Cara Pakai Scarlett Serum Skin Smoothing Retinol Untuk Kulit Sensitif

By Farhati Mardhiyah - 6:04 AM

Baca Juga


Apakah kulit sensitif bisa pakai serum retinol? Jawabannya bisa banget! Untuk kulit sensitif atau pemula lebih baik pilih serum retinol dengan formula lebih gentle. Salah satu rekomendasi serum retinol yang minim iritasi, coba deh pakai Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum.

Kenapa Harus Pakai Retinol?

Meskipun wajahku termasuk jenis kulit sensitif, skincare dengan kandungan retinol rasanya tetap wajib dipakai. Setidaknya seminggu 2 kali, sebab bertambahnya usia produksi kolagen akan berkurang satu persen setiap tahunnya.

Produk skincare dengan kandungan retinol mulai booming di awal tahun 2020-an. Saat itu memang banyak yang mengalami masalah maskne. Aku pun sempat mengalaminya, apalagi kulit yang cenderung sensitif gampang banget berjerawat akibat pemakaian masker saat pandemi.

Awalnya aku sedikit ragu untuk mencoba serum retinol, konon kandungan retinol agak tricky digunakan kulit sensitif. Efek samping pemakaian retinol untuk kulit sensitif bisa mudah iritasi, muncul beruntusan, atau breakout.

Tapi, lihat retinol punya segudang manfaat untuk kulit wajah, aku jadi semakin penasaran buat coba serum Retinol. 

Supaya kalian gak ragu lagi, aku jelaskan sedikit ya mengenai salah satu queen bees dari skincare enthusiast ini. Jadi, Retinol adalah senyawa turunan dari vitamin A. Cara kerja retinol dengan merangsang sel kulit paling luar dan mempercepat regenerasi kulit.

So, gak heran ya kalau serum Retinol punya manfaat untuk mencegah penuaan dini dan mengangkat sel kulit mati alias memudarkan noda hitam. Kalau kalian mau punya kulit wajah tetap kenyal, lembut, dan tidak kusam, serum Retinol wajib dimasukkan ya dalam tahapan skincare minimal 1 kali dalam seminggu.

Rekomendasi Serum Retinol Untuk Kulit Sensitif

Retinol memang termasuk kandungan potent atau harsh ingredients. Maka itu, untuk yang memiliki jenis kulit sensitif dan mudah iritasi harus lebih pilih-pilih produk skincare yang mengandung retinol.

Aku pribadi memilih serum retinol yang punya formula lebih gentle dan hydrating. Dari pengalamanku, lihat full ingredients di kemasan produk skincare. Jika formula serum didukung dengan key ingredients lain seperti hydrating, calming, atau smoothing biasanya akan lebih gentle.


Nah, salah satunya nih yang bisa aku rekomendasikan adalah Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum. Tidak hanya fokus pada retinol saja, ada key ingredients lain yaitu Hexapeptide-8, Allantoin, dan Pomegranate Extract.

Ternyata serum Retinol Scarlett menggunakan ENCAPSULATED RETINOL. Dengan retinol yang terkapsul, jadi cara kerjanya dalam serum lebih stabil dan bisa masuk hingga lapisan kulit terdalam. Dengan begitu hasilnya akan less irritating, jadi akan aman di kulit sensitif kayak aku ya.

Review Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum 

Dari pada makin penasaran, aku akan sharing pengalaman pakai serum retinol Scarlett selama 2 minggu ini. Produk face care Scarlett udah beberapa aku pakai ya, hasilnya juga sesuai ekspektasi. So, gak heran aku sangat excited untuk mencoba serum retinol Scarlett dengan formula lebih gentle ini.

Packaging 

Tidak jauh dari produk skincare serum lainnya ya, saat produk diterima dikemas dengan kemasan karton dan wadah plastik di dalamnya. Desain serum Retinol dominasi warna biru dan putih.

Dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai ingredients, cara pemakaian, cara penyimpanan, expired date, klaim produk, BPOM, informasi halal, dan cara mengecek keaslian produk yang dilengkapi dengan stiker hologram serta barcode.

Untuk cara cek keaslian produk Scarlett bisa langsung scan barcode atau klik link berikut https://verify.scarlettwhitening.com/ lalu masukkan kode yang tertera dibawah barcode. 


Packaging serum terbuat dari kaca dan sudah dilengkapi dengan pipet pada penutup botolnya. Kemasan serumnya termasuk kecil, karena hanya 15mL saja jadi gak terlalu bulky dan masih travel friendly.

Tekstur dan Aroma


Tekstur Serum Scarlett Skin Smoothing Retinol agak kental berwarna putih susu. Saat pertama kali diaplikasikan, serum mudah dibaurkan dan cepat meresap dikulit. Teksturnya tergolong sangat ringan, tidak perlu waktu lama menunggu serumnya menyerap dengan baik.

Untuk aromanya sama sekali tidak tercium yang mengganggu. Serum retinol Scarlett memang tidak mengandung artificial fragrance, jadi gak heran ya kalau gak tercium aroma apapun. 

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum Ingredients


Full Ingredients: Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Pentylene Glycol, Dmdm Hydantoin, BHT, Disodium EDTA, Allantoin, Ascorbyl Glucoside, Hydroxyethylcellulose, Sodium Hydroxide, Aminomethyl Propanol, Retinol, Punica Granatum Fruit Extract, T-Butyl Alcohol, Titanium Dioxide, Cetearyl Alcohol, Sodium Benzoate, Polysorbate 60, Polysorbate 20, Oleth-10, Aluminum Hydroxide, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl, Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl, Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Simethicone. 

Dari full ingredients tersebut, ada 4 key ingredients yang di-highlight Serum Retinol Scarlett. Keempat key ingredients tersebut punya manfaat berikut ini.

Retinol 
  • Mencegah penuaan dini
  • Menyamarkan garis-garis halus
  • Meningkatkan proses regenerasi kulit 
  • Mengangkat sel kulit mati, kulit terlihat lebih cerah serta halus
  • Membantu menyamarkan tampilan pori-pori besar
  • Membantu meningkatkan produksi Kolagen, kulit lebih elastis dan kenyal
Hexapeptide-8
  • Meremajakan kulit dan mengurangi garis halus dan keriput wajah
  • Meningkatkan hidrasi kulit
  • Menenangkan iritasi pada kulit
  • Meningkatkan produksi natural hyaluronic acid dan kolagen
Allantoin
  • Menghidrasi kulit
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menghaluskan tekstur kulit
  • Pomegranate Extract
  • Sebagai antioksidan sehingga mampu mencegah kerusakan kulit
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan
  • Meningkatkan proses regenerasi kulit, lebih cerah dan halus
  • Sebagai anti-bakteri
  • Mengurangi hiperpigmentasi
Nah, bisa kalian lihat kan kalau serum Retinol Scarlett ini punya supporting ingredients yang manfaatnya untuk mengurangi efek iritasi penggunaan retinol. Jadi, gak perlu khawatir untuk kulit sensitif sekalipun pakai serum retinol Scarlett.

Kira-kira gimana ya hasilnya? Sesuai gak dengan klaim dan key ingredients dari formula yang diberikan serum retinol ini? Lanjut baca sampai bawah ya. 

Cara Pakai Serum Retinol Scarlett Untuk Kulit Sensitif

Pemakaian serum retinol untuk kulit sensitif bisa dicoba secara bertahap terlebih dahulu. Kalau reaksi pertama ternyata ada rasa tingly atau perih, kulit seperti terbakar dan gatal, lebih baik dihentikan. Sebaiknya perbaiki skin barrier terlebih dahulu ya.

Nah, berikut ini cara pakai serum retinol berdasarkan pengalamanku ya. Kalian bisa ikuti cara ini, khususnya untuk kulit sensitif atau pemula.

  • Gunakan retinol pada malam hari, minimal seminggu sekali
  • Pastikan wajah sudah bersih, jika menggunakan makeup terlebih dahulu dibersihkan pakai micellar water / makeup remover ya
  • Pastikan pakai hydrating toner/ essence terlebih dahulu, beri jeda sampai kulit terlembabkan
  • Cukup pakai serum 1-2 tetes saja, ratakan di wajah sampai leher
  • Beri jeda 20 menit, lalu apply hydrating serum atau moisturizer
  • Jangan gunakan retinol dilayer atau bersamaan dengan produk skincare eksfoliasi dengan kandungan AHA/BHA/Benzoyl Peroxide.
  • Gunakan secara bertahap di awal, jika kulit wajah sudah adaptasi dan reaksinya baik bisa digunakan lebih sering jadi 3 kali dalam seminggu.

Hasil Pemakaian Retinol Dalam 2 Minggu

Pemakaian retinol ini bukan pertama kalinya, Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ini langsung pakai seminggu 3 kali. Penggunaannya juga bersamaan dengan Serum Niacinamide Scarlett, namun tidak aku layer ya pemakaiannya.



Apakah muncul rasa perih cekit-cekit?

Saat pertama kali aplikasi serum retinol Scarlett sama sekali tidak muncul rasa perih. Menurutku sangat gentle banget, rasanya seperti pakai serum biasa saja. Berbeda dengan produk retinol lain yang pernah aku pakai. 

Supporting ingredients Hexapeptide dan Allantoin bekerja sangat baik untuk meredakan iritasi, kulit wajah juga lebih calming.

Apakah muncul iritasi kemerahan?

Sama sekali tidak, meskipun formula serum ini ada supporting ingredients vitamin C tidak membuat kulitku iritasi. 

Bagaimana hasil di kulit wajah?


Efek yang paling aku rasakan adalah kulit wajah lebih halus. Area pori besar di sekitar hidung dan pipi juga lebih sedikit menghasilkan komedo. Kulit wajahku yang berminyak juga lebih terkontrol dengan baik.

Kebetulan kondisi kulit wajahku sedang mengalami bekas jerawat PIH. Setelah jerawat meradang dan bekas kemerahan yang mengalami inflamasi mereda, pemakaian retinol ini baru aku lanjutkan.

Nah, pemakaian rutin serum retinol Scarlett ini membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat PIH yang sedang aku alami di area dagu. Meskipun progressnya tidak instan, tapi menurutku efektif kok. 

Kesimpulan


Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum punya formula yang gentle banget, jadi after finish pemakaian serum retinol kaya pakai serum biasa saja. Supporting ingredients dari serum Retinol Scarlett sangat membantu pemakaian retinol lebih less irritating. 

Pemakaian rutin serum retinol bisa saja membantu memudarkan noda hitam, kulit wajah lebih elastis dan kencang. Mungkin hasil #SamarkanGarisHalus baru terlihat setelah pemakaian rutin lebih dari sebulan.

Serum retinol Scarlett sangat cocok buat kalian yang punya kulit sensitif, dan pemula memakai retinol. Produk serum retinol bebas merkuri dan hydroquinone, sudah terdaftar BPOM dan halal, dermatologist dan clinically tested for non-irritant. 

Apalagi harganya terjangkau banget, kalian bisa langsung beli produknya di  Scarlett Official Shop ya. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)