Review Sunscreen Carasun Solar Smart UV Protector, Tekstur Ringan dan Tersedia Beragam Kemasan

By Farhati Mardhiyah - 12:12 AM

Baca Juga



Salah satu basic skincare yang wajib dipakai setiap hari. Sunscreen adalah produk perawatan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. 

Sunscreen menjadi inti perawatan kulit wajah. Percuma saja menggunakan skincare korea atau lokal yang mahal, tapi melewatkan pemakaian sunscreen setiap harinya. Tidak hanya digunakan saat matahari sedang cerah-cerahnya, saat mendung pun wajib menggunakannya. 

Kenapa Wajib Pakai Sunsceen Setiap Hari?


Meskipun bisa berpengaruh buruk pada kulit, sinar matahari sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sebab, sinar matahari juga memproduksi vitamin D. 

Namun, paparan sinar matahari juga memancarkan 3 spektrum yaitu sinar UVA, UVB, dan UVC. Ketiganya ini memiliki dampak buruk pada kulit seperti meningkatkan risiko kanker, mempercepat penuaan dini, kulit terbakar dan jadi lebih gelap, dan bisa menimbulkan jerawat.

Jadi, tau kan alasannya kenapa percuma saja pakai skincare semahal apapun tapi kok hasilnya gak memuaskan? Mungkin saja salah satu basic skincare yang belum diterapkan dengan baik, atau pemakaian skincare masih bolong-bolong.

Menurut American Academy of Dermatology Association, sebaiknya memilih sunscreen dengan nilai SPF 30 atau lebih tinggi. Sebab, nilai SPF yang tinggi memiliki perlindungan yang luas terhadap sinar UVA maupun UVB.

Nah, ada nih rekomendasi sunscreen lokal dengan nilai SPF 45 yaitu Carasun Solar Smart UV Protector. Simak review lengkapnya disini ya!

Review Sunscreen Carasun Solar Smart UV Protector




Produk skincare lokal yang baru saja hadir di tahun 2021, tapi peminatnya sudah cukup banyak. Sunscreen Carasun ini termasuk jenis Chemical Sunscreen.  Keunggulan dari sunscreen Carasun dilengkapi dengan SPF 45 dan PA++++, produknya memang diformulasikan khusus untuk iklim tropis.

Key Ingredients


Dari full ingredients sunscreen Carasun memiliki 2 kandungan utama yaitu.

Butyl Methoxydibenzoylmethane

Salah satu bahan chemical sunscreen yang banyak digunakan sebagai bahan produk tabir surya. Kandungan skincare ini memang terbukti bisa melindungi kulit dari paparan sinar UVA.

Niacinamide

Kandungan skincare ini juga banyak digunakan oleh produk perawatan kulit. Manfaat Niacinamide dalam skincare untuk mengontrol minyak, mencerahkan, dan memberikan kelembaban pada kulit. 

Klaim dan Benefit Suncreen Carasun


Ada 3 klaim dari suncreen Carasun untuk perlindungan dan perawatan kulit wajah, yaitu.

  • SPF 45 dan PA++++, memberikan perlindungan optimal dari sinar matahari tropis yang intens
  • CloudLikeTM tekstur seringan awan, kulit terasa nyaman sepanjang hari
  • Ada pula kandungan skincare Rice Extract dan CityStemTM untuk melembabkan, memberikan nutrisi, dan melindungi dari polusi
Dari 3 klaim tersebut bagaimana ya hasilnya di kulit wajahku? Sebelum kalian tertarik mencoba sunscreen lokal ini, boleh lihat detail reviewnya berikut ini ya!

Pengalaman Menggunakan Sunscreen Carasun


Kesan pertama menggunakan sunscreen Carasun sedikit kaget. Sebab, teksturnya berbeda dari produk sunscreen lain. Detailnya sebagai berikut ya.

Tekstur



Dari segi tekstur, Carasun ini masih terbilang light atau ringan. Sedikit unik, karena seperti whip cream atau produk-produk primer. 

Ketika dibaurkan, teksturnya perlu ada jeda waktu agar meresap dengan baik. Setelah meresap, tekstur tetap terasa ringan dan membuat permukaan kulit wajah lebih halus. 

Sayangnya, kalau belum meresap dengan baik dan sudah ditimpa dengan compact powder, sunscreen Carasun ini susah banget nge-blend. Terkadang, kalau sudah berkeringat malah patchy atau cracky di beberapa area seperti jidat dan hidung.

Warna dan Aroma


Produk sunscreen Carasun berwarna putih pekat, tapi setelah diaplikasikan tidak membuat wajah terlihat lebih putih atau abu. Jadi, hanya isi produknya saja berwarna putih. Aroma sunscreen juga tidak tercium bau menyengat apapun. 

Hasil Pemakaian


Cara pakai sunscreen Carasun selayaknya produk yang lain, lebih suka pakai 2 ruas jari agar kulit wajah ter-cover dengan baik. Sunscreen ini rutin dipakai pada rangkaian basic skincare setiap harinya. Urutan pemakaiannnya foam cleanser >> hydrating toner >> serum >> moisturizer >> sunscreen.

Hasil pemakaian sunscreen memang agak lama menyerap di kulit wajah. After finish sunscreen terkesan matte di wajah. Meskipun teksturnya seperti primer, tidak menyebabkan lengket ataupun menyumbat pori-pori wajah 

Jenis kulit wajahku berminyak, dengan tekstur foam seperti sunscreen Carasun ini memang sulit nge-blend dengan produk makeup. Jadi, pemakaian sunscreen harus memastikan kulit wajahnya sudah lembab.

Jangan dipakai juga saat sedang berkeringat, soalnya akan menyebabkan produk semakin tidak mudah meresap. Overall, menurutku untuk menunggu produknya meresap butuh waktu kurang lebih 1 menit. Agak lama memang, kalau lagi buru-buru jadi gak praktis. 

Nah kalau produk sunscreen ini meresap dengan baik, sekalipun sudah berkeringat akan tetap stay di kulit dan menyatu sama produk makeup. 




Poin utama yang paling aku suka dari sunscreen Carasun ini tersedia berbagai ukuran. Mulai dari ukuran sachet  8 mL dan 30 mL yang travel friendly, dan ukuran besarnya 70 mL cocok untuk disimpan di rumah. 

Kalau yang ingin mencoba produk suncreen Carasun mungkin bisa beli varian sachet 8mL dulu dengan harga paling murah tidak sampai 20ribuan. Coba aja cek harga sunscreen Carasun disini

Setelah pakai satu bulan lebih, aku lebih nyaman pakai produk sunscreen Azarine karena teksturnya lebih ringan dan mudah meresap. Dari segi harga lebih mahal sunscreen Carasun juga, tapi kalau dari kemasannya aku lebih suka Carasun karena ada yang travel friendly

Nah, kalau kamu lebih suka produk yang mana? Untuk susncreen Carasun ini aku kasih rate 7,5/10 💫




  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)