Rekomendasi Vitamin D3 Untuk Anak, Jaga Imunitas dan Bantu Pemulihan Lebih Cepat

By Farhati Mardhiyah - 12:50 AM

Baca Juga



Vitamin D3 atau kolekalsiferol dikenal sebagai vitamin yang sangat penting bagi kesehatan anak-anak. Vitamin ini membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan fosfor yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat. Selain itu, vitamin D3 juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. 

Dari pengalamanku memberikan Vitamin D3 sejak usia anak 1 tahun, sangat membantu menambah imunitas tubuh anakku. Contohnya, ketika sedang bapil pemulihan anakku jauh lebih cepat. Apalagi setelah anakku aktif sekolah 5 hari dalam seminggu, dengan minum Vitamin D3 tidak mudah tertular bapil.

Sebelum memutuskan rutin konsumsi Vitamin D3 untuk anak, anakku sudah mendapatkan saran dari Dokter Anak atau DSA ya. Nah, untuk mengenal manfaat dan apa sih pentingnya konsumsi Vitamin D3 untuk anak? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut.

Apakah Anak Wajib Konsumsi Vitamin D?


Sebenarnya Vitamin D bisa diperoleh secara alami dari sinar matahari dan sumber makanan. Berdasarkan artikel dari idai.or.id, kadar vitamin D yang cukup dalam tubuh dapat memelihara kesehatan tulang, meningkatkan ketahanan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit autoimun dan keganasan.

Dibilang wajib, menurutku ya wajib karena kondisi saat ini menurut survei di Indonesia, 43% anak perkotaan dan 44% anak pedesaan mengalami penurunan Vitamin D atau defisiensi (kadar vitamin D darah < 30 nmol/L). 

Nah, faktor penurunan atau defisiensi tersebut akibat kurangnya paparan sinar matahari, asupan makanan sedikit mengandung vitamin D, dan pemberian ASI tanpa suplementasi vitamin D. Masalah defisiensi ini sebenarnya masalah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Seperti moms tau kan, kunci anak punya tumbuh kembang baik adalah anak yang sehat.

Berapa Jumlah Vitamin D3 untuk Anak?


Berdasarkan sumber artikel IDAI, untuk usia 0-12 bulan dibutuhkan sebanyak 400 UI per hari, tanpa memandang jenis makanannya ASI Eksklusif atau tidak.

Nah kalau aku sih pas anak masih dibawah 1 tahun, dibantu konsumsi suplemen Vitamin D3 dan mengurangi konsumsi kafein. FYI, kafein seperti kopi atau teh bisa menghambat penyerapan vitamin D dan kalsium dari makanan atau minuman.

Lalu, pas anakku usia 1 tahun mulai dianjurkan sama DSA konsumsi Vitamin D dari suplemen. Berdasarkan artikel IDAI, untuk anak usia diatas 12 bulan, dibutuhkan 600 IU per hari. Kebutuhan tersebut bisa diperoleh tidak hanya dari suplemen saja loh!

Sumber Vitamin D3 Dari Apa Saja?


Suplemen vitamin sifatnya tuh cuma membantu memenuhi kebutuhan saja ya. Sebenenarnya lebih baik mendapatkan asupan vitamin dan mineral dari makanan padat gizi. Jadi, jangan lupa juga memberikan makanan sehat untuk anak.

Matahari


Vitamin D3 tuh juga bisa diperoleh dari sinar matahari. Dari sumber IDAI, dianjurkan mendapatkan sinar matahari langsung pada pukul 10.00 sampai 15.00. Sinar matahari punya kandungan ultraviolet A yang berfungsi mengubah provitam D di kulit menjadi vitamin D.

Seperti yang kita tau nih, sebagian besar di pagi hari pasti sudah sibuk siap-siap sekolah atau berangkat kerja. Jadi, setiap harinya lebih banyak berada di dalam ruangan dibandingkan di luar. Padahal, sinar matahari punya manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Makanan


Faktanya, anak Indonesia ternyata hanya mengonsumsi sedikit makanan yang kaya vitamin D. Padahal makanan seperti susu, yogurt, keju, ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden memiliki kandungan vitamin D.

Suplemen


Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D3 setiap harinya, bisa dibantu juga dengan memberikan suplemen. Ada banyak variasi suplemen, mulai dari tablet kunyah, sirup, drop yang dijual di apotek tanpa resep dokter. 

Namun sebelum memberikan suplemen vitamin jenis apapun, lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Anak ya Moms.

4 Rekomendasi Vitamin D3 Untuk Anak


Berikut ini rekomendasi Vitamin D3 untuk anak, mulai usia 0 bulan sampai dewasa ada di rekomendasi ini.

Prove D3 Drop




Vitamin ini sangat aku rekomendasikan, karena tidak mengandung, pengawet, pewarna dan perasa, bebas alkohon dan gluten. Komposisi vitamin D3 ini mengandung 400 IU, sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Aturan Cara Pakai Prove D3 Drop:
- Untuk anak usia diatas 1 tahun dan Dewasa : 1 kali sehari sekali tetes.
- Teteskan langsung ke dalam mulut, atau bisa dicampurkan ke dalam minuman dan makanan.

Harga Prove D3 Drop mulai dari Rp 263.000-, cukup mahal dengan isi 12,5 mL. Tapi, kualitasnya memang sangat baik ya. 

ChildLife Essentials Vitamin D3


Sejujurnya, aku belum pernah memberikan vitamin D3 dari brand ChildLife. Padahal vitamin ini direkomendasikan American Academy of Pediatrics dan bisa dikonsumsi sejak lahir. Kandungan vitamin D3 ini menggunakan gliserin nabarti organic,  air deionisasi, perisa Berry alami dan ada tambahan vitamin E.

Komposisinya mengandung 400 IU, bebas gluten dan allergen jadi aman ya dikonsumsi anak-anak. 

Aturan cara pakai ChildLife Essentials Vitamin D3
- Untuk usia newborn sampai 1 tahun : 6 tetes setiap hari
- Usia diatas 1 tahun : 8 tetes setiap hari

Harga ChildLife Essentials Vitamin D3 mulai dari Rp 170.000-, dengan isi 30mL. 

Interlac + Vitamin D3





Tablet kunyah probiotik yang dikombinasi dengan vitamin D3. Suplemen ini aku berikan saat isu pelarangan obat sirup, untung aja ada Interlac ini jadi aku bisa tetap memberikan suplemen vitamin D3 untuk anak.

Namun, karena ini menyangkut pencernaan, saat ini tidak aku berikan setiap hari. Suplemen ini sangat membantu juga ketika anakku mulai merasakan sembelit atau susah pup. Nah, kalau anaknya lagi susah pup bisa nih kasih suplemen probiotuk ini.

Suplemen ini tiap tabletnya mengandung Lactobacillus reuteri 100.000.000 CFU, dan vitamin D3 400 IU. Dianjurkan penyimpanan tablet di bawah suhu 25 derajat, kalau aku sih selalu simpan di kulkas ya.

Aturan cara pakai Interlac + Vitamin D2
- 1 tablet kunyah per hari

Harga Interlac + vitamin D3 per-stripnya isi 10 tablet Rp 161.300-, cukup mahal juga ya Moms. Beli full satu pack lebih murah, cek disini ya moms Interlac + Vit D3 lebih terjangkau harganya.

KID-D Sirup Vitamin D





Nah, setelah isu obat sirup sudah mereda dan aman dikonsumsi lagi, aku kembali memberikan anak suplemen vitamin D jenis sirup. Rekomendasi vitamin D3 untuk anak dengan harga terjangkau, merek KID-D ini.

Tiap 1 mL suplemen ini mengandung vitamin D3 400 IU. Untuk sirup ini mengandung rasa strawberry dan pewarna ya, tapi tetap aman kok dikonsumsi karena sudah terdaftar di BPOM.

- Dewasa dan anak usia lebih dari 1 tahun : 1 mL per hari.

Harga KID-D mulai dari Rp 79.900-, dengan isi 60mL. Suplemen ini bisa jadi opsi ya moms dengan budget terbatas tapi tetap ingin memberikan suplemen vitamin D untuk anak.

Demikian rekomendasi aku, kebetulan anakku sudah coba pakai suplemen vitamin D3 dari Prove D3, Interlac + Vit D3, dan KID-D. Perlu diperhatikan sebelum memberikan suplemen vitamin D3 pada anak, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)