Germas Pas, Aplikasi Untuk Temukan Warung Makan yang Aman dan Sehat

By Farhati Mardhiyah - 9:36 AM

Baca Juga

Makanan merupakan kebutuhan utama manusia untuk memenuhi nutrisi dan gizi tubuhnya dalam melakukan metabolisme tubuh dan beraktifitas kesehariannya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dibutuhkan asupan makanan yang aman dan sehat. Tren teknologi saat ini memudahkan kita dalam melakukan segala hal, termasuk mencari makanan melalui aplikasi online hanya dalam genggaman tangan.



Maraknya makanan siap saji baik dalam penjualan online seperti catering diet atau restoran siap saji yang hits dengan beraneka ragam makanan yang disajikan, membuat kita sebagai masyarakat umum bertanya, sudah amankah makanan siap saji tersebut? atau kita terlalu cuek?.

Padahal berdasarkan data World Health Organization (WHO), lebih dari 200 penyakit ditularkan melalui makanan. Pangan atau makanan dapat membawa penyakit menular atau keracunan karena mikroba atau virus dapat masuk ke dalam badan manusia melalui makanan yang dikonsumsinya. Bahkan tidak hanya makanan, dari alat makan yang kita gunakan ternyata juga bisa membawa penyakit,  harus diperhatikan higienis atau kebersihannya juga.

kejadian keracunan makanan di Indonesia juga sering terjadi, keracunan setelah menyantap hidangan resepsi pernikahan, keracunan nasi berkat selamatan, keracunan makanan yang dibeli di online, kalau berdasarkan data kesehatan lingkungan dari Kementerian Kesehatan memang tiga tahun belakangan ini telah terjadi Keracunan Luar Biasa (KLB) dari 2016 sampai 2018 penyebab terbesarnya berdasarkan jenis pangan berasal dari masakan rumah tangga.

Melihat keresahan masyarakat yang sulit menemukan informasi mengenai keamanan makanan siap saji terutama warung makan atau restoran yang sudah memiliki jaminan seperti Sertifikat Laik Higien Sanitasi, Kementrian Kesehatan baru saja menggelar sosialisasi aplikasi Gerakan Masyarakat Pangan Aman Sehat, 17 September 2019 lalu di Hotel Inn and Suites Gajah Mada Jakarta.

Sosialisasi Aplikasi Gerakan Masyarakat Pangan Aman Sehat, dihadiri oleh Pelaku Usaha Jasa Boga, Media dan Komunitas Bloggercrony Community

Perhatikan Faktor Penyebab Terjadinya Keracunan Makanan


Terjadinya keracunan bukan hanya dari makanan matang saja, penanganan keracunan makananpun tidak bisa hanya dari sample makanan yang diduga sebagai penyebabnya. Terdapat 4 penyebab yang juga dapat menjadi langkah pencegahan keracunan makanan, 4 hal ini harus diperhatikan guna keamanan pangan terjaga.

Tempat atau Lokasi Pengolahan Pangan


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi pengolahan harus cukup jauh dari sumber pencemar seperti lokasi pembuangan sampah terbuka dan juga pengolahan limbah. Lalu setiap tempat pengolahan pangan harus memiliki air bersih, tempat penampungan sampah, saluran pembuangan air limbah, toilet.

Penjamah Makanan atau Koki


Penjamah atau pembuat makanan harus diperhatikan kesehatannya, tidak boleh merokok ketika mengolah makanan, kuku tangan tidak boleh panjang dan kotor, juga tidak boleh menggunakan pewarna kuku, selalu cuci tangan menggunakan sabun. Perlu dicatat penjamah atau koki tidak diperkenankan menggunakan cincin karena mencegah bakteri pada lubang kecil cincin masuk ke dalam makanan. 

Perlengkapan atau Alat Makanan


Peralatan yang digunakan harus dijamin kebersihannya, untuk standar restaurant atau catering harus mencuci selurut alat pengolah, penyaji makanan menggunakan air bersih dan desinfektan. Seluruh alat makanan juga harus dikeringkan menggunakan alat pengering atau lap bersih. Alat penyaji makanan lebih baik tidak lagi menggunakan bahan kayu karena kayu merupakan tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri yang rentan masuk ke dalam makanan.

Bahan Makanan


Pencegahan keracunan makanan dapat dimulai dari hulu, yaitu memastikan bahan makanan yang digunakan masih dalam keadaan baik, segar belum rusak bahkan jangan sampai sudah expired. Penyimpanan bahan makanan juga harus diperhatikan, seperti olahan daging harus disimpan dalam freezer dan tidak boleh digunakan jika sudah lebih dari 3 bulan.

Banyak sekali keracunan makanan terjadi akibat dari memaksakan menggunakan bahan makanan yang sudah buruk kualitasnya, misalnya cumi yang sudah busuk tetap dipaksa diolah, akibatnya bisa fatal seperti dehidrasi akibat muntah dan diare.  Perhatikan bahan pangan yang mudah terkontaminasi oleh bakteri, yaitu susu daging dan bahan laut mentah, perlu dicatat ya.

4 hal penting tersebut dapat dijadikan penilaian terhadap tempat pengelola pangan apakah aman dikonsumsi produknya. FYI, terdapat 5 jenis tempat pengelolaan pangan (TPP) yaitu rumah makan atau restoran, jasaboga, depot air minum isi ulang, sentra makanan jajanan, makanan jajanan. Kelima TPP tersebut harus punya jaminan keamanan pangan, paling mudah dikenali dengan memiliki Sertifikat Laik Higien Siap Saji dari Dinas Kesehatan setempat.

Kemudahan teknologi pada industri 4.0 ini dimanfaatkan oleh Kementerian Kesehatan untuk membuat sebuah aplikasi informatif yang menyajikan kebutuhan masyarakat menemukan warung makan atau restaurant dalam radius terdekat yang sudah memiliki Sertifikat Laik Higien artinya sudah terjamin keamanannya.

Aplikasi Germas Pas, Cara Hindari Keracunan Makanan


Tercetusnya aplikasi Germas Pas berawal ketika penyelenggaraan ASEAN GAMES yang menghadirkan banyak atlit dari luar untuk tinggal beberapa waktu di Indonesia, beberapa atlit mempertanyakan warung makan atau restaurant yang aman di Indonesia bisa dicari lewat jalur apa? apakah website, aplikasi?, tutur pengalaman Tutut Indra Wahyuni selaku Kasubdit Penyehatan Pangan, Kementerian Kesehatan.

Aplikasi Germas Pas merupakan sistem aplikasi berbasis android yang bertujuan sebagai panduan dan infromasi kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan untuk memilih tempat makanan yang sudah memiliki sertifikasi melalaui basis data terupdate dan akuran yang dapat diakses dalam genggaman tangan.


Germas Pas memang sangat berfungsi ketika berada diluar daerah tempat tinggal kita yang kurang informasi mengenai rekomendasi warung makan terjamin keamanannya. Selain itu, aplikasi ini juga mendorong tempat pengelolaan pangan untuk mendaftarkan sertifikat laik higien siap saji, bukan hanya ditargetkan untuk restoran mewah, program ini juga berlaku untuk sentra jajanan bahkan sekelas warteg dan jajan kaki lima.




Fitur Aplikasi Germas Pas


Aplikasi Germas Pas dapat diunduh atau download di playstore hanya tersedia untuk smartphone android. Fitur utama aplikasi ini memberikan informasi tempat pengelolaan pangan (TPP) seperti jasaboga catering, restaurant, warung makan bahkan warteg yang sudah bersertifikat pada radius 5km. Aplikasi ini sebagai bentuk apresiasi Kementerian Kesehatan untuk TPP yang sudah bersertifikat, agar masyarakat semakin mudah menjangkaunya.

Selain informasi rekomendasi Tempat Pengelolaan Pangan, aplikasi ini juga memiliki fitur yang bermanfaat yaitu
  • Peta lokasi
  • Pencarian tempat makan
  • Rating dan Review
  • Papan Informasi
  • Sharing sosial media
  • Berita terkini




Mengapa Wajib Pilih Tempat Makan Bersertifikat?


Tidak hanya Pemerintah yang wajib berperan dalam mewujudkan keamanan pangan, tapi masyarakat sebagai konsumen maupun pelaku usaha juga harus ikut berperan. Keamanan pangan memegang prinsip higien sanitasi yang bertujuan sebagai upaya mengendalikan faktor risiko terjadinya kontaminasi terhadap makanan, baik dari bahan makanan, orang, tempat maupun peralatan agar aman dikonsumsi.

Oleh karena itu, setiap tempat pengelolaan pangan wajib menjamin keamanan pangannya melalui kepemilikian sertifikat laik higien sanitasi berlaku selama 3 tahun, untuk memperoleh sertifikat tersebut melalui tahapan :

  • Permohonan dengan pengajuan administrasi dan teknis
  • Pemeriksaan uji secara fisik maupun laboratorium dengan penilaian mengikuti standarisasi yang berlaku
  • Kunjungan Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan 
  • Mendapatkan sertifikat laik higien sanitasi
Peran pemerintah adalah pembinaan dan pengawasan higien sanitasi pangan dengan plot pangan segar oleh Kementrian Pertanian, KKP dan Kementrian Perdagangan., pangan olahan siap saji oleh Kementrian Kesehatan dan pangan olahaan kemasan oleh BPOM dan Kementerian Perindustrian. 

Sertifikat Laik Higien Sanitasi tersebut merupayak upaya pembinaan dan pengawasan oleh Kementerian Kesehatan. Lalu, peran masyarakat apa ya?.


Sebagai pelaku usaha, masyarakat wajib mendaftarkan usahanya baik skala kecil maupun atas untuk mendapatkan Sertifikat tersebut. Lalu, sebagai konsumen, masyarakat harus lebih cerdas dan aktif dalam memilih makanan. Kalau sudah jelas rumah makannya tidak memiliki sertifkat tersebut, lebih baik dipertimbangkan kembali.

Nah, lakukan download aplikasi Germas Pas sudah ikut kontribusi mewujudkan keamanan pangan Indonesia. Rakyatnya sehat, Negaranya Maju. Jangan lupa download ya!.





Bloggercrony Community Squad



Salam,

  • Share:

You Might Also Like

1 comment

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar