10 Fakta Menarik Brand RUCAS : Mulai dari Sukses Jual Ribuan Jeans hingga Strategi Unik yang Viral

By Farhati Mardhiyah - 11:44 PM

Baca Juga


Fenomena strategi marketing unik dari brand RUCAS memang tidak pernah gagal. Mulai dari produk jeans lokal edisi terbatas dan eksklusif, hingga make over pemulung menjadi model brand. 

Sebelum kontennya viral, brand lokal ini sudah sering menyita banyak perhatian. Mungkin kamu salah satu pembeli yang pernah gagal WAR membeli produknya.

Penasaran gak sih bagaimana produk RUCAS bisa cepat ludes terjual? Yuk, simak fakta menarik dari brand asli Indonesia ini.

10 Fakta Menarik Brand RUCAS yang Harus Kamu Ketahui

RUCAS merupakan brand fashion lokal yang memproduksi produk streetwear. Tak hanya mengeluarkan produk jeans saja, kini berkembang ke pakaian lain seperti kemeja flanel dan jaket denim.

1. Pemilik RUCAS Asli Indonesia

Founder RUCAS, Rubin Castor Muhardi
Nama brandnya mungkin terdengar asing, padahal pemilik brand RUCAS adalah pemuda asli Indonesia. Founder sekaligus owner RUCAS adalah Rubin Castor Muhardi. 

Rubin Castor mendirikan brand RUCAS pada akhir tahun 2018. Meskipun sempat menunda pekerjaan yang berkaitan dengan usaha brand fashion ini, ia tetap bisa membuktikan berhasil membawa brand ini terus berkembang.

2. Berawal dari Produk Jeans

Siapa sangka, sejarah berdirinya RUCAS berawal dari pemiliknya yang sulit menemukan jeans sesuai dengan ukuran kakinya. 

Untuk mendapatkan celana jeans yang sesuai, Rubin harus beli dari brand luar negeri dengan harga cukup mahal. Akhirnya, ia memutuskan membuat celana jeans sendiri.

Awal rencananya hanya dipakai pribadi saja. Ternyata desainnya yang unik menarik perhatian teman-temannya. Dari komentar positif itu lah membuat Rubin membac peluang besar untuk menjualnya.

3. Pakai Bahan Lokal Berkualitas

RUCAS membuktikan dengan menggunakan bahan lokal ternyata bisa menghasilkan produk berkualitas. Pelanggan setianya harus bangga, sebab telah mendukung 100% brand lokal Indonesia.

Seluruh jeans yang dikeluarkan sepenuhnya menggunakan bahan lokal berkualitas. Rata-rata produksi jeans lokal ini per bulannya bisa mencapai 700-800 pasang. 

Setiap rilisnya bisa lebih dari 20 model dengan jumlah terbatas. Tak heran ya, untuk mendapatkan jeans lokal ini perlu berjuang ikut WAR. 

Kalau kamu sudah punya salah satu koleksi produk RUCAS, harus bangga pakai produk 100% brand lokal Indonesia. 

4. Desain Unik dan Kekinian

Desain celana jeans RUCAS tampil beda dengan produk lainnya. Setiap merilis produk selalu menggunakan bahan berkualitas dan desain yang kekinian.

Gak heran, setiap meluncurkan produk terbaru pasti selalu dinanti dan tinggi peminatnya. Meskipun berkualitas, harga produknya tetap terjangkau.

5. Produk Limited Edition

Penasaran kan kenapa produk RUCAS selalu ludes terjual dalam hitungan menit? Alasannya karena strategi marketing RUCAS membuat seolah produknya selalu limited edition.

Setiap produk yang rilis tidak memproduksi ulang koleksinya lagi. Ini lah yang membuat pelanggannya ingin segera mendapatkan produknya. Apalagi kalau produk tersebut kolaborasi dengan influencer, pasti langsung tinggi peminatnya. 

6. Kolaborasi RUCAS selalu Sukses

Strategi marketing RUCAS selalu dikemas dengan apik. Program kolaborasi dengan YouTuber Bimo PD saja bisa sukses menjual 2.427 celana jeans hanya dalam waktu 1 jam.

Kolaborasi ini lah pertama kalinya RUCAS mendapatkan penghargaan rekor MURI pada tahun 2020. Tak puas dengan prestasinya, RUCAS terus berinovasi untuk menunjukkan eksistensinya. 

7. Dapat Rekor MURI Penjualan Jeans Terbanyak

Kolaborasi RUCAS X BIGERTON
Kolaborasi eksklusif lainnya juga berhasil mencetak MURI pada tahun 2021. Ya, kolaborasi RUCAS x BIGERTON berhasil menjual produk online terbanyak dalam waktu 15 menit. 

Hasil kolaborasi dengan tim E-Sport nasional ini sukses menjual jeans terbanyak. Produk 2226 jeans ludes terjual hanya dalam waktu 15 menit saja. 


8. Ide Unik Make Over Model

Ide unik RUCAS ini membawa perubahan mindset model brand harus menarik. Kontennya yang unik sampai viral ini pun berhasil membuat brand lain mengikutinya. 

Ketika brand lain sibuk membayar mahal selebgram cantik dan ganteng, atau artis dengan bayaran termahal. RUCAS memilih ide unik make over profesi yang tidak biasa. 

Siapa sangka, tukang parkir setelah make over bisa terlihat lebih keren. Begitu juga dengan setelah mengajak pemulung Pak Dedi di-make over. 

Tampilannya yang memukau membuat audiens semakin penasaran dengan brand RUCAS. Gak heran nih, penjualan produknya juga semakin meningkat.

9. Dekat dengan Followers

Saat ini sedang banyak brand owner memanfaatkan akun media sosial sebagai sarana promosi. Strategi menggaet pelanggan bukan hanya dengan diskon, giveaway, atau free product.

Rubin owner RUCAS memilih sering berinteraksi dengan pengikutnya di Instagram. Bukan hanya untuk jualan saja, ia juga sering sharing dan mengobrol santai saja. 

Dengan obrolan santai, ia juga kerap memberikan edukasi seputar jeans dan produk fashion lainnya.

10. Bisa Beli produk RUCAS di Voilà.id

Pasti suka kesel kan, kalau beli produk mahal ternyata gak asli? Ada loh platform belanja yang menyediakan produk 100% authentic. 

Termasuk koleksi produk berbagai model jeans RUCAS tersedia di Voilà. Platform ini menyediakan lebih dari 150 merk dan desainer mewah. 

Sistem pembayarannya aman, dan pembelinya pasti  layanan responsif. Yuk, belanja produk fashion dan makeup yang terjamin keasliannya di voilà.id!

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)