Apa Sih Penyebab Setelah Melahirkan Sulit Menahan Pipis?

By Farhati Mardhiyah - 12:00 AM

Baca Juga

source: freepik.com

Setelah melahirkan Qiya, rasanya punya gangguan kesehatan sulit menahan buang air kecil alias pipis. Apalagi setiap bangun tidur, kalau sudah kebelet banget beneran gak bisa ditahan dan auto keluar aja netes dari Vagina itu pipisnya.

Hai, setelah Qiya umurnya hampir 2 tahun ternyata kepikiran cerita banyak hal mengenai perjalanan menjadi Ibu. Rasanya banyak cerita di kepala yang ingin disampaikan. Niatnya sih, mau beli domain baru tapi belum ada budget. Hahaha.

Panggilan saya "Umma", begitu Qiya anak Toddler-ku yang lagi gemesin memanggil tiap detik. 

Kali ini mau cerita mengenai masalah sulitnya menahan buang air kecil. Sering deh, pas batuk atau bersin tiba-tiba kecepirit. 

Dulu sering ngecengin Ibu karena sering beser dan ngompol di celana. Ternyata sekarang saya merasakan itu. Curhat sama Ibu malah ditimpalin balik "Baru anak satu masa udah dool?"

Kenapa Setelah Melahirkan Jadi Sulit Menahan Pipis?


Sebenarnya ketika dulu hamil sudah mengalami gangguan kesehatan ini. Tapi, sulitnya menahan kencing makin parah setelah melahirkan.

Lucunya, kalau bangun tidur ada rasa mau pipis tapi pas bangun "eh...eh, ada yang netes sendiri" nangis gak sih, haha. 

Bahkan, terkadang sering merasakan tidak ada rasa mau pipis tapi tiba-tiba udah ngucur gitu aja. Ini yang parah sih, sampe diketawain suami. 

Setelah mencari penyebabnya lewat artikel di internet, ternyata yang aku alami ini memang wajar terjadi sama ibu melahirkan. 

Dilansir dari alodokter.com, gangguan kesulitan menahan pipis setelah melahirkan ini namanya inkontinensia postpartum. Penyebab utamanya karena otot dasar panggul yang melemah, rusaknya saraf yang mengontrol keluarnya urin, dan episiotomi atau sayatan pada perineum.

Ya, kalau dari history melahirkan saya memang mengalami episiotomi meskipun gak panjang. Mungkin saja ya, niatnya pengen cek ke bidan atau dokter kalau nanti gangguan ini sudah semakin meresahkan. 

Kopi dan Teh Bikin Makin Parah Kesulitan Menahan Pipis

source: freepik.com

Beberapa kali saya perhatikan, kalau setelah minum teh atau kopi bisa menyebabkan pagi harinya kesulitan menahan pipis. 

Ya, akibat konsumsi kafein terlalu banyak kan memang meningkatkan frekuensi urine. Sudah tau akibatnya, tapi saya masih tetap bandel aja hobi minum es teh dan kopi. 

Kalau mau mengatasi sulitnya menahan pipis bisa dengan membatasi konsumsi kafein, syukur-syukur sih gak usah minum teh atau kopi. 

Atasi Sulitnya Menahan Pipis Setelah Melahirkan dengan Olahraga


Beberapa menyarankan untuk mengatasi sulitnya menahan buang air kecil dengan olahraga. Tujuannya untuk melatih otot panggul kembali kuat lagi. 

Salah satu olahraga untuk menguatkan otot panggul dengan senam kegel. Nah, dari influencer workout seperti Salsalivefit menyarankan untuk wanita setelah melahirkan sebelum memutuskan olahraga, cek kondisi diastasis recti.

Iya, ternyata gak bisa asal melakukan gerakan olahraga karena ibu melahirkan bisa mengalami diastasis recti. Selanjutnya, kita obrolin tentang masalah ibu-ibu yang lain ya.

See ya :)
Regards,
Farha

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)