Ngopi Lebih Produktif Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip B3402

By Farhati Mardhiyah - 1:00 PM

Baca Juga


Ada yang sering gemes gak liat pasangan sukanya suami berjam-jam di luar rumah? Kalau iya, artinya kita senasib sebagai istri pendekar di rumah.


Mungkin ini alasannya kenapa istri lebih bisa multitasking, bisa tuh masak sayur sambil meeting misalnya. Coba aja kalau suami, kalau udah pasang posisi aman di depan laptop sambil ngopi itu tandanya gak bisa diganggu sampai kopinya habis.


Kopi Sumber Inspirasi 



Berdasarkan data, sepanjang tahun 2016 hingga 2021 konsumsi kopi Indonesia terus tumbuh rata-rata 8,22 persen/tahun. Memang gak heran sih, konsumsi kopi saat ini seperti lifestyle. Bukan hanya kopi hitam saja, penggemar variasi minuman kopi kini banyak banget.


Kalau dari data HonestDocs tahun 2019, menyebutkan kalau mayoritas konsumen kopi di Indonesia adalah pria yang bisa menghabiskan 2 sampai 3 gelas kopi per harinya. Beda dengan wanita, umumnya hanya konsumsi 1 gelas kopi per hari saja.


Betul juga sih data ini, karena suamiku wajib banget minum kopi minimal 2 kali sehari setiap pagi dan malam. 


Bagi suami, belum ngopi di pagi hari itu rasanya ada yang kurang. Begitu juga kalau lagi garap kerjaan, tanpa kopi katanya sih otaknya gak bisa jalan. Masalahnya adalah kalau suami ngopi gak bisa hanya di satu tempat aja.


Bagi suami, ngopi itu harus berpindah tempat supaya mendapatkan suasana dan energi yang baru. Keseharian suami juga lebih sering ngopi di luar rumah berjam-jam, bahkan betah banget kalau udah ketemu teman sesama entrepreneur bisa sampai subuh.


Salah satu senyawa aktif dalam kopi, Kafein memang terbukti dari beberapa penelitian yang memberikan efek lebih terjaga dan fokus.


Mungkin kalau orang biasa ngopi itu lebih enak dinikmati ketika masih panas. Tapi bagi pecandu kopi seperti suami, ngopi itu ya dinikmati sedikit demi sedikit alias diseruput pelan-pelan. Gak peduli kopinya jadi dingin, kalau dinikmati pelan-pelan apalagi sambil kerja dan diskusi, katanya lebih nikmat.


Bahaya Ngopi Bisa Bikin Gak Produktif


Salah satu bahaya suka nongkrong di cafe, atau ngopi bareng teman sampai larut malam itu bikin suka lupa waktu dan tujuan. Jangankan bareng temen, kalau sendirian ngopi aja di teras rumah, suami bisa betah duduk berjam-jam tanpa menghasilkan apapun.


Itu lah yang sampai sekarang ini terjadi sama suami, hambatan dan tantangan dia saat ini alat tempur kerja yang belum bisa mendukung keinginannya untuk ngopi lebih produktif.


Kafein dalam kopi memang bisa memberikan efek menghambat kinerja adenosin dalam tubuh. Ini lah yang membuat efek terjaga dan bisa meningkatkan produktivitas


Sayangnya, kalau bisa terjaga tapi hanya untuk mengobrol tidak bermakna, melamun, apalagi overthinking, itu malah bisa menghambat aktivitas keseharian kita.


Itu lah yang masih sering terjadi pada keseharian suami, ngopi tidak produktif karena kurang didukung alat kerja mumpuni.


Alat kerja yang dimiliki saat ini menggunakan perangkat laptop yang tidak bisa nyala tanpa di charge, sudah ketergantungan banget sama colokan listrik. Jadi, setiap ada meeting atau sekedar diskusi bareng temannya di luar rumah sulit banget untuk bawa laptop. 


Parahnya lagi laptop kami ini memang sudah lama umurnya lebih dari 6 tahun. Selain harus nyolok listrik, laptop kami tuh berat dan gak compatible lagi untuk download software apapun.


Boro-boro buat kerja desain atau edit gambar dan video, kadang dipakai untuk mengetik di google document aja sering eror. Padahal kerjaan suami yang utama itu ya edit dan desain gambar, jadi butuh banget minimal ada 1 software yang mendukung.


Pertimbangan Antara Laptop VS Tab


Sebenarnya setahun belakangan ini kami selalu berdebat buat upgrade laptop. Tapi, pertimbangan kami antara tambah 1 unit laptop atau beli tab aja.


Alasan mempertimbangan tab, karena suami ingin yang lebih flexibel dan mempermudah dia buat desain gambar. Selain itu, beberapa tab pilihan juga menyediakan slot simcard, menurut suami akan memudahkan dia saat ngopi sambil ngedit dimanapun tanpa mengandalkan WiFi.


Sayangnya, kalau tablet kapasitas penyimpanan data lebih terbatas dan operasional kerja perangkatnya hanya compatible versi mobile saja. Percuma sih, nantinya juga butuh perangkat yang lebih powerful seperti 1 unit laptop atau bahkan PC.


Kalau hanya beli laptop, sama saja suami harus tambah budget untuk beli mouse pen. Padahal menurut dia untuk desain dan edit gambar, lebih enak tuh katanya langsung corat-coret di layar karena lebih detail dan rapi.


Keinginan memiliki perangkat powerful tapi bisa lebih fleksibel gini, ya solusinya ada di ASUS ExpertBook B3 Flip B3402.


ASUS ExpertBook B3 Flip, Si Paling Fleksibel




Pernah gak si merasakan keribetan ketika mau menunjukkan slide presentasi ke klien? Biasanya kan harus menggeser laptop, dan klien harus meraih layar laptop lebih dekat. Ribetnya lagi, kalau orang desainer kaya macam suamiku itu perlu corat-coret edit gambar langsung dari klien.


Kadang suka lupa, mana tadi yang perlu diperbaiki? Karena klien cuma main tunjuk aja. Bayangin aja kalau ada perangkat yang lebih fleksibel, contohnya laptop yang bisa dijadikan mode tablet.


Itu baru satu fitur impian dari si paling fleksibel ASUS ExpertBook B3 Flip, ada keunggulan fitur lain yang memang dibutuhkan banget untuk kebutuhan gaya hidup hybrid seperti saat ini. 


Gaya Bebas dengan Engsel 360 Derajat



Salah satu impian suami, bisa edit gambar sambil rebahan! Impian aku juga sih bisa bikin artikel, edit video, sampai meeting sambil rebahan atau masak di dapur. Gak perlu mikirin space lebih luas, atau tambah aksesoris stand laptop.


Ini lah kelebihan ExpertBook B3 Flip, laptop convertible dengan engsel layarnya bisa dibuka hingga 360 derajat. 


Laptop ASUS versi ini bisa dibuka penuh hingga menjadi mode tablet. Bisa juga ditekuk seperti bentuk tenda, ini nih yang bikin kita gak butuh lagi holder tablet supaya perangkatnya bisa berdiri tegak. 


Dilengkapi Stylus Canggih



Eh, gak cuma itu aja! Mode tablet laptop ini dilengkapi juga dengan layar touchscreen dan ada stylus internal.


Bahkan stylus internal ini menggunakan teknologi khusus, pena bisa tersimpan di body laptop dan pengisian dayanya bisa lebih cepat hanya dengan 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit.


Dibekali Dua Kamera Apik




Seperti tablet pada umumnya yang memiliki kamera belakang, ExperBoook B3 Flip ini juga punya kamera belakang dan depan.


Yups, laptop ini dibekali dua kamera yang terletak sejajar layar laptop layaknya kamera depan dan sejajar keyboard layaknya kamera belakang. 


Untuk yang sejajar keyboard ini menggunakan sensor 13 MP yang berguna banget saat menggunakan laptop dalam mode tenda.


Teruji Lebih Tangguh 



Layar laptop yang sangat fleksibel ketika dibuka, ASUS ExpertBook B3 Flip juga ingin memberikan yang terbaik pada durabilitas laptopnya. Tidak heran kan, laptop ini sudah memiliki sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H).


Lolos uji sertifikasi dengan menguji ketahanan Hinge Test hingga 30.000 siklus buka tutup, mampu menahan gaya 25kg pada tutup dan bawah tanpa kerusakan panel LCD, daya tahan port I/O USB dipastikan lolos uji hingga 15.000 siklus, dan lolos saat dijatuhkan pada ketinggian 120 cm.


Dipastikan laptop ini sudah melewati pengujian ekstrim, seperti pada suhu, kelembaban, hingga ketahanan bodi laptop dari guncangan dan hantaman.


Dari desain laptop saja sudah terlihat, terdapat fitur tambahan seperti braket dan lapisan kedap air pada keyboard. Lapisan ini menggunakan fitur anti-spill yang memiliki kemampuan melindungi dari tumpahan cairan hingga 300cc.


Konektivitas Internet Anti Lemot



Gak perlu khawatir mau kerja dimanapun tempatnya, meskipun tanpa WiFi dengan ExpertBook B3 Flip ini bisa memanfaatkan konektivitas seluler  4G LTE internal. 


Untuk konektivitas WiFi, dengan teknologi Wifi 6 terbaru bisa memberikan kecepatan internet ultra cepat dan stabil. Kerennya lagi, dilengkapi ASUS Wifi Master yang bisa memberikan menikmati koneksi yang lebih cepat dan andal pada jarak lebih jauh.


Lebih Higienis




Salah satu keuntungan kerja work from anywhere, bisa memilih tempat kerja dimana saja. Tapi, seringnya berpindah tempat ini bisa berpotensi membawa virus penyakit dari luar. Apalagi setelah musibah pandemi 2 tahun belakangan ini, banyak juga virus-virus yang ditemukan di luar sana.


Kerennya, ExpertBook B3 Flip juga concern dengan masalah higiene ini. Untuk bagian yang sering tersentuh tangan seperti keyboard, touchpad, dan palm rest dilindungi perawatan antibakteri ASUS Antibacterial Guard.


Lapisan antibakteri ini sudah diakui secara internasional sesuai standar ISO 22196. Fungsi lapisan ini selain untuk menghambat pertumbuhan bakteri lebih dari 99% selama 24 jam, juga dibuat untuk lebih tahan pada produk pembersih alkohol dan air asam hipoklorit.


Display Layar Berkualitas





Bagi pekerja kreatif rasanya sulit bekerja tanpa menghadap layar laptop. Contohnya saja kami berdua yang kesehariannya bisa menghabiskan waktu di depan laptop lebih dari 10 jam.


Gak heran kalau terkadang kedua mata sering merasakan gatal, kering, dan berat. Penyebabnya karena sinar dari layar laptop menghasilkan emisi cahaya biru tinggi, sehingga berpotensi membuat kedua mata cepat lelah.


Nah, berbeda dengan layar laptop ExpertBook B3 Flip dilengkapi dengan teknologi eye-care bersertifikat TÜV Rheinland untuk menghasilkan cahaya biru yang rendah. Sertifikasi ini menunjukkan kalau ASUS berkomitmen memberikan yang terbaik untuk penggunanya, tak kecuali kesehatan mata dan pengalaman pengguna selama menatap layar.


Selain itu, display layar 14 inch dengan screen to body ratio hingga 80% memiliki fitur multi-touch. Bisa dibayangkan yaa untuk pengguna laptop ini pasti lebih bisa multitasking dan nyaman berlama-lama menatap layar.


Anti Bising dan Buram




Mendadak harus meeting saat berada di tempat keramaian? Gak perlu khawatir dengan kebisingan di tempat kalau punya laptop ExpertBook B3 Flip.


Laptop ASUS ini didukung dengan teknologi peredam kebisingan AI dua arah. Dengan teknologi ini akan menyaring suara bising yang mengganggu dari pengguna maupun lawan bicara secara real time. 


Selain audio, webcam ExpertBook B3 Flip juga sangat mendukung untuk digunakan live konferensi, meeting, maupun pembelajaran online. Dengan menggunakan teknologi 3D Noise-Reduction (3DNR), hasil tangkapan kamera webcam laptop ini bisa lebih jelas dan minim efek noise meskipun dalam kondisi gelap.


Bahkan untuk membuat penggunanya lebih nyaman, laptop ASUS ini juga memberikan fitur microphone mute key pada keyboard. Cukup satu ketukan saja, gak akan bikin panik penggunanya!


Konektivitas Lebih Lengkap



Kinerja bisa lebih baik kalau memiliki produktivitas tanpa batas, contohnya konektivitas port yang disediakan laptop lebih lengkap seperti ASUS ExpertBook B3 Flip. 


Laptop ini dibekali dua port USB Type-C Thunderbolt™ 4, port ini memiliki kecepatan transfer data yang tinggi hingga 40 Gbps. Selain itu, port ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan monitor tambahan dengan dukungan resolusi hingga 4K. Port ini juga memiliki fitur pengisian daya baterai lebih cepat. 


Makin lengkap lagi, laptop ini juga terdapat port USB Type-A, output HDMI, Kensington lock slack, Audio Combo Jack, kartu microSD dan SIM Combo. Gak perlu khawatir kalau mau transfer data dari berbagai perangkat, karena konektivitas laptop ini sudah lengkap.


Produktif  dan Nyaman Dalam Gelap



Bekerja hingga larut malam tidak asing bagi pekerja kreatif, bahkan beberapa orang baru mulai start di tengah malam. Itu lah mengapa perangkat yang mendukung setidaknya memberikan kenyamanan pada kontrol pengetikan.


ExpertBook B3 Flip menjawab kegelisahan para pekerja kreatif dengan memberikan fitur keyboard, touchpad, kontrol pengetikan dan petunjuk lebih nyaman. Seperti tersedia backlit keyboard, numberPad 2.0, function-key shortcuts dan LED user-status indicator.


Khusus untuk LED user-status indicator ini merupakan lampu LED kecil pada sampul ExperBook B3 Flip. LED ini akan otomatis menyala saat laptop sedang aktif mengikuti live streaming seperti Zoom, Google Meet, Skype, dan Teams.


Fitur Keamanan Terjamin




Ada yang sengaja menutup kamera webcam dengan kertas karena takut terekam secara diam-diam? Ya, kamu gak perlu lagi ribet karena ExpertBook B3 Flip memiliki sistem keamanan pelindung webcam berupa slot kunci Kensington yang bisa dibuka tutup.


Selain itu, laptop ini juga menyediakan fitur sidik jari yang tertanam pada tombol power untuk memberikan perlindungan. Tanpa perlu kata sandi dengan PIN yang sulit diingat, sensor sidik jari ini lebih mudah digunakan dan keamanannya lebih terjamin.


ExpertBook B3 Flip juga dilengkapi chip TPM 2.0 untuk melindungi data dan transaksi penting yang menyimpan informasi otentikasi dari perangkat secara aman. Contohnya kata sandi, informasi dienkripsi, dan mencegah bahaya peretasan perangkat.


Perangkat Komputasi Terbaik



Fitur dan layanan dari ASUS Business tersedia dalam ExpertBook B3 Flip. Fitur ini memberikan perangkat komputasi terbaik dan terintegrasi melalui software khusus standar industri. Selain itu, ASUS Business juga tersedia layanan premium dan memang dirancang untuk membantu para pelaku bisnis dan instansi di Indonesia.


Dengan biaya manage lebih rendah, ASUS Business menawarkan ragam opsi kustomisasi spesifikasi serta hardware pada setiap perangkat. Ada juga layanan ekstra seperti Warranty Extension hingga 5 tahun, Accidental Damage Protection (ADP) dengan garansi perlindungan sampai 100%, layanan Onsite Service, hingga VIP Support Line yang bisa memberi dukungan teknik khusus.


Untuk pengguna gawai ASUS bisa memanfaatkan MyASUS app untuk memaksimalkan laptop atau PC desktop. Fitur aplikasi ini akan memudahkan transfer file dengan cepat tanpa kabel, mengontrol ponsel dari PC, menggunakan perangkat seluler sebagai layar sekunder, atau mengakses file PC lokal dari jarak jauh. 


Selain itu, dilengkapi dengan ASUS Control Center. Fitur rangkaian perangkat lunak manajemen TI terpusat untuk melakukan manajemen jarak jauh melalui antarmuka berbasis web.


Performa Powerfull




Jenis pekerjaan apapun akan lancar dan mudah dengan menggunakan perangkat yang memiliki performa powerfull. Si paling powerfull, Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Dilengkapi juga dengan memori RAM DDR4 dengan kapasitas hingga 48GB, dan penyimpanan berupa PCIe SSD 3.0 berkapasitas sampai 1TB.


Kombinasi ini menjadikan kinerja ExpertBook B3 Flip lebih gesit saat digunakan untuk mengolah dokumen, membuka berbagai aplikasi, hingga multitasking. Kinerja performa powerfull ini dijamin membuat kerjaan kamu lebih cepat selesai dan anti lemot!






Dari detail spesifikasi fitur-fitur yang ada pada ExpertBook Flip B3 ini memang akan cocok banget dipakai suamiku. Kriteria yang suka nomaden tempat ngopi sambil kerja, gak perlu layar sekunder lagi karena laptop ini memiliki stylus pen dengan daya baterai yang hemat.


Tentu nantinya suami akan ngopi sambil menghasilkan karya-karya baru. Dengan perangkat mumpuni seperti ASUS ExpertBook B3 Flip, berapapun gelas kopi yang dihabiskan dalam sehari akan tetap produktif. Semoga saja suami saya bisa segera ngopi ditemani laptop ASUS ini.


Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition ASUS X Handikoo



sumber tulisan:

https://www.republika.co.id/berita/q70nqt463/kopi-bisa-bantu-berpikir-lebih-kreatif-ini-kata-penelitian
https://www.republika.co.id/berita/py0gka328/bukti-kopi-sudah-jadi-gaya-hidup-masyarakat-indonesia
https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B3-Flip-B3402-11th-Gen-Intel/


  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)