Potensi Pasar Blockchain di Indonesia, UDAX Indonesia Hadirkan Platform Pertukaran Aset Kripto

11:28 AM



Sebagai masyarakat yang sangat awam dengan dunia digital ekonomi atau platform seperti saya, pastinya belum paham mengenai konsep cryptocurrency, teknologi Blockchain, atau bitcoin dan kawan-kawannya. Tapi, saya selalu penasaran bagaimana konsep dari platform digital menyimpan, mengelola, bahkan memindahkan dan mengamankan baik dana maupun informasi pribadi dari kedua belah pihak yaitu konsumen dan penyedia platform digital seperti E-commers.

Ternyata semua rasa penasaran saya terjawab kemarin Rabu 31 Oktober 2018 dalam acara UDAX Indonesia Launching Conference Southeast Asia Blockchain Forum. Selain launching UDAX Indonesia, acara ini juga menggelar konferensi berupa paparan presentasi dari partner dan diskusi panel dengan topik Cryptocurrency dan Digital Economy Market Review and Development. Menariknya, salah satu pendukung acara ini UDAX Indonesia Launching Conference Southeast Asia Blockchain Forum adalah Bisnis.com.

Berberda dari forum-forum bitcoin maupun blockchain yang sudah terselenggara di Indonesia, acara ini lebih banyak dihadiri oleh para tamu dari luar Indonesia. Memang tujuan dari forum ini juga sebagai ajang promosi pertukaran dan kerja sama antara industri blockchain Indonesia dan luar negeri. Tidak heran, acara ini digelar di The Westin, Kuningan Jakarta.

Apa sih UDAX itu?
Photo by Shinta Juliana
UDAX (United Digital Asset Change) merupakan pertukaran aset digital berbasis teknologi blockchain, tujuannya adalah menyediakan perdagangan aset digital yang aman, adil, dan terdesentralisasi. UDAX tidak hanya menyediakan platform pertukaran aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum dan lain-lain, namun juga menyediakan berbagai solusi lainnya yang berbasis teknologi blockchain.

UDAX pusatnya berada di Cina, beberapa tahun terakhir ini UDAX sudah memperluas platformnya ke berbagai negara asia. Korea Selatan, Hongkong, Singapura, dan Malaysia merupakan negara yang sudah mengoperasikan UDAX.

Berbasis digital secara keseluruhan membuat user atau pengguna akan bertanya mengenai keamanan dari platform UDAX. Perwakilan UDAX Global pada saat Press Conference bersama media menjawab secara meyakinkan tidak ada celah dari keamanan UDAX.

UDAX sudah memiliki sistem keamanan dari tim IT security yang selalu mengamankan data pengguna, selain itu UDAX juga selalu upgrade sistem datanya secara berkala, karena itu pengguna nantinya tidak perlu khawatir mengenai kemanan data yang sudah tersimpan di sistem data UDAX, Bobby Lieu CEO UDAX GLOBAL

Kurang lebih begitu jawabannya, dalam acara para tamu VIP itu pakai bahasa Inggris dan Mandarin, jadi maklum kita-kita ini harus menyerap secara benang merahnya aja.

Launching UDAX Indonesia
Launching UDAX Indonesia dilakukan secara unik. Para perwakilan yaitu Roger Wang, Bobby Lieu, Yuan Yunfeng, Yang Xinfeng, Jiang Kuizhe, Denny Chris, Jing Chengmin, Leo Yang dan perwakilan dari Indonesia Dr. Komang Aryasa memimpin Upaca Launcing UDAX. Seluruh perwakilan meletakkan satu tangan pada layar LED, kemudian muncul seperti verifikasi dan dalam hitungan mundur website UDAX-id.com muncul di layar LED.

Photo by Shinta Juliana


Photo by Shinta Juliana

Perkembangan Pasar Digital Indonesia
CEO UDAX Global, Bobby Lieu, dalam Press Conference menyampaikan alasan UDAX memperluas teknologi platformnya ke Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, ditambah lagi beberapa tahun ini platform E-commerce di Indonesia sangat baik perkembangannya, begitu juga dengan perkembangan pasar Blockchain. Hal itulah yang membuat UDAX akhirnya menggelar Konferensi Aliansi Blockchain Asia Tenggara sekaligus launcing UDAX Indonesia.

Perwakilan dari SEABA (Aliansi Blockchain Asia Tenggara), Richard Ma, dan perwakilan UDAX Korea, Jing Chengmin pada kesempataan sambutannya menyampaikan paparan juga mengenai proyek blockchain yang telah berhasil, serta memaparkan mengenai promosi pertukaran dan kerja sama antara industri blockchain Indonesia dan luar negeri.

Dr.Komang Budi Aryasa, Kepala Riset dan Big Data PT Telkom Indonesia menyampaikan pada paparan presentasinya dalam diskusi panel mengenai kerjasama untuk mengembangkan pasar Blockchain di Indonesia dan UDAX merupakan kesempatan yang sangat baik. Beliau juga menambahkan bahwa, tidak hanya aset kripto yang diberikan dari teknologi blockchain, namun akan menciptakan potensi baru seperti Blockchain As A Service.

Diskusi panel juga menghadirkan Bobby Lieu (CEO UDAX Global) StepahieWong (Dorothy), Quan He (ARMY21), dan Roger Wang (EEC). Diskusi panel ini sebagai tujuan mendorong terjalinnya kerjasama antara Indonesia dan negara lain dalam mengembangkan pasar blockchain.


Photo by Shinta Juliana

Saya sangat optimis, teknologi digital pertukaran aset ini akan terus berkembang, seiring dengan perkembangan dunia digital yang juga mempengarungi digital ekonomi termasuk perkembangan E-Commerce. Kedepannya juga secara perlahan masyarakat di Indonesia akan semakin melek dengan perkembangan dunia digital ekonomi, sehingga akan memudahkan jalinan kerjasama dengan luar negri untuk mensupport para digital platform atau E-commerce.

Kalian makin penasaran gak tentang dunia digital khususnya fintech ini? Semoga forum-forum seperti ini banyak diselenggarakan dari Pemerintah ya, supaya kita lebih cerdas lagi memanfaatkan digital di masa milineal sekarang.


Bersama Blogger Jakarta
Photo by Shinta Juliana

Semoga bermanfaat,

Salam

You Might Also Like

16 comment

  1. Tulisan dan struktur penyusunan artikelnya rapih dan menarik banget euyy :)
    btw, semoga teknologi blockchain asia tenggara ini bisa bekerjasama baik dengan indonesia..
    dan tingkat teknologi internet of things (IoT) di indonesia semakin meningkat seiring berjalan nya waktu..

    #JanganLupaBahagia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. rapihan dari bacalagers atuuuh,
      amin amin semoga Indonesia semakin berkebang dan maju
      jangan lupa ngopiii :)

      Delete
  2. Informasi yang bermanfaat, jadi tahu nih sama UDAX.
    Aku juga jadi tahu nih rasa penasaran seperti yang teh Farhati rasakan. Bedanya aku dapet dari tulisan ini, kalau teh Farhati kan menghadiri langsung.

    Tapi gak apa, yang penting jadi tahu :)
    Untuk sistem kemanannya sendiri memang baiknya gitu sih, harus ada. SUpaya lebih aman dan kerennya selalu upgrade sistem juga ya :)

    Oh, iya, Teh. Btw kok alamat IG d.atas salah ya, atau udah d.ganti?
    tadi aku klik logo instagra diatas soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah manfaat dari menulis, sharing and caring :) apalagi yang nulis dari blogger blogger hits kaya mas andi, bahasanya mengalir terus banyak manfaat yg bisa diambil

      yaps sistem keuangan dengan basic digital itu sangat krusial jadi keamanannya harus berlapis-lapis, customer jadi merasa aman

      waah telitinya, aku itu belum sempet edit blog ini, kebetulan username IG-ku ganti, ini langsung mau aku rubah, makasih mas andi udah diingetin :)

      Delete
  3. Berarti sudah ada di lima negara ya Mba Udax. Semakin besar ya berarti dan semakin ramai nih platform digital assets.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps betul banget, UDAX ngeramain pasar blockchain di Indonesia :)

      Delete
  4. Wah pengetahuan baru nih jd tahu soal.UDAX ini asyiknya bs ikutan langsung acaranya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ida, aku beruntung banget nih bisa ikut launchingnya, jadi bisa nambah pengetahuan banyak tentang dunia digital ekonomi :)

      Delete
  5. Meanrik tulisan dan temanya. Meskipun saya masih gagap dengan teknologi ini jadi makin paham dengan apa itu Blockchain. Good share mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps harus banyak baca tentang dunia digital supaya kita meleek dan Indonesia bisa semakin maju

      Delete
  6. Baru tahu tentang udax ini. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  7. Informasinya menarik tuh, perlu bnyak belajar lagi krn sdkt asing kata2nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama akupun awalnya terdengar asing tapi seru sih jadi nambah wawasan ikut event digital ekonomi gini

      Delete
  8. beberapa waktu lalu saya juga belajar tentang semacan bitcoin gitu, dan baru tahu UDAX skrg, hmm thank youu sharing nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah event dimana mba? aku jadi tertarik nih belajar tentang bitcoin :)

      Delete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar dibawah ini ya

Friends

Google+ Followers