Inilah List Contoh Venture Capital Di Dunia Dan Juga Di Indonesia

By Farhati Mardhiyah - 12:36 AM

Baca Juga

sumber: freepik.com

Apa itu ya venture capital atau VC? Tentunya jika kita mendengar tentang Venture Capital atau VC pasti berhubungan dengan yang namanya perusahaan start up atau perusahaan rintisan. Start up atau perusahaan rintisan memerlukan yang namanya dana suntikan untuk berlangsungnya kegiatan ataupun program, inilah kunci terus bertumbuhnya sebuah perusahaan.

Nah yang menyuntikkan dana ivestasinya kepada perusahaan rintisan atau start up tersebut adalah Venture Capital. Jadi penjelasannya, Venture Capital adalah suatu badan usaha yang memberikan modal venture kepada perusahaan tahap awal ataupun akhir (seperti start up).

Sudah banyak perusahaan start up yang bertumbuh dan berkembang karena bantuan suntikan dana investasi dari Venture Capital. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak perusahaan start up di Indonesia, seperti OVO, Bukalapak, Tokopedia, GO-JEK dan lain sebagainya.

Lalu sebenarnya ada berapa banyak Venture Capital di Indonesia dan di dunia ya? Berapa juga aset yang dimilikinya sehingga perusahaan start up yang diberi menjadi terus berkembang.

Maka dari itu, mari lihat list contoh Venture Capital di dunia dan ada juga yang di Indonesia.


List Contoh Venture Capital di Dunia dan juga di Indonesia


1. Alpha JWC Ventures

Alpha JWC Ventures - venture capital di indonesia
Sumber:https://www.alphajwc.com/wp-content/uploads/2022/03/ALPHA-JWC-VENTURES-Logo-Colour-FA-980x222.png

Pertama ada Venture Capital yang pusatnya berada di ibu kota Jakarta dan juga Singapura yaitu perusahaan Alpha JWC Ventures. Perusahaan Alpha JWC Ventures ini didirikan oleh 3 orang yaitu Chandra Tjan, Jefrey Joe, dan Will Ongkowidja.

Aset yang dimiliki perusahaan venture capital ini adalah 6,1 triliun rupiah. Alpha JWC Ventures ini berbekal investasi jangka panjang, pengenalan serta tak lupa pengembangan teknologi yang berkelanjutan, dan juga sokongan modal yang amat besar berhasil meyakinkan bahwa perusahaan venture capital ini bisa menjadi pendukung atau penyuntik dana investasi kepada start up yang sedang berkembang membesarkan perusahaannya masing-masing di tingkat Indonesia bahkan Asia Tenggara. 


2. Apollo Global Management, LLC


Apollo Global Management and AR Capital Mutually Agree to Terminate  Transaction

Sumber: https://www.prnewswire.com/news-releases/apollo-global-management-and-ar-capital-mutually-agree-to-terminate-transaction-300174639.html


Selanjutnya ada Apollo Global Management, LLC yang berpusat di New York, Amerika Serikat. Lokasi dari keberadaan perusahaan ini yaitu berada di Los Angeles, London, Frankfurt, dan Singapura.


Aset yang dimiliki tidak main-main yaitu sebesar US$188,8 miliar. Perusahaan venture capital ini didirikan oleh Leon Hitam, mantan Drexel Burnham Lambert, Apollo sejak tahun 1990.


Apollo Global Management, LLC menjadi salah satu perusahaan venture capital terbesar yang ada di dunia. Model bisnis yang digunakan terintegrasi karena menggabungkan kekuatan ekuitas, kredit, real estate, dan basis modal intelektual yang luas dari Apollo Global yang dimana untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang terus berkelanjutan.


3. The Blackstone Group L.P.


Blackstone Group. Information about the issuer. (LEI 5299004LW4QWGZUB8Y96).  News and credit ratings. Tables with accounting and financial reports.
Sumber: https://cbonds.com/company/201543/

Sama seperti perusahaan venture capital sebelumnya, The Blackstone Group L.P. ini juga berpusat di New York, Amerika Serikat. Aset yang dimiliki perusahaan The Blackstone Group L.P. ini yaitu sebesar US$146 miliar.


Selain kantor pusat yang berada di New York, adapun kantor tambahan di negara lain seperti di London, Paris, Dsseldorf, Sydney, Tokyo, Hong Kong, Singapura, Beijing, Shanghai, Madrid, Mumbai, dan Dubai. Sudah banyak start up yang membangun bisnisnya melalui bantuan suntikan dana dari The Blackstone Group L.P.


4. Ares Management L.P.


Ares Capital Corporation: Iran Notice (Form IRANNOTICE) - MoneyController  (ID 706278)
Sumber: https://www.moneycontroller.es/noticias-de-la-bolsa-espa%C3%B1ola/iran-notice-form-irannotice-706278


Keempat ada venture capital yang memiliki kantor pusat di Los Angeles, Amerika Serikat. Adapun kantor tambahan di beberapa negara yaitu di London, Hong Kong, dan Shanghai.


Aset yang dimiliki Ares Management L.P. sebesar US$99 miliar. Ares Management L.P. ini memfokuskan diri dalam menyediakan pembiayaan untuk akuisisi dan juga tak lupa lebih dari 15 kantor di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia dibiayai oleh perusahaan venture capital ini.


5. TPG Capital L.P.

TPG Inc. - Wikipedia
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/TPG_Inc.

Kelima terdapat TPG Capital L.P. sebagai perusahaan venture capital. Sebelum bernama TPG Capital L.P., orang-orang mengenalnya dengan nama Texas Pacific Group.


Perusahaan venture capital ini berkantor pusat di Fort Worth Texas, California, dan San Francisco. TPG Capital L.P. ini memiliki aset sebesar US$74 miliar.


TPG Capital L.P. ini memangg memfokuskan dirinya dalam pertumbuhan modal, modal ventura, ekuitas publik, dan investasi utang. TPG Capital L.P. banyak berinvestasi di dalam berbagai bidang industry yaitu konsumen/ritel, media dan telekomunikasi, industri, teknologi, wisata/rekreasi, perawatan kesehatan, dan lain sebagainya.


6. GREE Ventures


GREE Ventures Karir & Profil 2022 | Glints
Sumber: https://glints.com/id/companies/gree-ventures/9b01f7bd-79e2-4288-96d7-b8bd625069fe

Perusahaan venture capital ini berasal atau berpusat di negara Jepang. GREE Ventures terbilang masih baru di Indonesia. 


Perusahaan GREE Ventures ini didirikan oleh Yusuke Amano, Tatsuo Tsutsumi, dan juga Naoki Aoyagi. Beberapa start up sudah banyak menerima modal atau suntikan dana investasi dari perusahaan venture capital asal Jepang ini.


7. Ardian


Perusahaan venture capital yang ketujuh ini bernama Ardian. Kantor dari perusahaan venture capital Ardian berpusat di Paris.


Dominique Senequier adalah pendiri dari venture capital Ardian ini. Selain kantor pusat di Paris, adapun kantor lainnya di Eropa, Amerika Utara, dan Asia.


Untuk aset yang dimiliki perusahaan Ardian yaitu US$60 miliar. Ada beberapa dana yang ditawarkan oleh perusahaan venture capital Adrian seperti dana langsung, infrastruktur, dan real estate.


Banyak investor yang telah bekerja sama dengan Adrian termasuk investor institusi, pendanaan, instansi pemerintah, dana pensiun, dan perusahaan asuransi.


Itu tadi list contoh 7 perusahaan venture capital atau perusahaan yang menyediakan dana suntikan untuk keberlangsungan perkembangan perusahaan yang baru saja berdiri atau start up. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari perusahaan venture capital ataupun yang sekedar ingin mencari informasi.

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)