ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), Laptop Daily Driver yang Powerfull

By Farhati Mardhiyah - 8:59 AM

Baca Juga


Pernikahan adalah perjalanan panjang dengan berbagai liku-liku kehidupan yang seru banget untuk dinikmati bersama. Setiap curhat sama Ibu, pasti selalu dikasih wejangan “Kalian itu sudah belahan jiwa, apapun yang terjadi harus saling support

Ya, kami memulai perjalanan pernikahan ini dengan angka 0 seperti saat membeli bensin “dimulai dari angka 0 ya

Laptop ASUS adalah Mahar Untuk Istriku


Belum genap 3 bulan menikah, kami terpaksa menjual mahar emas antam untuk tambahan modal usaha. Padahal saya selalu bilang sama pak suami “Gapapa pakai uangku untuk nambahin modal, gak perlu jual emas antamnya, kan itu dari hasil jual laptop ASUS pas kamu kuliah dulu

Selama hidupnya, laptop ASUS yang sudah terjual itu adalah laptop pertama dan terakhir yang dimiliki pak suami. Konon, sewaktu kuliah sarjana, dia enggan diberikan laptop orangtuanya. Jadi lah, untuk kebutuhan tugas hingga skripsi selalu menunggu giliran laptop pinjaman dari teman atau di warnet.

Sampai akhirnya, saat menempuh kuliah magister dengan tumpukan tugas yang lebih banyak. Dia baru merasa “butuh laptop”, akhirnya laptop ASUS kala itu menjadi sejarah sebagai laptop pertama dan terakhir.

Setahun sebelum menikah, pak suami mulai mencari modal nikah sedikit demi sedikit. Muncullah ide untuk menjual laptop ASUS sebagai pancingan rezeki untuk menikah yang lainnya.

Ya, salah satu mahar saya adalah laptop ASUS yang berubah wujud menjadi emas batangan. Meskipun hanya beberapa gram saja, tapi maknanya begitu dalam, sebagai ungkapan tanggung jawab dan kasih sayang pak suami.

Pak suami memang sangat nriman, istilah jawa yang artinya menerima apapun keadaan. Sampai 4 tahun berlalu setelah menjual laptop ASUS pun, dia enggan beli laptop baru. Padahal profesi pekerjaannya sekarang sebagai R&D staff di salah satu usaha konveksi, sangat membutuhkan laptop untuk menunjang pekerjaannya.

Walaupun di kantornya sudah diberikan perangkat PC, pak Suami tidak setiap hari bekerja duduk manis saja. Ada beberapa kesempatan dia harus bertemu calon vendor, klien, atau presentasi portofolio produk ke calon customer.

Apalagi, pak suami juga sedang dipercaya untuk handle HRD General Affair dalam satu tahun kedepan. Soalnya usaha konveksinya sedang merubah sistem manajemen, yaa mau tidak mau pak suami juga harus bersedia mengikuti training 3 bulan ke depan ini.

Career Change, Peluang dan Tantangan Baru!



Sebenarnya tawaran dari owner usaha konveksi yang juga kerabat dekat kami berdua adalah tantangan besar untuk pak suami. Gimana enggak, dari sarjana sampai magister hanya menguasai hukum keluarga.

Jadi, untuk menerima tawaran HRD General Affair sangat penuh pertimbangan. Pak suami juga tidak ada bayangan seperti apa pekerjaan tersebut. Nah, karena saya lebih dulu banyak terjun di perusahaan, lumayan bisa menjelaskan gambaran tugas apa saja dari profesi HRD.

Beruntung sekali, di tempat kerjanya, pak suami tidak dilepas begitu saja. Owner memberikan kesempatan belajar selama 6 bulan untuk menguasai HRD GA ini. Mulai dari materi textbook, podcast, training bersama professional trainer, hingga nantinya mendapatkan sertifikat sebagai HRD.

Nah, saya pun juga kebagian belajar mengenai HRD. Setiap pulang, pak suami pasti banyak diskusi kecil dengan istrinya. Entah itu obrolan masalah pegawai, materi mengenai HRD yang baru, hingga solusi apa yang bisa dilakukan oleh pak suami. 

Pentingnya Upgrade Skill Untuk Menghadapi Career Change

Memutuskan menerima tawaran baik sebagai HRD membuat pak Suami harus siap untuk upgrade skill. Baik hard skill maupun soft skill HRD perlu dikuasai dengan baik, supaya pekerjaan bisa lebih lancar dan mudah.

Jadi HRD itu harus bisa presentasi yang baik lo, kamu kan grogi kalau ngomong bahasa Indonesia” Ujar saya ke pak suami.

Ya, kelemahan pak suami ini pada public speaking. Selalu grogi kalau berbicara resmi pakai bahasa Indonesia. Waktu melamar saya saja di depan Ibu, awalnya pakai bahasa Jawa kromo alus, eh Ibu saya sulit memahami dan menyuruhnya ganti pakai bahasa Indonesia.



Maka itu, saya menyarankan pak suami untuk mulai rajin mendengarkan podcast atau streaming video dari expert seputar pelatihan public speaking. Meskipun dalam pelatihan di kantornya, sudah ada materi tersebut. 

Salah satu kelebihan pak suami adalah sangat telaten dalam mengorganisir file, manajemen, problem solving, dan berpikir strategis. Kelebihan itulah yang menyebabkan teman kami tertarik untuk merekrut pak suami. 

Perubahan manajemen perusahaan di tempat kerja pak suami juga mempengaruhi sistem penggajian karyawan. Sebelumnya sistem tersebut masih dikelola secara manual, bahkan untuk memberikan gaji masih dalam uang tunai berupa amplop setiap minggunya.

Dengan adanya HRD GA ini, berharap banget baik manajemen perusahaan, jobdesk karyawan, hingga sistem administrasi karyawan terkelola dengan baik, lebih efektif, dan efisien. Kalau bisa sih, sudah memanfaatkan teknologi dan bisa menyimpan database karyawan secara aman.

Harapan dari owner tersebut diterima oleh pak suami, dan ternyata saat ini memang sudah dibutuhkan tools HR. Apalagi semenjak musibah pandemi dan ada kebijakan WFH, tools HR sangat membantu memantau kinerja karyawan.

Maka itu, pak suami juga perlu upgrade skill dalam menguasai teknologi salah satu tools HR yang nantinya mungkin akan digunakan di kantornya. Gak mungkin dong, untuk upgrade skill ini pak suami belajarnya cuma pas di kantor aja.

Sering kali pak suami belajar ke temannya yang memang berpengalaman menggunakan tools HR. Nah, terkendala banget karena dia belum ada laptop sehingga waktu belajarnya ya cuma sekedar teori saja sama temannya. 

Saat ini posisi pak suami juga masih sebagai R&D, pekerjaannya juga mengharuskan untuk research desain produk sesuai pesanan. Kalau selama ini sih, masih menggunakan metode manual juga untuk membuat desain produk baru menggunakan cara ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dari produk komersial.

Contohnya, kalau ada pesanan jas almamater dan klien memberikan contoh gambar atau produk yang sudah jadi, dia akan melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang dilakukan mulai dari beberapa pola baju yang sudah dibedah, lalu diskusi dengan tim produksi yang memang polanya sesuai budget tapi kualitasnya tetap baik.

Sepertinya akan jauh lebih mudah saat membuat desain produk ini melalui presentasi resmi dengan gambar pola baju sendiri. Bisa saja nanti seluruh tim akan terbiasa dengan perubahan sistem manual menjadi lebih digital.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) Laptop Daily Driver Bikin Kerja Lebih Powerfull

Suami adalah tipe pemilih, mau beli sabun di supermarket aja dia harus melihat beberapa produk secara berulang. Begitu juga saat saya menawarkan untuk beli laptop baru sebagai penunjang kerja dia. Tujuannya biar lebih efektif dan efisien digunakan dimanapun, khususnya pas meeting dan presentasi dengan customer. 

Sudah satu tahun ini, setiap pulang kerja selalu lihat review produk laptop. Sampai akhirnya launching ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), melihat desainnya yang minimalis, ringan, dan tipis, dia langsung tertarik dengan laptop terbaru ASUS ini.




Apalagi keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini sangat powerful dan cukup mendukung sebagai laptop daily driver. Apa saja keunggulannya dan bagaimana bisa membuat pak suami bisa kerja lebih powerful?

Bodi Elegan dan Minimalis, Penampilan Terlihat Lebih Berwibawa



Pak suami merupakan tipe cowok yang males pakai tas backpack. Dia lebih suka pakai goodie bag yang simpel aja. Belum lagi aktivitas pekerjaan juga sering keluar, khususnya saat ketemu klien untuk meeting. 

Perlu banget punya laptop yang ringan, desain minimalis khas cowok banget lah, tapi tetap terlihat elegan. Apalagi kalau dipakai bisa terlihat tambah berwibawa.



Cocok banget dengan kebutuhan pak suami, berat ASUS Vivobook Pro 14 OLED hanya 1,4 kg. Gak perlu bawa tas besar juga, ukurannya super slim karena ketebalan bodinya hanya 18,9 mm. Lengkapnya dimensi bodinya 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm, terbayang kan bagaimana ringannya laptop ASUS ini?

Ada dua pilihan warna ASUS Vivobook Pro 14 OLED hanya dua saja, Cosmos Blue dan Solar Silver. Menurut saya, pilihan warna Solar Silver lebih cocok dipakai untuk cowok. Desain logo ASUS 3D dengan pola chevron anodized bertekstur menambah tampilan laptop ASUS Vivobook lebih unik dan elegan. 

Layar Warna Lebih Akurat, Mempermudah Membuat Desain Produk

Salah satu tugas suami adalah melakukan riset desain produk, mulai dari pembuatan pola hingga pemilihan bahan yang tepat. Sebelumnya, pembuatan pola memang dikerjakan dengan cara manual melalui modifikasi dari pola produk komersial.

Pembuatan pola secara manual seringkali membuat waktu proses produksi lebih lama. Beberapa rekan sudah memberikan rekomendasi untuk mulai mencoba membuat pola menggunakan software (digital). Salah satu keuntungannya, untuk produksi massal akan lebih cepat waktu produksinya.

Kalau ingin mencoba pembuatan pola menggunakan software, juga harus memperhatikan grading warna yang ditampilkan dari layar. Layar warna yang lebih akurat seperti Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400).



Laptop ASUS ini dibekali dengan teknologi layar 2,8K OLED NanoEdge dengan tingkat brightness hingga 600 nits. Akurasi warna yang dihasilkan sangat profesional bersertifikat PANTONE Validated. Dengan gamut warna DCI-P3 100% akan sangat membantu pemilihan warna kain yang tepat, sesuai dengan gambar pola yang sudah ditentukan.

Pada tingkat gamut warna tersebut, sudah sekelas tingkat bioskop. Tampilan visualnya akan lebih realistis, detail, dan ideal banget untuk memenuhi kebutuhan editing video, pembuatan gambar, dan segala jenis konten. 

Gamut warna tersebut juga tetap mempertahankan kualitasnya pada tingkat kecerahan tinggi maupun rendah. Umumnya, saat tingkat kecerahan rendah akan menurunkan tingkat kontras pada gambarnya.

Berbeda dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED memiliki volume warna 60% lebih tinggi dibandingkan layar LCD konvensional. Sehingga, pada kecerahan yang lebih rendah, laptop ASUS OLED akan mempertahankan gamut warna yang lebar. Artinya, dalam tingkat kecerahan apapun, hasil warna laptop ASUS OLED ini tetap akurat hasilnya. 

Tetap Nyaman dan Aman Produktif Bekerja, Upgrade Skill, Hingga Menikmati Hiburan di Depan Laptop

Pernah merasakan pusing sakit kepala dari ujung ubun-ubun hingga leher belakang, saya sempat males buka laptop. Ternyata penyebabnya adalah paparan emisi cahaya biru yang tinggi yang mengakibatkan mata menjadi lelah. 

Menyadari bahaya emisi cahaya biru, membuat saya dan pak suami juga mempertimbangkan fitur yang ditawarkan produk laptop. Apakah memiliki fitur yang memastikan aman melindungi dari potensi bahaya pada mata. 

Sebab, kebutuhan pak suami tidak hanya sebatas produktif bekerja saja. Laptop juga digunakan untuk belajar atau upgrade skill, bahkan menikmati hiburan seperti baca komik dan menonton film anime. Dengan begitu, tidak mungkin hanya satu atau 3 jam saja menatap layar laptop.

Nah, ASUS Vivobook Pro 14 OLED ternyata juga concern dengan masalah potensi bahaya dari emisi cahaya biru. Maka itu, ada fitur pelengkap yaitu eye care yang sudah bersertifikasi TUV Rheinland.


 
Dengan fitur ini, laptop ASUS OLED memancarkan lebih rendah cahaya biru yang berbahaya. Tingkat cahaya biru yang lebih rendah ini sangat membantu membuat mata tetap sehat, bahkan jauh lebih ramah untuk anak-anak. Bye mata perih, karena dengan fitur ini saat berlama-lama di depan laptop akan tetap terasa nyaman. 

Menonton film hingga bermain game menggunakan laptop ASUS OLED ini juga akan lebih memuaskan. Sebab layar OLED bisa menghasilkan warna hitam yang paling gelap dengan gambar yang sangat tajam. Selain itu, transisi warnanya juga hanya membutuhkan waktu 0,2 milidetik dimana 50 kali lebih cepat dari layar LCD pada umumnya.

Transisi warna yang semakin cepat akan menghasilkan gerakan yang semakin baik. Dengan begitu, hasil video tidak akan pecah atau roaming. Cocok sekali dengan kebutuhan para gamers, ataupun yang terbiasa menggunakan laptop secara multitasking. 

Performa Lebih Powerful, Makin Mudah Bekerja Multitasking

Siapa yang terbiasa membuka banyak tab, software, pemutar musik juga dinyalakan saat bekerja menggunakan laptop? Kalau performa laptop tidak menggunakan prosesor mumpuni, pasti akan menyebabkan laptop ngadat, ngehang, atau tiba-tiba mati sendiri.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.




Laptop dengan bodi tipis, desain minimalis, tapi didukung dengan performa diluar batas. Tidak heran kalau ingin pekerjaan sat set langsung beres, bisa dilakukan secara multitasking tanpa nge-hang karena performa processor ASUS Vivobook Pro 14 OLD paling tinggi menggunakan AMD Ryzen™ 7-5800H.

Performa processor lebih powerful sekelas laptop gaming, semakin gahar lagi dengan RAM DDR4 hingga 16GB mempermudah aktivitas yang dilakukan tanpa adanya tanpa adanya hambatan seperti drama lemot atau nge-hang. 

Untuk aktivitas sehari-hari yang ringan mulai dari browsing, editing video atau gambar, dan program software lainnya, cukup baik kemampuan performa kecepatan prosesornya. Pengolah grafis mumpuni AMD Radeon™ Graphics juga memberikan hasil frame rate yang cukup baik. Contohnya untuk bermain aplikasi yang cukup berat seperti game Shadow of the Tomb Raider dengan resolusi Full HD bisa menghasilkan frame rate 28 fps.

Performa penyimpanan terbukti lebih cepat terbaca, dengan PCIe SSD berkapasitas 512 GB, kecepatan baca storage ASUS Vivobook Pro 14 OLED bisa mencapai lebih dari 3500 MB/s. Hasil uji ini membuktikan kalau sistem operasi, aplikasi, data yang tersimpan pada SSD akan terbaca dengan cepat. 

Laptop ASUS OLED ini juga sudah didukung oleh windows 11 dengan cara pengoperasian yang mudah. Performa yang lebih powerful ini akan mendukung kebutuhan pak suami saat membuat laporan, olah data absensi karyawan, hingga analisis riset desain produk secara bersamaan. Tanpa perlu khawatir ada hambatan, sebab aktivitasnya terbilang ringan namun tetap butuh performa yang mumpuni, speed cepat, dan storage yang cukup besar.

Teknologi Sistem Pendingin Bikin Laptop Tidak Panas, dan Tidak Bising

Dulu salah satu alasan memilih laptop karena memiliki sistem pendingin atau kipas. Dengan adanya kipas akan membantu laptop tidak cepat panas, katanya juga sih lebih awet baterainya.

Laptop jadulku terbukti lebih awet, sudah bertahan selama 8 tahun lebih. Meskipun baterai sudah bocor, suara kipasnya juga sudah bising, tapi penuh kenangan karena menemani berjuang dari sarjana, magister, hingga bekerja. 

Tapi, masih ingat betul rasa malu saat kerja di cafe atau coworking space karena harus selalu mencari meja yang menyediakan stop kontak. Belum ada 1 jam laptop menyala, sudah ada suara bising dari kipas dan laptop mulai panas. Duh, namanya perjuangan ya!



Teknologi terus berinovasi, begitu juga dengan desain laptop yang ditawarkan. Desain laptop yang tipis umumnya selalu memberikan kesan tidak memiliki sistem pendinginan atau kipas. Sayangnya, kesan tersebut dibantahkan oleh ASUS Vivobook Pro 14 OLED yang memiliki kinerja lebih stabil dengan sistem pendingin berkipas ganda.

Teknologi sistem pendingin yang digunakan ASUS IceCool Pools, hasilnya mampu memberikan kinerja laptop tetap dingin, stabil, dan lebih maksimal. Selain itu, ada 3 profil kipas yang dapat diatur sesuai kebutuhan melalui MyASUS.

Baterai Awet Lebih Produktif, Siap Bekerja Dimana Saja!

Bekerja juga lebih produktif kalau laptop memiliki baterai yang lebih tahan lama. Tidak perlu sibuk mencari stop kontak, atau harus bekerja di meja kantor yang sudah disediakan. Untuk mencari ide baru misalnya, sesekali butuh juga keluar mencari suasana baru.

Belum lagi, saat pekerjaan mengharuskan meeting dan presentasi di depan klien. Harus banget memperhatikan baterai laptop bisa bertahan lama. Pak suami sangat mempertimbangkan ketahanan baterai untuk barang elektronik seperti smartphone, ataupun laptop.

Pada dasarnya memang malas mencari stop kontak dan bawa charger, selain itu kata pak suami kalau daya tahan baterai tahan lama biasanya sih akan lebih awet juga laptopnya.

Nah, Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED didukung dengan baterai berkapasitas 50 Wh (3S1P, 3-Cell Li Ion). Dengan daya tersebut sanggup memasok hingga 8 jam lebih, cukup ya untuk bekerja seharian. 



Teknologi WiFi Lebih Eksklusif dengan Kecepatan Ultra

Selain audio speaker yang jernih, untuk kebutuhan meeting online, mengirim file dengan kapasitas besar, streaming, atau game online membutuhkan kecepatan jaringan super cepat. 

Pekerjaan suami juga berhubungan dengan tim desain grafis untuk membuat content plan, desain gambar kaos sesuai pesanan klien. Agar gambar terlihat dengan jelas, biasanya disimpan dalam file yang cukup besar. Maka itu, lebih mudah saat harus di-review pak suami dikirim saja melalui WiFi.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED menggunakan teknologi ASUS WiFi Master Eksklusif yang merupakan ASUS WiFi SmartConnect. Laptop akan secara otomatis terhubung melalui sumber WiFi terbaik dan hotspot seluler yang dikenal.

Kecepatan jaringannya sangat cepat, karena menggunakan WiFi 6 (802.11 ax), sehingga untuk transfer file besar akan lebih cepat, bermain game juga lebih responsif tidak lemot, begitu juga dengan video conference akan lebih lancar.

Sistem Audio Speaker Lebih Jernih, Meeting Online Hingga Streaming Video Lebih Nyaman

Tempat kantor pak suami berdekatan dengan ruang produksi, setiap hari kerja suara mesin bordir dan mesin jahit tidak pernah berhenti. Padahal pak suami beberapa waktu harus menyempatkan training melalui conference call, apalagi kalau nanti udah jatahnya materi public speaking. Penting banget punya laptop yang bisa menghasilkan suara dari dua arah lebih jernih dan jelas.

Begitu juga, saat harus meeting online ketika kliennya ternyata dari luar daerah. Pertimbangan berdiskusi lewat online jauh lebih hemat. Sama sih, dengan kebutuhan saat ini dimana aktivitas pekerjaan sudah bisa dilakukan secara hybrid. Maka itu, penting deh cari deh laptop yang punya teknologi AI Noise-Canceling


Teknologi tersebut sudah digunakan audio speaker  ASUS Vivobook Pro 14 OLED. Dengan memanfaatkan fitur ClearVoice Mic di MyASUS bisa mengurangi suara bising di sekitar, ditambah lagi ada mode Multi-Presenter yang bisa menormalkan suara  individu dari posisi berbeda saat melakukan video call grup atau meeting zoom grup.

Selain itu, ada juga fitur ClearVoice Speaker yang bisa menyaring suara bising selain suara manusia, seperti kendaraan, hewan, pembangunan, dan lainnya. Fitur-fitur ini sangat membantu saat melakukan meeting atau training online, sebab suara dari pembicara akan terdengar dengan jelas. 

Data Lebih Aman, Melindungi Privasi Penggunanya




Kalau nantinya pak suami punya laptop sendiri, harus banget tanggung jawab dengan seluruh data karyawan yang tersimpan. Masalahnya, data karywan itu termasuk informasi pribadi, bisa saja kalau ada oknum berniat melakukan kejahatan memanfaatkan informasi pribadi tersebut untuk hal-hal yang merugikan.

Pastinya, harus mempertimbangkan laptop yang memiliki keamanan dan melindungi privasi pemiliknya. Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED memastikan data dan privasi penggunanya lebih aman. Laptop ini dilengkapi dengan fitur keamanan sensor sidik jari yang terintegrasi tombol power. Fitur one touch login ini mempermudah penggunanya untuk lebih cepat masuk tanpa harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu.

Tentunya, hanya pemilik laptop saja yang bisa membuka laptop. Dengan begitu, data rahasia administrasi karyawan yang menjadi tanggung jawab pak suami dijamin aman tersimpan dalam laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED.

Tak hanya itu, serangan malware juga sering terjadi melalui webcam laptop. Belum lagi aktivitas meeting online yang sering membuat ceroboh karena tidak sadar sedang open camera. Menyadari hal tersebut, ASUS Vivobook Pro 14 OLED memberikan fitur webcam shield secara instan. Caranya sangat mudah, cukup menggeser slider webcam saja untuk menutup atau membuka kameranya. 

Port Konektivitas Tidak Rumit 



Bisa dibilang port konektivitas ASUS Vivobook Pro 14 OLED sudah bisa memenuhi kebutuhan pekerjaan sehari-hari. Misalnya, kalau dibutuhkan meeting dan presentasi proposal, tidak perlu mencari kabel extender HDMi.

Laptop ASUS ini sudah menyediakan port HDMI 1.4, begitu juga kebutuhan untuk port USB sudah dilengkapi dengan 1 USB 3.2 Gen 2 Type-A, dan 2 USB 2.0 Type-A. Cukup lah ya, untuk kebutuhan menghubungkan keyboard external, flashdisk, dan mouse.

Laptop ini juga menyediakan port microSD card reader, dan audio jack. Menurut saya tidak rumit, cukup simpel sesuai kebutuhan sehari-hari saja. Dilengkapi juga kok dengan Bluetooth. 

Keyboard Backlit, Mengetik Lebih Nyaman

Pekerjaan HRD nantinya memang lebih banyak mengurus administrasi karyawan, membuat jobdesk dan KPI setiap karyawan, hingga pembuatan laporan setiap bulannya. Maka itu, perlu kenyamanan saat mengetik.

Keyboard dengan jarak tombol, kedalaman tekan, dan penempatannya presisi akan membuat aktivitas mengetik lebih nyaman. Selain itu, fitur backlit pada keyboard juga membantu pekerjaan lebih produktif, karena bisa tetap bekerja dalam keadaan gelap.

Touchpad dengan ukuran yang lebih luas juga mempengaruhi kenyamanan dalam penggunaan laptop. Kalau sudah nyaman menggunakan touchpad dan keyboard, rasanya tidak perlu ribet lagi membawa mouse dan keyboard external.




Ya, kenyamanan mengetik ini bisa didapatkan dari fitur keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard Vivobook Pro 14 OLED dilengkapi dengan lampu latar ukuran penuh. Selain itu, dirancang secara ergonomis, kokoh, konstruksi one-piece dan key travel 1,35 mm

Touchpad ASUS Vivobook Pro 14 OLED juga memiliki ukuran yang cukup luas, dan bahannya tidak menyebabkan cepat berminyak. Menurut saya akan nyaman banget digunakan.

Pekerjaan Lebih Efisien dengan MyASUS



Dulu waktu laptop ASUS pak suami masih digunakan dengan baik, saya paling sering memanfaatkan fitur Link to MyASUS ini untuk mengirim foto-foto berdua setelah nge-date. Fitur ini gampang dan lebih efisien, sebab bisa langsung transfer file, berbagi layar, atau melakukan kegiatan komunikasi.

Ternyata MyASUS juga menyediakan fitur lain, seperti melalui TaskFirst bisa mengatur prioritas pemakaian koneksi internet. Penggunanya bisa memilih aktivitas apa yang lebih diprioritaskan untuk mengakses koneksi internet. Fitur ini berguna banget, terutama saat sedang bermain game, potensi menang akan lebih besar karena jaringan internet yang digunakan lebih cepat. 

MyASUS juga bisa mengatur pengisi daya baterai, istilahnya Battery Health Charging yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur pengisian baterai pada batas kapasitas maksimal. Fitur ini bisa membuat baterai lebih awet, karena tidak perlu kuatir baterainya jadi cepat bocor.




Kesimpulan


ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa dibilang sebagai laptop daily driver, tapi performanya diluar batas yang dimiliki laptop sekelasnya. Keunggulan laptop ASUS ini sudah bisa memenuhi kebutuhan pak suami untuk mendukung pekerjaannya lebih produktif.

Layar warna yang lebih akurat dan detail, ditambah ada fitur Eye Care Certified by TUV Rheinland. Hasil pekerjaan suami akan lebih presisi, tidak perlu khawatir juga berlama-lama menatap layar laptop, kedua matanya akan tetap terjaga.

Sudah didukung dengan windows 11 home, kinerja laptop lebih cepat karena performa processor AMD Ryzen, dan penyimpanan storage yang cukup besar 512GB. Ditambah kenyamanan keyboard backlit dan touchpad, dalam kondisi gelap pun bisa tetap produktif. 

Pekerjaan yang bersinggungan dengan data membutuhkan jaminan keamanan, fitur one touch log in dengan fingerprint dan webcam shield akan membuat laptop tetap aman dari bahaya malware ataupun gangguan keamanan lainnya.

Pekerjaan juga lebih efisien dengan fitur-fitur yang ada pada aplikasi MyASUS. Selain itu, fitur dari MyASUS juga memantau kinerja laptop saat digunakan sehari-hari. 

Kalau kamu tertarik juga dengan laptop daily driver ASUS Vivobook Pro 14 OLED, langsung aja intip spesifikasi lengkap disini. Dengan performa powerfull dan fitur-fitur yang canggih, harga laptop ASUS Vivobook terbaru ini cukup terjangkau mulai dari 10jutaan saja. 

Main Spec.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

CPU

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB DDR4

8GB DDR4

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with privacy shutter

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Solar Silver, Cosmos Blue

Price

Rp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty


Sumber Tulisan:

https://glints.com/id/lowongan/skill-bekerja-di-human-resources/#.YzaoAuxBzzc
https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-Pro-14-OLED-M3400/
https://www.travelerien.com/2022/09/asus-vivobook-pro-14-blog-writing-competition.html
Press Release ASUS Indonesia

Foto dan Inforgrafis:
Diolah Canva
ASUS Indonesia


  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)