Skinsociate: Komunitas Beauty Terbaru Untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

By Farhati Mardhiyah - 12:48 PM

Baca Juga


Berbicara tentang komunitas beauty atau beauty community mulai naik daun semenjak pandemi. Saya juga pernah terjun langsung pada awal membangun beauty community sebuah brand kosmetik. 

Akhir 2021 belum banyak komunitas beauty yang muncul, hanya segelintir dan beberapa produk lokal saja yang sudah memulainya. Ketika brainstorming dengan tim, ternyata brand kecantikan sangat penting punya kredibilitas. Bagaimana cara membangun kredibilitas brand maupun produknya?

Saat itu tim kami sadar, bukan hanya dari review produk saja, tapi bagaimana membangun keterikatan antara brand - produk - dan konsumen. Komunitas adalah jawabannya, meskipun saat itu belum banyak komunitas dari brand kosmetik.

Kami tetap memberanikan diri membangun komunitas, padahal secara fakta sebanyak 78,2 persen dari hasil riset Inventure dan Alvara Research Center memilih lebih sering membeli produk skincare dibandingkan makeup dekoratif selama WFH.

Justru dengan komunitas, kami ingin membuat sebuah keramaian di media sosial saat itu. Ya, campaign yang kami jalankan di tengah kondisi pandemi adalah "bedak non-comedogenic". Kami sadar, meskipun hanya di rumah atau kegiatan terbatas, pasti sebagian perempuan tidak bisa terlepaskan dari pemakaian bedak.

Lalu, saya juga mengalihkan produk lipcream digunakan multifungsi ke bagian mata sebagai eyeshadow dan pipi sebagai blush on. Hasilnya bagaiamana? Boom, dari komunitas yang terus aktif berbicara mengenai benefit, cara pemakaian, tutorial dari produk, kami berhasil meningkatkan penjualan di tengah krisis pandemi.


Peran Komunitas Beauty Untuk Brand


Berangkat dari pengalaman saya sebagai blogger aktif sejak 2013, saya sadar untuk memilih produk tidak hanya dari kemasan atau iklan saja. Tapi, saya butuh hasil review jujur dan informasi sebuah produk yang lebih mendalam. 

Coba saja tanya teman-teman kamu, kalau mau beli makeup atau skincare gimana prosesnya? Minimal pasti baca dulu komposisi di kemasan produk, lalu mencari review di search engine Google. 

Adanya ulasan dan feedback positif dan jujur dari pelanggan akan menciptakan ketertarikan emosional. Dari yang awalnya "ragu" menjadi "oke nih coba dulu ah".

Komunitas hadir untuk mempermudah brand lebih dekat dengan pelanggan. Dari komunitas, konsumen akan lebih mudah mendapatkan edukasi mengenai kesehatan kulit, maupun lebih aware memilih produk sesuai kebutuhan kulitnya. 

Pernah gak mengalami sulit memilih skincare lokal? Ya, karena kita kurang edukasi kalau produk lokal Indonesia tuh memang bagus, loh. Lalu, dari sisi brand juga tidak ada greget untuk membuat produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kulit Indonesia. 

Alasannya? Flashback 5 tahun lalu saja, kita lebih condong memilih produk beauty asal Korea kan dibandingkan Indonesia. Sebab, saat itu lebih banyak yang memberikan review produk asal Korea dibandingkan negara sendiri. 

Ternyata, brand memang tidak bisa berjalan sendiri. Ketika memberikan edukasi mengenai benefit dari sebuah produk, tapi tidak ada yang berbicara bagaiamana hasil pemakaian maupun edukasi dari masing-masing produknya, tentu akan tong kosong nyaring bunyinya

Percuma saja kan, sudah bikin produk bagus tapi gak ada yang meramaikannya. 

Skinsociate: Komunitas Beauty Terbaru, Anggotanya Bisa Ikut Riset Bersama Ahlinya!


Ada yang terbaru dari bidang kecantikan, menurut saya ini menarik banget dan bisa membuat pelanggan lebih teredukasi. Biasanya kan, kita mendapatkan informasi mengenai benefit produk dan review pemakaian saja.

Nah, melalui komunitas Skinsociate tidak hanya pengalaman penggunakan produk kecantikan saja. Komunitas beauty terbaru ini anggotanya juga punya kesempatan terlibat dalam riset, loh!

Head of Skinproof, Theresia Sinandang menjelaskan bahwa “Skinsociate merupakan komunitas yang diciptakan Skinproof dengan tujuan mempromosikan kesehatan kulit melalui saran ahli, konten informatif, serta wawasan konsumen dalam ekosistem yang suportif dimana para Panelist Skinsociate akan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan sesama penggemar kecantikan dan individu yang peduli tentang kesehatan kulit, membentuk hubungan yang erat, dan mendukung satu sama lain dalam perjalanan kecantikan mereka.”

Jadi, tidak hanya pengalaman pemakaian saja. Skinproof merupakan anak Perusahaan Arya Nobel yang bergerak di bidang cosmetic testing dan consumer research, membangun komunitas Skinsociate untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Saat ini Skinsociate sudah memiliki 10.000 anggota yang sudah berpartisipasi dalam berbagai riset di Skinproof. Usia anggota komunitasnya juga variatif dalam rentang usia 17 sampai 57 tahun yang sebagian besar di Jabodetabek dan Banten. 

Apa Saja yang Dilakukan Skinsociate?


Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Skinproof memahami pentingnya ulasan dan feedback dalam mendukung riset dan pengembangan produk kosmetik yang akan dipromosikan oleh para pelanggan setianya. 

Nah, komunitas Skinscoiate terdiri dari para pengguna dan penggemar kosmetik yang tertarik untuk mencoba dan memberikan feedback. 

Lalu, Skinsociate juga membantu bagian consumer research Skinproof untuk lebih memahami perilaku konsumen terkait klaim produk atau perilaku konsumen secara umum sehingga mendapat insight yang lebih kredibel "ujar Theresia.

“Kami percaya bahwa keterlibatan komunitas adalah kunci dalam membangun loyalitas yang kuat  terhadap produk para pelanggan kami maupun terhadap Skinproof sebagai penyedia layanan research. Kami telah melihat bagaimana komunitas bisa menjadi wadah untuk berbagi tips dan pengalaman akan penggunaan produk-produk kosmetik. Inisiatif ini memungkinkan kami untuk lebih mendekatkan diri dengan anggota Skinsociate dan memberikan layanan terbaik bagi para pemilik brand kosmetik selaku customer Skinproof,” tutup Theresia. 

Terus apa bedanya dengan komunitas beauty lainnya? Eits, beda banget dong. Apa yang dikerjakan atau diberikan Skinsociate tidak hanya untuk anggota komunitas saja, tapi untuk brand dan konsumen juga, lho!

Kalau saya lihat dari aktivitas media sosial Instagramnya, ini yang dilakukan komunitas beauty Skinsociate

1. Meningkatkan Exposure Brand Lewat Komunitas Beauty


Sebetulnya ini sudah umum dilakukan komunitas dari brand beauty ya. Dengan hadirnya komunitas, brand akan terbantu meningkatkan exposure melalui konten kreatif dari member Skinsociate, atau partnership saat launching produk.

Nah, Skinsociate juga bisa membantu brand melakukan riset market dan pengumpulan database
untuk kebutuhan strategi marketing-nya.

2. Membantu Develope Produk Sesuai Riset


Keuntungan join atau kolaborasi bersama Skinsociate, brand akan terbantu meningkatkan insight pelanggan untuk kebutuhan membuat produk baru atau inovasi produk yang lebih baik. 

Insight pelanggan ini bisa didapatkan melalui claim dan sensory test dari para volunteer Skinsociate. 

3. Member Skinsociate Membantu Riset yang dilakukan Skinproof


Salah satu job desc wajib member Skinsociate adalah mengumpulkan masa untuk menjadi volunteer atau consumer panel. Nah, job desc ini akan ada kompensasi yang dibayarkan per-bulannya.

Volunteer ini dibutuhkan untuk membantu Skinproof menjamin keamanan produk-produk yang akan diuji dalam risetnya

4. Edukasi


Member juga akan mendapatkan edukasi seputar ilmu kosmetika dari Skinsociate. Edukasi yang didapatkan ini akan sangat membantu para member dalam melakukan review produk lebih informatif.

Jadi, gak cuma produk ini bagus di kulitku bikin glowing dalam 7 hari. Tapi, kita bisa menjelaskan poin penting dari penggunaan kosmetik.

Contohnya produk sunscreen, Skinsociate memberikan edukasi uji coba in vitro dan in vivo dalam pengujian susncreen


Beberapa waktu lalu sempat viral kan, nah dengan edukasi informatif ini kita bisa menjelaskan kepada pelanggan apa sih pentingnya sunscreen wajib dilakukan proses pengujian?

Nah, menariknya edukasi dari Skinsociate itu langsung diberikan jawaban dari ahlinya. So, wajib banget nih follow Instagramnya biar gak kemakan review FOMO atau viral aja kan?

5. Member Gathering


Member Skinsociate juga rutin diajak gathering ngumpul bareng beauty enthusiast. Momen gathering ini bisa mendapatkan informasi produk kosmetika yang reliable dari ahlinya, dan berkesempatan mendapatkan free produk juga.

Tertarik Gabung? Ini Cara Join Komunitas Beauty Skinsociate


Untuk bergabung menjadi anggota komunitas Skinsociate persyaratannya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengisi form kesediaan menjadi anggota pada link berikut https://bit.ly/VolunteerSkinsociate. 

Syarat gabung komunitas Skinsociate tidak ada kewajiban memiliki minimal followers media sosial. Jadi, tunggu apalagi? Gabung sekarang yuk! Kalau masih ragu, ini loh keuntungan join komunitas Skinsociate.

5 Keuntungan Join Skinsociate


Panggilan untuk beauty enthusiast untuk segera gabung Skinsociate, karena ada keuntungan yang akan kita dapatkan.

Dijelaskan oleh Theresia, “Dengan bergabung di komunitas Skinsociate, anggota komunitas memiliki berbagai keuntungan seperti berkesempatan untuk terlibat dalam riset-riset yang dilakukan Skinproof dan bisa mencoba berbagai produk baru secara gratis hingga memperoleh kompensasi atas partisipasi mereka dalam riset tertentu” 

 


1. Menambah Networking dan Supportive


Percaya kan, kalau kita akan ditarik oleh magnet ke circle yang punya kecenderungan sama? Dengan begitu, kita bisa lebih berkembang dan percaya diri.

Dengan menambah networking, circle pertemenan juga makin luas jadi gak cuma aktif di satu pertemanan SD, SMP atau SMA yang kayaknya bakal susah move on selalu dibahas momen indah pas sekolah ya.

Nah, kalau misalnya nih kita gabung di komunitas beauty, tentu diskusi atau obrolan kita akan lebih luas dan mendalam membicarakan hal seputar dunia kecantikan. Hal ini juga mendukung kita untuk berkembang, misalnya bisa memberikan review produk yang benar dan lebih baik lagi.

2. Mendapatkan Edukasi Dari Ahlinya di Bidang Kosmetika


Menariknya join Skinsociate, kita bakal aktif diberikan edukasi langsung dari ahlinya nih. Jadi gak cuma dari sisi informasi benefit dari brand saja, tapi melalui Skinsociate bisa mendapatkan penjelasaan benefit, kandungan, klaim, hingga cara pemakaiannya langsung dari expert. 

Edukasi ini juga bisa membantu kita sebagai member untuk membuat konten review produk yang lebih informatif. 

Dengan begitu, konsumen akan mendapatkan insight lebih kredibel. Dan, tentunya brand akan lebih senang dong banyak mendapatkan feedback dari member Skinsociate.

3. Gratis Mendapatkan dan Mencoba Produk Baru


Siapa yang menolak dapat skincare atau makeup gratis? Member Skinsociate juga berkesempatan mendapatkan dan mencoba produk secara gratis. 

4. Memiliki Kesempatan Terlibat dalam Riset Skinproof


Seru nih, tidak hanya mencoba memakai produk saja ya. Member Skinsociate juga berkesempatan ikut terlibat dalam riset Skinproof. 

Biasanya kan review produk kosmetika seperti skincare, makeup, body care, atau hair care hanya berdasarkan pendapat pengalaman pribadi aja. Nah, dari review pengalaman pribadi tersebut belum tentu berlaku sama konsumen lain. 

Melalui riset, peran member Skinsociate akan membantu lebih memahami perilaku konsumen mengenai klaim produk, sehingga bisa mendapatkan insight yang kredibel.

5. Mendapatkan Fee atau Kompensasi Dari Partisipasi Dalam Riset


Selain produk gratis, member juga berkesempatan mendapatkan fee atau bayaran dari partisipasi dalam riset Skinproof

Jadi, setiap member yang berhasil mengumnpulkan volunteer atau consumer panel akan mendapatkan kompensasi yang dibayarkan tiap bulannya ya.

So, tunggu apalagi? Cus, isi formnya buat join Skinsociate. Detail informasi komunitas Skinsociate atau Skinproof bisa cek media sosialnya berikut ini ya.





  • Share:

You Might Also Like

18 comment

  1. Komunitas ini akan sangat bermanfaat dan membantu untuk orang-orang yang ingin menambah pengetahuan dan wawasan seputar perawatan diri. dengan bertemu ahlinya setiap masalah pun bisa mudah teratasi.

    ReplyDelete
  2. Di era digitalisasi brand dan komunitas ini dua hal yang gak bisa dipisahkan ya, di satu sisi brand butuh komunitas untuk memastikan produknya banyak dikenal, di sisi lain komunitas juga memerlukan brand agar mereka bisa tau produk mana yang sesuai dengan masyarakat

    ReplyDelete
  3. BTW tolong ikutin balik blog saya ya, Kak.

    BTW lagi, terima kasih telah menuliskan tentang komunitas ini. Saya menjadi tahu kalau ternyata ada komunitas serupa itu. Maklumlah y, saya kurang begitu up date dengan hal-hal terkait beauty. Saya enggak beautiful sih.

    ReplyDelete
  4. Wahh, inspiratif sekali komunitas ini, bisa nih jadi contoh bagi wilayah lainnya. Terus maju Skinsociate.

    ReplyDelete
  5. Artikel ini membahas peran dan pentingnya komunitas beauty dalam membangun kredibilitas sebuah brand atau produk kecantikan, terutama dalam situasi pandemi. Penulis merinci bagaimana komunitas beauty memungkinkan brand untuk membangun hubungan yang kuat antara produk dan konsumen.

    Penulis juga memaparkan pengalamannya dalam membangun komunitas kecantikan untuk brand kosmetik. Mereka merencanakan kampanye "bedak non-comedogenic" yang sangat relevan di masa pandemi ketika banyak orang masih menggunakan produk kecantikan meskipun beraktivitas di rumah.

    Selain itu, artikel ini juga menggambarkan peran komunitas Skinsociate, yang memungkinkan anggotanya untuk terlibat dalam riset kecantikan dan memberikan edukasi mengenai produk. Komunitas ini memberikan keuntungan bagi anggotanya dalam bentuk networking, edukasi dari ahlinya di bidang kosmetika, kesempatan mencoba produk baru, serta peluang mendapatkan kompensasi dari partisipasi dalam riset.

    Artikel ini sangat informatif dan memberikan wawasan tentang pentingnya peran komunitas beauty dalam membangun loyalitas pelanggan dan mengembangkan produk kecantikan. Terlepas dari beberapa informasi yang terulang di beberapa bagian, secara keseluruhan artikel ini memberikan informasi yang berguna.

    ReplyDelete
  6. Seru banget ya jadi member Skinsociate, bisa rutin diajak gathering ngumpul bareng beauty enthusiast

    ReplyDelete
  7. Asli deh, beberapa tahun terakhir makin banyak banget brand skincare lokal yg merajai pasar. Syukurnya sekarang ada Skinsociate ya sebagai komunitas yg membantu mengedukasi dan dapet berbagai benefit juga.

    ReplyDelete
  8. Keren banget, baru tau ada komunitas ini. Manfaatnya jadi menyeluruh, buat brand, konsumen, bahkan untuk member komunitas itu sendiri. Apalagi buat orang kayak aku yang masih susah dan butuh bimbingan dalam nyari skincare yang cocok

    ReplyDelete
  9. Salfok ada foto akyuuuu..... :D Baru tahu aku ada komunitas beauty Skinsociate, kalau dibaca dari keuntungan bergabung sepertinya seru dan asik banget yaa.... jadi tertarik bergabung....

    ReplyDelete
  10. Wah banyak keuntungannya ya join di Komunitas Beauty Skinsociate. Selain menambah relasi, sudah include ada edukasinya jg.

    ReplyDelete
  11. wah baru tahu aku jika ada komunitas ini. jadi pengin gabung, apalagi bisa mendapatkan fee. Setali tiga uang kan ya.

    ReplyDelete
  12. Skinsociate beneran memberikan manfaat bagi anggotanya dan tentu saja kalau solid dan saling support akan membuat brand senang untuk bekerja sama. Cowok boleh ya gabung?

    ReplyDelete
  13. Banyak juga keuntungan menjadi member komunitas Skinsociate, baik sebagai customer maupun pemilik produk kosmetik.

    ReplyDelete
  14. Wah menarik sekali ulasan tentang komunitas Skinsociate ini. Rasanya para beauty enthusiast perlu bergabung dengan komunitas ini. Setuju banget, kalau cek ulasan itu pentiing banget sebelum menggunakan suatu produk atau jasa. Tentu kita ingin user experience yang baik dan tidak kecewa nantinya. Terima kasih ya !

    ReplyDelete
  15. Keuntungan paling paling besar dari ikut komunitas beauty ini, ya selain dapatkan ilmu untuk bisa cantik, bisa bantu kita dapatkan jangkauan pasar lebih luas di audiens yang punya niche relevan

    ReplyDelete
  16. Memang diperlukan banget ya Skinsociate ini karena baik dari segala sudut pandang baik dari brand maupun customer

    ReplyDelete
  17. auto isi form akutuuu..senangnya kini ada komunitas Skinsociate yang tidak hanya pengalaman penggunakan produk kecantikan saja tapi anggotanya juga punya kesempatan terlibat dalam risetnya

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)