umroh 2013 #1

By Farhati Mardhiyah - 4:59 AM

Baca Juga

Assalamualaikum-

Alhamdulillah punya kesempatan sharing ibadah umroh sebulan yang lalu.

harusnya 2 tahun yang lalu pas saya kelas 3 SMA bulan mei ikut umroh bapak ibu dan abang, mba, adek dan budhe, tapi berhubung keberangkatannya itu mendekati SNMPTN, jadi saya ga jadi ikuuuut padahal jauh hari udah bikin pasport, aarggghhh cerita bikin pasportnya aja panjang banget. ujian saya dipanggil Allah lewat rezeki Ibu itu dimulai dari sini.

jadi ibu saya bercita-cita semenjak mulai menikah dengan bapak saya, cita-citanya membawa anak-anaknya kelak umroh bareng. semenjak puluhan tahun dari saya belum lahir sampai saya beranjak mahasiswa, akhirnya  cita-cita ibu baru tercapai lewat rezeki yang dikasih Allah, rezekinya itu berupa warisan rumah yang dijual nenek saya, subhanallah artinya saya diberangkatkan umroh oleh ibu dan nenek saya. kesempatan ini mungkin pertama dan terakhir, kebetulan ibu saya eh keluarga saya bukan dari keluarga kalangan atas, tapi saya terus berharap kelak akan balik lagi ke haram membawa kedua orangtua saya :"

tapi... Allah menginginkan saya tidak berangkat sama-sama 2 tahun lalu, mungkin kalo saya ikut berangkat ibadahnya jadi kurang karena kebanyakan berantem disana nanti, maklum namanya keluarga  pasti sering deh cekcok, ngambek, hihi.

dan Allah akhirnya mengizinkan saya untuk pergi bersama kedua orangtua saya tanggal 6 februari 2013.

6 februari 2013, bandara soekarno hatta.

saya dan sekeluarga bersama 7 rombongan ibu, berangkat dari rumah menuju bandara jam 5 pagi, karena pesawat saudi airlines untuk keberangkatan kami dijadwalkan terbang jam 7 pagi, makannya kami harus berangkat dari rumah sepagi mungkin karena harus lewatin proses imigrasi.

sampai bandara-

sampai di bandara, gak lama kemudian dapet kabar kalo pesawat kami delay dan diundur jadi jam 9, emmmmfffh ujian dari Allah dimulai disini.

nah pas jam 9 saya dan rombongan langsun masuk menuji boarding, imigrasi, sampe masuk ruang tunggu, dan sampe masuk pesawat juga sih, dan saya beruntung sekali dapat tempat duduk paling depaaaaaan yaaaak eksekutip sodara sodara, itu berkat bule ganteng petugas kabin yang mempersilahkan saya duduk paling depan karena tempat duduk saya udah didahuluin orang, macem di bis siapa cepat dia dapet, hummmmfffh.

10 menit kemudiaaan.... krik krik saya bingung mau ngapain karena sebelah saya bapak-bapak dan saya baru tau beliau adalah pak siapa gitu yang punya travel duta faras. krik krik bingung mau ngapain.

kemudian bule arab petugas kabin mulai mengabakan macem-macem apa tu namanya yaa, yang buat keselamatan gitu deeeeh, duuh norak saya ga tau namanya -,- naah biasanya setelah aba aba ini pesawat bakal siap landas, tapiiiiiiiiiih.....

tiba tiba ada pengumuman kita disuruh nunggu 10 menit lagi karena ada trouble, ya ya ya saya sudah bete sekaliiih, mana keluarga saya mencar mencar jadi saya ga tau harus ngapain.

dan 20 menit kemudian ada pengumuman, kita disuruh turun dan dipersilahkan nunggu di ruang tunggu sampai batas waktu yang tidak tau sampe kapan, iyuuuh. semuanya langsung menghembuskan nafas bete. teliti banget mereka sampe sampe ga mau terbang, padahal pesawat itu udah keluar dari parkiran, eh tiba tiba balik lagi ke parkiran karena ada yang rusak di sayap kiri pesawat.

dan kitapun nunggu di ruang tunggu guling-gulingan, salto, dangdutan, eeh kita makan disana sambil bete, dan  saya sambil nguping percakapan ibu dan anak yang kira-kira sepantaran saya. anaknya ngomongg kalo masalah cuma teknisi si cuma 3 jam benerinnya, kalo masalah mesin ada yang eror itu 6 jam, kalo alatnya ga ada terus mesinnya harus diganti itu bisa besok benernya. dan saya dalam hati cuma bisa komentar  "sok tauuuuu bangeeet siii looo"

suasana di ruang tunggu

tapiiiiiiii dhuhurpun tiba dan pengumuman memberikan kecewa penontonnya. harus nunggu 3 jam sodara-sodara, saya lanngsung "hemmm 1 bener buat anak sok tau itu.". 3 jam kemudian ada pengumuman lagi "pesawat ga bisa terbang harii iniiiii!!!!" oke yang sok tau kali ini gue -,-

karena lelah menunggu dari pagi, pengumuman itu membuat orang-orang emosiii, ada bapak bapak dari travel lain yang ngamuk katanya minta pertangggung jawaban dan kepastiaannya , aneh bapak itu dihamili siapa yaaaa???, emww. bapak itu sampe teriak teriak looooh, ga maluu abisssyyyyy. nah kebetulan pas umroh kali itu banyak anak anak sepantaran saya dan bawah saya yang abege gitu deh, mereka cuma bisa ngetawain bapak bapak itu. lainnya yang ibu bapak berpendidikan cuma bisa ngejudge  bapak itu emosi sekali dan ga tau maluh -,-

akhirnya semua penumpang diinapkan di hotel, ada yang di sahid ada yang di borobudur, sayaa? uuuu lalalallaa bahagia sekali,ini adalah bonus menikmati hotel berbintang dan Allah memberikan saya kesempatan satu malam untuk suci kebetulan saya lagi dapet muiihjihui :D

saya dan rombongan dan beberapa rombangan travel lain diinapkan di hotel sahid, norak memang pas masuk pintunya saya sudah takjub oooo begini yaa rasanya masuk  hotel bintang noraaak. makanannya enak, kamarnya bagus dan saya norak ga bisa buka pintunya yang pake card gituuu, hemmmmm.

kamarnya si biasa aja-

ga banyak yang bisa dilakuin di hotel, saya aja cuma tidur istirahat bangun bangun udah pagi, tapi bersyukur bisa makan di hotel, kalo mau minum aer tinggal panggil mas mas gituu minta dituangin. terus makanannya itu pilihannya buanyaaak ada jawa, chinese, eropa, itali, ada cuci mulut juga tapi bukan kumur-kumur di wastafel cuci mulutnya yaa -,-

yeey akhirnya menuju bandara jam 6 pagi 7 februari pake bus damri yang biasa buat bus angkutan umum ke bandaraaa :"

tempat duduknya tidak seberuntung kemaren, kali ini saya tidak paling depan tapiii malahan paling belakang -___- saya dan bapak saya yang mulanya dipaling depan digusur pindahin ke tempat lain karena ada dua nenek nenek pake kursi roda, yaah saya si gapapah asal deket bapak terus mah biar ga krik krik, tapi tetep aja ga deket bapak juga sebangku. saya duduk di bangku paliiiing belakang -,-

petugas kabin lagi ngiter bagi bagi lotre, kopi

di pesawat kerjaannya cuma makan tidur makan lagi ngeteh ngopi tidur lagi  begitu sampe 10 jam nyampe bandara madinah.

sampe bandara take off jam 4 lah kurang lebih, nah bandara disana modelnya parkiran pesawatnya jauh dari gedung bandara, jadi dari turun pesawat harus pake bis kecil gitu macem busway, pas turun dari pesawat bisa foto-foto gitu depan pesawatnya biar unyuh moment :"

ga ganti baju dari kemaren :p

harusnya ga lama kita udah keluar imigrasi, tapiii ujian kesabaran diuji lagi, emang dasar orang arab sombong yaah mereka mainin kita gitu, masa dibukanya satu petugas doang padahal banyak petugas lain yang nganggur, petugas yang lain ada yang ngeteh, ngobrol, nelfon, gimana ga kesel yaaaa orang indonesia liatnya -,- yaaah tapi itulah jadi kenangan perjalanannya. ngantri panjang panjang tiba tiba petugas imigrasinya pergi entah kemana, lari ke antrian lain panjang panjang petugasnya ngeteh dulu -,-

antriannya panjang yang dibuka satu tok yassalaaaam

orang turki seragamnya item-item unyuh

imigrasi ribet, cap jari, foto, tambah ditanya-tanya kalo cewek ''umur berapa?", "single?" -,- double saya pak

setelah imigrasi ternyata ada proses lain, verifikasi paspor di ruang paling depan yang ternyata petugasnya lebih pada sibuk sibuk dibanding yang di dalem, yasssalaaam elus elus dada.

naaah gara gara lama di imigrasi akhirnya sampe hotel udah magrib, sampe hotel beres beres dulu bersih bersih, baru setelah isya kita langsung menuju masjid nabawi.

ketika pertama kali nginjek masjid nabawi, ngelangkahin kaki ke pelataran masjid, memandang pintu ustman bin affan dari kejauhan, cuma bisa memandaaang memandaaang memandaaang, ya Allah jangan kau hapuskan memori keindahan rumahMU ini yaRabb :"

pertama kali solat di masjid nabawi, karena udah kelewat isya akhirnya berjamaah sama ibu dan rombongan. setelah solat isya, ibu langsung ngajak ke raudhah. walaupun belum masuk ke raudhahnya tapi kita dapet tempat di deket bekas rumah Rasulullah, solat dan berdoa disana. pertama kesini saya belum bisa nangis dan jujur saya belum tau mau minta apa dan berdoa apa, saya masi takjub dengan masjidnya, takjub banget. di deket rumah rasulullah aja udah kecium wanginya, subhanallah. kali itu saya juga takjub dengan orang asing dari turki atau arab atau palestin yang begitu mencintai rasulullah sampai mereka menangis walaupun hanya memandang atap hijau rumah rasulullah :"

setelah berdoa di raudhah

lantai di madinah  itu terbuat dari batu dari jabal hiro, kata mahasiswa indonesia disana, jadi batunya itu kalo panas dia ga nyerep panas, kalo dingin dia ga kedinginan, pantesa sedingin apapun disana pantat ga berasa dingin yaa, subhanallaah dan banyak banget yang tidur dipelataran masjid, itikaf sekalian kayaknya deh, kata bapak juga kalo musim haji banyak jamaah yang lebih milih tidur disini biar ga bolak balik, soalnya kalo musim haji puadeeet kalo kesiangan 2 jam sebelumnya aja ga bisa dapet di dalem masjid.

nah ini keadaan selesai solat isya, puadeeet keluarnya susah umpel-umpelan, ga cuma sama orang indonesia tapi sama orang arab dan turki yang guedee guede abiis.