mempercepat regenerasi sel, kesegaran kulit, menyamarkan kerutan, memperbaiki sel, dan melembabkan kulit

  • Galactomyces Ferment Filtrate, fungsinya meningkatkan penyerapan produk dan sebagai antioksidan, mengontrol sebum, mencerahkan dan mengontrol jerawat

  • Ceramide, fungsinya memperbaiki skin barrier, membantu mengatasi iritasi dan kulit kering

  • Hyaluronic Acid, untuk melembabkan, menyamarkan garis halus, kerutan dan kulit lebih kenyal

Collagen, untuk menjaga kulit tetap kencang, mengatasi kulit kering dan mencegah penuaan dini

Full Ingredients

Aqua, Propylene Glycol, Niacinamide, Pentylene Glycol, Butylene Glycol, Glycerin, Centella Asiatica Extract, Licorice (Glycyrrhiza Glabra) Extract, Galactomyces Ferment Filtrate, Propanediol, Ceramide NP, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Hyaluronic Acid, Ethylhexylglycerin, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Phenoxyethanol, Tranexamic Acid, Allantoin, Collagen, Malus Domestica Fruit Cell Culture Extract, Lecithin, Xanthan gum, Disodium EDTA, Hydroxyethylcellulose, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol.


Klaim Produk


Kalau dilihat dari bahan aktifnya, sudah bisa dinilai sendiri yah Essence Teratu Beauty ini punya beragam manfaat dalam 1 botol. Intip dari update Instagram @teratubeauty ternyata essence ini punya 5in1 multifunction product.


  • Increase regenerative potential of the skin mengandung phytocelltec apple stem cell dari swiss

  • Hydrating & improve skin barrier mengandung ceramide, hyaluronic acid, & collagen

  • Anti aging mengandung galactomyces ferment filtrate

  • Brightening mengandung niacinamide, licorice, & tranexamic acid

  • Soothing mengandung centella asiatica, aloe vera, allantoin

Cara Pemakaian


Biasanya pemakaian essence yang aku gunakan urutannya seperti ini, makeup remover >> sabun muka >> toner >> essence >> serum >> moisturizer >> sunscreen (pagi hari) / obat totol jerawat (kalau lagi ada jerawat aktif).


Untuk pemakaian essence, cukup tuangkan aja di telapak tangan lalu aplikasikan dan ratakan essence sambil ditepuk-tepuk supaya terserap maksimal.

Hasil Pemakaian Teratu Beauty Phyto Cell Skin Treatment Essence 

First impression pakai essence Teratu Beauty gak ada efek tingly, ataupun kulit wajah mengalami iritasi kemerahan. Meskipun bahan aktifnya banyak dan beragam, untuk kulit sensitif seperti aku cukup aman.


Efek mengeringkan luka bekas jerawat terlihat hasilnya setelah 3 hari pemakaian. Seneng banget, karena kalau sudah kering luka bekas jerawatnya akan mengelupas sendiri. 


Teksturnya yang cair agak kental mudah banget diaplikasikan, dan gak perlu lama nunggu meresap di kulit wajah. Setelah kering, kulit wajah terasa lebih kenyal dan lembab, ini memang membantu banget aplikasi serum di tahap rangkaian skincare selanjutnya.


Jujur aja, 2 rangkaian dari Teratu Beauty ini aku pakai selama libur lebaran kemarin. Kebetulan pas mudik dan sering pindah kota setiap harinya, akibatnya kadang males pakai skincare lengkap. 


Nah, sering banget aku skip toner dan serum, karena pakai essence Teratu Beauty ini aja udah cukup membuat kulit wajahku super lembab, gak bikin makin berminyak, gak muncul juga jerawat hormonal yang sering muncul saat menstruasi.


Hasil ini kayaknya bisa membuktikan kalau bahan aktif dari essence Teratu Beauty ini bekerja dengan baik di kulit wajahku. 


Essence ini juga ramah dipakai untuk layering bersamaan dengan produk skincare lainnya seperti exfoliating toner, hydration toner, exfoliating serum, ataupun bakuchiol serum.


Selama 2 minggu pemakaian, beberapa kali aku pernah layering essence ini dengan produk-produk tersebut. Hasilnya? Ya ga muncul efek buruk kaya breakout, iritasi, atau muncul jerawat baru.


Kalau lagi cari essence yang ada kandungan Galactomyces Ferment Filtrate, Teratu Beauty ini bisa dibilang dupe produk essence mahal terkenal itu. Dengan harga 169rb/100 mL ini affordable banget, pemakaian rutin pagi dan malam hari menurutku bakal awet banget sih karena cuma pakai 3-5 tetes aja kok.


Lalu, untuk hasil brightening dari essence ini kayaknya memang lebih maksimal dipakai bersamaan dengan Teratu Beauty Brightening and Dark Spot Treatment Serum.


Teratu Beauty Brightening and Dark Spot Treatment Serum




Kondisi kulit wajahku dalam 2 bulan ini tuh sering banget mengalami breakout di area dagu. Mungkin penyebabnya karena jerawat maskne dan hormonal juga yang menyebabkan jerawat muncul ketika jadwal menstruasi.


Setelah mengalami breakout, biasanya jerawat yang muncul akan menimbulkan bekas jerawat merah (PIE), bahkan bisa menimbulkan luka bekas jerawat yang sudah kering karena tangannya gak bisa diem garuk-garuk dan korek-korek jerawat yang sudah kering.


Nah biasanya sih, untuk melakukan treatment menghilangkan bekas jerawat itu harus nunggu sampai bekas jerawat merah mereda dulu. Tapi, berbeda dengan Teratu Beauty Brightening and Dark Spot Treatment Serum ini.

Packaging


Serum ini juga dikemas dengan botol kaca berwarna gelap, dilengkapi dengan aplikator pipet untuk memudahkan mengambil serum. Kemasan luarnya juga terdapat gambar wayang yang unik, seakan-akan memberikan edukasi ke konsumen kalau produk Teratu Beauty ini asli buatan Indonesia. 


Kemasan serum ini sesuai banget untuk membuat isi dan kandungannya lebih safety. Selain botol kaca yang gelap, kemasan ini juga dilindungi oleh tutup botol dengan sistem penguncian lebih aman.


Cara membuka tutup botol serum Teratu Beauty ini harus ditekan ke bawah terlebih dahulu, lalu putar kekiri sesuai panah yang tercantum di atas tutupnya. Dengan cara membuka tutup seperti ini, dijamin isi serum terlindungi dan tidak gampang tumpah.


Tekstur, Warna dan Aroma



Tekstur serum Teratu Beauty ini super mild,
watery tidak berwarna dan mudah menyerap di kulit wajah. Aroma dari serum ini khas tercium alpha arbutin atau vitamin C yang tidak begitu menyengat, untuk yang sering pakai serum vitamin C pasti paham dengan aroma ini. 

Kandungan Produk

Sesuai dengan nama serumnya, produk Teratu Beauty ini punya bahan aktif yang fungsi utamanya untuk mencerahkan dan menghilangkan noda bekas jerawat


Perpaduan bahan aktifnya juga beragam, jadi gak cuma bisa mengatasi bekas jerawat kemerahan PIE aja, tapi bisa juga diperuntukkan untuk bekas jerawat kehitaman PIH dan memudarkan noda serta flek hitam di wajah.


Key Ingredients


  • Alpha Arbutin, fungsinya sebagai anti inflamasi, membantu menenangkan kulit wajah, sebagai antibakteri dan meredakan jerawat

  • Melazero, bahan aktif ini punya klaim award winning whitening agent karena bisa mencerahkan dalam waktu singkat dan menghambat sintesis melanin

  • Tranexamol dipeptide-23, fungsinya untuk mencerahkan kulit, mengurangi gejala anti inflamasi, dan mengurangi bintik-bintik pada kulit wajah

  • Niacinamide, fungsinya sebagai anti-aging, memperbaiki skin barrier, mencerahkan, mengatasi hiperpigmentasi, dan menyamarkan warna kulit wajah

  • Multifunctional Whitening Agent, beberapa bahan aktif untuk mencerahkan juga ada di serum ini, fungsinya efektif untuk menghambat pembentukan melanin berlebih tanpa efek samping.


Full Ingredients

Disclaimer, serum ini punya bahan aktif Alpha Arbutin, untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya konsultasi dulu dengan Dokter ya. Aku pun sedang menyusui dan sudah pernah konsultasi dengan Dokter, Alpha Arbutin ini boleh dipakai selama produknya sudah aman BPOM dan dipakai dalam jumlah sedikit saja.


Aqua, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Niacinamide, Glycerin, Sodium PCA, Alpha-Arbutin, Centella Asiatica Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Lactobacillus/ Collagen/ Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Arisaema Amurense Extract, Allantoin, Hydrolyzed Collagen, Decyl Glucoside, Tranexamoyl Dipeptide-23, Polyglutamic Acid, Arbutin, Sodium Hyaluronate, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phosphate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydrxypopyltrimniuum Hyalutonate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glutathione, Sodium Acetylated Hyaluronate, Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, Disodium Edta, 1-2-Hexanediol. Citric Acid, Sodium Sulfite, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin


Cara Pemakaian

Serum ini bisa digunakan setiap hari pagi dan malam, sesuai dengan urutan yang sudah aku jelaskan sebelumnya. Untuk ibu hamil dan menyusui mungkin bisa mengikuti cara pakai Teratu Beauty Brightening and Dark Spot Treatment Serum yang biasa aku lakukan, cukup pakai di area bekas jerawat atau noda hitam saja.


Hasil Pemakaian Teratu Beauty Brightening and Dark Spot Treatment Serum

Saat area dagu kulit wajahku lagi mengalami breakout, sempat maju mundur buat cari produk serum yang bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Takut banget mengalami breakout lagi kaya yang pernah aku alami beberapa tahun yang lalu.



Akhirnya penasaran dengan produk Teratu Beauty Brightening and Dark Spot Treatment Serum, karena kandungan brightening nya gak cuma mengandalkan Alpha Arbutin aja. 


First impression pemakaian serum ini, ada rasa tingly di bekas jerawat merah (PIE). Ini cukup bisa dimaklumi, karena bekas jerawat merah di wajahku biasanya ada luka terbuka.


Tapi, menurutku efek tingly ini berkurang kalau sebelum memakai serum menggunakan essence Teratu Beauty terlebih dahulu. Bisa disimpulkan yah, fungsi utama essence sebagai serum booster ini bekerja dengan baik.


Bekas jerawat merah (PIE) perlahan memudar kemerahannya, dalam 3 hari juga lukanya mulai mengering. Ini sih hasil yang aku suka, jadi gak perlu lama risih dengan kulit wajah yang lagi merah dan banyak bekas luka jerawat.


Hasil memudarkan noda hitam bekas jerawat bikin aku terkejut sih, karena memang secepat itu terlihat hasilnya. Dalam waktu seminggu aja udah terlihat area daguku sudah gak ada bekas kemerahan, beberapa spot noda hitam juga terlihat memudar.


Hasil pemakaian dalam 2 minggu, area daguku benar-benar bersih. Beberapa noda hitam bekas jerawat memang masih terlihat, it’s okay kita tunggu hasilnya dalam sebulan. 


Kalau kalian lagi mengalami bekas jerawat kemerahan, aku rekomendasiin banget produk serum Teratu Beauty ini. Sepertinya akan aman juga digunakan untuk kulit sensitif, karena sesuai jenis kulit wajahku acne prone dan sensitif, hasilnya aman-aman aja dalam 2 minggu pemakaian.


Harganya juga affordable banget, hanya 149rb/30 mL dan bakalan awet banget dipakai ibu menyusui kaya aku karena cuma dipakai untuk spot-spot noda hitam dan bekas jerawat aja.

Kesimpulan

Makin kesini produk skincare lokal emang gak diragukan lagi kualitasnya, Teratu Beauty ini harganya affordable banget tapi bahan aktif yang dipakai aja bisa beragam. 



Hasil pemakaian produk Teratu Beauty untuk treatment menghilangkan bekas jerawat bisa pakai Essence dan serum ini. Bahan aktif dari kedua produk ini gak cuma mengandalkan satu kandungan tertentu aja, jadi menurutku lebih stabil dan aman digunakan untuk kulit berjerawat dan sensitif yang sering bandel banget kalau lagi coba produk skincare tertentu.


Apalagi produk Teratu Beauty ini paraben free, alcohol free, tidak mengandung parfum tambahan, dan tidak mengandung pewarna tambahan. Jadi, aman digunakan untuk kulit sensitif dan bisa digunakan mulai dari umur 16 tahun.


Kombinasi yang pas kalau lagi mau menghilangkan bekas jerawat pakai Teratu Brightening and Dark Spot Treatment Serum dengan Teratu Beauty Phyto Cell Skin Treatment Essence.


Untuk hasil menyamarkan garis halus belum begitu terlihat dalam 2 minggu pemakaian, jadi harus tetap rutin dipakai kalau ingin membuktikan hasilnya sesuai klaim. 


Gimana? Tertarik mencoba kedua produk ini juga? Kalian bisa beli Teratu Beauty disini. Share juga yuk gimana pengalaman kalian dalam berjuang menghilangkan bekas jerawat?


  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)