Pengertian Sanitasi Adalah Serta Manfaatnya

By Farhati Mardhiyah - 11:03 AM

Baca Juga

Sanitasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mengawasi beberapa faktor lingkungan fisik hingga munculnya penyakit yang akan berpengaruh terhadap manusia. Apakah lingkungan sekitar kalian sudah memiliki sanitasi yang baik?

Apalagi jika seandainya hal-hal tersebut memiliki efek yang berhubungan dengan kerusakan lingkungan fisik. Sanitasi ini agaknya punya peran penting dalam kehidupan masyarakat, apalagi juga akan berhubungan dengan kondisi kesehatan nantinya.


arti sanitasi, sanitasi adalah
source: freepik.com


Manfaat Sanitasi yang Sehat Dalam Sehari-hari

 
Penting banget mengetahui informasi ini! Kamu perlu tahu kalau sanitasi yang sehat juga akan memberikan banyak manfaat dalam hidup diantaranya adalah:

1. Mencegah Penyakit Menular

Umumnya diantara penyakit menular hadir dari lingkungan yang kurang bersih dan tidak terpelihara dengan baik. Dengan memastikan sanitasi yang sehat, penyakit-penyakit menular juga dapat dihindari.

2. Cegah Timbulnya Bau yang Tidak Sedap

Lingkungan yang sanitasinya buruk serta kurang bersih, sepertinyaa sangat mungkin mencemari lingkungan. Sehingga, terkadang muncul aroma atau bau yang kurang sedap. Aroma yang tidak sedap ini dapat dihindari jika kondisi sanitasi lingkungan tersebut baik atau sehat.

3. Menghindari Pencemaran Lingkungan

pastinya sudah sering atau banyak diantara kamu yang menjumpai dimana kondisi lingkungan tercemar dimana-mana. Seperti melihat adanya perubahan warna pada air, bau yang tidak sedap hingga resiko terjangkit penyakit. Pencemaran lingkungan ini pada dasarnya adalah sesuatu yang buruk dan harus diwaspadai.

4. Dapat Mengurangi Jumlah Persentase Sakit

Jika kondisi sanitasi buruk dengan pencemaran dimana-mana, hal ini akan berdampak pada manusia sendiri yang akan lebih mudah untuk tertular penyakit. Sebaliknya ketika sanitasinya bagus dan juga sehat maka persentase untuk terserang penyakit juga jadi semakin minim bukan.

5. Menjaga Kualitas Air Bersih

arti sanitasi, sanitasi adalah
source: freepik.com

Jika menjaga kualitas air dari dampak pencemaran, maka tidak ada istilah lagi kelangkaan air bersih di suatu kawasan tertentu bukan? Tentunya ketersediaan air bersih akan tetap melimpah.
 
Arti sanitasi ini banyak tergantung tiap orang yang mendefinisikannya. Namun, alangkah baiknya untuk mewujudkan dan menjaga agar sanitasi tetap sehat dengan penerapan pembaharuan. 

Sekarang ini bahkan ada program Indonesia Sustainability yang dapat diikuti oleh perusahaan mana saja untuk mendapatkan penghargaan hasil kerjasama dengan negara-negara di Eropa. Apakah kamu sudah mengetahui program tersebut?

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)