Lintas Batas Tanpa Hambatan: Explorasi QRIS Cross-Border di ASEAN

By Farhati Mardhiyah - 7:38 AM

Baca Juga

sumber: instagram @bank_indonesia

Semua mimpi kita bisa menjadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya” - Walt Disney

Berbicara tentang mimpi. Saya teringat dengan sahabat juga adik ketemu gede, Mardiah namanya.

Lahir di bulan Februari dengan zodiak Aquarius. Konon zodiak ini punya sifat dan kepribadian jika mempunyai suatu mimpi atau keinginan, maka akan memperjuangkannya sampai akhir. 

Tak heran, setiap kali bertemu dengan Mardiah, pendengarnya akan selalu betah mendengarkan cerita perjalanan traveling-nya. Mardiah juga dikenal sebagai travel blogger yang berhasil keliling 4 Negara ASEAN dengan modal 3 juta.

Menepis Pandangan Traveling ke Luar Negeri Hanya Buang Uang

Perjalanan traveling ke luar negeri pertamanya pada tahun 2017. Saat itu ia hanya menghabiskan uang Rp 2 juta untuk keliling Singapura dan Malaysia.

Ternyata perjalanan pertamanya membuat ia semakin jatuh cinta. Tekadnya semakin kuat untuk mengejar mimpi. Dengan modal hanya 3 juta pun, ia berhasil keliling Vietnam, Cambodia, Thailand, dan Malaysia selama 19 hari sendirian di umur 20 tahun. 

Sadar dananya minim, Mardiah merencanakan perjalannya cukup matang. Mulai dari hunting tiket pesawat murah, hostel, hingga memanfaatkan aplikasi travel buddies untuk mendapatkan tempat menginap gratis.

Meski sudah merencanakannya, Mardiah sering mengalami pengalaman yang buruk. Salah satunya, ketika uang cash menipis, sulit menemukan ATM, dan tidak membawa mata uang negara yang dikunjunginya.

Hal ini pernah dialami Mardiah. Ketika melanjutkan perjalanan ke Malaysia dari Bangkok dengan kereta. Saat itu ia tidak membawa mata uang ringgit, ATM dan money changer pun sulit ditemukan.

Akhirnya Mardiah jalan kaki, lalu melanjutkan perjalanan dengan naik kapal ferry menuju Pulau Penang. Beruntung ia sempat mengobrol dan bertanya pada warga lokal. Mardiah pun akhirnya dibayari ongkos naik ojek online, dan dibantu pesan untuk diantar ke ATM dan penginapan.

Saat itu pun ia pernah hampir kehabisan uang. Jumlah saldo di ATMnya hanya tinggal 400 ribu saja. Tidak kehabisan akal, Mardiah akhirnya putar otak untuk membuka jasa titip produk skincare, makanan, dan cinderamata.

Mardiah saat berada di Bangkok dalam perjalanan Keliling 4 Negara ASEAN selama 19 hari. Sumber: mardiaheyyy.com

Perjalanan pertama keliling 4 ASEAN ini memang sangat berharga buat Mardiah. Modal 3 juta untuk traveling tidak terbuang begitu saja. Selain pengalaman, ia mendapatkan pendapatan lebih dari jastip. Menariknya, dari hobi traveling ini lah membawa karir Mardiah menjadi travel blogger atau content creator

Selain travel blogger, kini Mardiah juga aktif sebagai tour leader. traveling ke Korea dan Jepang bukan hanya sekedar mimpi lagi. Terhitung tahun 2023 ini ia sudah dua kali mengunjungi negara Jepang.

Kini Lintas Batas Tak Akan Ada Lagi Hambatan

Cerita Mardiah membuat saya terbayang situasi paniknya. Bagaimana kalau warga lokal tidak membantunya bayar ongkos untuk sampai ke ATM? Mungkin, ia hanya bisa terdiam atau memilih jalan kaki lagi sampai hilal money changer atau ATM terlihat. 

Saya termenung sembari melihat tempelan scan barcode QRIS statis di kaca bus trans jogja. Betapa mudahnya, transaksi pakai QRIS dimana saja dan kapan saja. Apalagi, kalau kemudahan ini juga bisa dilakukan saat traveling ke luar negeri?

Andaikan saat itu QRIS Cross-Border sudah tersedia di Thailand. Pastinya, akan memudahkan Mardiah saat melakukan berbagai transaksi. Seperti layanan QRIS di Indonesia, QRIS Cross-Border juga memberikan kemudahan transaksi hanya dengan satu langkah yaitu scan barcode saja.

Traveling Lebih Mudah dan Murah Pakai QRIS Cross-Border

Olah gambar dari Instagram @bank_indonesia

Pembayaran digital dengan QRIS rasanya memang sudah menjadi andalan masyarakat Indonesia. Dimana saja pembeli akan bertanya “Bisa bayar pakai kris (QRIS)?”.

Mengutip dari bi.go.id, tercatat data per Juni 2023 QRIS telah mencapai 26,7 juta merchant, dengan 91,4% dari jumlahnya adalah UMKM. Lalu, jumlah transaksi sepanjang 2022 sebesar 1,03 miliar, atau tumbuh 86% (year on year).

Data tersebut akan terus tumbuh. Sebab, Bank Indonesia memang berkomitmen untuk melakukan inovasi fitur QRIS. Salah satunya, perluasan kerja sama QRIS dengan negara mitra.

Apa Benar QRIS Bisa dipakai di Negara Lain?

Penasaran dengan jawabannya, saya mencari di media sosial. Mengutip dari CNBC Indonesia, layanan transaksi QRIS lintas negara atau Cross-Border QR Payment linkage saat ini sudah terkoneksi antara Indonesia dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura. 

Pemilik akun @d_agarita ini misalnya. Ia berbagi pengalamannya mencoba bayar pakai QRIS saat makan mie di ICON Siam. Ternyata sangat mudah, asalkan sinyalnya kuat.

QRIS Cross-Border payment oleh salah satu Warga Negara Indonesia ketika berada di Thailand. Sumber : Tangkapan layar akun Twitter @d_agarita

Pembayaran QRIS Cross-Border sangat praktis. Cara pembayarannya sama, cukup buka salah satu aplikasi pembayaran yang terhubung, lalu scan QR yang disediakan oleh merchant.

Setelah memasukkan nominal dalam mata uang negara tujuan, otomatis nilai mata uang akan terkonversi langsung dalam rupiah. Pengguna di Indonesia akan menerima debit uangnya dalam rupiah, dan merchant negara mitra seperti Thailand akan menerima pembayaran dalam baht.

Begitu juga saat wisatawan Thailand saat berada di Indonesia. Transaksi pembayaran apapun cukup dengan scan kode QR menggunakan aplikasi pembayaran dari negaranya.

Cara menggunakan QRIS Cross-Boder. Sumber: Instagram @bank_indonesia

Singkatnya, ini langkah-langkah cara menggunakan QRIS Cross-Border

  • Buka aplikasi pembayaran dan klik menu “Scan QRIS".

  • Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer, dalam mata uang negara asal. Misal 10 baht (฿).

  • Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah (otomatis sudah terkonversi, misal dari 10 ฿ akan  otomatis menjadi Rp 4500).

  • Masukkan PIN Anda akan menerima notifikasi bahwa transaksi berhasil dilakukan.

  • Pembayaran dengan QRIS antarnegara selesai dilakukan. 

Dilansir dari finansial.bisnis.com, Filiianingsih Hendarta selaku Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia menjelaskan bahwa saat ini sudah terdapat 8 penyedia jasa pembayaran yang melayani transaksi warga Indonesia di Thailand melalui QRIS.

Kerjasama QRIS Cross-Border Untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dan Global



Dilansir dari Kata Data, jumlah transaksi turis Indonesia yang menggunakan Thai QR Code mencapai 14.555 transaksi dengan nilai Rp 8,54 miliar. Sedangkan, turis Thailand yang menggunakan QRIS di Indonesia sebanyak 492 dengan nilai Rp 114 juta. 

Kemudahan transaksi ini berpotensi lebih mudah memperluas akses pasar UMKM di Indonesia ke pasar global. Dengan mengurangi biaya transaksi, UMKM bisa lebih memberdayakan sumber daya untuk aspek lainnya.

Tentu praktik transaksi digital yang lebih cepat dan efisien ini membuka gerbang perdagangan internasional. Investasi pun akan lebih mudah, sehingga potensi peluang aktivitas ekonomi, termasuk pariwisata di kedua negara tanpa hambatan lagi. Melintas batas negara, tak lagi repot dengan valuta atau beban biaya transfer yang tinggi.

Manfaat kerja sama QRIS antar negara. Sumber: Instagram @bank_indonesia

Transaksi antar negara juga tidak lagi bergantung pada mata uang lokal. Dengan begitu, stabilitas makro ekonomi akan lebih terjaga

Sesuai dengan implementasi kepemimpian Indonesia pada ASEAN 2023. Dengan tema “ASEN Matters: Epicentrum of Growth”, Indonesia ingin membawa ASEAN menjadi kawasan yang berperan penting. Baik secara sentral sebagai motor perdamaian maupun kesejahteraan kawasan. 

QRISnya satu, menangnya banyak. Melalui QRIS Cross-Border bukan hanya membuat proses transaksi di luar negeri jadi lebih mudah dan efisien

Ekspansi QRIS menjalin kerjasama dengan negara mitra berfokus juga pada keberlanjutan. QRIS akan membawa ASEAN menjawab tantangan ekonomi digital. Inovasi QRIS Cross-Border akan membangun masa depan ekonomi digital ASEAN lebih inklusif, efisien, dan terintegrasi.

Tak hanya sekedar impian, Indonesia akan menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan dan dunia. Untuk mewujudkan, jangan lupa lakukan transaksi dengan QRIS Cross-Border saat kamu ada di Thailand, Malaysia, dan Singapura. Bersiap juga untuk menunggu kehadiran QRIS Cross-Border di Filipina, Jepang, India, dan Korea Selatan.

QRISnya satu, menangnya banyak!

Participant of BI Digital Content Competition 2023

___

Sumber bahan tulisan.

https://www.mardiaheyyy.com/2018/06/keliling-asean-lewat-jalur-darat-tips.html

https://finansial.bisnis.com/read/20221211/90/1607459/mencoba-transaksi-pakai-qris-di-thailand-begini-langkah-langkahnya

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/QR-Cross-Border-Solusi-Transaksi-Antar-Negara.aspx

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/KTT-ASEAN-2023.aspx 

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Transaksi-Antarnegara-Tak-Lagi-Bergantung-pada-Satu-Mata-Uang.aspx 

https://www.cnbcindonesia.com/news/20230817115815-4-463831/qris-mendunia-laris-manis-dipakai-warga-tetangga

https://finansial.bisnis.com/read/20230622/90/1668212/top-bi-jumlah-pengguna-qris-nambah-jadi-358-juta-orang 

https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/63ee0226da013/bi-catat-sudah-banyak-orang-ri-pakai-qris-saat-belanja-di-thailand 

https://www.bloombergtechnoz.com/detail-news/1770/transaksi-wni-pakai-qris-di-thailand-tembus-rp-8-m/2 

https://finfolk.co/article/news/qris-makin-sakti-bikin-belanja-di-thailand-bisa-pakai-rupiah

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)