[Ramadhan Talk] Kenapa Dianjurkan Berbuka dengan Kurma?

1:45 AM

Selamat Sore, akhirnya bisa bebas dari tugas membuat jurnal, rasanya lega dan happy karena bisa bermesraan dengan blog ini. Sebenarnya banyak sekali cerita atau Talk About tapi kemudian aku memutuskan untuk Ramadhan Talk ini khusus cerita yang bermanfaat dan berkaitan dengan Bulan Ramadhan, jadi insya Allah bermanfaat. 


Kali ini akan sharing mengenai berbuka puasa dengan kurma, betul gak sih kalau gak semua orang itu suka kurma? dan yang selalu berbuka dengan kurma itu pasti orang tua kita, kalau kita lebih mengutamakan es teh atau es teler yang lebih menggoda melepas dahaga tenggorokan kita.

Kenapa harus kurma yang dianjurkan untuk mengawali asupan makanan ketika berbuka?

pict from www.orami.co.id
Sebagai Anjuran Rasulullah Berbuka dengan Kurma dan Air putih

Rasulullah pernah menyampaikan dan diriwayatkan oleh sahabatnya, kurma dan air putih merupakan menu berbuka Beliau dan dilanjutkan lagi diriwayatkan oleh sahabat yang lain bahwa Rasulullah berbuka puasa dengan beberapa kurma matang dan basah sebelum melaksanakan shalat. Nah dasar ini lah yang dijadikan kita sebagai muslim selalu mengingatkan untuk berbuka terdahulu dengan kurma. 

Dalam hadist yang diriwayatkan salah satu sahabat menyangkut kurma matang, kering dan basah. Apasih perbedaannya? 

Perbedaannya adalah tahapan kematangan kurma. Kurma yang sangat dianjurkan pertama diucap Rasulullah adalah Ruthab. Kurma Ruthab ini adalah kurma matang, dimana dari tahapan kurma yang berwarna hijau dan keras kemudian akan berubah menjadi kecoklatan dan kulitnya melunak, rasanyapun lebih lembut dan manis.

Kurma Ruthab ini punya kandungan yang paling baik untuk tubuh dibandingkan jenis kurma Tamr (basah), Kimri (kering). Kurma yang masuk di Indonesia dan umum dijual di berbagai gerai supermarket adalah jenis Kimri, kurma ini sudah melewati fasa kematangan istilahnya udah matang betul lah. Perbedaan ruthab dan tamr adalah proses pengolahannya, kurma yang sudah matang (basah) untuk proses pengawetan biasanya dikeringkan terlebih dahulu atau pakai cara lain. Proses pengawetan ini mengurangi kadar air dan menurunkan kandungan vitamin A dan C pada kurma, rasa manis pun akan lebih dibandingkan kurma Ruthab.

Kandungan Gula pada Kurma mampu Mengembalikan Metabolisme Tubuh dengan Cepat

Setelah berpuasa kurang lebih 12 jam, tubuh kita banyak kehilangan air dan zat gula. Oleh karea itu untuk berbuka puasa sangat dianjurkan berbuka dengan yang manis dan minum air putih. Kurma punya kandungan gula jenis Glukasa dan Fruktosa yang dapat dicerna dan diserap dengan baik dan mudah oleh tubuh kita. Kandungan fruktosa pada kurma juga baik dan aman dikonsumsi untuk penderita Diabetes, dengan catatan tidak berlebihan ya. Air putih sendiri dapat mendinginkan panasnya lambung, jadi untuk diberikan asupan makanan lain tidak akan terasa perih.


Kenapa kurma lebih baik dibandingkan kita minum es teh manis atau es teler?

Ada beberapa ulama yang memandang anjuran Rasulullah dimana menjadi disunnahkan berbuka dengan kurma itu dilihat dari sifat manis dari kurma bukan dari buah kurmanya. Apapun makanan yang bersifat manis dianjurkan terlebih dahulu dimakan, bukan hanya kurma saja bisa dengan kue, es teh manis, tapi jangan berbuka dengan memandang Hamish Daud bisa-bisa pingsan.

Ternyata Allah itu begitu mengetahui kebutuhan yang paling baik untuk hamba-Nya. Untungnya Allah kasih petunjuk Rasul untuk memakan kurma ketika buka puasa, coba kalau dikasih petunjuk makan kue brownies, es kepal milo, atau kue artis, bisa-bisa kita semua punya penyakit diabetes abis puasa.

Kalau kita logika kenapa harus kurma? ya karena kurma sudah diciptakan dengan rasa manis namun punya kandungan gula yang tinggi tapi baik untuk tubuh, nah bersyukurlah kalian Allah menciptakan buah kurma.

Sudah dianjurkan berbuka terdahulu dengan kurma tapi kita masih tergiur dengan makanan yang lain, sebenarnya Allah juga menguji kita yang sedang berpuasa, karena berpuasa itu tidak hanya menahan lapar tapi menahan nafsu kita apalagi ketika berbuka yang rasanya mau beli semua takjil dan makan semua takjil.

Jadi masih tergiur beli es kepal milo yang menggoda itu gak?


Salam,


You Might Also Like

21 comment

  1. Kurma selain pas buat buka puasa, favorit juga kalau dibawa pas pendakian..

    Jadi nggak gampang capek dan bisa memulihkan stamina..
    Kalau ndaki gunung yang >3000 meter pasti selalu beli kurma dulu sebelum nanjak buat dimakan pas laper atau kalau udah mulai ngosngosan.. hehe

    Buah ajaib

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gercep komennya :D
      kalo pas nanjak makannya coki-coki selain lezat bikin nagih haha, kebetulan kurang suka kurma kecuali kurma ajwa atau masih ga lembek gitu yg kaya ruthob. Makan kurma kalo abis ada yang pulang umroh mintanya dibawain kurma yg baru setengah mateng menuju mateng :D

      Delete
    2. Pas jalan-jalan, jadi cepet.. hehe

      Oiya.. Coki-coki juga.. Favorit tu.. hehe
      Hmm.. Kalo bagiku semua kurma mah sama.. hehe.. Tapi yg enak itu kurma yg semacam kering, jadi enggak lengket pas dimakan... Pas pendakian jadi g bikin kotor..

      Delete
    3. Hahaa tergantung lidah ya, iya kurma yg kering itu udah diawetin gak lengket juga jadinya, rasanya gak terlalu manis. Kalo daki pasti bawanya gula Jawa, kearifan lokal :D

      Delete
    4. Oiya.. Gula Jawa..
      Hadeh.. Sudah lama sekali g ngemut gula jawa pas pendakian.. hoho

      Delete
  2. sebenernya aku ngga suka kurma, tapi dulu pernah dikasi cokelat kurma dan ternyata aku suka, jadi sekarang takjilnya kurma berbalut cokelat gitu...
    ...itu diitungnya makan kurma gak sih? ((tetep pengen dapet sunahnya gituh))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa kl beberapa ulama ada yg menjelaskan tafsiran kurma di hadist itu sifat manis dari kurma, Karna kan sifat manis itu yg cepat mengembalikan energi dalam tubuh
      Itu coklat kurma ada kurmanya insya Allah dpt pahala berbuka sama pahala Sunnah Rasul :D

      Delete
  3. berarti kurma yang selama ini saya makan kering dan udah matang betul. Ga sesuai dong sama kurma yang dimakan Rasul matang dan basah... kira-kira punya refrensi ga ya untuk beli kurma yang seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps karena kurma butuh diawetin juga jd yg di Indonesia itu yg dijual pasti kurma kering. Insya Allah masih dapet Sunnah kan kata Rasul kalo ga ada kurma ruthab makan kurma tamr atau kering, kalo gak ada juga air putih itu udah mengikut Sunnah Rasul insya Allah
      Kalo beli kurma ruthab di Indonesia itu kayaknya aku gak paham tapi kalau umroh itu ada yg jual kurma matang biasanya masih jd satu sama batangnya...

      Delete
  4. Sunnah Rasulullah SAW mah memang terbukti menyehatkan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapss Rasulullah selalu mengajarkan kebaikan termasuk dalam adab ketika makan, bahagianya kita bisa mengenal Beliau

      Delete
  5. Tiap mau buka saya selalu makan kurma dulu, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus mbaa biasanya makan 3 biji kurma sudah kenyang jadi bisa jeda shalat dulu lalu makan berat, mengurangi jajanan jahat seperti gorengan :D

      Delete
  6. Aduh godaan banget emang es kepal milo ya, wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha emang es kepal milo itu menggoda manisnyaaa wkwk

      Delete
  7. Mengapa ya padahal buah ini saya kurang suka, tapi kalau pas ramadhan lumayan juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah mungkin terlalu manis dan efek segar kaya buah yang banyak mengandung air itu ga dirasa, jadi memang banyak yang kurang suka ya

      Delete
  8. Betul bangat, emank klo buka puasa di sunnahkan dengan kurma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps itu juga ajaran orang tua kita yang selalu ada saat berbuka :D

      Delete
  9. Paragraf kedua bener bangeet, orang tua dan es-es-an LOL!
    Wah masha Allah. ternyata kurma emang lebih disarankan ya buat membatalkan puasa, tapi entah kenapa kok masih suka menyepelekan kurma huhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya pasti yg disodorin orang tua kurma dulu, tapi kita mah esnya yg duluan masuk :D

      Delete

Terimakasih sudah bersedia membaca, untuk memperluas amal baik silaturahmi dan memperluas koneksi, silahkan isi komentar dan tinggalkan URL blog kalian

Friends

Google+ Followers