Wisata Negeri Di Atas Awan Jogja Dengan View Terbaik

By Farhati Mardhiyah - 3:24 AM

Baca Juga

Wisata negeri di atas awan selalu diincar para pecinta sunrise. Begitu juga pengunjung wisata Jogja, tidak hanya pantai yang menjadi tempat favorit. Pemandangan alam dari atas bukit juga tidak kalah menarik.

Apalagi pemandangan dengan view terbaik dari negeri di atas awan Jogja. Cuaca dingin nan sejuk di pagi hari, ditambah pemandangan selimut kabut tipis menutupi indahnya pemandangan dari atas bukit. Pengunjung wisata tidak akan henti mengabadikan momen tersebut hingga kabut perlahan menghilang.

Wisata Jogja Apa Saja?

Kota Jogja saat liburan selalu ramai dikunjungi para turis, baik lokal maupun mancanegara. Tujuan wisata Jogja super lengkap, mulai dari kuliner, budaya, pantai, hingga pemandangan alam seperti pegunungan. 

Seperti dikutip dari website Wisata Negeri, beberapa tempat wisata Jogja bahkan lebih menarik dan ramai dikunjungi saat malam hari. Contohnya, Oyot Godhong, Bukit Bintang, Taman Pelang, dan masih banyak lagi.

Lalu, dimana rekomendasi tempat wisata Jogja untuk melihat sunrise? Berikut tempat wisata negeri di atas awan jogja dengan view terbaik yang bisa kamu kunjungi.

Rekomendasi Wisata Negeri Di Atas Awan Jogja

Ketika mengunjungi Jogja, buatlah rencana perjalanan pagi hari untuk melihat sunrise dari beberapa rekomendasi tempat wisata berikut ini.

Kebun Buah Mangunan

Pict: website tripjogja

Salah satu tempat wisata terkenal di Jogja, Kebun Buah Mangunan yang terletak di Dlingo, Bantul. Cara menuju lokasi Kebun Buah Mangunan dari pusat kota Jogja bisa menggunakan mobil ataupun motor. Jarak yang ditempuh kurang lebih 1 jam saja.

Kebun Buah Mangunan buka setiap hari mulai pukul 05.30 hingga 10.00 WIB dan pukul 14.00 hingga 17.30. Untuk mendapatkan view sunrise terbaik dari gardu pandang yang tersedia, kamu harus berangkat lebih pagi minimal jam 4.30 pagi.

Jika cuaca sedang cerah, selimut tipis seperti awan akan memberikan pemandangan bak seperti negeri di atas awan. Jangan lupa segera abadikan momen tersebut, sebab kabut akan cepat menghilang.

Tebing Watu Mabur

Pict: website yogjo

Lokasi Tebing Watu Mabur tidak jauh dari kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul. Sebenarnya, tempat wisata ini digunakan sebagai area berkemah. Namun, pengelola wisata menyediakan spot foto menarik seperti batu bertumpuk, gardu pandang, hingga jalan yang berujung di tebing.

Pesona Tebing Watu Mabur menawarkan pemandangan sunrise dan indahnya sungai diselimuti kabut. Pengunjung wisatawan juga bisa berkemah di unit glamping yang disediakan pengelola. 

Jam operasional Tebing Watu Mabur buka setiap hari selama 24 jam. Biaya tiket masuknya Rp 15.000/orang saja.

Geoforest Watu Payung Turunan

Pict: website datawisata

Pesona Gunungkidul tidak hanya pantai saja, tempat wisata Geoforest Watu Payung Turunan, Desa Girisuko, Gunungkidul tidak kalah epik pemandangannya. 

Meskipun cukup jauh dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh lebih dari satu jam. Watu Payung Turunan terletak di sisi utara, sehingga sunrise akan terlihat lebih menarik. Ditambah kabut pagi terlihat menyelimuti area bukit dan lembah. 

Tempat wisata negeri di atas awan ini buka setiap hari mulai pukul 04.45 hingga 21.00 WIB dengan harga tiket hanya Rp 5.000/orang saja.

Bukit Panguk Kediwung

Pict: Instagram @nangyul22

Wisata Mangunan, Dlingo alternatif lainnya yang bisa dikunjungi untuk menikmati sunrise adalah Bukit Panguk Kediwung. Tempat wisata ini memiliki sembilan anjungan foto dengan tema dan bentuk yang berbeda.

Pengunjung wisata bisa berfoto di anjungan, atau sekadar menikmati pemandangan dari atas gardu pandang yang disediakan. Seperti Kebun Buah Mangunan, sunrise di tempat wisata Jogja ini memberikan view terbaik dengan lautan awan dari kabut yang muncul.

Jam operasional Bukit Panguk Kediwung buka Selasa-Minggu pukul 04.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup murah hanya Rp 3.000 saja.

Bukit Kali Kuning

Pict: Instagram @motorent_jogja

Daerah Kaliurang, Jogja juga bisa dinikmati dengan pemandangan sunrise dari gardu pandang yang disediakan. Tidak hanya kabut tebal saja, jika cuaca cerah akan terlihat pemandangan gunung Merapi yang terlihat gagah.

Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan berkemah, dan outbond di lokasi wisata ini. Harga tiket masuk Bukit Kali Kuning hanya Rp 3000/orang, dan harga berkemah dikenakan biaya Rp 20.000 saja.

Demikian rekomendasi wisata negeri di atas awan yang berlokasi di Jogja. Daerah lain di Indonesia juga memiliki pesona yang mirip dengan tempat wisata diatas, adakah rekomendasi lainnya?

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)