Pengalaman Menginap di Hotel Fortuna Grande Seturan Jogja, Anak Betah Main di Playground!

By Farhati Mardhiyah - 3:36 AM

Baca Juga



Cari hotel kids friendly di Jogja? Yups, kamu harus sih coba menginap di Hotel Fortuna Grande Seturan Jogja. Aktivitas untuk anak di hotel ini bikin anak betah. Gak perlu lagi keluar hotel, wisata di Jogja cukup menginap di hotel aja.

FYI, Hotel Fortuna Grande ini re-branding dari Hotel Dafam ya. Lokasinya cukup strategis, tidak jauh dari pusat kota. Nah, aku mau kasih review jujur yaa pengalaman menginap di hotel berbintang 4 ini.

Fasilitas Kamar

Setelah muncul banyak review di video reels Instagram dan TikTok, akhirnya penasaran "pengen deh ajak suami sama anak nginep kesini semalem aja". Family vacation ceritanya, kebetulan pak suami ngajak nginep hotel karena pengen cuti gitu.

Akhirnya, booking hotel Fortuna Grande Seturan ini lewat OTA Traveloka. Untuk rate kamar paling murah ada di tipe Budget Room. Harga yang aku dapat Rp 557.068 include pajak. 

Setelah aku cek, ternyata rate budget room normal day (hari biasa) itu bisa diangka 400ribuan. Karena aku pesannya hari H, jadi dapat cukup mahal ya.

Sampai di hotel, ketika check-in ternyata kamar tipe budget room ini ada di lantai 1. Kamarnya cukup sempit,cuma luas 16m2 aja. Sedangkan, saat itu sisa kamar yang kita dapat posisinya di pojok tanpa ada view jendela melihat keluar.

Nah, pas aku lewat lantai 1 emang rata-rata budget room ini langsung menghadap tembok gitu. Tidak ada jendela dengan view keluar.

Akhirnya memutuskan upgrade kamar jadi Superior Room, dengan menambah biaya 90ribu. Totalnya, jadi 640ribuan/malam sudah include breakfast ya.

Apa saja fasilitas kamar Hotel Fortuna Grande Seturan?



Fasilitas kamarnya standar ya, dengan harga 600ribuan menurutku cukup pricey. Luas kamar Superior 19m2, bisa request smooking atau non smooking room. Tapi ya, kamarnya menurutku kaya rate hotel bintang 3 aja. Desain interiornya biasa aja, maaf deh kaya Fave Hotel, Pop Hotel, sama apalagi yaa vibesnya tuh mirip kaya gitu.

Lorong hotelnya juga gak pakai AC, jadi tuh panas kalau siang. Lantainya juga gak dilapisin karpet kaya hotel berbintang 4 deh. Huhuhu, but it's okay karena fasilitas kamar lainnya cukup lengkap.

Bathroom Amenities
  • Toiletries shampo, sabun, shower cup, pasta dan sikat gigi.
  • Dua handuk putih besar
  • Keset handuk
  • Tisu
  • Wastafel
  • Gelas.
Untuk ameneties kamarnya ya biasa aja, hanya dapat toiletries dan handuk untuk 2 tamu. Kamar juga sudah provide shower dengan air panas. Tersedia juga staker listrik untuk hair dryer dekat wastafel. 

Sayangnya sih, showernya itu tidak ada kerannya. Jadi, cukup sulit untuk wudhu dan anak mau cuci tangan sendiri.

Room Service Amenities
  • Televisi (gak bisa netflix, bukan smart tv)
  • Termos listrik
  • Dua botol air mineral
  • Teh, kopi, gula, dan krimer.
  • Sandal hotel
  • Dua gelas cangkir dan sendok
  • Cermin
  • Safe Deposit Box
  • Gantungan baju.
Fasilitas TV di kamarnya masih pakai parabola sepertinya. Jadi, hanya bisa liat TV lokal dan program luar seperti HBO, Thrill, Cinemax, dan lainnya.

Guest Room Amenities
  • Informasi hotel, menu dan brosur
  • Telepon
Sayang banget nih, kamar hotel Fortuna Grande Seturan gak kedap suara. Beneran deh, anakku gak bisa tidur karena ada suara sound dangdutan besar banget dari luar. 

Parahnya lagi, kamarku lantai 6 dan atasnya itu lantai 7 meeting room. Jadi, super kedengeran banget ada suara geret meja yang berisik.

Mulai sepi tuh jam 12an, niatnya mau staycation malah berujung tidur kemaleman. Bangun jadi kesiangan deh, hahaha.

Breakfast di Hotel Fortuna Grande

Jujur, aku gak banyak explore pas breakfast. Soalnya restoran tempat breakfastnya kecil banget. Anakku jadi agak rewel, liat banyak orang numpuk di satu titik. Kebetulan saat itu lagi ada rombongan yang menginap, jadi cukup rame yang makan pas breakfast.

Nah, aku ambil menu yang kids friendly "sop ayam". Tapi, ternyata pas dicobain rasanya kurang banget deh. Sorry to say ya management Fortuna Grande, coba diperhatikan lagi deh sama masakannya. 

Anakku jadi ga doyan makan, ditawarin sereal pun jadi ga mau. Suamiku juga, cobain ambil menu buffet dengan makanan nasi goreng hongkong, ayam kecap, dan mie goreng. Rasanya? Sumpah kata dia, enakan masakanku. 

Pas, aku cobain ternyata bener nasi gorengnya hambar banget dan gak ada anget-angetnya. Menurutku kurang fresh aja. 

Menu lainnya, aku cuma cobain sushi dan chicken grill aja. Menu ini tertolong banget sama saus jamur dan mayonaise-nya, meskipun ayamnya kurang empuh dan gak meresap bumbu rempahnya. 

Rasanya yang hambar dan ruangannya sempit, jadi kita ga mood untuk makan. Yah sia-sia deh, jatah breakfast-nya kan.

Padahal ada spot cotton candy, marshmallow stick, ice cream, lollipop candy, itu gak bikin anakku tertarik. 

Free Akses Mini Zoo dan Playground Sepuasnya

Sepertinya ya, menginap di hotel Fortuna Grande Seturan ini kita bayar aktivitas kids friendly ini. Bener aja, anakku super betah main di playground hotel.

FYI, jam operasional Mini Zoo dan Playground 08.00 - 17.00 WIB. Jadi, kalau kamu early check-in bisa nih nunggu di area playground dulu. Dan, fasilitas ini free bisa sepuasnya yaa untuk tamu hotel.



Fasilitas playground ada sliding perosotan anak, mini-car mobil-mobilan tayo, area mini mandi bola dengan perosotan, trampolin, mini profesi (hotel, dokter, minimarket), masak-masakan, spot mini perpustakaan, lengkap deh pokoknya.

Area ruang tunggu di playground juga disediakan tempat duduk cukup banyak. Jadi, bisa banget nih sambil buka laptop nunggu anak main.

Untuk Mini Zoo free akses juga ya. Koleksi hewan peliharaannya juga banyak loh. Ada bebek, burung, ayam, domba, kuda, kura-kura, kelinci, dan iguana. Selain bisa melihat hewan, disini ada aktivitas seru yang berbayar loh. 



Aktivitas berbayar di Mini Zoo
  • feeding pet : Rp 15.000/keranjang
  • naik kuda :  Rp 50.000/2x putaran
  • mini gokart : Rp 20.000/5 menit
  • kereta thomas : Rp 15.000/3x putaran


Nah, di fortuna park juga punya spot bermain pasir dan ruang kreatif. Untuk ruang kreatifnya berbayar ya, bisa melukis beberapa barang kaya goodie bag, melukis pot, patung, topi, dan lainnya. Hasil lukisannya ini bisa dibawa pulang.

Fasilitas Hotel Fortuna Grande Seturan

  • Swimming pool
  • Co-working space & cafe
  • Scooter anak
  • Meeting room
  • Ballroom




Selain akses free mini zoo dan playground, hotel ini juga punya fasilitas hotel lainnya yang kids friendly

Ada swimming pool dengan spot area untuk anak kedalaman 80m. Sayangnya nih, kolamnya kecil banget cuma muat buat 9 anak deh. Nah, untuk area kolam lainnya lumayan dalam 150m. 

Jadi, pastiin ya kalian bawain pelampung untuk anak. Kalau mau sewa juga disediakan pelampung karakter lucu di hotelnya. 

Selain itu, ada candy shop yang gemas dan bikin anak penasaran mau mengunjungi area ini. Siapin budget aja, kalau anak minta beli permen lollipon disini.

Di area lobby hotel ada co-working space dan cafe. Cocok deh, buat kamu yang staycation tapi tetep harus kerja bisa banget nongkrong di co-working space-nya. Tersedia ruangan area bisa untuk meeting, banyak staker listrik juga. Lengkap juga ada area smooking-nya. 



Kesimpulan

Kalau kalian pengen family vacation di hotel, Fortuna Grande Seturan ini bisa jadi opsi. Aku saranin sih, kalau mau lebih puas siapin budget lebih banyak bisa sewa kamar Adventure Room (thematic decor lengkap ada mainannya juga).


Nah, thematic decor ini yang tipe Adventure Room rate per malamnya bisa 1,5jutaan. Kalau untuk superior kids favourite stay dengan decor ada tenda dan mainan lego, rate per malamnya mulai dari 800ribuan.

Semoga aja next menu makanan di hotel ini bisa upgrade jauh lebih enak. Sayang banget sih, dengan aktivitas seru di hotel tapi gak diperhatiin fasilitas hotel lainnya. 


  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)