Review Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++, Apakah Cocok Untuk Kulit Berminyak?

By Farhati Mardhiyah - 6:52 AM

Baca Juga

Awalnya sama sekali tidak tertarik pakai sunscreen Azarine Hydrasoothe ini, underestimate banget pokoknya karena dari kemasan yang kurang menarik. Lalu, karena sunscreen L'oreal habis dan harganya memang mahal, akhirnya mulai berani coba pakai Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++.


Kondisi dan Jenis Kulit Wajah

Anyway, kulit wajahku termasuk jenis kulit wajah berminyak, kulit sensitif, dan mudah berjerawat. Kondisi saat pakai sunscreen ini memang tidak sedang berjerawat, tapi ada beberapa bekas noda hitam bekas jerawat.

Pemakaian sunscreen menurutku penting banget, tujuan sunscreen itu gak cuma melindungi dari paparan sinar UVA atau UVB aja. Tapi, untuk noda hitam bekas jerawat juga sangat terbantu banget lebih cepat memudar. 

Maka itu, sunscreen tuh wajib hukumnya untuk selalu dipakai setiap pagi dan re-apply 2 - 3 jam saat di luar rumah. 

Untuk tipe kulit wajah berminyak, aku selalu pilih jenis chemical sunscreen. Sebab, jenis suncreen ini tidak meninggalkan white cast, dan biasanya sih hasil akhir sunscreen gak meninggalkan warna putih di kulit wajah. 

Nah, itulah sebabnya aku tertarik untuk coba produk sunscreen Azarine. Soalnya, dilihat dari ingredients sunscreen Azarine ini termasuk dalam jenis chemical sunscreen, tidak ada kandungan zinc oxide atau titanium dioxide. 

Review Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++


Dari deskripsi produknya, sunsreen Azarine adalah tabir surya dalam bentuk gel yang berfungsi untuk melembabkan, menenangkan, dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Diperkaya dengan ekstrak alami seperti propolis, aloe vera, green tea, dan pomegranate yang bermanfaat untuk kulit wajah. Tekstur gel ini dingin dan ringan, sehingga mudah meresap dan tidak meninggalkan whitecast pada kulit.

Lalu, tertera juga pada kemasan produknya kalau produk Sunscreen Azarine ini Oil free, alcohol free, dan silicone free. Bahkan, ada informasi produk Azarine ini adalah Organic sunscreen dan cocok untuk semua jenis kulit wajah.

Apa Saja Kandungan Skincare Sunscreen Azarine Hydrasoothe Gel SPF 45 PA++++


komposisi:
Aqua, Glycerin, Propanediol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Portulaca Oleracea Extract, Sodium Hyaluronate, Niacinamide, Cucumis Sativus Fruit Extract, Tea Camelia Sinensis Extract, Punica Granatum Fruit Extract, Phenoxyethanol, Octocrylene Butylene Glycol, Sodium Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylates Crosspolymer, Propolis, Picea Abies Extract, Allantoin, Xanthan Gum, Panthenol, Disodium EDTA, Lechitin.

Dilihat dari komposisi ingredients sunscreen Azarine, memang terlihat banyak kandungan organik dari ekstrak tanaman dan buah-buahan. Bisa dilihat yang ditebalkan warna hijau, maka gak heran ya dari informasi kemasan produknya Azarine Sunscreen ini punya klaim organic Sunscreen.

Barbadensis Leaf Extract adalah nama lain dari ekstrak lidah buaya, manfaat buat kulit wajah bisa mengurangi inflamasi, menyejukkan dan menenangkan kulit. Nah, gak heran kalau setelah apply Sunscreen Azarine ada efek cooling, sejuk-sejuk dingin gitu.

Portulaca Oleracea Extract menarik banget, karena merupakan ekstrak tanaman krokot yang sebenarnya adalah salah satu tanaman herba di tanah tropis. Kok bisa ya RnD Azarine ini memasukkan kandungan tanaman ini untuk memberikan manfaat perawatan kulit wajah dari penuaan dini, mencerahkan kulit wajah, dan efek antiinflamasi.

Cucumis Sativus Fruit Extract adalah ekstrak buah mentimun, kompisisi timus sendiri terdiri dari 95% air. Untuk kandungan utama yang bermanfaat untuk kulit wajah dari ekstrak tanaman ini adalah Vitamin C, beta carotene, polusaccharides, dan vitamin K. Fungsi utamanya sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan sebagai komponen pewangi natural yang ramah untuk kulit sensitif. 

Tea Camelia Sinensis Extract adalah ekstrak tanaman dari pucuk daun teh. Manfaat ekstrak tanaman teh untuk kulit wajah bisa mengurangi risiko kerusakan akibat paparan sinar UV, meremajakan kulit wajah, dan merawat kulit berjerawat.

Punica Granatum Fruit Extract adalah ekstrak dari kulit buah Delima, iya betul ekstrak buah Delima itu punya manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Dari kulit buah Delima ini bisa memberikan kadar pH lebih seimbang jadi kulit wajah bisa lebih lembab. Selain itu, bisa merawat kulit berjerawat dan mencegah penuaan dini.

Picea Abies Extract merupakan jenis spesies pohon cemara dari genus keluarga Pine. Manfaat untuk kulit wajah sebagai aintimikroba, antioksidan, antiaging, dan antiinflamasi. Sepertinya skincare dari brand lokal masih jarang pakai ekstrak tanaman pohon cemara ini.

Propolis, salah satu kandungan utama yang memberikan manfaat menutrisi, melembabkan dan antiseptik alami. Propolis terbuat dari produk sampingan berupah getah yang dihasilkan lebah madu. 

Untuk kandungan utama dari Sunscreen Azarine ada 4 yaitu Aloe Vera, Greentea, Propolis, Promegranate, dan Niacinamide. Dari keempat kandungan utama tersebut, memang lebih banyak komposisi kandungan organik, mungkin saja campurannya lebih banyak dibandingkan komposisi yang lain.

Keren sih, sunscreen Azarine ini menyelipkan Niacinamide dalam produk sunscreen-nya. Gak cuma melindungi dari paparan sinar UV aja, sunscreen Azarine juga membantu merawat kulit wajah lebih baik lagi dari bahaya kerusakan kulit wajah lainnya seperti jerawat, noda hitam yang membandel, dan kulit dehidrasi. 

Terus, komposisi sunscreen Azarine mana sih yang memberikan benefit melindungi dari sinar UVA/UVB?

Sepertinya sih dari komposisi ini Butyl Methoxydibenzoylmethane dan Ethylhexyl methoxycinnamate. Keduanya ini memang dikenal sebagai bahan kimia yang umum digunakan sebagai produk tabir surya. 

Butyl Methoxydibenzoylmethane dikenal sebagai Avobenzone, senyawa organik ini punya kemampuan lebih stabil digunakan dalam produk tabir surya untuk menyerap spektrum sinar UVA. Sayangnya, untuk kondisi kulit wajah dermatitis sepertinya tidak akan cocok dengan bahan kimia ini. Selain itu, Avobenzone juga bisa bereaksi dengan kandungan Klorin, jadi lebih baik tidak digunakan saat berenang yaa. 

Sedangkan untuk Ethylhexyl methoxycinnamate dikenal sebagai Octinoxate, senyawa yang tidak larut dalam air. Biasanya digunakan sebagai chemical sunscreen untuk menyerap sinar UVB. Beberapa literatur tidak merekomendasikan Octinoxate diguankan untuk ibu hamil, menyusui, dan anak-anak dibawah 12 tahun. Sayangnya sih, di informasi produk Sunscreen Azarine tidak ada himbauan pemakaian tersebut.

Terus, aman gak sih kedua bahan aktif sunscreen tersebut untuk kulit wajah kita? Kalau produk skincare sudah terdaftar BPOM, bisa dipastikan sih aman digunakan.

Bagaimana Tekstur Sunscreen Azarine? Apakah Meninggalkan White Cast dan Bikin Wajah Abu-Abu?


Beberapa jenis sunscreen memang sering kali memberikan efek kulit jadi lebih putih. Dari pengalamanku sih, jenis sunscreen tersebut sangat tidak nyaman digunakan, apalagi kalau digunakan bersamaan dengan Makeup. Belum lagi, setelah pemakaian meninggalkan banyak white cast atau komedo, untuk kulit berjerawat dan berpori besar lebih baik menghindari jenis sunscreen tersebut ya.

Punya kulit wajah gampang berjerawat dan berminyak harus lebih picky memilih produk sunscreen. Supaya menghindari masalah seperti pakai sunscreen jadi berminyak, jadi jerawatan, dan jadi kusam. 

Untuk itu, hal pertama yang aku coba adalah tekstur sunscreen. Menurutku lebih baik pilih tekstur yang lebih mild, mudah menyerap, dan tidak menimbulkan efek kulit wajah lebih putih. Ya, intinya kaya pakai moisturizer atau pelembab biasa aja. 

Nah, tekstur yang aku cari itu ditemukan lah pada Sunscreen Azarine. Bener-bener ringan banget, cepat meresap, ada efek cooling yang menenangkan. Feel atau pengalaman pakai Sunscreen Azarine ini beda banget sama produk sunscreen brand lokal yang pernah aku coba. 

Jadi, after apply sunscreen memang kaya pakai pelembab biasa aja yang meresap ke kulit wajah, dan ga ada efek kulit lebih cerah atau putih. Tidak ada kesan kulit terasa ganjel karena pakai sunscreen ini, biasanya tuh kalau kena sinar matahari langsung terasa lebih berat karena teksturnya luntur gitu. 

Nah, karena sudah menyerap di kulit wajah dengan baik, after finish produk sunscreen Azarine ini kaya ga memberikan efek apapun. Tapi, tuh kulit wajah tetap terlindungi dengan baik, so far sih wajahku gak terlihat belang warnanya.

Bagaimana Wangi dari Sunscreen Azarine?

Untuk wanginya menurutku sangat tercium aroma mentimun, ini aku baru sadar setelah baca komposisinya. Ooo, ternyata yang tercium itu mentimun dicampur ada bau lidah buaya alami gitu. Karena tidak terlalu menyengat, jadi aman dan nyaman digunakan ya.

Kulit wajahku tergolong sensitif sama aroma wangi-wangian, tapi selama pakai Sunscreen Azarine gak ada efek buruk dari wangi yang muncul ini.

Apakah Sunscreen Azarine Bikin Kulit Wajah Semakin Berminyak?

Banyak yang bilang, after finish dari sunscreen Azarine ini memberikan efek lebih matte di kulit wajah. Menurutku sih, gak begitu matte tapi kulit lebih terasa lembab aja kok. Mungkin karena tipe kulit wajahku berminyak jadi gak merasakan efek matte itu ya.

Nah, pemakaian sunscreen dengan produk makeup ini yang aku perhatikan kurang menyatu atau gak nempel. Padahal setelah pakai sunscreen selalu aku keringkan dulu, tapi memang ada kesan lengket sih waktu dipakai. Mungkin kesan lengket ini jadi bikin kurang bersahabat sama produk foundation yang teksturnya lebih cair.

Mau pakai makeup atau gak, efek dari sunscreen Azarine ini gak bikin kulit wajah semakin berminyak atau lebih kering. Formula bahan kimia dan ekstrak tanaman maupun buah-buahan dalam produk ini bener-bener pas untuk kulit wajah.

Selain ada ekstrak tanaman dan buah-buahan yang membuat kulit wajah lebih lembab, ada juga tuh komposisi Sodium Hyaluronate yang punya benefit bisa menghidrasi kulit wajah ya. 

Adanya efek menjaga kelembaban kulit wajah ini memberikan benefit baik buat tipe kulit wajah berminyak. Kalau kulti terhidrasi dengan baik, otomatis kadar minyak akan lebih terkontrol dengan baik. Untuk poin ini, aku sungkem deh sama produk Sunscreen Azarine.

Bagaimana Performa Perlindungan dari Sinar UVA/UVB?

Jujur aja, aku termasuk tipe yang malas re-apply sunscreen tiap 2 - 3 jam. Sunscreen biasanya aku pakai sekali aja, nah kalau udah keluar rumah jarang banget tuh re-apply, kecuali emang bawa sunscreen dan niat mau dipakai lagi setelah wudhu. 

Untuk performa Sunscreen Azarine, aku pantau sih dari area wajah yang tertutup lipatan kerudung dari kacamata. Keduanya gak menimbulkan warna kulit wajah lebih gelap atau belang. 

Nah, buat yang pakai kacamata sering kan hidungnya terlihat belang? Biasanya sih akibat dari panas-panasan di bawah sinar matahari, kulit wajah yang terbuka jadi lebih cepet gosong dan warnanya jadi belang deh.

Sunscreen Azarine tidak menimbulkan kulit wajah lebih gosong, jadi performa perlindungan sinar UVA/UVB ini bisa dibilang memberikan bekerja dengan baik di kulit wajahku. 

Apakah Sunscreen Azarine Bikin Jerawatan?

Kalau dilihat dari komposisinya, sunscreen Azarine ini tidak memiliki kandungan komedogenik yang bisa menyumbat pori-pori. Maka itu, seharusnya sih ketika digunakan rutin dan dibersihkan dengan benar tidak menyebabkan jerawat.

Nah, berdasarkan pengalaman pemakaian sunscreen Azarine hampir 6 bulan ini kondisi kulit wajahku terlihat baik-baik aja. Termasuk area yang tertutup oleh masker, meskipun area dagu masih sering timbul jerawat tapi penyebab utamanya karena hormonal aja.

Beberapa kandungan sunscreen ini juga ada yang berfungsi mengontrol kadar minyak dan kelembaban kulti wajah, contohnya Tea Camelia Sinesis Extract, Picea Abies Extract, Punica Granatum Fruit Extract. Menurutku, dengan kandungan tersebut sangat membantu merawat kulit wajah berjerawat. Apalagi fungsi antioksidan, antibakteri, antiinflamasi ini memang dibutuhkan sama tipe kulit berjerawat.

Kesimpulan

Dengan harga sunscreen Azarine Rp 65.000-, isi sunscreen 50 mL bisa habis dalam satu bulan. Ini pemakaian rutin tanpa sering re-apply ya tiap harinya. Menurutku, harganya sangat terjangkau banget dengan komposisi kandungan skincare dan benefit yang didapatkan dari sunscreen ini.

Kalau jenis kulit wajah kalian berjerawat, berminyak, atau kombinasi, rekomendasi sunscreen brand lokal ini layak dicoba. Sedangkan sunscreen untuk kulit kering, bisa diccari dulu bagaimana review sunscreen Azarine di kulit wajah yang kering ya. Menurutku, bisa aja cocok karena hasil pemakaian sunscreen juga memberikan benefit melembabkan, dan tidak terlalu matte



  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)